Breaking News
Loading...
Thursday, April 10, 2008

10 Tips Untuk Menjadikan Blog Lebih Baik

5:54:00 PM

Blog adalah media untuk menuangkan ide-ide Anda agar dapat dijangkau oleh kalangan yang lebih luas. Sebuah blog akan merana apabila tidak ada orang yang mengunjungi dan membacanya. Oleh karena itu, kita harus selalu melakukan KAIZEN atau continuous improvement atas blog kita agar menjadi semakin baik.

Berikut ini 10 kiat untuk menjadikan blog lebih baik!

1. Atur atau organisasikan konten Anda.  Kita harus belajar untuk menyajikan informasi kepada para pembaca blog kita. Bukan hanya tulisan baru saja yang dapat dibaca oleh pengunjung. Tulisan lama pun, yang tidak lekang oleh waktu, harus dapat dijangkau oleh pengunjung. Oleh karena itu, berikan taut kepada konten lama, misalnya dengan menampilkan popular post.

2. Buat navigasi yang sangat baik. Percuma punya blog kalau tidak dapat mengantarkan pembaca untuk berada dan menelusuri blog kita. Navigasi yang baik akan membantu pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Navigasi yang baik juga akan menunjukkan kepada mereka apa saja yang kita sajikan di blog kita. Blog Cosa Aranda adalah blog yang memiliki navigasi sangat bagus dan patut dicontoh.

3. Jangan memperburuk tampilan dengan menampilkan semua "barang" di blog kita. Jangan biarkan chicklets Anda bertebaran di seluruh permukaan halaman. Pandai-pandailah memilih dan memilah chicklets yang akan ditampilkan agar pengunjung betah di blog kita. Blog yang bertaburan chicklets memang tampak ramai dan meriah. Akan tetapi, banyak pengunjung yang terganggu dengan chicklets-chicklets tersebut. Yang saya maksud dengan chicklets di sini misalnya: iklan dari adsense, amazon widget, kontera, affiliate banner, dan lain-lain.

4. Buat blog berpenampilan baik. Semua orang menyukai penampilan yang baik. Tidak ada orang yang akan melakukan kunjungan ulang apabila blog kita memiliki penampilan yang tidak menarik. Okelah, mungkin satu atau dua kali dia akan berkunjung apabila blog kita memiliki konten yang baik. Sebaliknya, apabila penampilan blog kita tidak menarik dan konten blog kita juga tidak bagus-bagus amat, orang akan mengucapkan selamat tinggal pada blog kita. Usahakan blog memiliki ruang berwarna putih yang luas dan buat paragraf kita rata kiri-kanan supaya penampilannya bagu dan orang mudah untuk membaca.

5. Pastikan blog kita sudah diset ke layanan ping. Ini adalah hal sederhana yang kadang dilupakan orang, terutama apabila dia adalah bloger baru. Kita harus memastikan bahwa blog kita didaftarkan kepada server-server layanan ping. Untuk pemakai WordPress, silakan buka Options > Writing dan isi box paling bawah dengan alamat-alamat ping server.

6. Apabila Anda menampilkan iklan 125x125: pastikan bahwa kesemua iklan itu terlihat. Adalah percuma apabila iklan-iklan itu letaknya di bawah halaman di mana iklan tidak langsung kelihatan. Buatlah iklan-iklan itu tampak di atas. Gunakan themes yang telah menyediakan display iklan 125x125 dengan baik. Themes karya Nurudin Jauhari sangat saya rekomendasikan.

7. Miliki halaman Kontak Saya atau Kontak Kami. Anda memiliki blog yang sering dikunjungi atau memiliki blog baru yang bagus dan pengunjung ingin berinteraksi lebih jauh dengan Anda tetapi tidak bisa? Itu sering terjadi. Banyak yang tidak menyediakan halaman kontak di blognya. Anda tidak memiliki formulir kontak. Lalu, bagaimana saya akan menghubungi Anda?

8. Pastikan Anda tidak memiliki taut yang rusak (broken link).

9. Beri tanggapan balik kepada komentator di blog kita.

10. Jadilah bloger yang baik. Usahakan untuk menulis setiap hari. Hal itu akan membantu Google melakukan ping ke blog Anda lebih cepat.

--oOo--

Kiat di atas dikemas ulang dari 10 top tips for a better blog.

25 comments:

  1. 1. Heheee... Saya pake gaya magaine di bagian index Kang. Ini gimana?

    2. Aduh, kayaknya masih berkaitan sama nomor 1. Kalau di sidebar entry, saya pajang recent entries yang berbentuk ringkasan kayak magazine juga sih.

