Jacky Supit Menjadi Full Time Blogger Sejak Mei 2008

Namanya Jacky Supit. Kang Kombor sering mengunjungi blognya, JackBook.com karena banyak ilmu yang dibagi Jacky di sana. Awal mula ketemu Jackbook.com ketika mencari template untuk Blogger. Setiap Jumat Jacky mempublikasikan theme WordPress yang dikode ulang untuk Blogger. Kita bisa minta ke Jacky theme WP mana yang akan diubah ke Blogger. Eh, ketika semakin dieksplorasi, ternyata banyak ilmu yang dibagi Jacky di Jackbook.com. Kang Kombor pun semakin betah beribadah di sana. (catatan: cari ilmu itu ibadah kan?)

Di luar ketenaran Jackbook.com, ternyata Jacky ini sangat rendah hati. Ketika Kang Kombor sampaikan bahwa ada permintaan dari pembaca untuk mewawancarai Jacky Supit, Jacky menjawab,

"Ah masa sih? ga percaya ada yang minta interview sama saya di kombor.com, secara saya bukan seleb gituh  :) "

Mereka yang mumpuni di bidangnya memang orang-orang yang rendah hati. Contohnya, mengaku bukan seleb dengan blognya yang PR6 dan ada order untuk menulis review dengan bayaran $1000 sekali tulis. Wow!

Dari wawancara ini Kang Kombor dapat informasi baru bahwa Jacky akan mengaktifkan kembali id.jackbook.com. JackBook.com versi Bahasa Indonesia. Asyikk..., idiot seperti Kang Kombor akan jadi lebih mudah menyerap ilmu dari Jacky Supit.

Nggak percaya? Silakan disimak sendiri bincang-bincang yang dilakukan via email ini.



Di Jackbook.com disebutkan bahwa Sampeyan mulai bikin duit di internet sejak setahun lalu. Apa benar baru mulai setahun lalu?

sebenarnya sih udah 2 tahunan ya, tapi dengan situs dan blog lain. benar-benar mulai "menghasilkan duit" dengan jackbook.com itu baru november 2007 lalu.

Masih di Jackbook.com, Sampeyan menceritakan bahwa pada November 2007 Sampeyan berhasil mendapatkan $430. Itu pendapatan sebulan atau pendapatan seberapa lama?

itu pendapatan 1 bulan (november 2007). bulan itu adalah pertama kalinya saya mulai memonetasi blog saya

Di Jackbook.com selalu dipasang pendapatan "MAKE MONEY ONLINE - LAST MONTH". Itu beneran atau hanya gimmick?

Itu beneran, tapi yang sekarang ini (pada waktu terima interview ini) itu adalah pendapatan bulan Maret 2008. untuk bulan mei belum saya update. soalnya masih berkutat dengan modifikasi theme.

Agak bingung nih mau naruh iklan di mana, bulan Juni 2008 ini pertama kalinya saya mengoptimasi penjualan direct ads saya. dan ternyata hasilnya bagus, sampe bingung mau naruh iklan dimana. :D

note: saat ini saya sedang dalam proses kerja sama dengan Market Leverage. mereka udah pesen banner yang paling gede di blog saya itu untuk 3 bulan. juga banner 125x125 untuk 3 bulan juga. doain ya biar berhasil :)

Berapa rata-rata pendapatan online Sampeyan saat ini (kisaran)? Yang di Make Money Online - Last month tidak menunjukkan rata-rata.

3 digit. tapi untuk bulan Juni 2008 ini, saya optimis sih dapet 4 digit. soalnya barusan dapet order review sampe $1,000.00 sekali nulis :D
Sekarang udah full time blogger, mudah-mudahan bisa mempertahankan 4 digit.

Kalau dari Google Adsense saja, berapa rata-rata pendapatan per bulannya?

wah buruk mas. niche saya gak bagus buat adsense.

waktu sebelum re-design kemarin sih dapet sekitar $100 - $120 per bulan. tapi dengan design yang baru sekarang,  karena saya  utamakan untuk direct ads. mungkin bulan juni ngga akan mencapai $60.

Saya sudah membuang adsense dari blog saya (sejak 1 hari yang lalu) :)

Berapa waktu yang diinvestasikan untuk bikin duit di internet setiap harinya?

Waktu masih sebagai sampingan sih  sekitar 2 jam. Sejak bulan mei 2008 kemarin, saya full time ngeblog. Jadi kapan aja sempet ya tinggal nyalain laptop. ga tau Kang berapa jam (tapi kalau dipaksa ngitung sih, sekitar 5 jam sehari. saya ngurus anak sendiri, nyuci baju dan lain-lain sendiri, jadi ga banyak waktu buat online)

Adakah blog/situs lain yang sampeyan kelola selain JackBook.com? Berapa total blog/situs yang dikelola?

Saat ini sih cuma JackBook.Com, tapi karena sekarang udah mulai full time, saya berniat mau bikin situs lain.

Di Jackbook.com disebutkan dulu Sampeyan hanya mulai dari blog di blogspot.com. Setelah mengakuisisi jackbook.com, mengapa beralih ke wordpress?

Saya butuh full control atas blog saya Kang. 

Jackbook.com menyediakan template Blogger setiap Jumat. Template wordpress yang dikode ulang untuk Blogger. Apakah Sampeyan mengerjakan sendiri penyesuaian kode dari them WP ke template Blogger? Apa sih tujuannya menyediakan template Blogger sedangkan Jackbook.com sendiri pakai WP (CMIIW)?

80% pembaca saya adalah pengguna Blogger. Mereka butuh itu.

Sampeyan banyak menulis panduan di Jackbook.com. Apakah berminat untuk menuliskannya dalam Bahasa Indonesia supaya makin banyak bloger Indonesia yang pandai? Kalau ya, kapan mulai?

haha.. nah itu dia. kapan mulai ya? :D sebenarnya saya sudah mulai sejak 2 hari ini. saya mau mengaktifkan id.jackbook.com lagi. blog itu berbahasa indonesia, dan hostingnya di Indonesia juga. (jackbook.com servernya di US)

Sampeyan adalah penganjur agar tukang bikin duit di internet sebaiknya memakai domain sendiri. Bisa dijelaskan mengapa? (hint: ada posting Sampeyan di Jackbook.com, hubungannya sama PR)

ya, saya pernah bilang tentang sebaiknya blogger itu (walaupun ngga cari duit) sebaiknya punya domain sendiri. pakai sub domain itu seperti ngontrak gratis di rumah orang. sampai kapan mau tinggal numpang sama orang?

Menurut Sampeyan, apakah selain punya domain sendiri, tukang bikin duit di internet juga harus hosting sendiri? Bagaimana kalau domain sendiri tapi hosting di blogspot?

Ngomongin tentang tukang bikin duit ya? menurut saya pribadi sih,  domain sendiri dihosting di blogspot itu udah cukup. tapi kalau mau lebih lagi, ya hosting sendiri.

sebagai contoh, kenapa saya pindah dari blogspot ke hosting sendiri adalah karena saya butuh server download (template) sendiri, saya butuh server buat poll sendiri, saya butuh ganti struktur permalink saya sendiri, dsb

Menurut pengalaman Sampeyan, apakah theme/template mempengaruhi cara blog kita terindeks oleh search engine? Theme/template yang bagaimana sebaiknya yang dipakai?

Ya. sebaiknya template sebisa mungkin

  1. sesuai dengan standard w3.org.
  2. memiliki struktur content di atas, sidebar di bawah
  3. tidak menggunakan frame
  4. meta tags nya lengkap (blogger / blogspot ga mampu untuk ini)
  5. (belum kepikiran yang lain)

Ketika bikin duit di internet, apakah Sampeyan mengincar keywords tertentu atau ngeblog saja pada topik yang disukai?

saya ngeblog pada topik yang saya suka aja, saya lebih mengutamakan kepuasan pelanggan daripada kepuasan search engine

Sampeyan sehari-hari tinggal di mana sih?

sebenarnya saya tinggal di bekasi, tapi udah hampir sebulan ini numpang di rumah saudara di Tangerang. mungkin untuk beberapa saat lagi saya masih akan ada di Tangerang (1 jam dari Lippo Karawaci naik angkutan umum).

Adakah blog bertema make money online yang jadi favorit Sampeyan? Tolong sbeutkan kalau ada, supaya kita-kita bisa ikut belajar di sana.

Problogger.net, johnchow.com, shoemoney.com. semuanya ada di feed reader saya

Mana favorit Sampeyan: menulis review, afiliasi, PPC, CPM, atau Direct Advertising? Mengapa?

Direct Advertising.

ini seperti kredibilitas mungkin ya (buat saya). ngga semua orang bisa laku ngejual direct ads, apalagi dengan nofollow links.

Kalau kita mau jual link di blog, berapa minimal hit rate blog perhari dan berapa harga jual link yang bagus? Ada panduan mengenai harga jual link atau tidak?

link ya? apakah iklan maksudnya?

Hehe, iya. Maksudnya iklan / space iklan.

Daniel Scocco  (dailyblogtips) pernah jelasin di problogger.net. di sana dia bilang untuk 125x125 ad, itu rata-rata $1,5  per 1.000 views. kenyataannya mungkin lebih mudah johnchow menjual iklan seharga $3 per 1.000 views daripada kita menjual $1 per 1.000 views. bagaimanapun popularitas juga berperan penting.

Apa kunci sukses Sampeyan dalam kegiatan bikin duit di internet?

sabar

Tolong dong tips untuk para pemula atau orang yang baru mau terjun untuk bikin duit di internet.

sabar! :)
jangan tertipu dengan yang orang bilang ngeblog, dapet duit dari internet 1000 dolar sehari hanya dalam waktu 1 bulan usaha. semua itu butuh proses. ngga ada yang instant, kecuali anda masih memiliki hubungan darah dengan larry page ;)

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

30 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
oom
Rabu, Juni 11, 2008 3:06:00 AM

wawancara yang menarik..jadi dapat banyak informasi berguna dari wawancara ini. Sumpah, om kira jackbook.com pertama kali punya blogger luar, eh gak taunya indo juga hehehe. Sukses selalu untuk jackbook.com dan kombor.com :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 7:35:00 AM

Iya neh kalo ga diwawancara disini saya kira jackbook itu orang luar negeri, eh ternyata orang Indonesia toh. Manteb neh wawancaranya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 10:04:00 AM

wah seneng bisa masuk daftar interviewnya kang kombor :)

makasih kang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 11:41:00 AM

wah wawancara terus nih mas kombor,tapi bagus juga kita jadi dapat mengambil pelajaran dari wawancara
mas kombor...sukses ya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 12:23:00 PM

gaya wawancaranya asyik banget kang. Menghibur dan menginspirasi bgt :D 2 jempol buat anda kang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 3:25:00 PM

setuju

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 3:49:00 PM

wah....lg mo bwt sumber duit baru kang ya... :D :D :D

tp bagus koq.... jd kita-kita yg msh cupu... kan bisa belajar dari sang master... :D :D :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 6:46:00 PM

keren keren, ditunggu wawancara berikutnya :-D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 9:52:00 PM

congrats buat jacky... tolong doain saya biar cepet kaya juga.. mari....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 11, 2008 11:51:00 PM

wah Bang Jacky Supit Saudaraan ya sama Henky Supit..he..he..jadi tambah semangat buat ngeblog...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 12, 2008 3:17:00 AM

