Tingkatkan Jumlah Pembaca Blog dengan Feedburner

Salah satu kesenangan Kang Kombor terhadap blog adalah tersedianya pengumpan (feed) yang bisa dilanggani melalui RSS reader. Banyak blog yang Kang Kombor langgani pengumpannya mengunakan SharpReader. Dulu pernah menggunakan RSS Bandit tetapi karena Si Bandit sering bengong alias hang maka Si Bandit dipensiunkan dan diganti dengan SharpReader. Tahu SharpReader ini dari Budi Pruwanto. Sampai hari ini Kang Kombor rasakan SharpReader ini masih oka-oke saja, belum mengalami "nggantung" macam RSS Bandit.

Membaca Tulisan Sampeyan Mengasyikkan

Membaca tulisan-tulisan para bloger seperti Sampeyan semua memang mengasyikkan. Kang Kombor bisa belajar banyak hal dan mendapatkan informasi-informasi baru. Bahkan, informasi lama yang terlewatkan pun bisa didapat dari blog. Selain itu, keragaman dan keunikan setiap bloger dalam mengupas suatu permasalahan memperkaya perspektif Kang Kombor. Ibaratnya, kalau selama ini Kang Kombor melihat suatu permasalahan hanya dari sisi depan, setelah membaca blog, permasalahan itu bisa dilihat dari semua sisi: depan, belakang, samping kanan, samping kiri, atas dan bawah. Dus, lengkaplah sudah seluruh informasi yang dibutuhkan untuk menganalisis permasalahan tersebut. Blog memang sangat berguna, bertentangan dengan apa yang diungkapkan oleh Roy Suryo mengenai blog.

Kenali Pembaca Blog Sampeyan

Kalau Sampeyan mengira bahwa pembaca blog Sampeyan hanyalah mereka yang bolak-balik memberikan komentar di blog Sampeyan sehingga Sampeyan tampak seperti bloger dalam tempurung, Kang Kombor sampaikan Sampeyan mungkin salah. Banyak pembaca yang hanya suka membaca tanpa perlu meninggalkan komentar dengan alasan masing-masing. Bahkan, ada pula tipe pembaca yang mungkin bahkan tidak pernah membuka blog Sampeyan. Mereka ini adalah pembaca blog Sampeyan yang berlangganan pengumpan (RSS feeds) Sampeyan. Ada yang berlangganan dengan menggunakan reader baik yang berupa software maupun yang berbasis web. Bahkan, ada yang berlangganan pengumpan blog Sampeyan menggunakan email. Kang Kombor berlangganan pengumpan blog Mbak Jennie melalui email sejak Mbak Jennie mau bagi-bagi ebook gratis waktu itu.

Tiga Tipe Pembaca

  1. Membaca langsung dengan mengunjungi blog
  2. Membaca melalui RSS reader
  3. Membaca melalui email

Jangkau Pembaca Lebih Banyak

Setelah mengenai tiga tipe pembaca blog Sampeyan, Kang Kombor menyarankan Sampeyan untuk menyediakan sarana bagi ketiga tipe pembaca tersebut. Kang Kombor yakin bahwa setiap platform blog sudah menyediakan pengumpan dalam format mereka masing-masing. Ada yang berformat RDF (blog friendster), atom (blogger), RSS (wordpress). Oleh karena Sampeyan punya blog yang menyediakan pengumpan maka tipe pembaca pertama dan kedua sudah dapat Sampeyan jangkau. Kecuali Sampeyan sudah puas dengan hanya menjangkau dua tipe pembaca saja Kang Kombor menyarankan Sampeyan untuk bisa menjangkau tipe pembaca ketiga yaitu mereka yang lebih suka membaca lewat email. Terus-terang, tipe pembaca ketiga ini tidak akan meninggalkan komentar di blog Sampeyan tetapi kemungkinan besar adalah tulisan-tulisan Sampeyan akan dibaca oleh pembaca jenis ketiga ini karena mereka sudah memutuskan untuk berlangganan pengumpan Sampeyan.

Sediakan Sarana Berlangganan Pengumpan Via Email

Kang Kombor yakin Sampeyan semua para bloger ingin menjangkau semua tipe pembaca sehingga Kang Kombor dengan berani merekomendasikan Sampeyan untuk menyediakan semua sarana yang diperlukan agar dapat menjangkau semua tipe pembaca itu, yaitu:
  1. Buat blog
  2. Sediakan pengumpan / RSS feeds
  3. Sediakan sarana untuk berlangganan pengumpan via email
Untuk sarana yang ketiga, Kang Kombor sangat merekomendasikan FeedBurner. Layanan yang sudah diakuisisi oleh Google dan diintegrasikan dengan Blogger ini cukup handal untuk kita para bloger. Fasilitas yang dulu hanya dibuka untuk mereka yang membayar sudah diberikan secara cuma-cuma sejak akuisi oleh Google itu. Sampeyan dapat memantau seluruh pelanggan pengumpan blog Sampeyan melalui fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner. Cara memakainya pun sangat mudah. Kita tinggal daftar ke FeedBurner dan di sana kita dapat mendaftarkan pengumpan sebanyak yang kita punya. Misalnya kita punya tiga blog, kita bisa buat tiga pengumpan. Misalnya kita punya 20 blog, kita juga bisa bikin 20 pengumpan. Untuk memasang formulir berlangganan via email pun sangat mudah. Kita tinggal mengaktifkan fasilitas tersebut dan FeedBurner akan membuatkan kode HTML yang bisa kita pasang di blog. Contoh aksi formulir berlangganan pengumpan via email ada pada kolom sisi blog Kang Kombor ini. Silakan dilihat sendiri.