    3. Ah, saya udah coba meminimalisir. :P

    4. Soal ini, blog saya gimana Kang?

    5. Done. :D

    6. Aih, saya belum lauin. Ntar ta coba dulu. Thanks~

    7. Done. :D

    8. Coba saya cek dan fix beberapa dulu, Kang. :P

    9. Always, done. Kadang ta balesin via email malah.

    10. Saya paling 2 hari sekali, yah, punya beberapa blog juga sih. :P



    Thanks tipsnya!

    ReplyDelete
  2. kalu saya yang penting menulis dan menlis.... itu aja cukup....

    ReplyDelete
  3. tips yang bagus, mas arif. kadang sering bisan juga dg tampilan theme. padahal, saya tahu, hal itu akan memboroskan bandwith. saya nyoba ke cpanel. bulan ini saya dijatah bandwith 15 gb. tapi setelah saya sek hanya tinggal sekitar kurang dari 100 MB. jadi, mesti ngirit bandwith agar bisa sampe akhir bulan :idea:

    ReplyDelete
  4. kalo blog saya gimana, kang?
    masih banyak kurangnya yak...

    ReplyDelete
  5. 4. Nggak ada masalah sih dengan tampilan blog Sampeyan. Saya dulu juga pernah memakai magazixe style.

    Desain bagus, konten mantap. Traffic bagus. Apa yang kurang dari Gunawan?

    ReplyDelete
  6. Kalau seleb memang lain, Mas. Nulis sampah pun dikunjungi. :))

    ReplyDelete
  7. Tampilan makubex bikin mata cepat lelah. Buatlah template yang visitor friendly.

    ReplyDelete
  8. Waaahhh.... 15GB habis dalam tempo kurang dari setengah bulan? Hebat banget. Kurangi gambar, Pak. Atau, minta yang unlimited.

    ReplyDelete
  9. Blog Sampeyan TOP BGT. Tampilan dah OK banget. Kombor.com nggak ada apa-apanya soal desain.

    ReplyDelete
  10. mudah2an blog aku kena semua tuh. belum dicek secara detail sih. soal themes memang pengaruh banget. karena itu harus pinter2 milih themes. jgn lupa pluginnya jg tuh. akan sangat membantu nantinya.

    ReplyDelete
  11. Mas Arif, kalau alamat adsense pake alamat sekolah boleh gak ? Atau harus alamat sesuai KTP, mohon informasinya ya???

    ReplyDelete
  12. Mas Istiyanto, alamat yang didaftarkan ke adsense sebaiknya merupakan alamat yang dapat dijangkau oleh pos karena PIN dan cek kita nanti akan dikirim ke alamat tersebut. Berbeda dengan alamat KTP tidak apa-apa. Alamat saya yang saya masukkan ke adsense juga beda dengan alamat KTP saya.

    ReplyDelete
  13. tuliskan juga pengalaman pribadi anda tentang topik yang sedang ditulis, tulisan pasti akan terlihat lebih original, secara pengunjung lebih suka dengan postingan yang original dan tambahankan juga referensi dari blog lain tentu saja dengan topik yang relevan dgn topik yang sdng dibahas.

    ReplyDelete
  14. ikutan ah: (spt di blog mas raffael)

    2. kl versi standar web, lokasi navigasi konsisten pd tiap halaman dan aksesibel
    3. adblock, noscript (fx rules) :)
    4. ktnya white-space memang lbh enak di mata..
    kl utk justify, bukannya yg tepi kiri lbh enak keterbacaannya (kayaknya ada penelitiannya..)? cmiiw
    8. blogspot biasanya srg timed out. :(

    cmiiw ya kang..

    ReplyDelete
  15. mas kalau ngisi konten blog seperti wordpress tiap hari maksimal berapa perhari ?

    ReplyDelete
  16. Wah tipsnya ok. Moga2 blog saya jd mkn ok,hehe

    ReplyDelete
  17. nice article, look easy to blogging, ya . .

    ReplyDelete
  18. oh begitu yak, bagaimana dengan blog saya ini coba dilihat dulu saya ingin komentarnya dari master2 blog http://speechyourm1nd.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. Bagus banget tampilan blognya.
    bagi ilmunya ya buat blog aku.
    banyak hal yang harus ku benahi ,karena aku org baru yang ingin mencobanya.
    thanks

    ReplyDelete
  20. minta bantuan cara membuat tampilan blog yang bagus...misalnya tata letak blog atau tamplate yang gratisan karena saya masih pemula...trim

    ReplyDelete

 
Toggle Footer