Puas aku dengan wawancara ini :d
trims Om kombor...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 12, 2008 1:59:00 PM

Wah asyik nih wawancara kayak gini :-)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 12, 2008 4:19:00 PM

baca tulisan ini efeknya kayak jamu, badan capek jadi seger, pikiran kalut jadi seger! trims entrynya, sangat menginspirasi kang!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 12, 2008 10:42:00 PM

ya ampun, baru nyadar. padahal sering make templatenya jack lho. ternyata orang indo. bravo bang jack! :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 13, 2008 4:12:00 PM

Wah bisa jadi semangat untuk ngeblog yang bermutu

Good banget interviewnya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juni 17, 2008 1:13:00 AM

oh ternyata si jackbook.com itu orang indonesia tah waduh terima kasih kang kombor atas wawancaranya ini dan kebetulan saya salah satu ngefans banget tuh ma templetnya jackbock

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 18, 2008 1:51:00 AM

wah ternyata direview juga, Si Doi yah...makasih kang kombor dah berhasil mereview Om Jack Book Supit...keren...banyak inspirasi deh.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 18, 2008 3:41:00 PM

Narasumbernya manteb kang. Matur nuwun.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 25, 2008 11:29:00 PM

Kang, pada postingan anda di atas tentang tidak menggunakan frame agar terindeks oleh search engine.
Lha mengenai frame sendiri itu apa kang?
terima kasih

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 26, 2008 12:03:00 AM

Frame = bingkai.

Zaman dulu orang suka membagi-bagi halaman website menjadi beberapa bagian dengan menggunakan bingkai/frame. Ada top frame untuk header, left frame untuk navigasi dan bottom frame untuk footer. Isi utama ada di tengah. Saat itu halaman web masih statik sehingga penggunaan frame nampak biasa. Nah, sebuah frame memerlukan sebuah halaman source. Dengan adanya frame, konten utama akan sulit terindeks oleh search engine karena terhalang frame.

Contoh yang menggunakan frame adalah detik.com: ada frame atas dan bawah untuk iklan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 27, 2008 7:32:00 AM

sumpah gw kaget ternyata jackbook.com punya orang indonesia

salut n thx for sharing :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 27, 2008 5:44:00 PM

Oooo gitu, terima kasih mas

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juni 28, 2008 3:41:00 AM

Manteb banget Kang Kombor wawancara exclusivenya btw kapan mau dimasukan di i-withness :), great job

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juli 04, 2008 5:47:00 PM

wow... interview yg cerdas... Tapi aku bhs inggrisnya (-5). Pake transtool katanya ga bisa dimengerti... hmmmhhh. Adsense indonesia kecil banget bayarannya. Hmmmh... cari iklan sendiri??? indonesia masih kurang euy... mungkin 5 - 10 tahun mendatang baru oke dunia iklan di internet..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juli 04, 2008 11:25:00 PM

kang, id YM mu apa? pls aku mau chating sekarang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Agustus 19, 2008 2:21:00 PM

Mudah-mudahan bisa kerja full time sebagai blogger deh...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, September 06, 2008 1:38:00 AM

[...] Jacky Supit Menjadi Full Time Blogger Sejak Mei 2008 [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 08, 2008 12:55:00 AM

satu lagi blogger yang mengharumkan nama Indonesia :), pertama kali tau jackbook taun lalu, baca postingan bang jacky yang katanya bolak-balik diban adsense gara2 main pake konten nyrempet theme adult, sekarang rupanya sudah menjadi blogger super :)selamat bang jack, mas kombor juga, thanks sudah ngasik komen diblog ak :)
Itu beneran banner gerindra sampeyan punya mas?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Desember 22, 2008 5:40:00 PM

wuih ingin kenal ama kang jacky, salut saya stu nich, bisa ngurus anak sendiri tapi masih sempet online salut, jarang ada duanya. suwun kang kombor ya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 8:58:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan