Plugins Kombor.Com Hilang Semua

Siang ini saya buka kombor.com. Ada yang aneh. Banyak hal yang hilang di sana. Nampaknya semua plugins hilang. Saya kemudian masuk ke wp-admin dan klik plugins. Eh... bener saja. Nggak ada satu pun plugins di sana. Notifikasinya mengatakan direktori plugins tidak dapat dibuka atau tidak ada plugins yang tersedia. Gubrakkk!!!

Yang lebih sial, saya tidak bisa masuk Control Panel hosting. Password saya tidak bisa diterima. Aje gile... Saya langsung kirim email ke Support Nicspace, tempat di mana saya hosting Kombor.Com.
Mudah-mudahan ini bukan kerjaan orang iseng. Mampus deh kalau dikerjain. Saya ini kan nggak ngerti apa-apa soal teknis untuk mengamankan wordpress dan akun hosting saya.

Update:

Menurut Kang Pedhet, mungkin theme yang error karena nggak bisa komen


Theme yang dipakai masih nyangkut ke plugins. Oleh karenanya sementara ini kombor.com ganti ke theme yang merdeka dari plugin dulu sampai semua plugins bisa dimomot ulang.

Update 16:45 WIB

Tidak lama setelah saya tulis Nicspace.Com di IM tidak jawab secara kebetulan indoascii IM saya. Sedikit update sudah saya tulis di sana. Akan tetapi, yang selebihnya yang membuat saya geleng-geleng kepala sendirian. Dari kasus ini, saya bisa menyimpulkan bahwa Nicspace.Com secara sepihak telah mengerjai akun hosting saya.

Pertama, saya pernah kehilangan Aizatto's related posts plugin. Saya kira Aizattos ngerjain saya karena saya tulis perangi Malaysia dan putuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia. Aizatto ini kan orang Malaysia kayaknya. Hahaha...  aizattos_related_posts.php diganti namanya jadi aizattos_related_plugin.php.banned. Sebagai catatan, Nicspace tidak pernah memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada saya. Larangan penggunaan aizattos related plugin pun tidak ada pada syarat dan ketentuan ketika akan berlangganan hosting di Nicspace.

Nggak tahunya, hari ini semua plugin saya dideaktivasi semua sama Nicspace.Com. TANPA PEMBERITAHUAN. Saya baru tahu ketika ber-IM melalui YM dengan indoascii. Gubrak! Nicspace semena-mena sekali terhadap pelanggannya.

Tanpa bermaksud menjelekkan Nicspace.Com, berikut potongan percakapan saya dengan indoascii:
Kombor Kombor: saya dulu pernah kehilangan satu plugin
Kombor Kombor: saat ini kok sepertinya plugin saya ilang semua
Kombor Kombor: yang celaka, saat ini adalah password akun hosting saya tidak bisa dipakai
Kombor Kombor: kira-kira kenapa ya?
indoascii: udah saya reply email anda..
indoascii: Plugin aizattos_related_posts.php tdk boleh digunakan di server pak, memakai cpu resources besar. Kita rename aizattos_related_posts.php jadi aizattos_related_posts.php.banned tapi anda upload ulang. Mhn konfirmasi untuk tdk mengupload ulang plugin related_posts, data plugin akan saya kembalikan.
Kombor Kombor: seharusnya anda konfirmasikan dongKombor Kombor: saya kan tidak tahu
Kombor Kombor: jangan mengharapkan customer tahu kalau tidak dikasih tahu
Kombor Kombor: apa susahnya mengirim email kepada customer?
indoascii: pertama mhn maaf pak kami hanya rename jadi banned..
indoascii: karena situasi emergency..
indoascii: kalau aktif plugin related post lsg server load naik 20x
Kombor Kombor: kan tidak ada pada syarat dan kondisi bahwa saya tidak boleh pasang aizattos related plugin?
indoascii: ya..tapi plugin itu memang tdk bisa dijalankan..
Kombor Kombor: terus plugin apa saja yang tidak boleh saya pakai?
Kombor Kombor: plugin related post yang lain juga tidak bisa dipakai?
indoascii: sama bstat..tapi anda kan ga pake bstat?
Kombor Kombor: saya tidak pakai bstat
indoascii: ya plugin related post itu saja
Kombor Kombor: semua plugin related post? atau hanya yang dari aizato?
indoascii: semua related post plugin
indoascii: gini pak..
indoascii: saya sadar kami tdk sempurna..
indoascii: beberapa client yang mau ttp pake plugin bstat dan related post..
indoascii: bisa kami beri kebebasan refund dana untuk jasa yang blm terpakai..
indoascii: intinya..
indoascii: NS mau bersikap se fair mungkin
indoascii: yang terbaik menurut clientlah
Kombor Kombor: saya sudah balas emailnya
Kombor Kombor: kalau mau pakai related post mesti nambah berapa?
Kombor Kombor: siapa tahu saya masih bisa cover, pak.
indoascii: lho? bukan soal nambah duit pak.. ;p
indoascii: itu plugin memang buas..
Kombor Kombor:
indoascii: di rumahweb saja dibanned..
Kombor Kombor: oke deh...
indoascii: dreamhost juga ngeban script itu
Singkat cerita saya setuju untuk tidak akan memakai related post plugin lagi. Kemudian, Nicspace mengembalikan semua plugin saya kecuali aizattos related posts plugin. Akan tetapi, saya harus mengaktivasi lagi semua plugin itu. Ampun deh. Ini Nicspace bener-bener keterlaluan sama pelanggannya.

Komentar

  1. [...] tengah hari, ada link di jendela ym dari Kang Kombor, isinya cukup mengejutkan. Beliau menulis kehilangan plug in di blog-nya. Setelah klik link tersebut, ternyata bener. Gak nampak lagi pernak-pernik pemanis blog [...]

    BalasHapus
  2. tes test komentar ....
    kemaren sih kalau nggak salah memang suka eror databse nya. Nah, baru hari ini kejadian ada yang salah. semoga aja karena server yang bermasalah, dan bukan karena ada orang yang jahil.

    BalasHapus
  3. Kalo mau diskusi tentang WordPress mampir ke forum WordPress Indonesia aja Kang.. di sana Insya Allah banyak yg mendengarkan dan bersedia menjawab.

    BalasHapus
  4. @cakmoki:
    Terimakasih atas woro-woronya di blog Panjenengan.

    @Kang Pedhet:
    Harus ganti hosting kali ya? Hehehe...

    @Kangguru:
    Iya, Kang. Karena info Kang Pedhet bahwa database error.

    @Kang Huda:
    Terimakasih. Saya akan meluncur ke sana.

    BalasHapus
  5. pindah hosting aja kang kalo support-nya ga membantu :D

    BalasHapus
  6. waduh...semoga cepet balik ya kang... 8O

    BalasHapus
  7. [...] Melanjutkan perkara yang ini, saya jadi jengkel juga sama Nicspace. Masa YM ID = indoascii online tetapi tidak balas-balas IM saya. Benar-benar menjengkelkan deh. Saya tidak tahu siapa yang memakai Ym ID indoascii ini kok tidak seperti yohan_wiliatno yang sangat responsif. Kalau begini caranya, saya bisa pindah akun hosting nih, seperti saran Kang Hedi di sini. [...]

    BalasHapus
  8. Akang masih sukur cuma ilang plugin, lebih parah kalau semua posting ilang dan Kang Kombor gak punya backup database. Wah... bisa2 terjadi pembunuhan berdarah2 kalo gitu kasusnya ya.
    Semoga cepat beres kang.

    Jangan lupa selalu backup database mysql kombor.com ini secara rutin (sambil ngingetin diri sendiri). Untuk melakukannya bisa dari kontrol panel hosting (Cpanel atau lainnya) terus klik phpmyadmin terus cari tab/pilihan untuk export database.

    BalasHapus
  9. Kang, aku sering lho, arep komen nang kene sok gagal, koyo sing wingi kae. Dadine sok njuk mutung

    BalasHapus
  10. @Kang Hedi:
    Considered, Kang.

    @ck:
    Makasih. Dah balik sekarang.

    @Cakmoki:
    Sekarang juga sudah muncul, Cak.

    @Luthfi:
    Tes berhasil.

    @Dhan:
    Siap. Harus sering-sering back up.

    @Kang Dee:
    Ojo mutungan to. Kemarin karena belum nyisipin kode untuk wp-openid plugin. Sejak kemarin plugin itu juga sudah dideaktivasi kok. Malas nyisipin kodenya.

    BalasHapus
  11. Walah, theme yang nggak cocok sama plugin-nya kadang sering bikin masalah nih, Mas. Kalau theme yang kita pakai tanpa plugin memang rasanya kok hambar gitu! Hehehehehe :lol: Moga2 cepet teratasi Mas.

    BalasHapus
  12. Pantesan...kapan tuh nggak bisa mengunjungi blog ini. Yang penting udah sehat lagi ya.....

    BalasHapus
  13. [...] (Idwebspace), dan jarang sekali bahkan tidak pernah terhadap hosting saya yang kemaren. dan sebelum kejadian yang menimpa kang kombor, saya juga sering melihat pesan seperti diatas pada halaman utama web beliau. memang … memang [...]

    BalasHapus
  14. ups, gitu ya kang ternyata para borjuis itu juga ada bnyak masalahnya ya :D

    BalasHapus
  15. Maaf telat, tapi sekarang udah baik kan mas :D
    aku pernah kayak gini juga .. bahkan hilang themes segala trus pindah hosting abis itu.

    BalasHapus
  16. Koq aneh ya... aku udah search aizattos related plugin, tapi blom menemukan keluhan seperti yang disampaikan NS. Hasilnya cuma menunjukkan disini doank. Dreamhost menolak plugin itu aku juga gak ketemu. btw, kang kombor habisin berapa bandwidth sih dengan dan tanpa itu? bedanya berapa?

    BalasHapus
  17. [...] peristiwa ini dan ini akhirnya saya memutuskan untuk melakukan migrasi, pindah hosting ke tempat lain. Walaupun [...]

    BalasHapus
  18. [...] Coba lihat saja Hosting berbayar yang trafficnya Unlimited, kebanyakan jelek. Aku dan beberapa teman sudah pernah merasakannya. Sering banget down, bahkan pemakaian pluginpun sangat dibatasi. Coba tanya saja langsung pada kang kombor. [...]

    BalasHapus
  19. [...] Cerita lainnya dari kang kombor. Gara2 menginstall plugin Aizatto’s related posts, semua pluginnya di delete oleh pihak hosting. Sebenarnya pihak hosting tidak 100% salah dalam kasus ini. Karena plugin ini dianggap membahayakan server. Tapi sebaiknya pihak hosting tidak asal delete semua plugin. Paling tidak memberikan peringatan terlebih dahulu. Atau kalau, mungkin jangan mendelete, tapi merename plugin tersebut. Andaikata yang bermasalah adalah Aizatto’s, tapi yang didelete semuanya kan sepertinya salah alamat. Dan setelah pindah hosting sepertinya yang bermasalah bukanlah Aizatto’s. Jadi bisa jadi hal ini bukan disebabkan oleh pluginnya tapi overselling atau yg lainnya. [...]

    BalasHapus
  20. sampe segitunya pihak hosting tersebut...
    saya make related post nih... apa bakal ada masalah gak yah..
    soalnya pake gak pake tetep sering error database.. jadi males pake hostingan yang sama untuk selanjutnya... ada saran gak??

    BalasHapus

Posting Komentar