Read More di WordPress memotong full RSS

Sebagai pembaca blog yang memanfaatkan RSS reader untuk membaca pengumpan blog, Kang Kombor menyarankan agar para bloger menyeting RSS feeds-nya agar bisa dibaca secara penuh (full). Apabila tidak diseting full, RSS reader hanya akan membaca excerpt-nya saja. Untuk membaca artikel secara penuh pembaca harus merambah blog tersebut. Memang RSS reader seperti SharpReader juga memiliki kemampuan untuk membuka URL dari pengumpan yang dikirim. Akan tetapi, kalau dirasa-rasakan kok sepertinya pemilik pengumpan tidak ikhlas membiarkan pembaca menikmati tulisannya tanpa harus mengunjungi blognya.

Untuk blog berplatform Blogger, begitu feed diseting full, RSS reader akan menampilkan seluruh isi artikel. Blog berplatform wordpress-pun sejatinya juga seperti itu. Begitu feed diset full, RSS reader akan menampilkan seluruh isi artikel yang dipublikasikan. Akan tetapi, apabila artikel wordpress dipotong dengan MORE maka yang akan disebarluaskan oleh pengumpan hanya isi artikel di atas potongan MORE. Isi artikel di bawah potongan MORE hanya bisa dibaca kalau blog dikunjungi. Hal ini tentunya mengurangi kenikmatan pembaca blog yang berlangganan RSS karena dia harus melakukan usaha membuka blog Sampeyan. Bahkan ketika pengumpan kita sudah dipindahkan ke FeedBurner, pengumpan wordpress yang diseting full tetap akan dipotong oleh si MORE itu.


Langganan RSS WordPress yang dikonversi ke FeedBurner tetap akan menampilkan RSS yang terpotong oleh MORE walau feed sudah diseting full. Untuk mengatasi itu, bagi yang menggunakan blog dengan WordPress dengan hostingan sendiri hal tersebut bisa diatasi dengan Homepage Excerpt Plugins. Plugins ini akan menampilkan posting terakhir secara penuh sedangkan postings yang lain yang ditampilkan di homepage akan ditampilkan terpotong dengan jumlah karakter yang bisa kita atur.

Update:
Mulai 17 November 2007, Kombor.com telah mengaktifkan Homepage Excerpt plugin dan tidak lagi memenggal posting dengan MORE.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

16 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
aLe
Kamis, November 15, 2007 4:33:00 PM

nah, mumpung topiknya pas,
kang tanya yo,
cara buat kotak 'Ingin mengikuti terus?'
yg ada form 'Masukkan alamat email:' itu loh.. gmn ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
aLe
Kamis, November 15, 2007 4:39:00 PM

oh iya smp lupa koment artikelnya :D

emang bener kang,
secara aLe mo melakukan tips mBak Jennie, aLe jg pengen bagi ebook juga, nah karena blm bisa buat form utk daftar rss feed bLog jadi ketunda2 deh ^^v huhu, dasar katrok.com :lol:

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kang Kombor
Kamis, November 15, 2007 4:59:00 PM

Aku buatkan petunjuknya ya. Tunggu habis maghrib mungkin aku sudah bisa upload.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 15, 2007 6:56:00 PM

[...] pertanyaan aLe pada tulisan sebelumnya, Kang Kombor telah membuat sebuah tutorial sederhana untuk membuat formulir langganan RSS via email [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, November 18, 2007 6:40:00 AM

mina termasuk yang lebih suka baca via RSS Reader. kalo mau komen baru ke blognya :D padahal jarang komen.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, November 19, 2007 11:59:00 AM

[...] tulisan ini Kang Kombor mengungkapkan bahwa pada blog dengan platform WordPress baik yang dihosting sendiri [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Desember 08, 2007 2:12:00 PM

[...] hari saya sudah menginformasikan kepada Sampeyan untuk memberi sarana berlangganan pengumpan (feed) lewat email melalui FeedBurner. Saya juga sudah menjelaskan bahwa memotong artikel dengan MORE di WordPress akan membuat setingan [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Januari 03, 2008 1:44:00 PM

Makasih infonya, saya kebetulan bloger pemula..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Januari 31, 2008 3:44:00 PM

thanks..saya juga udah nyoba

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Februari 15, 2008 5:33:00 PM

artikel yang sangat bagus bagi pemula seperti saya.. thanks..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
ina
Jumat, Mei 23, 2008 3:33:00 PM

Gimana sih cara bikin menu seperti tulisan baru dan dibawahnya ada link2nya: adsense menerima pihak ketiga, tips supaya tak kena PSA dll. seperti yang ada diblog ini?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
wewe
Jumat, Mei 23, 2008 3:36:00 PM

dfggh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 02, 2008 7:13:00 PM

orang yang biasa bilang katrok ,malah dia yang sebaliknya yang katrok, oke brooooo
terima kasih bos .infonya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 02, 2008 7:15:00 PM

bank kombor udah mulai kampanye ni

Kombor menjawab:
Iya Bang Lubis. Kampanye lewat internet, yang murah meriah.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Januari 08, 2009 1:11:00 PM

wah tipsnya mantaf kang... makasih

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 10:10:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan