Menyiasati Iklan Layanan Masyarakat Dari Google Adsense

Banyak penayang iklan adsense berbahasa Indonesia yang terkejut karena di situs atau blognya yang muncul bukan iklan penghasil duit melainkan iklan layanan masyarakat. Contoh yang ada adalah blog milik Mas Arif Rahmawan dan Rizki yang memberi tanggapan pada tulisan Kang Kombor mengenai laporan pendapatan Kombor.com dari Google Adsense.

Cosa Aranda juga membahas hal seperti ini pada artikel berjudul Mendadak PSA. PSA adalalah public service ads atau iklan layanan masyarakat. Seperti dijelaskan oleh Cosa, iklan layanan masyarakat akan muncul apabila tidak ada iklan yang tersedia yang berhubungan dengan konten yang dipublikasikan. Jadi, PSA itu tidak hanya muncul pada konten berbahasa Indonesia. Sekali pun Sampeyan memakai Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Jepang dan lain-lain bahasa yang sudah didukung AdSense, kalau tidak ada iklan yang tersedia ya yang akan muncul adalah PSA.

Cara Menyiasati

Tidak usah takut. Kita bisa menyiasati agar iklan layanan masyarakat tidak muncul. Ingat ya, iklan ini untuk menyiasati agar iklan layanan masyarakat tidak muncul. Bukan menggantikan iklan layanan masyarakat dengan iklan berduit dari AdSense.

Pada saat menyeting iklan ada pertanyaan yang kira-kira berbunyi apabila tidak ada iklan yang relevan dengan konten apa yang harus ditampilkan? Ada tiga pilihan:
1. Tampilkan PSA
2. Tampilkan warna polos
3. Tampilkan iklan dari penyedia iklan lain (kita diminta memasukkan url)

Nah, saya dulu suka menyeting pilihan kedua dan ketiga. Pilihan kedua akan menampilkan ruang kosong sesuai dengan warna yang kita pilih. Dengan alternatif ini tidak akan muncul iklan layanan masyarakat dan diganti dengan ruang kosong dan polos sesuai warna yang kita tentukan.

Tentu tidak elok kalau ada ruang kosong seluas 160 x 600 piksel di sidebar kita. Begitu pula ada ruang kosong seluas 338 x 250 piksel pada artikel kita. Nah, agar kelihatan sedikit lebih elok Kang Kombor dulu iseng membuat banner saya sendiri sekedar untuk mengisi ruang kosong tersebut. Apa sih susahnya membuat banner sederhana dengan ukuran 468 x 60 piksel, 160 x 600 piksel atau ukuran yang lain?

Nah, upload banner-banner tersebut ke blog atau ke GooglePages atau ke Photobucktet atau ke manapun terserah yang penting Sampeyan bisa mengambil urlnya untuk diisikan di setingan iklan adsense Sampeyan.

Jangan Panik

Jangan panik. Walaupun menghimbau sebaiknya adsense tidak ditayangkan di situs berbahasa Indonesia, Cosa Aranda ternyata juga secara nekad menayangkan adsense di beberapa situsnya hang berbahasa Indonesia. Setahu saya sebelumnya Cosa paling anti sama kegiatan menayangkan iklan di situs berbahasa Indonesia (CMIIW). Menurut Kang Kombor, Sampeyan bisa menyiasati agar iklan layanan masyarakat tidak muncul dengan dua cara di atas.

Seperti dibahas Cosa, apabila dibuka dari luar Indonesia iklannya masih muncul. Tentu masih ada kemungkinan mendapatkan krincing dolar (krincing menunjukkan receh) dari situs atau blog bahasa Indonesia walaupun besarannya pasti tidak seperti sebelumnya.

Cara Lain

Sampeyan menggunakan WordPress? Mengapa tidak menggunakan cara lain seperti memakai plugin Add Your Own Header, yaitu plugin untuk membuat header tersendiri untuk postingan Sampeyan. Dengan plugin ini Sampeyan akan dapat membuat judul berbahasa Inggris dan mengisi keywords berbahasa Inggris.

Nah, dikombinasilan dengan targeted ads, yaitu membuat iklan yang muncul kita tergetkan agar relevan dengan suatu target tertentu bisa satu paragraf atau beberapa paragraf. Nah, kita bisa menyisipkan dua sampai empat paragraf konten berbahasa Inggris pada isi posting kita. Bisa setelah judul, di tengan artikel atau di bawah artikel. Iklan yang muncul kita targetkan pada konten berbahasa Inggris tersebut. Mudah-mudahan PSA tidak muncul.

Pesan Kang Kombor

Please be creatif! Yang kreatif dong. Jangan gampang menyerah!

Saya posting dari HP. Taut-taut lengkap akan saya update kemudian.

Komentar

  1. Wah, makasih banget mas arif, kaya'nya smentara ini, saya coba mengisi konten gado-gado,.bahasa inggris dan bahasa indonesia dulu..

    BalasHapus
  2. di blog saya aneh mas... di front index nya PSA, pas di click postnya,ads nya malah keluar... refferal pun jalan

    BalasHapus
  3. Untuk mas hendri sama dengan punya saya..tapi mau menyiasati saya bingung..tahunya cuman bikin kuebasah.
    Bagus mas artikelnya coba tak cek-nya lagi

    BalasHapus
  4. Sebenarnya soal PSA ini sudah saya tangani sejak lama. Salah satu pilihannya ya mengganti dg iklan blog saya sendiri. Masalahnya saat ini belum diupdate lg (ganti iklan), selain itu juga sudah terlalu banyak. Terlebih juga dg themesnya yg berlainan. Jadi harus dibuat satu persatu.
    Sejak munculnya PSA, earning adsense langsung ambrol. cuma 1/3 dari biasanya.

    Alternative pilihan yg saya ambil, mungkin akan memasang ppc lain yg hanya muncul jika PSA jg muncul. jadi duit tak kan lari. :D
    yang penting kreatif. Nanti aku share jg deh caranya gimana.
    Thanks ya Kang dah ngingetin!

    BalasHapus
  5. hayah gak jadi deh dapet uang dari google :(

    BalasHapus
  6. nice article! thanks for share it with us, bro!

    BalasHapus
  7. wah.... emang pada saat nongol PSA terus sempet kebingungan... pendapatan jeblok... tapi ternyata masih bisa diakalin dan berhasil...

    caranya, tambahin aja script:
    google_language = "en";

    silahkan dicoba dulu atau kalo mau liat contohnya di blog ini yang berbahasa indonesia: http://nidji.blogspot.com

    makasih

    BalasHapus
  8. Hehehe... Sudah lama Kang Kombor pakai itu. Makanya ketika yang lain ke PSA blog ini tidak kena.

    Eh, tapi memang cara itu riskan ya. Di artikel lain Mas Arianto menanggapi bahwa cara itu salah dan jangan sekali-kali dipakai.

    Pokoknya AYOR ya. At Your Own Risk.

    BalasHapus
  9. saat ini saya ga pake adsense di blog saya,
    rencana sih mau buat blog berbahasa inggris,
    tapi bingung, makasih buat tips nya kang...

    BalasHapus
  10. ini yang saya cari.. udah pernah ketemu di cosaaranda.com tapi hilang maning..

    thank's mas kombor, lam kenal aja..

    BalasHapus
  11. peke...google_language = “en”;... berani nggak ya saya ???? :)

    BalasHapus
  12. Seep, mas Kombor. Artikelnya Good...good (kayak puyer sakit kepala) :D Sukses selalu mas. Dan doakan saya juga sukses :D

    BalasHapus
  13. pake
    google_language = “en”;

    Nanti kalau di band, kena semua orang indonesia.

    buat PPC sendiri aja.

    BalasHapus
  14. Kalau aku lebih suka main lurus-lurus aja :)

    BalasHapus
  15. Saya dari malaysia.. Artikel ini bagus.

    Tetapi saya enggak paham konten nya.

    Boleh diterangkan di dalam bahasa malaysia atau inggeris gak?

    BalasHapus
  16. Kang Kembor terima kasih atas infonya..

    BalasHapus
  17. Wah baru tahu mas, bisa dicoba nih. Thanks

    BalasHapus
  18. pas banget lagi nyari cara yang beginian buat yang 1 lagi...... thnks kang

    BalasHapus
  19. wah rumit ya...ada cara yang mudah ga untuk blogspot agar iklan tetap muncul dalam artikel bahasa indonesia???

    BalasHapus
  20. Dapat ilmu baru lagi, terima kasih telah dibagi ilmunya.

    BalasHapus

Posting Komentar