Selasa, November 27, 2007

Jualan HP Via PonselJakarta.Com Kok HP-nya Mati Terus

Jualan HP Via PonselJakarta.Com Kok HP-nya Mati Terus

Ini sekuel dari PonselJakarta.Com Suspended.

Setelah berjuang untuk menghubungi ponsel Mas Adhi KFK Cellular, akhirnya 15 November 2007 dia berhasil saya hubungi. Hari Jumat, 16 November 2007, Mas Adhi datang ke kantor saya untuk memandu saya memakai Audiovox6700. Sebelumnya dia mengatakan bahwa mungkin saya tidak bisa memakai pocket pc itu makanya saya suruh datang saja untuk memandu saya.

Setelah saya tunjukkan bahwa menu Contacts tidak bisa dibuka, Audiovox6700 saya serahkan ke Mas Adhi. Dia kemudian melakukan hard reset. Selesai di-hard reset pocket pc diberikan kepada saya. Saya lalu kutak-kutik untuk melihat problem yang selama ini muncul pada Audiovox6700 refurbished yang diaku baru itu. Problem yang saya temui tidak ada lagi. Akan tetapi, ada satu tes yang tidak lulus yaitu tes memperbesar volume pada saat posisi speaker on/aktif. Saya telpon istri saya. Speaker saya hidupkan. Ada nada panggil. Lalu panggilan tersambung. Volume-nya kecil. Saya geser tombol volume yang ada di sisi kanan Audiovox6700. Pet! ... Pocket PC langsung mati. Harus di-restart untuk menghidupkan lagi.

Saya bilang kepada Mas Adhi bahwa kemungkinan hardware-nya yang cacad bukan masalah OS lagi. Dia kutak-katik sebentar lalu bilang supaya nanti dilanjut setelah Jumatan.

Setelah Jumatan Mas Adhi memeriksa kembali Audiovox6700 itu dan akhirnya berkesimpulan bahwa hardware-nya yang masalah. Dia akan membawa Audiovox6700 itu ke tempat dia mengambil.
Rabu 21 November 2007 saya sms Mas Adhi menanyakan Audiovox6700 saya. Dia jawab sudah OK dan besok akan diantarkan oleh Mas Iwan. Mas Iwan adalah messenger KFK Cellular. Sejak pertama berhubungan dengan KFK Cellular Mas Iwan-lah yang selalu ke kantor saya baik untuk mengantar barang maupun mengambil untuk diperbaiki. Ternyata sampai hari ini belum ada orang KFK Cellular yang mengantar barang kepada saya. Sejak Kamis 22/11 ponsel Mas Adhi (Pemilik KFK Cellular) mati terus. Kamis (22/11), Jumat (23/11) dan Selasa (27/11) saya tidak berhasil menelpon. SMS pun tidak dibalas. Saya coba panggil nomer mas Iwan sampai tiga kali hari ini. Ada nada sambung tetapi panggilan tidak dijawab. Saya pun kemudian SMS dengan isi pesan supaya Mas Adhi sendiri yang mengantar Audiovox6700 kepada saya.

Saya heran. Ada orang yang menjadi anggota PonselJakarta.Com tapi nomor teleponnya nggak bisa dihubungi. Gimana kalau ada yang mau beli? Atau, apakah selama ini KFK Cellular jualan barang bermasalah terus sehingga selalu ditelponi oleh pembeli seperti saya? Kok Aneh. Seaneh pengelola PonselJakarta.Com yang tidak membalas email saya untuk meminta menginformasikan nomor telepon KFK Cellular yang lain (siapa tahu PonselJakarta.Com punya).

Update 03/12/2007:

Pada 27/11/2007 saya dapat SMS dari Mas Adhi dari nomor yang berbeda. Dia mengabarkan sedang dalam perjalanan pulang dari Jawa Tengah. Mengenai Audiovox6700 belum jadi diantarkan karena masih trouble. Nomer HP barunya hanya hidup sampai 28/11/2007. Setelah itu sampai hari ini semua nomor yang sudah saya pegang, yaitu: 021-70007729, 08170007729 dan nomor paling baru semuanya tidak bisa dihubungi.

Saya telpon Mas Iwan. Alhamdulillaah nyambung dan diangkat. Akan tetapi, Mas Iwan bilang dia sudah keluar dari KFK Cell. Menurut Mas Iwan, kios KFK Cellular yang di Puri Indah pun sekarang jarang buka karena pegawai perempuan yang di sana juga sudah keluar. Hmm.... cukup repot juga ya.

Senin, November 19, 2007

Homepage Excerpts Plugins Solusi Untuk RSS Feeds Yang Terpotong

Homepage Excerpts Plugins Solusi Untuk RSS Feeds Yang Terpotong

Pada tulisan ini Kang Kombor mengungkapkan bahwa pada blog dengan platform WordPress baik yang dihosting sendiri maupun yang menggunakan wordpress.com, RSS feeds yang diset full akan tetap terpotong artikelnya apabila kita menggunakan MORE untuk memotong artikel tersebut. Ada semacam kontradiksi di sini karena kita menyeting feeds agar ditampilkan secara penuh tetapi penggunaan MORE yang ditandai dengan <!--more--> akan memotong feeds kita. Nah, pada kesempatan ini Kang Kombor berikan sebuah solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Ada sebuah plugin wordpress yang bernama Homepage Excerpts plugin yang akan mengatasi hal tersebut. Plugin ini akan menampilkan artikel terbaru secara penuh (dapat diatur jumlah artikel yang akan ditampilkan secara penuh) dan menampilkan artikel yang lain dalam sejumlah karakter tertentu. Jumlah karakter yang akan ditampilkan dapat kita atur melalui pilihan yang disediakan oleh plugin tersebut.

Cara Instalasi:

  1. Unduh plugin tersebut di sini

  2. Unggah file homepage-exerpts.php ke direktori plugin (biasanya wp-content/plugins/)

  3. Login ke panel kontrol WP lalu aktifkan plugins melalui menu Plugin, cari Homepage-Excerpts lalu klik Activate

  4. Setelah selesai, klik Options, lalu ubahlah setingan Homepage Excerpts sesuai yang dikehendaki.


Pilihan plugin homepage excerpts yang dapat diatur tampak seperti pada gambar di bawah:



Pros dan Kons

Pro:

  • Blog dengan artikel penuh lebih search engine friendly

  • Pengumpan RSS yang diset penuh tidak terpotong


Kontra:

  • Tidak bisa memotong artikel dengan aksi-aksi unik seperti yang bisa dilakukan dengan penggalan MORE

Kamis, November 15, 2007

Tutorial Membuat Formulir Langganan RSS Via Email

Tutorial Membuat Formulir Langganan RSS Via Email

Karena pertanyaan aLe pada tulisan sebelumnya, Kang Kombor telah membuat sebuah tutorial sederhana untuk membuat formulir langganan RSS via email seperti yang ada di kolom sisi blog ini. Formulir tersebut menggunakan layanan FeedBurner sehingga untuk bisa membuat formulir tersebut Sampeyan harus memiliki akun FeedBurner. Silakan daftar saja wong gretong kok.

Supaya bisa dibaca-baca sambil offline Kang Kombor membuatnya dalam bentuk file PDF. Silakan diunduh filenya di sini >>>>>>>.
Tingkatkan Jumlah Pembaca Blog dengan Feedburner

Tingkatkan Jumlah Pembaca Blog dengan Feedburner

Salah satu kesenangan Kang Kombor terhadap blog adalah tersedianya pengumpan (feed) yang bisa dilanggani melalui RSS reader. Banyak blog yang Kang Kombor langgani pengumpannya mengunakan SharpReader. Dulu pernah menggunakan RSS Bandit tetapi karena Si Bandit sering bengong alias hang maka Si Bandit dipensiunkan dan diganti dengan SharpReader. Tahu SharpReader ini dari Budi Pruwanto. Sampai hari ini Kang Kombor rasakan SharpReader ini masih oka-oke saja, belum mengalami "nggantung" macam RSS Bandit.

Membaca Tulisan Sampeyan Mengasyikkan

Membaca tulisan-tulisan para bloger seperti Sampeyan semua memang mengasyikkan. Kang Kombor bisa belajar banyak hal dan mendapatkan informasi-informasi baru. Bahkan, informasi lama yang terlewatkan pun bisa didapat dari blog. Selain itu, keragaman dan keunikan setiap bloger dalam mengupas suatu permasalahan memperkaya perspektif Kang Kombor. Ibaratnya, kalau selama ini Kang Kombor melihat suatu permasalahan hanya dari sisi depan, setelah membaca blog, permasalahan itu bisa dilihat dari semua sisi: depan, belakang, samping kanan, samping kiri, atas dan bawah. Dus, lengkaplah sudah seluruh informasi yang dibutuhkan untuk menganalisis permasalahan tersebut. Blog memang sangat berguna, bertentangan dengan apa yang diungkapkan oleh Roy Suryo mengenai blog.

Kenali Pembaca Blog Sampeyan

Kalau Sampeyan mengira bahwa pembaca blog Sampeyan hanyalah mereka yang bolak-balik memberikan komentar di blog Sampeyan sehingga Sampeyan tampak seperti bloger dalam tempurung, Kang Kombor sampaikan Sampeyan mungkin salah. Banyak pembaca yang hanya suka membaca tanpa perlu meninggalkan komentar dengan alasan masing-masing. Bahkan, ada pula tipe pembaca yang mungkin bahkan tidak pernah membuka blog Sampeyan. Mereka ini adalah pembaca blog Sampeyan yang berlangganan pengumpan (RSS feeds) Sampeyan. Ada yang berlangganan dengan menggunakan reader baik yang berupa software maupun yang berbasis web. Bahkan, ada yang berlangganan pengumpan blog Sampeyan menggunakan email. Kang Kombor berlangganan pengumpan blog Mbak Jennie melalui email sejak Mbak Jennie mau bagi-bagi ebook gratis waktu itu.

Tiga Tipe Pembaca

  1. Membaca langsung dengan mengunjungi blog
  2. Membaca melalui RSS reader
  3. Membaca melalui email

Jangkau Pembaca Lebih Banyak

Setelah mengenai tiga tipe pembaca blog Sampeyan, Kang Kombor menyarankan Sampeyan untuk menyediakan sarana bagi ketiga tipe pembaca tersebut. Kang Kombor yakin bahwa setiap platform blog sudah menyediakan pengumpan dalam format mereka masing-masing. Ada yang berformat RDF (blog friendster), atom (blogger), RSS (wordpress). Oleh karena Sampeyan punya blog yang menyediakan pengumpan maka tipe pembaca pertama dan kedua sudah dapat Sampeyan jangkau. Kecuali Sampeyan sudah puas dengan hanya menjangkau dua tipe pembaca saja Kang Kombor menyarankan Sampeyan untuk bisa menjangkau tipe pembaca ketiga yaitu mereka yang lebih suka membaca lewat email. Terus-terang, tipe pembaca ketiga ini tidak akan meninggalkan komentar di blog Sampeyan tetapi kemungkinan besar adalah tulisan-tulisan Sampeyan akan dibaca oleh pembaca jenis ketiga ini karena mereka sudah memutuskan untuk berlangganan pengumpan Sampeyan.

Sediakan Sarana Berlangganan Pengumpan Via Email

Kang Kombor yakin Sampeyan semua para bloger ingin menjangkau semua tipe pembaca sehingga Kang Kombor dengan berani merekomendasikan Sampeyan untuk menyediakan semua sarana yang diperlukan agar dapat menjangkau semua tipe pembaca itu, yaitu:
  1. Buat blog
  2. Sediakan pengumpan / RSS feeds
  3. Sediakan sarana untuk berlangganan pengumpan via email
Untuk sarana yang ketiga, Kang Kombor sangat merekomendasikan FeedBurner. Layanan yang sudah diakuisisi oleh Google dan diintegrasikan dengan Blogger ini cukup handal untuk kita para bloger. Fasilitas yang dulu hanya dibuka untuk mereka yang membayar sudah diberikan secara cuma-cuma sejak akuisi oleh Google itu. Sampeyan dapat memantau seluruh pelanggan pengumpan blog Sampeyan melalui fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner. Cara memakainya pun sangat mudah. Kita tinggal daftar ke FeedBurner dan di sana kita dapat mendaftarkan pengumpan sebanyak yang kita punya. Misalnya kita punya tiga blog, kita bisa buat tiga pengumpan. Misalnya kita punya 20 blog, kita juga bisa bikin 20 pengumpan. Untuk memasang formulir berlangganan via email pun sangat mudah. Kita tinggal mengaktifkan fasilitas tersebut dan FeedBurner akan membuatkan kode HTML yang bisa kita pasang di blog. Contoh aksi formulir berlangganan pengumpan via email ada pada kolom sisi blog Kang Kombor ini. Silakan dilihat sendiri.

Read More di WordPress memotong full RSS

Sebagai pembaca blog yang memanfaatkan RSS reader untuk membaca pengumpan blog, Kang Kombor menyarankan agar para bloger menyeting RSS feeds-nya agar bisa dibaca secara penuh (full). Apabila tidak diseting full, RSS reader hanya akan membaca excerpt-nya saja. Untuk membaca artikel secara penuh pembaca harus merambah blog tersebut. Memang RSS reader seperti SharpReader juga memiliki kemampuan untuk membuka URL dari pengumpan yang dikirim. Akan tetapi, kalau dirasa-rasakan kok sepertinya pemilik pengumpan tidak ikhlas membiarkan pembaca menikmati tulisannya tanpa harus mengunjungi blognya.

Untuk blog berplatform Blogger, begitu feed diseting full, RSS reader akan menampilkan seluruh isi artikel. Blog berplatform wordpress-pun sejatinya juga seperti itu. Begitu feed diset full, RSS reader akan menampilkan seluruh isi artikel yang dipublikasikan. Akan tetapi, apabila artikel wordpress dipotong dengan MORE maka yang akan disebarluaskan oleh pengumpan hanya isi artikel di atas potongan MORE. Isi artikel di bawah potongan MORE hanya bisa dibaca kalau blog dikunjungi. Hal ini tentunya mengurangi kenikmatan pembaca blog yang berlangganan RSS karena dia harus melakukan usaha membuka blog Sampeyan. Bahkan ketika pengumpan kita sudah dipindahkan ke FeedBurner, pengumpan wordpress yang diseting full tetap akan dipotong oleh si MORE itu.


Langganan RSS WordPress yang dikonversi ke FeedBurner tetap akan menampilkan RSS yang terpotong oleh MORE walau feed sudah diseting full. Untuk mengatasi itu, bagi yang menggunakan blog dengan WordPress dengan hostingan sendiri hal tersebut bisa diatasi dengan Homepage Excerpt Plugins. Plugins ini akan menampilkan posting terakhir secara penuh sedangkan postings yang lain yang ditampilkan di homepage akan ditampilkan terpotong dengan jumlah karakter yang bisa kita atur.

Update:
Mulai 17 November 2007, Kombor.com telah mengaktifkan Homepage Excerpt plugin dan tidak lagi memenggal posting dengan MORE.

Rabu, November 14, 2007

Onani Itu Sangat Mengasyikkan

Onani Itu Sangat Mengasyikkan

Di internet aku bisa orgasme karena ngeblog sama dengan onani. Maka, beronanilah aku sepuas diriku.
Onani apaan sih, Kang? Sampeyan ini kok mengada-ada saja. Kan sudah punya istri di rumah...

Hus! Ini bukan onani yang seperti itu. Ini disebut onani karena persamaan antara onani dan kegiatan yang Kang Kombor lakukan. Persamaan antara keduanya adalah:
  1. Dilakukan sendiri
  2. Puas dirasakan sendiri

Hayo, siapa yang mau menyangkal kalau onani itu dilakukan sendiri dan puasnya juga dirasakan sendiri?

Begini ceritanya

Kang Kombor ganti lagi perwajahan blog Kang Kombor. Sebelumnya memakai theme Blog Oh Blog V2 dari Blog Oh Blog. Nggak ada yang salah sama theme BOBV2 itu. Sumpah! Nggak ada yang salah. Akan tetapi, Kang Kombor ingin mengubah tampilan supaya menjadi putih bersih seperti kapas. Seperti salju. Nanti kalau suasana hati sedang berwarna-warni, tinggal buka dasbor lalu klik presentation lalu klik BOBV2. Kembali dah ke suasana sebelumnya.

Ah... kurang kerjaan

Ya! Memang yang seperti ini kurang kerjaan. Tapi mau bagaimana lagi, seperti onani, Kang Kombor lakukan sendiri dan puasnya dirasakan sendiri. Lagipula, ada beberapa hal yang dimunculkan di sini, yaitu:

  • Post Ratings Plugins yang sudah lama dimomot dan diaktifkan tetapi belum dimasukkan kodenya ke theme saat ini sudah dimasukkan. So, Sampeyan bisa memberi nilai pada setiap tulisan yang Kang Kombor publikasikan. Tentunya kalau Sampeyan mau.

  • Tulisan yang paling banyak dilihat diinformasikan di kolom sisi.

  • Tulisan yang paing banyak dinilai diinformasikan di kolom sisi.

  • Sarana pencarian diaktifkan

  • Profil Sampeyan yang menggunakan StatPress Plugins (Silakan lihat di Halaman Plugins kalau mau tahu sumbernya)

Plugins baru

  • StatPress

  • WordPress.com Stats. Ini untuk melihat statistik blog seperti statistik yang ada di wp.com

  • All-in-one SEO Package. Entah buat apa plugins ini.
Yang errornya sampai sekarang tidak dimengerti

  • Plugins wp-stats. Tampilan statistik untuk Highes Rated dan Most Rated posts kok nggak pada tempatnya. Sejak mula dia sudah salah seperti itu. Lihat di halaman Statistik, semestinya keduanya tidak tampil di atas General Stats. Ada angka 12231 yang dicari di file stats.php kagak ada. Semua file di folder wp-stats dicari 12231-nya juga tidak ada. Siapa yang salah? Yang bikin plugins apa yang masang?

Yah... apalah kata Sampeyan, .... yang pasti onani sudah selesai. Mungkin lain kali dilanjut lagi.

Eh, selain onani, ternyata ngeblog juga make money. Kita bisa melakukan blog monetization melalui beberapa program seperti PPC, CPM atau sell text links. Blog ternyata juga bisa menjadi earning source yang memiliki revenue stream yang bagi beberapa blogger bisa digunakan sebagai main income source. Mereka yang seperti itu telah menjadi fulltime blogger dengan pendapatan yang sangat tinggi sehingga bisa bekerja dengan riang dan santai.

Selasa, November 13, 2007

PonselJakarta.Com Suspended

Whoa... Celaka! PonselJakarta.Com ternyata akun hostingnya ditangguhkan oleh penyedia layanan hosting. Paling tidak, hari ini, 13 November 2007, PonselJakarta.Com hanya menampilkan tayangan seperti gambar di bawah:





Mudah-mudahan pengelola PonselJakarta.Com segera mengaktifkan kembali akun hostingnya karena:
  1. Kang Kombor suka buka situs itu untuk melihat-lihat harga HP baru/bekas.
  2. Kang Kombor mau cari nomor telpon KFK Cellular. Ada sedikit masalah jual-beli yang perlu diselesaikan.
Waktu di Google mencari dengan kata kunci KFK Cellular malah nemu tulisan yang meminta hati-hati untuk belanja online melalui KFK Cellular. Wadaw! Kang Kombor sih sudah pernah sampai ke lokasi gerai KFK Cellular di dekat Mal Puri Indah. Memang yang jadi masalah, nomor telepon KFK Cellular yang di 021-70007729 pada minggu lalu selama seminggu telpon dalam posisi tidak aktif. Baru saja ditelpon, nada sambung ada tetapi panggilan tidak diangkat.

Pada bulan puasa lalu Kang Kombor membeli Audiovox 6700 bekas dari KFK Cellular. Karena HTC Apache atau PPC6700 (nama lain Audiovox 6700) itu Kang Kombor nilai cukup OK, Kang Kombor minta dikirim PPC6700 yang baru supaya tambah OK. Singkatnya, Mas Iwan dari KFK kembali bertemu Kang Kombor di kantor. Mas Iwan mengirimkan sebuah unit PPC6700 yang baru untuk mengganti PPC6700 bekas yang telah Kang Kombor beli sebelumnya. Tentu Kang Kombor nambah sedikit uang lagi untuk yang baru ini.

PPC6700 memiliki OS default Windows Mobile 5. Pada PPC6700 lama, WM5 yang ada. Pada PPC6700 yang baru, WM6. Kang Kombor sempat menanyakan kok isinya WM6. Bukankah defaultnya WM5? Tapi okelah, Kang Kombor akan coba. Ternyata, PPC6700 yang baru ini sama sekali tidak handal. Performanya kalah sama PPC6700 bekas yang sebelumnya Kang Kombor beli. Masalah utamanya adalah pada menu SMS, PPC6700 selalu menampilkan sms yang berada pada urutan paling atas tidak peduli sms mana yang Kang Kombor pilih untuk ditampilkan. Yang kedua, PPC6700 itu tidak bisa melakukan penambahan nomor telepon ke dalam kontak yang sudah ada. Padahal, fasilitas untuk itu tersedia pada WM6. Kang Kombor komplain ke KFK Cellular. Langsung ditanggapi. Bagus sekali, Kepada Kang Kombor langsung diberi unit baru sebagai pengganti. PPC6700 ini memang tidak ada garansi resminya. Hanya garansi toko selama 3 bulan atau tergantung kesepakatan. Tentu Kang Kombor senang karena diganti unit. Kang Kombor bilang mudah-mudahan tidak terjadi lagi.

Selama semingguan setelah PPC6700 pengganti dikirim, Kang Kombor tidak mengalami masalah. Akan tetapi, sekitar empat hari sebelum lebaran PPC6700 itu mengalami kejadian serupa seperti PPC6700 baru yang diganti, yaitu selalu menampilkan sms yang berada pada urutan paling atas. Yang lebih parah, ketika PPC6700 direstart, booting WM6 tidak pernah selesai sampai akhirnya PPC6700 mati sendiri kehabisan setrum dari baterai. Kang Kombor hubungi lagi KFK Cellular minta hal itu diperbaiki. Setelah lebaran, kira-kira tanggal 24 Oktober 2007, Mas Iwan datang lagi ke kantor. Saya sampaikan keluhan saya dan saya minta OS-nya diganti ke WM5 sesuai default dari PPC6700. Mas Iwan membawa kembali PPC6700 untuk diperbaiki.

Selama seminggu Kang Kombor menghubungi KFK Cellular untuk minta PPC6700 segera dikirim lagi tetapi sulit untuk menghubungi. Nomor 70007729 tidak diangkat. Nomor Mas Iwan juga tidak diangkat. Awal November sebenarnya Kang Kombor sudah ditelpon oleh Mas Iwan yang menginformasikan kalau PPC6700 sudah selesai diperbaiki. OS sudah diganti ke WM5. Semuanya stabil dan tidak bermasalah. Waktu itu Kang Kombor minta segera diantar ke kantor tetapi barang tidak segera diantar.

Kemarin, Senin (12 November 2007) Mas Iwan ke kantor saya mengirimkan PPC6700. Saya sedang tidak di kantor karena Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan harus kontrol ke dokter. Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan sedang dalam pengobatan kelenjar paru-paru yang membengkak dan harus minum obat selama enam bulan. Kang Kombor sempat bicara dengan Mas Iwan untuk mengkonfirmasi bahwa PPC6700 sudah stabil dan sudah dicoba oleh Mas Adhi (bos Mas Iwan). Mas Iwan bilang iya. Karena saya percaya pada Mas Iwan, saya minta PPC6700 itu untuk dititipkan kepada rekan kerja saya sekantor.

Hari ini PPC6700 Kang Kombor coba. Kang Kombor sisipkan kartu SIM Flexi dan hidupkan PPC6700 tersebut. Weleh... ternyata, menu kontak tidak bisa dibuka sama sekali. Ketika diklik Contacts, PPC6700 hanya ngedip sebentar tetapi tidak sampai membuka menu contacts. Kang Kombor pikir ini karena kontak masih kosong. Kang Kombor sinkronisasi dengan notebook Toshiba milik kantor. Sinkronisasi mengidentifikasikan kalau kontak sudah tersinkronisasi. Kang Kombor coba lagi klik Contacts. Ternyata sama saja. PPC6700 hanya ngedip nggak sampai satu detik ketika menampilkan menu kontak. Kang Kombor tidak tahu apakah kontak dari Outlook sudah tersimpan di sana.

Tidak puas, Kang Kombor buka menu SMS. Kang Kombor coba untuk bikin SMS baru. Kang Kombor klik "To" untuk menampilkan kontak. Tidak ada kontak yang muncul untuk dipilih. Hmm... ini celaka.

Lalu Kang Kombor coba menelpon. Kang Kombor pencet gambar telepon warna hijau. Tidak ada kontak yang bisa dipilih. Secara manual Kang Kombor masukkan angka 70007729. Nomor KFK Cellular! Kang Kombor tekan "Talk" untuk melakukan panggilan. Tidak sampai connected, panggilan putus dan layar kembali ke home. Kang Kombor coba telpon dari nomor mentari. Ada nada sambung tetapi tidak diangkat. Sekalian nyoba sms, Kang Kombor kirim sms dari PPC6700 ke nomor 70007729. Pesan terkirim. Notifikasi pesan terkirim diterima oleh PPC6700. Artinya, entah Mas Adhi atau Mas Iwan KFK Cellular seharusnya membaca sms yang Kang Kombor kirim. Kang Kombor sih percaya bahwa KFK Cellular masih akan tetap melayani pelanggannya dengan baik. Ukurannya jelas kok, bahwa PPC6700 yang sudah diperbaiki pun masih bermasalah. Kang Kombor kan bukan orang yang suka mengada-ada. Kalau barang tidak masalah masa harus komplen-komplen.
Kang Kombor coba untuk kirim sms ke istri. Tadi malam badannya demam. Kemarin kami bertiga ke RS untuk kontrol Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan. Eh... malamnya malah ibunya demam. Pagi tadi masih agak panas. Si Berseri-seri Cahaya Kemuliaan ke sekolah bareng Kang Kombor dan pulangnya nitip bareng temannya. SMS terkirim. Karena nomor pengirim belum ada di kontak, nama pengirim tidak ada. Kang Kombor coba masukin nomor itu ke kontak. Kang Kombor klik nomor pengirim sms. Muncul dialog bertuliskan:
This person is not in your contact list. Do you wish to create a new contact for this person?
Yes  No
Kang Kombor pilih Yes. Yang muncul adalah:
Cannot create a contact for this person.
Berdasarkan apa yang dialami PPC6700 seperti Kang Kombor ceritakan di atas, sepertinya menu contacts pada PPC6700 ini tidak berfungsi dengan baik. Kemungkinan penyelesaiaannya adalah Windows Mobile 5 di-install ulang. Hmm... Kang Kombor butuh KFK Cellukar untuk melakukannya karena Kang Kombor tidak memiliki tools dan knowledge untuk melakukannya.
Yang jadi masalah saat ini adalah PonselJakarta.Com yang akun hostingnya ditangguhkan sehingga Kang Kombor tidak bisa mencari nomor lain KFK Cellular selain yang 021-70007729. Soalnya, nomor IM3 Mas Iwan tidak aktif terus. Kata Mas Iwan, dia tidak punya hp lagi, dijual untuk pulang kampung mendadak. Kang Kombor tidak dalam posisi tidak mempercayai Mas Iwan. Lah mau gimana? Kemarin Mas Iwan ujug-ujug nongol di kantor. Biasanya dia sms atau telpon dulu kalau mau ke kantor.

Mudah-mudahan PonselJakarta.Com segera membayar akun hostingnya. Semoga KFK Cellular segera membalas sms Kang Kombor.

Update:
Barusan (13/11/2007 18:00 WIB) sms pengelola PonselJakarta menanyakan mengenai hal tersebut dan apakah hosting belum dibayar. Jawabannya:
bkn blm byr, tp pindah colocation tp sdh aktif. bpk mnggunakan speedy? dari isp lain sudah berubah.
Update 14/11/2007:
Web PonselJakarta.Com sudah bisa dibuka. KFK Cell juga bisa dilihat nomor telponnya tetapi kedua nomor yang ada di sana tidak aktif. Hari ini kirim email ke marketing@ponseljakarta.com minta info nomor telepon KFK Cell yang bisa dihubungi.

Update 16/11/2007:
Mas Iwan dari KFK Cellular datang ke kantor. Problem menu kontak yang tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan hard-reset. Akan tetapi, ada masalah lain yang menurut Kang Kombor adalah cacat hardware, yaitu pada saat speaker on/aktif pada saat melakukan percakapan, Audiovox6700 langsung mati ketika tombol volume di samping kanan digeser ke atas untuk memperbesar volume. Mas Iwan pun tidak bisa mengatasi sehingga akhirnya Audiovox6700 itu dibawa olehnya. Praktis sejak membeli Audiovox baru refurbished dari KFK Cellular saya baru memakai sekitar 2 minggu saja.

Senin, November 05, 2007

Tipuan Indosat

Tipuan Indosat

Indosat menipu? Menipu apa ya? Apa iklan tarif nol rupiah yang dibintangi Dian Sastro itu yang menipu? Apa iya tarifnya nol rupiah? Nelpon Rp 5000 dapat free talk Rp 5000. Kalau nelponnya Rp 6000 atau Rp 7000 bagaimana? dapat free talk-nya berapa? Hah!? Rp 5000? Atuh nggak NOL rupiah dong tarifnya? Kalau nelponnya hanya Rp 3000 atau Rp 4999 apa dapat free talk juga? Enggak dong, hanya nelpon Rp 5000 yang dapat.


Ah... jangan percaya begitu saja!


Selain itu, jangan juga percaya judul begitu saja. Kadang judul sengaja dibuat menyesatkan oleh yang memiliki tulisan. Tujuannya untuk menarik minat orang-orang supaya membaca. Ya... mungkin seperti Sampeyan ini.

Soal apa ini sebenarnya?

Tanggal 27 Oktober 2007 yang lalu, pada pukul 07:59 WIB Kang Kombor mendapatkan sms dari 021-30599318. Isi SMS-nya sebagai berikut:
INDOSAT (555) kejutan POIN hadiah Rp. 15jt resmi diberikan U/pemilik No. 081511711XXX PIN- b6ba247 U/info hub kntr Pusat "INDOSAT 021-68886035 021-68951947
Kang Kombor kira pemilik nomor 021-30599318 ini orang yang goblog. Kalau mau menipu mbok ya pakai cara yang lebih bagus. Mosok nomernya yang 021-30599318 masih nongol sebagai +622130599318. Kalau dari Indosat mestinya kan yang nongol bukan nomor STARONE itu. Udah gitu, yang dipake sebagai nomor kantor Pusat "INDOSAT adalah nomor Flexi. Ini orang benar-benar goblog.

Eh... tapi jangan salah loh, banyak orang yang kurang waspada sehingga seringkali bisa ditipu oleh orang-orang goblog itu. Karena syok mendapat sms hadiah dan ngeces membayangkan hadiah Rp 15jt, ada orang yang setelah pusing mikir akhirnya nelpon ke nomor yang diberikan. Tentu Sampeyan sudah bisa membayangkan bahwa mereka akan tertipu. Alih-alih dapat Rp 15jt, bisa-bisa uang di rekening yang jumlahnya bisa jadi lebih besar daripada Rp 15jt akan amblas. Udah banyak toh, orang-orang yang tertipu dengan modus penipuan seperti itu. Makanya waspadalah!
Kalau dapat sms macam itu mending dihapus saja. Sampeyan nggak akan rugi apa-apa. Sampeyan kan nggak bayar untuk nerima sms penipuan itu kan?
t: "kok gambarnya bukan lambang starone atau flexi? malah gambar dian sastro?"
j: "hus! nggak usah protes!"

Jumat, November 02, 2007

Hipertensi

Hipertensi

Hipertensi

Kang Kombor ini memiliki silsilah yang bagus. Mbah Kakung (dari bapak), Bapak, dan Kangmas semuanya diberkahi bludreg alias darah tinggi alias hipertensi. Mbah Kakung meninggal tidak lama setelah terjatuh di kamar mandi. Kemungkinan Mbah Kakung terkena stroke pada saat siram. Alhamdulillah, bapak, kangmas dan saya masih diberi izin menghirup oksigen sampai detik tulisan ini dibuat.
Eh.. Kang Kombor belum nyebutin kalau Kang Kombor juga punya bludreg ya? Maaf deh!
Bludreg sejak kuliah


Kang Kombor punya bludreg sejak masih kuliah dulu. Rekor waktu itu belum tinggi-tinggi amat. Paling tinggi baru 150/90. Emang belum tinggi untuk ukuran penggemar hipertensi tetapi yang serendah itu pun sudah akan bikin Kang Kombor KO. Pada saat tekanan darah sedang menanjak, kadang-kadang Kang Kombor membayangkan nikmatnya kalau ada yang nebas tengkuk Kang Kombor. Pasti ketegangan yang ada di tengkuk dan bahu serta senut-senut di belakang kepala akan langsung hilang. Untuk menyalurkan rasa tegang ke tempat lain, Kang Kombor dulu suka njedhug-njedhuge githok ke pinggiran meja atau benda-benda lain yang bersudut. Pelan-pelan sih, nggak berani keras.

Pernah sembuh

Kang Kombor pernah tidak terkena bludreg lagi untuk waktu yang cukup lama. Kalau diingat-ingat, sejak Pak Harto lengser keprabon dulu Kang Kombor nggak pernah lagi memiliki tekanan darah yang di atas 120. Sehat wal afiat dan mangan wedhus sakkarepe. Jan nikmat bener tidak punya hipertensi itu, bisa makan sop kambing, sate kambing, tongseng, atau gule. Bahkan kambing guling!
Sayang sekali, pada kwartal kedua tahun ini secara tidak terduga si bludreg ingat lagi sama Kang Kombor. Nggak tanggung-tanggung, rekor tertinggi selama kuliah dilewati. Emang sih, belum sampai 200 (masih kategori belum terlalu tinggi), yaitu 160. Bawahnya yang nggak kuwat: 110. Gemblung! Kang Kombor sampai nggak masuk kantor seminggu karena disambangi si bludreg. Udah gitu, makan kambing jadi diliburkan dulu.
Minggu ini si bludreg datang lagi. Ah... kirain nggak bakalan datang lagi. Rese bener dia! Nggak mau lihat orang senang.

Kata Dokter

Kata dokter, Kang Kombor harus selalu kontrol kalau obat habis. Kebetulan dulu Kang Kombor periksa sama dia waktu njegleg pertama setelah bludreg cuti lama (1998 - 2007) sehingga dia tahu kalau Kang Kombor nggak pernah datang lagi setelah obat habis.
Kombor: Saya harus minum obat terus, Dok?
Dokter: Iya. Harus minum obat terus supaya tekanan darahnya stabil.
Kombor: Masa sih, Dok? Seumur hidup?
Dokter: Begini. Anda saya beri obat untuk seminggu. Setelah habis, kontrol lagi. Begitu seterusnya. Setelah setahun kita cek riwayat tekanan darah Anda, apakah stabil atau tidak. Kalau tekanan darah stabil, obat kita hentikan.
Hladalah... edun. Kang Kombor dulu suka mbatin waktu tetangga Kang Kombor yang sudah almarhum cerita bahwa beliau harus minum obat seumur hidup karena hipertensi. Eh... kok sekarang Kang Kombor harus mengalami hal yang sama.
Mayoritas pasien dengan tekanan darah tinggi akan memerlukan obat-obatan selam hidup mereka untuk mengontrol tekanan darah mereka.
Penyebab hipertensi

Dokter menceritakan dari mana si bludreg datang:
  1. Keturunan
  2. Gaya hidup tidak sehat
  3. Tidak diketahui penyebabnya
Kata dokter itu, 90% hipertensi di Indonesia tidak diketahui penyebabnya. Wow? Fantastis sekali. Kang Kombor tidak menanyakan kepada dokter itu, Dokter Diana namanya, apakah angka 90% itu sahih. Kasihan dokter yang cantik itu malah repot menjawabi pertanyaan-pertanyaan yang tidak substansial. Eh... kali saja ada dokter yang baca tulisan ini dan bisa mengkonfirmasi apakah informasi itu benar atau salah. Kan ada dr. Hasmoko, dr. Dani, dll.
Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 1995 menunjukkan prevalensi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi di Indonesia cukup tinggi, yaitu 83 per 1.000 anggota rumah tangga. Pada umumnya perempuan lebih banyak menderita hipertensi dibandingkan dengan pria.
Kalau melihat silsilah keluarga, sepertinya Kang Kombor menderita hipertensi karena bakat keturunan. Jadi si bludreg itu turun temurun di keluarga Kang Kombor. Entahlah apakah Mbah Kakung alias bapaknya bapak itu bapak dan kakeknya dulu juga punya bludreg. Nggak sempat mengkonfirmasi. Kang Kombor sendiri nggak pernah tahu mbah buyut dari garis bapak itu apakah pernah Kang Kombor kunjungi atau tidak. Kalau mbah buyut dari Mbah Putri (ibunya bapak), sebelum Kang Kombor lahir sudah pada meninggal. Uyut dari ibu yang asal Ciamis juga nggak pernah nemuin.
Hipertensi dapat dikelompokkan dalam dua kategori besar, yaitu primer dan sekunder. Hipertensi primer artinya hipertensi yang belum diketahui penyebabnya dengan jelas.
Kategori Hipertensi

Kategori Tekanan darah sistolik Tekanan darah diastolik
Normal dibawah 130 mmhg dibawah 85 mmhg
Normal tinggi 130 - 139 mmhg 85 - 89 mmhg
stadium 1 (hipertensi ringan) 140 - 159 mmhg 90 - 99 mmhg
Stadium 2 (hipertensi sedang) 160 - 179 mmhg 100 - 109 mmhg
Stadium 3 (hipertensi berat) 180 - 209 mmhg 110 - 119 mmhg
Stadium 4 (hipertensi magnolia) 210 mmhg atau lebih 120 mmhg atau lebih
hipertensi maligna adalah hipertensi yang sangat parah,yang apabila tidak diobati akan menimbulkan kematian dalam 3-6 bulan,Hipertensi ini jarang terjadi,hanya 1 dari 200 orang yang menderita hipertensi.
Wah... ngomong-ngomong Kang Kombor masuk kategori mana ya, kalau 160/110?
Pengaturan Menu Penderita Hipertensi
  1. Diet rendah garam, yang terdiri dari diet ringan (konsumsi garam 3,75-7,5 gram per hari), menengah (1,25-3,75 gram per hari) dan berat (kurang dari 1,25 gram per hari).
  2. Diet rendah kolesterol dan lemak terbatas.
  3. Diet tinggi serat.
  4. Diet rendah energi (bagi yang kegemukan).
Untuk yang tidak punya bludreg

Jangan sombong dulu ya! Walaupun Sampeyan tidak punya keturunan penderita bludreg, Sampeyan juga bisa terkena kalau gaya hidup sampeyan tidak sehat. Makanan tidak dijaga kandungan gizinya sehingga gula darah tinggi, kolesterol jahat tinggi, dll. yang bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Selain itu, sampeyan juga bisa masuk yang 90% itu, yaitu yang tidak diketahui penyebabnya.
Untuk itu, silakan miliki gaya hidup yang sehat. Jangan minum alkohol, berhentilah merokok, berolah raga dan makan makanan yang memiliki gizi seimbang. Jangan berlebihan mengkonsumsi gula, garam. Jangan sering-sering makan makanan berkolesterol tinggi. Percayalah, punya bludreg itu nggak enak. Mosok harus makan obat setiap hari seumur hidup?
Bahan bacaan:
  1. Cegah Hipertensi dengan Pola Makan
  2. Mengenal Hypertensy
  3. Gizi Seimbang Untuk Mencegah Hipertensi (PDF)
  4. Pilihan Terapi untuk Tekanan Darah Tinggi
  5. Bekatul untuk Menurunkan Hipertensi dan Hiperlipidemia

Kamis, November 01, 2007

Saatnya Kaum Muda Memimpin Bangkit Indonesia

Saatnya Kaum Muda Memimpin Bangkit Indonesia

Pada 28 Oktober 2007, saat memperingati 79 tahun Sumpah Pemuda yang bertema "Saatnya Kaum Muda Memimpin", para pemuda dan tokoh pemuda berikrar bangkit membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana diserukan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Gedung Arsip Nasional menjadi saksi ikrar para pemuda dan tokoh pemuda Indonesia. Menurut Kompas hadir sekitar 600 orang dengan tokoh pemuda yang hadir di antaranya: Anies Baswedan, Usman Hamid, Patra M Zen, Agung Putri, Hilmar Farid, Benny Susetyo, Yudi Latif, Fadjroel Rachman, Faisal Basri, serta budayawan Mudji Sutrisno, Franky Sahilatua, dan Rieke Dyah Pitaloka.

Pada 31 Oktober 2003, giliran dideklarasikan Komite Bangkit Indonesia. Rizal Ramli mengetuai Komite Bangkit Indonesia tersebut. Menurut Komite Bangkit Indonesia, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Indonesia membutuhkan jalan baru yang berlandaskan kebhinnekaan, pluralisme dan keragaman budaya karena jalan yang selama ini digunakan justru memicu kemerosotan dan kemiskinan struktural serta memperkokoh neokolonialisme. Dalam deklarasi Komite Bangkit Indonesia itu banyak tokoh nasional yang hadir, di antaranya: Try Sutrisno, Moerdiono, Syarwan Hamid, Amien Rais, Akbar Tanjung, Taufik Kiemas, Wiranto, Syafii Maarif, Natan Setiabudi, Rosihan Anwar, Ichlasul Amal. Tokoh muda yang hadir di antaranya: Yudi Latif, Sukardi Rinakit, Pramono Anung, Yenny Wahid, Drajad Wibowo dan Khofifah Indar Parawansa.

Dalam 40 tahun terakhir ini Indonesia menjadi negara yang tertinggal dari negara lain di Asia Timur. Pada tahun 1960-an, pendapatan per kapita Indonesia hampir sama dengan Malaysia, Taiwan, dan Tahiland, yaitu sekitar USD 100. China hanya USD 50. Pada tahun 2005, semua negara itu pendapatan per kapitanya sudah lebih besar dari Indonesia. Menurut Rizal ada tiga penyebab atas kerjadinya hal di atas, yaitu:
  1. Karakter Feodal. Karakter seperti itu membuat pemimpin merasa tidak punya kewajiban untuk menyejahterakan rakyat.
  2. Praktik Neokolonialisme. "Kebijakan ekonomi Indonesia hanya menjadi subordinasi dan alat kepentingan internasional. Uang pinjaman harus ditukar dengan dengan undang-undang dan peraturan pemerintah yang sesuai dengan garis neo liberal."
  3. Kepemimpinan yang tidak efektif serta lemah secara visi dan karakter. Kepemimpinan seperti itu mudah berubah karena perubahan kepentingan taktis, opini, dan respons pencitraan situasional.
Untuk keluar dari keterpurukan ini dan menciptakan kesejahteraan bagi mayoritas rakyat Indonesia, Indonesia harus memperjuangkan jalan baru, yaitu jalan yang antineokolonialisme dan lebih mandiri. Jalan itu harus membuat rakyat lebih kreatif dan inovatif, bukan sekedar menjadi masyarakat terbuka yang sering hanya menjadi korban globalisasi. Hal tersebut yang akan diperjuangkan oleh Komite Bangkit Indonesia.

Untuk Sampeyan yang belum memperoleh, Ikrar Kaum Muda Indonesia yang dibacakan di Gedung Arsip Nasional naskahnya sebagai berikut:
IKRAR KAUM MUDA INDONESIA
Indonesia lahir dari rahim perjuangan melawan ketidakadilan. Kalimat pertama Pembukaan UUD 1945 dengan tegas menyatakan, “bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.” Dari zaman ke zaman kaum muda menyumbang tenaga, pikiran dan jiwa mereka untuk menegakkan cita-cita ini: bebas dari segala bentuk penjajahan, oleh asing pun bangsa sendiri.
Saat ini kita semakin jauh dari cita-cita mulia ini. Sistem ekonomi yang dipakai sekarang bertumpu pada rumus sederhana: kekayaan yang satu hanya mungkin didapat dari kesengsaraan yang lain. Kesetaraan dan keadilan yang pernah digariskan para pendiri bangsa sebagai landasan hidup bersama dianggap sebagai nyanyian usang dari masa lalu. Kekayaan alam habis dikuras meninggalkan kehancuran lingkungan yang tidak terbayar. Manusia Indonesia seperti dihantui kutuk sejarah: menjadi bangsa kuli dan kuli di antara bangsa-bangsa.
Reformasi politik 1998 yang mengganti kediktatoran Soeharto sempat memberi janji bahwa perubahan akan segera datang. Presiden demi presiden berganti, kabinet dibongkar-pasang namun keadaan tidak beranjak membaik. Justru krisis semakin membelit: kemiskinan dan pengangguran merajalela, komunalisme  bangkit, kebencian etnik dan agama dikobarkan, di pusat dan daerah orang memperebutkan lembaga negara dan menjadikannya sumber akumulasi kekayaan. Korupsi memporak-poranda tatanan politik, tidak ada lagi adab dan nilai. Indonesia terancam hilang dari pergaulan dunia.
Dalam keadaan ini kaum muda kembali terpanggil untuk bangkit. Republik ini berdiri untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Inilah arah dan jalan keluar dari krisis kita sekarang. Dan menjadi tugas sejarah kaum muda untuk mewujudkannya.
Di dunia kini bergema slogan kekuasaan lama: sejarah sudah berakhir. Kaum muda Indonesia menolak jalan buntu ini. Zaman ini bukan akhir dari sejarah, tapi awal dari sejarah baru. Saatnya kaum muda dengan visi pembaruan berhimpun dalam pergerakan menghapus penjajahan dan menegakkan negara kesejahteraan.
Saatnya kaum muda memimpin!
Jakarta, 28 Oktober 2007
Pergerakan Kaum Muda Indonesia







Perbandingan Ikrar Kaum Muda dan Deklarasi Komite Bangkit Indonesia
 
Baik Ikrar Kaum Muda Indonesia maupun pidato Rizal Ramli memotret keterpurukan Indonesia. Kaum Muda Indonesia melihat Indonesia semakin jauh dari cita-cita mulia dan melihat tujuan negara yang Kang Kombor sebut sebagai utopi sebagai arah dan jalan keluar dari krisis. Sementara, Rizal Ramli mempresentasikan tiga sebab keterpurukan Indonesia dan untuk keluar dari keterpurukan dan mencipatakan kesejahteraan bagi mayoritas masyarakat Indonesia maka harus diperjuangkan jalan baru. Jalan yang antineokolonialisme dan lebih mandiri, yang berlandaskan kebhinnekaan, pluralisme dan keragaman budaya.

Ikrar Kaum Muda Indonesia memiliki dimensi yang lebih daripada deklarasi Komite Bangkit Indonesia. Walaupun sama-sama memotret keterpurukan bangsa, kaum Muda Indonesia melihat bahwa tujuan negara yang sudah dirumuskan oleh para pendiri bangsa harus menjadi arah dan jalan keluar. Kita tidak hanya butuh untuk sejahtera. Kita juga butuh dilindungi oleh negara, dan juga dicerdaskan.

Kang Kombor memang penuh dengan sinisme. Ketika menulis tujuan negara hanya utopi, sebenarnya Kang Kombor mengingatkan setiap orang bahwa kita bernegara ini memiliki tujuan. Kita bernegara bukan untuk dipaksa memakai paspor Republik Indonesia atau dipaksa membayar pajak. Kita bernegara untuk sebuah cita-cita bersama. Cita-cita yang oleh para pendiri negara sudah dirumuskan dengan apik tetapi dilupakan oleh para penguasa dan penyelenggara negara.

Dalam hal ini, Kang Kombor setuju kepada Ikrar Kaum Muda Indonesia yang menjadikan tujuan negara sebagai arah dan jalan keluar dari segala krisis yang melanda bangsa ini. Kang Kombor tidak setuju dengan sinisme M Sobary dalam acara Republik Mimpi pada 28 Oktober 2007 yang mengatakan Ikrar Kaum Muda Indonesia tidak memiliki konsep yang jelas. M Sobary mengomentari paragraf pertama Ikrar Kaum Muda Indonesia dengan mengatakan bahwa kaum tua pun juga seperti itu. Mungkin karena tidak membaca teks Ikrar Kaum Muda Indonesia dan hanya menyaksikan dari studio MetroTV, M Sobary kurang bisa menangkap apa yang ditegaskan oleh Kaum Muda Indonesia sebagai arah dan jalan keluar dari krisis.

Konsepnya sudah jelas, yaitu menjadikan tujuan negara sebagai arah dan jalan keluar. Kalau dalam ikrar tersebut tidak ada detil dari langkah-langkah untuk mewujudkan hal tersebut, Kang Kombor bisa memahami. Tidak mungkin sebuah ikrar dibuat 1000 halaman. Yang penting ikrar dengan tegas menyatakan apa yang menjadi maksud dari ikrar tersebut.

Agar ikrar tersebut tidak menjadi sekedar ikrar, para tokoh yang berada di balik Ikrar Kaum Muda Indonesia harus menindaklanjuti. Ajakan yang berbunyi "Saatnya kaum muda dengan visi pembaruan berhimpun dalam pergerakan menghapus penjajahan dan menegakkan negara kesejahteraan" harus diejawantahkan. Perlu sebuah wadah bersama bagi kaum muda yang bervisi pembaharuan agar bisa menjadi lokomotif kepemimpinan nasional.

Apa perlu kaum muda berhimpun dalam sebuah partai politik baru di mana hanya kaum muda yang menjadi anggota? Saatnya kaum muda memimpin bangkit Indonesia!