Breaking News
Loading...
Thursday, February 08, 2007

Panduan: Mengimpor Tulisan dan Komentar dari Blogger Baru ke WordPress.com

12:31:00 AM

WordPress adalah sebuah CMS blog yang cukup digemari karena kemudahan pemakaian dan fungsionalitasnya. Tukang Ngeblog alias blogger sudah banyak yang beralih dari Blogger ke WordPress. Kang Kombor salah satunya. Yang jadi pertimbangan Kang Kombor waktu dulu pindah dari Blogger (masih Blogger lama) adalah kemampuan WordPress untuk membagi-bagi tulisan ke dalam kategori-kategori yang kita tentukan. Dulu Blogger tidak memiliki kemampuan itu. Sekarang, Blogger baru sudah memiliki kemampuan membagi-bagi tulisan ke dalam kategori. Blogger menyebutnya label. Yang lain menyebut dengan tag.

Akan tetapi, walaupun Blogger baru sudah diperkuat dengan label, kecepatan akses Blogger di Indonesia masih kalah sama WordPress.com. Oleh karena itu, Kang Kombor tetap setia menggunakan WordPress.com. Saat ini, WordPress sudah semakin maju dengan hadirnya pengimpor yang dapat menarik isi dan komentar yang ada di Blogger baru. Sebulan yang lalu kemampuan itu belum ada.

Kebetulan kemarin Kang Kombor sempat mendokumentasikan prosedur waktu Kang Kombor mengimpor tulisan dan komentar dari Cumplung Gumlundhung sehingga tidak ada salahnya kalau Kang Kombor bagi kepada para blogger semua, terutama yang ingin pindah dari Blogger ke WordPress.com.

Mudah-mudahan bermanfaat.

File Tutorial Impor Blogger Baru ke WordPress.com

20 comments:

  1. Kang Kombor,
    Tanya dong, aku sudah mencoba mentransfer file lamaku pake import klo ga salah, tapi katanya ga bisa kalau blogger yg baru yg pake google account, so gimana caranya kok ga ada petunjuknya?
    Maturnuwun sebelumnya
    Evy

    ReplyDelete
  2. @Bu Dokter Evy:
    Justru panduan yang Kang Kombor bikin ini berkait dengan hal itu. WordPress sudah bisa mengimpor Blogger baru. Monggo diunduh saja filenya, Bu.

    ReplyDelete
  3. pernah ebebrapa kali coba import dr blogku yg lama kbtulan di blogspot tp ga bisa terus..ktnya settingan kenapah gitu loh..habis itu males de

    ReplyDelete
  4. @Bu guru:
    Kok Kang Kombor berhasil ya, baik impor dari Blogger lama maupun yang baru. Perlu dicoba lagi Bu Guru.

    ReplyDelete
  5. Wah kayaknya ini baru yang Kang, soalnya dulu pada saat saya migrasi dari blogspot sepertinya belum ada program seperti ini. Makanya saya bikin baru di WP.....

    ReplyDelete
  6. Kang Kombor Salam Kenal,
    Saya baru belajar ngeblog pake blogger tapi setelah berkeliling melihat2 blog yang lain rata2 pindah ke wordpress.. Ada apa ya.. Tp mumpung ada panduan saya mo coba nih biar ngrasain wordpress.. Thanks

    ReplyDelete
  7. @Kang Prayogo:
    Kalau yang impor dari Blogger lama sih sudah ada dari dulu, Kang. Waktu dulu saya pindah dari Blogger ke WordPress, pengimpor Blogger lama sudah ada.

    @Kang Ady:
    Pada pindah ke WordPress.Com karena ada wadehel, helgeduelbek dan Kang Tajib. Hehehe... WP enak dan gampang digunakan. Udah gitu kalau mau komen nggak ribet kayak Blogger.

    ReplyDelete
  8. Tambah memikat saja WP.com. Saya gak minat mengimpor kang... lah wong punya akun di blog isi tulisannya cuman sebiji. sekedar mau mencicipi saja.

    ReplyDelete
  9. hlah...di sini malah wordpress yg superlemot...lebih kenceng mengakses gmail dan blogger.com... :p

    saya malah lebih suka blogsome.com :D

    ReplyDelete
  10. Om kombro, konsul di sini ya? Abis bingung naruh di mana... Tulisan2 diblog ini pernah dijiplak ga? Saya baru tahu kalo tulisan saya dijiplak situs komersil berkali2... Mohon sarannya...

    ReplyDelete
  11. hihihi, Kang Kombor benar-benar motivator jempolan.
    Lengkap sak tutorialnya.
    Makin rame Kang :D

    ReplyDelete
  12. wah bisa jadi panduan saya sampeyan ini kalau nanti saya jadi ke wp.. hehe

    ReplyDelete
  13. @Pak Guru:
    Dari hasil icip-icipnya ketahuan kalau nggak enak.

    @Junkerz Side B:
    Wah, sampeyan ada di mana nih? Blogsome itu bukannya make enjin WP juga? Yang ada iklannya di side bar itu kan?

    @Kang Ilham:
    Saya belum tahu apakah tulisan saya pernah dibajak. Soal tulisan Kang Ilham yang berkali-kali dibajak situs komersil, sisi positifnya adalah tulisan Kang Ilham diakui bermutu oleh pembajak tak bermutu itu.

    Baiknya diworo-worokan di blog, Kang, bahwa tulisan itu mbajak punya Sampeyan. Seperti rekan blogger yang pernah woro-woro di blognya kalau tulisannya dibajak sebuah koran cetak. Tapi dasar koran itu sudah berkali-kali membajak tulisan blogger, kayaknya korannya rai gedheg ndhas maling ora ngerti isin.

    @Cak Moko:
    Nyuwun sewu, Cak. Lupa nyebutin kalau di WP.com juga ada Cak Dokter Moko yang dermawan bagi ilmu.

    @Mas Anang:
    Kenapa masih pake nanti? Langsung diimpor saja. Kalau memuaskan dipake, kalau nggak memuaskan ya tetep pake yang satunya lagi.

    ReplyDelete
  14. wah dulu pas pindah blogger beta nyesel krn pas mau mindahin ke WP ternyata gak bisa, lah kok baru sekarang ya fasilitas ini muncul...heheh akhirnya dulu dikopi paste :)

    *)mas feed mu ki agak eror ya, kok tak masukin bloglines gak pernah muncul, tapi stelh tak cek langsung ke web ini ternyata sudah update.....

    ReplyDelete
  15. @Mas feR1
    Saya sudah cek di www.feedvalidator.org, pengumpan saya sudah valid, Mas. Ada yang bisa nerangin kemungkinan salahnya di mana ya?

    ReplyDelete
  16. emang gila nih pengembang WP, ini sih 'perampokan' besar2an....kita tunggu gimana reaksi blogger.

    ReplyDelete
  17. Seep.. Seep..
    Sudah dibaca, belum dicoba..
    tunggu kabarnya...

    ReplyDelete
  18. [...] Panduan: Mengimpor Tulisan dan Komentar dari Blogger Baru ke WordPress.com [...]

    ReplyDelete
  19. Ini buat yang mo pindahan ke wordpress ya, kalo saya msh blum perlu, msh setia ama blogger.

    ReplyDelete
  20. Klo import dari blogger ke wordpress sudah lama bisa, namun bagaimana caranya ekspor dari Wordpress ke blogger, karena di wordpress ada fasilitas ekspor dan impor.
    Terima kasih yang mau beri tanggapan duluan.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer