Apakah Bloger Harus Nulis Setiap Hari?

Akhir-akhir ini mungkin terlihat setiap hari ada tulisan baru di Kombor.Com. Bisa jadi Sampeyan mengira Kang Kombor menulis untuk blog setiap hari. Gimana nggak nulis setiap hari, sudah jelas setiap hari ada tulisan baru gitu. Mosok masih mau berkelit?

Hehehe... Kang Kombor tidak menulis untuk blog setiap hari. Akan tetapi, kalau sedang ada ide untuk ditulis atau ada sesuatu yang pantas ditulis barulah Kang Kombor nulis. Kang Kombor ini kan bukan penulis yang hidup dari menulis sehingga kerjaannya bukan cuma nulis. Lagipula tidak pernah ada tenggat untuk tulisan yang akan dipublikasikan karena Kang Kombor nulis untuk blog sendiri. Suka-suka Kang Komborlah kapan mau nulis. Nggak perlu setiap hari nulis.
Lalu, kok bisa blognya setiap hari ada tulisan baru?
Nah, ... Kalau pertanyaannya itu, jawabannya sih gampang saja. Di wordpress kan kita bisa menentukan tanggal untuk tulisan kita. Yang biasanya sih orang menulis hari itu untuk dipublikasikan hari itu juga. Padahal, kita bisa memilih kapan tulisan itu ditayangkan. Wordpress akan menyimpan tulisan kita dan menampilkannya pada tanggal yang kita tentukan. Hal seperti itu pula yang Kang Kombor lakukan.

Namanya nulis ya, kadang Kang Kombor punya inspirasi untuk ditulis dan kadang juga nggak punya ide sama sekali. Pada saat punya wangsit, sekali nulis bisa jadi tiga atau empat tulisan untuk blog sehari. Kalau sedang miskin ide, mau nulis satu paragraf pun bukan main susahnya. Nah, daripada mempublikasikan tiga tulisan sekaligus pada hari yang sama dan siap-siap dua tulisan tidak pernah dibaca orang, maka Kang Kombor memilih untuk mengatur tanggal tayang setiap tulisan. kalau hari ini nulis tiga tulisan berarti ada tulisan untuk tiga hari. Kang Kombor atur satu tulisan untuk tayang hari ini, satu tayang besok dan satu tayang lusa. Kemungkinan semua tulisan terbaca akan lebih tinggi daripada tiga tulisan diyatangkan sekaligus pada hari yang sama.

Kang Kombor kira, untuk Sampeyan yang punya tabungan tulisan, misalnya Cakmoki yang di harddisknya masih banyak tulisan belum dipublikasikan, kalau ada waktu online bisa saja langsung disimpan ke wordpress dan biarkan wordpress menanyangkan satu-satu sesuai tanggal yang sudah kita tentukan. Disimpan di harddisk juga untuk apa to, Cak? Bloger yang lain juga begitu, bisa melakukan cara yang sama. Tentunya hal ini tidak berlaku bagi yang lebih suka menulis satu-satu tulisan setiap hari. Yang begitu juga nggak ada salahnya.

Kang Kombor kasih bocoran nih. Kang Kombor kan menulis pakai WindowsLiveWriter (WLW). Nah, pakai WLW ini, nulis tidak perlu dilakukan saat terhubung dengan internet. Hari Sabtu atau Minggu kalau sedang offline Kang Kombor tetap nulis kalau ada sesuatu yang ingin ditulis. Kang Kombor simpan sebagai rancangan (draft) lalu setelah terhubung dengan internet baru dipublikasikan ke blog. Tentunya dengan tanggal tayang yang telah diatur. Caranya mudah kok. WWL sudah pintar. Kita bisa mengatur kategori dan semua hal yang ada di bawah text area yang ada di menu Write Post yang ada di WordPress.



Ternyata ngeblog juga perlu manajemen kan?
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

5 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 05, 2007 12:35:00 PM

Saya menulis blog kalau memang pengin menulis. Kadang-kadang menulisnya dimana saja, di buku catetan (saya memang selalu bawa notes kecil kemana-mana), atau lagi mengantuk menunggu anak buah kerja (pekerjaanku nggak ngantor tiap hari) ...menulis di laptop.

Cerita memang bisa banyak, namun dari draft tadi tak selalu nanti jadi ditayangkan, kadang kalau dibaca malu sendiri....kadang tulisan sederhana, malah banyak pengunjung.

Tapi yang jelas, produktivitas saya terkait erat dengan tersedianya waktu.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 06, 2007 12:40:00 AM

Info WLW nya menarik tuh. Ada alternatif lain nggak Kang? Apakah BlogDesk sama fungsi & fasilitasnya dengan WLW ini? Lagi berusaha menekan ketergantungan sama produk Om Bill nih.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 13, 2007 11:04:00 PM

Hmmh kayak yang ini mas http://strategimanajemen.net/skedul-update/ , update tiap senin & kamis....

Kalau saya sendiri belum bisa posting tiap hari meskipun pake cara mas kombor....soalnya emang belom ada ide yang cocok untuk saya jadikan tulisan...

Salam Blogger™


Ayo ngeBlog™

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Desember 13, 2008 8:52:00 AM

Kang kalo dengan memampilkan tulisan baru tiap hari bisa menaikkan page rank? trus ide nulisnya cuman bisa ditulis satu paragraft apa ya pantes di publish? salam kenal n trims kang.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 9:59:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan