Angpau Imlek $4,11

Kamis tanggal 7 Februari 2008 adalah hari libur. Hari libur yang sependek ingatan saya dimulai ketika Gus Dur jadi Presiden. Hari libur yang diberikan untuk memberi kesempatan warga keturunan Tionghoa merayakan imlek. Perayaan tahun baru penanggalan Tiongkok. Perayaan ini lebih lekat kepada mereka yang beragama Buddha dan oleh karenanya mungkin disebut sebagai Hari Raya. Selain China, Korea juga merayakan hari raya ini. Konon di sana liburnya tiga hari. Bandingkan dengan Idul Fithri yang hanya 2 hari tanggal merahnya.

Eh, konon warga tionghoa beragama Kristen dilarang merayakan Imlek. Mungkin karena ritual imlek yang lebih berbau Buddha daripada perayaan etnis sehingga penganut Kristen dilarang merayakannya. (Mengenai benar atau tidaknya "konon" itu, silakan kalau ada yang akan memberi konfirmasi.)

Tradisi imlek lekat dengan tradisi angpau. Orang yang tertua memberi angpau kepada anak-anak dari usia bayi sampai ke orang dewasa yang belum menikah. Di rumah keluarga yang merayakan imlek akan ada pohon angpau. Pohon angpau ini digantungi angpau yang jumlahnya bervariasi. umumnya berisi lembaran uang kertas. Akan tetapi, saya tidak tahu apakah kalau orang tajir mau mengisi gantungan angpau itu dengan kunci sebuah Jaguar. Kalau iya, tentu yang hoki mendapatkan kunci Jaguar itu akan sangat bahagia.

Eh, ... ngomong-ngomong soal angpau. Saya juga kebagian angpau loh walaupun saya tidak merayakan imlek dan seharian kemarin saya benar-benar offline. Ada angpau sebesar $4,11.  Itu pendapatan adsense pada tahun baru imlek. Lumayan....

Komentar

  1. calon milyuner nih. duit ngalir teroooosss... :lol:

    BalasHapus
  2. Di sini juga libur nasional Kang, malah 2 hari, jadi libur panjang dari Kamis sampai Minggu

    BalasHapus
  3. wah, rupanya imlek dan hujan yang terus mengguyur menjadi berkah bagi mas arif. ndak dibagi-bagi angpao-nya, mas, hehehehehe .... :lol:

    BalasHapus
  4. lumayan tuh kalau dapat 4 dolar sehari. sebulan bisa dapat brp tuh :)

    BalasHapus
  5. Ndak cuman yang Kristen ajang, Kang...yang Islam juga kok. Yang dilarang itu ya ritual sembahyangnya. :D
    Kalo perayaan seremonial sih nggak, apalagi bagi-bagi angpao. :P

    BalasHapus
  6. Enake rek... dapet $4 sehari.. sebulan dijamin turun ceknya.. Oh iya, blog sampeyan semalam kok cuma keluar cpanel ya?

    BalasHapus
  7. wow enak euy.. semoga cepet dapet cek yg berikutnya

    BalasHapus

Posting Komentar