Get Paid For Blogging Untuk Memberdayakan Unemployed People di Sekitar Kita

Setelah mengikuti beberapa program PTR (paid to review) dan mendapatkan betapa mudahnya kita untuk mendapatkan uang dari program-program get paid from blogging tersebut saya jadi kepikiran bahwa program-program tersebut dapat digunakan untuk memberdayakan angkatan kerja di sekitar kita yang belum terserap oleh lapangan kerja yang tersedia. Ah, andai saja orang Depnakertrans itu melek blog dan mereka melihat potensi yang sangat luar biasa dari program-program itu, tentu mereka akan membuat Program Pemberdayaan Angkatan Kerja Melalui Kegiatan Get Paid For Blogging.

Jangan skeptis, pesimis atau apriori dulu. Bergabunglah dengan semangat optimis yang saya bawa ini. Kalau Anda dan saya saja bisa memanfaatkan program tersebut untuk mendapatkan uang, tentu orang-orang di luar sana yang belum mengerti keberadaan program-program PTR dan sejenisnya karena mereka hidup di darat (tidak seperti kita yang hidup di darat dan di internet) juga akan mampu melakukan seperti apa yang kita lakukan. Yang perlu dilakukan adalah memberitahu mereka, mengkoordinir dan memfasilitasi.

Bagaimana caranya?

Nah, ini dia. Cermin dari orang Indonesia adalah selalu bertanya tanpa mau berpikir. Hasilnya tentu dapat kita tebak, bangsa kita tidak pernah maju. Mau bukti? Pergilah ke Tangerang dan Bekasi lalu lihat jalanan di sana yang setiap musim hujan berubah menjadi jalanan yang rusak sangat parah penuh lubang dalam, kubangan dan lumpur. Pada musim kemarau, Pemdanya akan melakukan perbaikan jalanan tersebut. Lalu, musim hujan berikutnya jalanan sudah akan rusak parah lagi. Begitulah seterusnya, lingkaran setan jalan rusak itu akan selalu ada karena aparatur pemda yang besangkutan (PU), kepala daerah dan insiyur-insiyur sipil di Indonesia tidak mau menggunakan kepalanya untuk berpikir mengenai konstruksi jalan yang pas untuk wilayah Tangerang dan Bekasi yang kalau musim hujan airnya tidak bisa lari ke mana-mana.

Lalu bagaimana caranya?


Berikut ini caranya:
  1. Sebarkan informasi mengenai kegiatan Get Paid For Blogging kepada orang-orang di sekitar Anda.
  2. Ajari mereka untuk membuat blog. Kalau mereka belum kenal internet, kenalkan dulu mereka pada internet. Kalau mereka belum ngerti PC, ... ya sudahlah...
  3. Ajari mereka untuk mengisi blog mereka dengan tulisan. Eh, sangat direkomendasikan mereka yang mau menulis dalam Bahasa Inggris ya.
  4. Beri mereka motivasi untuk mau mengisi blognya secara rutin.
  5. Setelah blog berumur minimal 3 bulan, daftarkan mereka ke program-program PTR melalui referal Anda. Setiap program PTR ada afiliasinya kan? Nah, dari sini saja Anda juga bisa mendapatkan keuntungan.
  6. Ajari mereka untuk mencari peluang (khusus SponsoredReviews).
  7. Ajari mereka untuk menerima pekerjaan yang ditawarkan (Smorty, Blogvertiser). Jangan ajari untuk menolak. Masa baru mulai sudah mau pilih-pilih!
  8. Ajari mereka untuk men-submit URL hasil kerja mereka dalam membuat review/tulisan.
Mereka kan nggak punya Paypal?

Nah. Ini dia peluang lain untuk Anda!
Mengapa tidak menawarkan akun Paypal Anda untuk dipakai? Bukankah Anda bisa mengenakan jasa pemakaian Paypal kepada mereka. Misalnya, $1 untuk setiap pembayaran yang dilakukan oleh penyedia program PTR ke akun Paypal Anda. Mereka senang, Anda pun akan riang. Saya kira transaksi ini tidak haram kok.

Manfaatkan Akses Internet Anda Yang Unlimited

Saya baru tahu kalau Pak Sawali berlangganan akses internet broadband unlimited yang harganya super duper murah meriah. Bagi Anda yang memiliki akses internet seperti Pak Sawali itu, lebih baik manfaatkan akses internet itu untuk memberdayakan pemuda di sekitar Anda. Buatlah jaringan kecil berisi 3 - 5 PC yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi pemuda-pemuda itu. Tentu saja, model sewa seperti warnet juga bisa dikenakan. Atau, mengapa tidak melakukan skema revenue sharing (berbagi pendapatan) saja? Bikin skema pembagian pendapatan yang menarik untuk pemakaian PC dan akses internet dari rumah Anda kepada mereka. Skema pembagian pendapatan ini saya kira mutual alias saling menguntungkan. Mereka yang tidak punya PC dan akses internet bisa mendapatkan dari Anda. Anda mendapatkan pembagian dari pendapatan mereka menurut prosentase tertentu. Saya yakin, hal seperti ini akan menjadi amal juga buat Anda.

Maaf, Pak Sawali, bukan saya meminta Anda untuk melakukan apa yang saya tulis loh. Saya hanya memberikan contoh saja bahwa Pak Sawali punya akses internet tidak terbatas yang nyambung sehari 24 jam yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang berbau amal namum berorientasi pada uang.

Bagaimana Potensinya?

Saya kira, untuk mendapatkan $200 setiap bulan dari program PTR sangatlah memungkinkan. Banyak kok yang bisa melakukannya. Saya rasa, $200 per bulan cukup besar untuk sekadar memberikan pendapatan semi sampingan bagi mereka daripada hanya lontang-lantung saja. Selain menghasilkan uang, keterampilan mereka dalam berbahasa Inggris juga akan semakin terasah. Minimal pada keterampilan menulisnya. Setiap hari akan ada kosa-kata baru yang dikuasainya karena kegiatan menulis review tersebut. Saya melihatnya sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mereka.

$200 sebulan lebih dari UMR di kota Anda kan? Kalau misalnya Anda mengenakan pembagian pendapatan 60:30 yaitu 60% untuk mereka dan 30% untuk Anda maka mereka akan mendapatkan $140 dan Anda 460. $140 tetap masih akan lebih besar dari UMR di kota Anda kan? Nah, kalau ada 5 orang saja yang mendapatkan pendapatan yang (katakanlah) sama maka Anda akan mendapatkan bagian dari pendapatan mereka sebesar 5 x $60 = $300. Gurih tenan, Pak Sawali! Gurih!!!!
Kang Roffi, gurih nggak coba?
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

15 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Februari 28, 2008 1:59:00 PM

wew.... narasi dan lontaran kalimatnya sudah layak benar kalau mas arief ini benar2 sudah menjelma menjadi profesional bloger, hiks. salut banget. saya sebenarnya juga menyanyangkan yak fasilitas net yang kupakai demikian murah dg bandwith unlimited, ketika kucerutakan pada tetangga kiri kanan saat rapat RT, wew... ndak ada satu pun yang kepincut, apalagi mengajak mereka bikin blog. rata2 tetangga hidup sbg pns kali yak. yang penting mereka kerja, dah beres. ttg ngenet, ngeblog, apalagi Get Paid For Blogging, wah, kayaknya blm kepikiran juga. mudah2an suatu ketika mereka mulai merambah dunia maya juga utk mencari tambahan penghasilan. sayang kalo broadband unlimited itu ndak dimanfaatkan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Februari 28, 2008 3:36:00 PM

Yup. saya mau rubah konsep blog saya habis-habisan.. maun main paid to review ah! kagok blog saya ga laku.. hahaha

ide paypalnya menarik bos.. ok.. nanti saya minjem akun kang kombor deh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Maret 03, 2008 9:16:00 AM

wah, salut sama tulisannya. tak bisa komen lebih, maaf ya. oh, y, kalo musim hujan datang, bukan hanya jalan tangerang ato bekasi aza yang rusak, tapi juga jalan-jalan lainnya, hehe.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Maret 03, 2008 9:09:00 PM

hidup PTR... saya juga baru mau akan maen PTR.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
MAW
Selasa, Maret 04, 2008 9:17:00 AM

Kenapa ya, jalan selalu rusak di musim hujan? Kapan rumah sakit gratis kalau ngurusin jalan saja nggak pernah selesai?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, April 23, 2008 3:30:00 AM

Ya betul kang, kegiatan ringan ini paid blogging/review cukup bermanfaat baik untuk kantong(duit), otak(nambah wawasan karena nulis=mikir) & mulut(jadi lancar cas cis cus wes wos)
Gak ada salahnya dicoba

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Mei 31, 2008 2:52:00 PM

weleh-weleh,keren bisa di coba tu tipsnya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juli 10, 2008 3:09:00 AM

tulisannya inspiratif. Pasti sudah banyak $ yang diraih ya. Selamat untuk kerja online-nya, sehingga pengangguran jadi berkurang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Januari 09, 2009 9:33:00 PM

Uraian website yang sangat menarik. Terimakasih pak. Saya jadi makin tahu duit.... dari blog

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Januari 15, 2009 9:26:00 PM

artikel yg bagus pak, aku udah daftar d blog review, tp masih newbie.. :D
masih bingung mencari peluang (khusus SponsoredReviews). dan di SponsoredReviews kok masih ada tulisan "Please add a credit card to your account before you attempt to create your opportunity." klo gak ada cc gak bisa y? :(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Januari 16, 2009 8:25:00 PM

Mas, orang bilang MALU BERTANYA LOST IN THE JUNGLE.
So, ASK first or THINK first?
Which one better than the other?
O ya, Kang Roffi kapan2 mampir ke my online palace ya!? I need to tell you something. O ya lagi, hampir lupa. I love your idea to make Indonesia a better place to live.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Daniel
Selasa, Januari 20, 2009 6:08:00 PM

Mas, gimana caranya meminjamkan akun paypal kita, bukannya nama pendaftar di PTR harus sama dengan yang di akun paypal?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Selasa, Januari 20, 2009 7:45:00 PM

@Daniel:
Untuk paypal yang diisikan di PTR kan alamat email paypal.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
thinboy83
Rabu, April 15, 2009 10:30:00 AM

Setujuu, tapi modalnya khan banyak, mulai dari komputer (PC/laptop)+modem+akses internet, terutama buat pengangguran yang gak punya modal, yaa seperti saya..he..he..

Lagian apa akases internet nya itu shared ip nggak ?

Klo shared IP-khan dilarang, apalagi gonta-ganti IP.

Saran aq sih orang2 yang memang udah mampu merekrut (punya modal lebih) pake cara seperti buat perusahaan. Intinya semua fasilitas disediakan ama perekrut (PC/laptop/modem/akses internet), tinggal cari pekerjanya (untuk jadi downline), khan sama2 untung.

Sebenarny sih aq mau buat seperti gitu, tapi aq belum punya modal buat ngadain gituan. Ada yang mau bantu nggak ?

Klo aq kira2, 1 orang downline butuh kira2 US$1500 (termasuk komputer+modem+akses internet). Tapi aq hanya butuh US$600 aja koq, ada yang mau bantu nggak yaa ?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 9:38:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan