Breaking News
Loading...
Thursday, April 17, 2008

Search Engine Adalah Sumber Duit

9:26:00 AM

Belum lama saya menggunakan layanan Google Analytics untuk memata-matai blog saya. Bahkan, saya belum bisa menggunakan sebagian besar fasilitas yang ada di sana. Yang paling sering saya lihat hanya statistiknya lalu keyword apa yang mengantarkan pengunjung ke blog saya.

image

Kombor.Com ini baru saya daftarkan ke akun Analytics saya pada 17 Maret 2008. Gambar di atas itu merupakan profil sumber lalu-lintas ke Kombor.com. 42% pengunjung menemukan Kombor.Com dari situs pencari. Hmm... yang direct traffic banyak juga ya? Apa mereka ini penggemar saya? Hahaha...

Jujur saja saya katakan, returning visitors di situs atau blog Sampeyan hampir dapat dipastikan tidak akan menyumbang pendapatan bagi Sampeyan. Mereka lebih suka membaca posting daripada ngeklik iklan. Iya atau tidak, silakan dikonfirmasikan. Saya sih kalau baca blog di tempat Pak Sawali tidak pernah klik iklan. Saya terpaku pada artikel dan berkomentar kalau otak sanggup mencerna isi tulisan. Begitu pula kalau saya membaca Detik.Com. Nggak pernah saya ngeklik iklan.

Curang ya, pasang iklan tapi nggak mau ngeklik iklan? Menurut saya sih bukan curang melainkan memang begitu kejadiannya. Para pengunjung setia blog kita hampir dapat dipastikan bukan tukang pencet iklan.

Lalu siapa yang ngeklik?



Menurut saya, klik iklan dihasilkan oleh mereka yang diantarkan ke blog/situs kita lewat mesin pencari. Mereka mencari sesuatu dari situs pencari lalu sampai di blog/situs kita. Baca-baca bentar lalu tertarik iklan yang ada karena merasa masih ingin mencari sesuatu. Siapa tahu iklan yang muncul relevan dengan apa yang sedang dicarinya.

Komentar banyak tidak selalu berbanding lurus dengan pendapatan adsense

Komentar banyak di blog kita tidak selalu berbanding lurus dengan pendapatan adsense. Untuk blog yang dibuat untuk adsense, si pembuat blog tentu lebih mengutamakan pendapatannya daripada jumlah komentar yang diterima. Hal ini berbeda dengan blog yang dibuat bukan untuk tujuan cari duit. Komentar adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Makanya sampai ada yang marah-marah kalau tidak menerima komentar. Hahaha! Saya sendiri sih menginginkan blog saya panen komentar dan panen duit.

Eh, ada blog saya yang tidak pernah dikomentari orang tetapi rutin nyumbang pendapatan. Profil sumber kunjungannya seperti pada gambar di bawah:

image

Lihat pengunjung yang dihantarkan oleh situs pencari mencapai 89,78%. Sangat mendominasi lalu-lintas ke blog saya itu seperti kemenangan Golkar pada zaman Orde baru dulu. Bandingkan dengan profil Kombor.Com di atas untuk prosentase search engine.

Perlu saya tegaskan di sini bahwa Kombor.com hanya memberi sedikit sumbangan pendapatan bagi saya. Situs lain yang dimodali dengan dengkul karena menggunakan blogspot justru menjadi penyumbang terbesar pendapatan adsense saya yang masih receh. Dus, menurut saya, selain sebagai Sales Man, search engine adalah sumber duit saya. Hal itu yang membuat para pencari duit di internet selalu mempelajari dan meningkatkan teknik SEO mereka. Hal yang saya masih belum terlalu lakukan.

Bagaimana menurut Sampeyan?

17 comments:

  1. Idealnya berapa % kunjungan dari search engine ya?

    ReplyDelete
  2. menarik juga informasi dari mas arif ini. saya malah belum mendaftar ke goolgle analitics utk bisa memantau perkembangan blog saya, hehehehe :smile: *dasar gaptek, hiks* betul juga mas arif, saya lihat laporan google-adsense, banyak pengunjung dan komentar belum bisa jadi jaminan iklan terklik. ada banyak komentar dan pengunjung yang masuk blog, tapi recehan dolar yang masuk ke pundi2 0,00, wakakaka :lol: tapi saya masih enjoy kalau blog saya dikunjungi meski tidak ada yang mengklik iklannya, hehehehe :lol:

    ReplyDelete
  3. tapi bahaya juga om kalo sampe ngandelin seo tok :D kalo saya mending teknik nice site dan seo. Jadi umpama sewaktu-waktu seo lagi down para pengunjung masih bisa ingat nama domain saya tanpa harus lewat SE :D . Kalo masalah klik iklan saya cuman mau berkata untung-untungan aja :D

    ReplyDelete
  4. i have installed it on my site. thanks a bunch for the info!

    ReplyDelete
  5. Saya juga dah daftar tuh Kang. Tp sampe skrg belum di cek lg hasilnya. soal klik adsense sih bener kata mas bayumukti (bocah), untung2an. namun bgt ttp perlu di arahkan. tentunya dari efek psikologis themes yg digunakan.

    ReplyDelete
  6. @Anjar:
    Kalau itu aku perlu riset dulu...

    @pak sawali:
    Pak Sawali kan blognya bukan untuk cari duit sehingga nggak ada yang klik iklan pun tidak apa-apa. Nothing to loose. Coba yang blognya dibuat untuk adsense. Nagis deh kalau nggak ada yang ngeklik. Hahaha...

    @bocah alias bayumukti:
    Saya setuju. Ngandalin SEO saja cukup berbahaya. Pemilihan nama domain juga penting. Nama domain yang sesuai dengan nama situs tentu akan lebih mudah diingat. Contohnya Bayumukti.com sendiri.

    Klik iklan memang untung-untungan. Namun, dari dua perbandingan di atas (sampelnya masih kurang banyak) bisa dilihat bahwa yang direct trafficnya banyak klik iklannya lebih sedikit daripada yang traffic diarahkan search engine. Yang punya banyak situs dan ada statistiknya bisa coba dianalisis lebih jauh.

    @ide bisnis usaha:
    Sama-sama.

    @benbego:
    Saya juga setuju untung-untungan. Bahkan theme yang mengarahkan pun saya juga setuju. Soal theme, saya masih mencari-cari yang pas nih.

    ReplyDelete
  7. Pake google analytic plugin aja kang jauh lebih mudah dan simple, hasilnya juga sama dengan cara manual.

    ReplyDelete
  8. teknik-teknik daftar adsense gmn seh boss?? udah 3 kali daftar ga tembus-tembus

    ReplyDelete
  9. [...] yang pernah sukses disuspend dan yang beralih ke hosting sendiri: Benbego, Pcmav RC, Kang Kombor.com, Chikastuff.wordpress.com, rhakateza.wordpress.com, amed.wordpress.com, dll. Book Mark it-> [...]

    ReplyDelete
  10. Nyari sesuatu emang paling gampang lewat
    search engine .Kalo ada yang mampir di web / blog kita sih sukur2 mencet iklan yang kita pasang . Hehehe. . .

    ReplyDelete
  11. @Hendri:
    Udah ditulis khusus ya.

    @Andos:
    Search engine kan gratis.

    @Spider-Man:
    Itu yang diharapkan.

    ReplyDelete
  12. [...] Kombor pernah menyampaikan mengenai search engine sebagai sumber duit. Hal itu berkaitan dengan level trafik ke blog duit kita. Kalau variabel yang lainnya Kang Kombor [...]

    ReplyDelete
  13. [...] Kombor pernah menyampaikan mengenai search engine sebagai sumber duit. Hal itu berkaitan dengan level trafik ke blog duit kita. Kalau variabel yang lainnya Kang Kombor [...]

    ReplyDelete
  14. Selain dari search engine menjaga kualitas konten juga perlu diperhatikan lho

    ReplyDelete
  15. Btul sekali kang kombor, skrg lg berusaha minta kawin ama google, hehe

    ReplyDelete
  16. Wah kalo blog sepi kayak punyaku apa masih perlu gunakan tool ini ya mas. Masih belajar nih..

    ReplyDelete

 
Toggle Footer