o-om.com Juga Bikin Duit Di Internet Loh

Kalau Sampeyan pengguna Blogger, Sampeyan mungkin pernah sampai ke o-om.com ketika mencari tutorial Blogger. Ya, o-om.com selama ini memang dikenal sebagai sumber tutorial Blogger. Kang Kombor pun sering mampir ke sana untuk membaca-baca tutorial O-om.

Nama aslinya Agus Ramadhani. Alhamdulillah, Om -- demikian dia dipanggil -- bersedia Kang Kombor wawancarai untuk Kombor.com. Wawancara lebih banyak mengupas masalah perkembangan Blogger. Namun, jangan salah, ada sedikit pertanyaan tentang bikin duit di internet. Dari pertanyaan pertama saja Om sudah mengaku bahwa dia membuat blog karena tertular virus penghasilan fantastis dari blog. Kang Kombor tidak lupa bertanya mengenai apa yang harus dikuasai oleh bloger yang terjun ke dunia bikin duit di internet.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh apa yang kami bahas, silakan dilanjutkan membacanya.



"Terimakasih atas kesediaan Mas Agus untuk saya wawancarai. Okelah, saya akan bertanya-tanya seputar dunia blogger dan perkembangannya. Ya, nanti kalau nyerempet-nyerempet bikin duit sedikit nggak apa-apa kan? Kita mulai saja ya, Om. Om bisa jawab inline saja nanti kalau balas email ini, supaya mudah postingnya. Hahaha..."

Saya lihat Om ahli banget dengan Blogger. o-om.com. menggunakan platform itu. Sejak kapan kenal Blogger, Om?

Ahli? wah itu fitnah :) Saya memang mengerti platform blogger, namun masih terlalu dini untuk dikatakan sebagai ahli. Menurut saya pribadi, selama teknologi blog terus berkembang tidak ada kata menguasai yang ada hanya mempelajarinya. Mengenai kapan saya kenal blogger, sejak blogger pertama kali di publikasikan, tapi hanya sekedar kenal saja. Entah waktu itu saya kurang berminat dengan namanya weblog. Sampai akhirnya saya mengetahui ada blog yang menghasilkan income fantastis, ini salah satu virus yang menularkan saya membuat blog.

Pernahkah kepincut atau memakai platform blog yang lain seperti WP, typepad, atau b2evolution?

Tentu saja, mungkin kang kombor mengenal blog saya hanya menggunakan blogger, padahal saya juga pengguna setia wordpress :)

Mengapa Om tetap mempertahankan o-om.com tetap di Blogger sementara banyak yang lain pindah ke platform lain? Apa sih kelebihan Blogger?

Banyak alasan saya tetap mempertahankan o-om.com diblogger, Kelebihan Blogger yang utama yaitu terintegrasinya Blogger dengan Google, selain itu blogger juga mendukung Custom domain, ini yang membuat saya nyaman dan tidak pernah takut kehabisan kapasitas simpan apalagi masalah bandwith. Satu hal yang perlu saya garis bawahi, kebanyakan blogger yang merasa dirinya top mengganggap blogger hanya untuk pemula (tidak profesional) padahal profesional bukan dinilai pada platform tapi dari kualitas mutu pribadi blogger itu sendiri, yang penting bagaimana cara ia memanfaatkan dan mengoptimalkannya.

Kalau boleh tahu, apa kekurangan-kekurangan Blogger menurut Om?

Terutama pada Comment form dan ketidak mampuan blogger menangani comment spam tidak seperti WP yang mampu memblokir spam secara permanen, Selain itu pengguna blogger biasanya lebih jaim (jaga image) dalam tutur kata dan gaya bahasa, gimana tidak..wong salah nulis sedikit aja langsung di bantai (di banned dari blogger) hahahaha

Banyak yang menganggap sistem komenting di Blogger payah, karena untuk berkomentar saja muter-muter, tidak seperti wp yang simpel dan mudah. Menurut Om?

hmm...ini masalah klasik dan memang benar..tapi bukan masalah utama khan? komentar itu didasari niat...semudah apapun engine blog kalo gak niat komentar ya sama saja bo'ong :)

Kalau boleh dieksplorasi lebih lanjut, o-om.com itu blog tentang apa sih? Apa tujuan yang hendak dicapai melalui o-om.com?

Untuk sementara ini saya masih focus di blog tutorial, tapi mungkin dalam waktu dekat saya akan nyerempet sedikit ke arah bahasan online bisnis. tujuan utama tentu saja sama seperti blogger lain "blogging for money".

Denger-denger nih, Om, Blogger mau punya post rating sendiri. Apa Om pernah denger dan bagaimana menurut Om?

Pernah, walau belum dijelaskan pada draft blogger saya sempat cek di page element "posting blogger" memang pernah ada, anehnya kok gak bisa aplikasikan? dan saya sudah lupakan itu, ketika kang kombor menanyakan hal ini saya tidak melihat widget ini lagi ada...tidak ingin mengecewakan pembaca mungkin salah satu widget ini bisa jadi alternatif

Kira-kira ada lagi nggak, Om, bisik-bisik mengenai fitur apa saja yang akan dikeluarkan oleh Blogger? Sistem komenting yang cangih dan mudah seperti WP mungkin?

Sampai saat ini belum ada atau saya yang belum tau. Aplikasi layanan google tidak pernah bisa di tebak..kita tunggu saja kabar terbarunya di blogger in draft

Di blog lain terpaksa saya memakai layanan intensedebate.com untuk menampilkan komentar di bawah posting. Bagaimana layanan itu menurut Om?

Saya kurang senang dengan layanan sejenis ini dan biarlah comment blogger apa adanya..masih trauma ketika menggunakan HaloScan..semua comment feed saya lenyap tanpa bekas.

Menurut Om, Google akan gatel nggak kalau banyak orang memakai intensedebate.com? Seperti dulu waktu orang-orang pada pakai HaloScan itu, Om, waktu Blogger belum punya sistem komenting sendiri?

Saya rasa tidak masalah..khan sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya.

Kita pindah topik dikit, Om. Nggak apa-apa kan? Hehehe. Gini, kan banyak tuh bloger yang menggunakan blog untuk cari duit. Om sendiri terjun ke dunia bikin duit di internet nggak sih?

Tentu saja, siapa yang mau ngeblog tanpa penghasilan..saya jujur bukan blogger sukses di bidang ini tapi saya akan berusaha kearah tersebut.

Terlepas dari Om ikut bikin duit di internet atau tidak, menurut Om, apa yang harus dikuasai oleh mereka yang make money online menggunakan blog?

Optimis dan kemauan keras untuk belajar "Blogger lain bisa sukses kenapa kita tidak", yang penting belajarlah dari pengalaman dan kesalahan.

Blogger bagus buat bikin duit di internet nggak sih, Om? Kalau bagus kenapa dan kalau nggak bagus kenapa?

Hehehehe kalo saya boleh jujur blogger benar-bener mesin uang gratis, pengguna platform non blogger juga kebanyakan menggunakan engine blogger untuk meraup dollar..akui sajalah tidak usah gengsi :)

Mudah nggak sih menerapkan SEO di Blogger, Om? Teknik-teknik apa yang sebaiknya digunakan untuk menerapkan SEO di Blogger blog (blogspot)?

Bisa dikatakan mudah, hampir semua teknik SEO bisa diterapkan di blogger. untuk tekniknya bisa dibaca di blog saya dan sahabat blogger lainpun banyak yang sudah membahasnya..termasuk kang kombor juga khan tentunya :)

Bagaimana sih cara terbaik menarik pengunjung ke blog kita: konten, desain, blogwalking? Mana yang paling penting?

Tiga hal yang kang kombor sebutkan "konten, desain, blogwalking" semua punya peranan penting. Saya rasa semua blogger punya trik jitu tersendiri untuk menarik pengunjung.

Ada pesan nggak Om, buat mereka yang sudah atau mau terjun ke dunia bikin duit di internet?

Untuk yang baru mulai seperti saya (o-om.com) ya tentu harus banyak belajar dari blogger sukses..saran utama om yang penting jangan mengekor, jadilah diri sendiri..jangan terus bicarakan kesuksesan blogger lain dengan teman dan sodara anda tapi ceritakan bagaimana ada juga sukses di bisnis ini.
Pesan untuk yang sudah sukses, Berbagilah ilmu anda dan jangan setengah setengah, tidak perlu ditampilkan income anda yang ratusan juta itu, buktikan caranya step-by-step jangan cuma hasilnya.

Om suka blogwalking nggak sih? Ke mana aja biasanya? Sebutin dong Om, kalau tidak keberatan...

Bisa kapalan jari saya kalo disebutin semua hehehe, yang jelas saya berusaha mengunjungi balik blogger yang telah berkunjung. hubungan relationship harus ada ini salah satu kunci sukses blogger. dalam hal ini om juga punya daftar link blogroll yang wajib dikunjungi.

Saat ini ada beberapa penyedia layanan blog lokal seperti Bedeng.com, Blogdetik.com dan DagDigDug.com. Apa pendapat Om tentang itu?

Tentu saja bagus, mereka itulah yang patut di acungi jempol, Tampa mereka jaringan blogosphere kita tidak akan sebesar seperti sekarang ini.

Di tengah persaingan platform blog yang ketat antara WP (wp.org maupun wp.com) dengan Blogger, menurut Om, siapa yang bakal menang?

Ini dia masalah klasik yang pernah bikin ribut, ada blogger top yang pernah membahas masalah ini...tapi sayang kenapa ia harus membandingkan free blogger dengan wordpress yang open source?? jelas ini berbeda :) coba bandingkan sesuatu itu yang se-level "bandingkan Free WP dan Free Blogger atau bandingkan jika seandainya blogger juga Open source". Untuk urusan menang atau kalah saya juga tidak bisa menjawabnya "wong saya juga menggunakan dua2-nya kok" Peace...

Om suka kopi darat nggak sih? Kayaknya belum pernah tuh, posting tentang kopi darat baik di o-om.com?

Untuk kopi darat terus terang saya belum pernah, jadi belum bisa menjawabnya suka apa tidak :) nah jangan pernah bilang om sombong dan gak punya temen blogger lho kang ...mungkin selama ini cuma jarak dan waktu yang belum bisa mempertemukan semua. *halah kok ngomong jadi pujangga ya hahahaa*

Beneran nih si Om tinggal di Yogyakarta seperti profil di Blogger itu? Bukan apa-apa si, Om, saya kan orang Sleman. Kapan-kapan kan bisa kopi darat. Eh, nyambung ke pertanyaan di atas yak?

Ya bener lah, masa saya berbohong hehehe saja tinggal di perbatasan sleman yogyakarta tepatnya di daerah seturan (seturan jogja apa sleman ya? hahahha dodol nih)

Kapan-kapan kan bisa kopi darat. Eh, nyambung ke pertanyaan di atas yak? Kalo kang kombor yang ngajak saya kopdar dan waktunya tepat kenapa saya harus menolaknya :)

-oOo-

 

Di atas itu wawancara Kang Kombor dengan O-om. Nah, ada pesan Kang Kombor untuk yang baru akan bikin duit di internet. Pakailah dulu layanan gratis dari Blogger. Banyak publisher sukses yang menggunakan Blogger seperti dikatakan O-om. Kang Kombor sendiri juga punya mainan di Blogger. Ada beberapa.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

47 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 04, 2008 9:17:00 PM

selalu menyenangkan membaca kisah sukses orang :)
makasih pak buat interviewnya. senang punya feed anda di reader saya. thanks

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 04, 2008 9:30:00 PM

Wah berarti semuanya yang bikin blog itu karna duit yah hehehe... Sama dong seperti aku!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 04, 2008 9:43:00 PM

percakapan yang menarik :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 04, 2008 11:33:00 PM

saya bikin blog buat numpahin ide aja deh...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Rabu, Juni 04, 2008 11:45:00 PM

Wah, saya tersanjung Bung Jacky Supit mau mampir ke sini. Saya juga langganan feed jackbook.com via email. Banyak ilmu yang saya timba di sana.

Jadi nggak enak dipanggil Pak. Hehehe...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 12:14:00 AM

Hehehehe Mantap :) berikutnya sapa lagi mas kombor ?? bisa kasih bocoran :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 12:19:00 AM

Wah!! Kang Kombor dan Oom saya banyak belajar dari sampeyan berdua....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
oom
Kamis, Juni 05, 2008 12:30:00 AM

thanks dah wawancarai oom kang kombor. kayaknya pertanyaanya kurang banyak ya hehehe sukses selalu buat anda :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 2:06:00 AM

he..he...he...
makasih tas infonya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 3:23:00 AM

saya punya juga tuh mas arief, account di blogger.com, sampai sekarang pun masih aktif. cuman belum tahu cara memanfaatkannya utk mencari duit di internet. gaptek banget sih!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 5:33:00 AM

Bermanfaat banget neh wawancaranya, pengen tau siapa lagi yang diwawancarai mas Kombor ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 7:56:00 AM

wawancara yang top abisss, kapan2 wawancara lagi dong ama para blogger yg laen, kalo perlu ama bang cosa

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 8:19:00 AM

sempet bingung pas mau komen, soalnya keterangan textbox dibawah text box ga seperti biasanya :D
btw makasih wawancaranya mas. btw salam kenal :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 9:34:00 AM

Artikelnya puan..j..ang buanged, tapi asyik juga.
btw salam kenal ya,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 11:33:00 AM

oom emang moy :D . maju terus tetap semangat dan jangan lupa tetap mau berbagi ilmu ok :D , pisss juga hehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 11:55:00 AM

Wah seru juga wawancaranya! Memang perbedaan platform blogger dan wordpress sebuah permasalahan klasik yang ga perlu di bahas lagi...!!


Yang penting untuk sekarang ini mari kita sama-sama tingkatkan sosialisasi sesama blogger sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis dan tetep saling berbagi ilmu :)

di tunggu wawancara berikutnya kang kombor..!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 4:21:00 PM

Hehehehe kalo saya boleh jujur blogger benar-bener mesin uang gratis, pengguna platform non blogger juga kebanyakan menggunakan engine blogger untuk meraup dollar..akui sajalah tidak usah gengsi :)
------------------------------------------------

Tak akui tanpa gengsi sedikitpun...hahaha...dan setiap menyadari itu sy selalu geleng2...gmn nggak dulu klo ga salah 7 kali beli domain+host utk bisnis, dan semuanya gulung tikar , malah pake blogspot merasa lincah cari duit, skrg pun punya 2 domain sendiri , jg blm hasilkan duit...msh blogspot is the best :D dah jodoh kali ya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 05, 2008 8:53:00 PM

wawancara ini sangat memberikan 'angin' baru bagi newbie seperti saya, saya tunggu wawancara2 berikutnya dengan bloger2 yang sudah sukses mendulang $$$... good job man

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 06, 2008 1:02:00 AM

waaah para master saling mendukung... deuh masih newbi gini kapan ada wawancara... heuheu.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Jumat, Juni 06, 2008 1:46:00 AM

Tenang Mas Hakimtea, saya ingin mewawancarai sebanyak-banyak pelaku bikin duit di internet. Newbie atau master, saya akan wawancarai. Tetapi tentunya bergantung kesediaan interviwee-nya juga.

Mas Hakimtea siap-siap saja ya. Saya akan kirimkan daftar pertanyaannya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 06, 2008 12:05:00 PM

Satu lagi yang tertangkap wawancara dengan Kang Kombor.

Kang lulus dari Jurangmangu tahun berapa, sekarang dinas dimana?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 06, 2008 3:15:00 PM

Yoi, wawancaranya bagus Kang Kombor. Terus update yak

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
ika
Jumat, Juni 06, 2008 8:51:00 PM

hebat sekali internet, menyediakan ladang ilmu gratis dan hasilnya pun bisa dibilang tak mengecewakan,..,.lumayan bisa buat tambal lubang tiap bulan :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 06, 2008 11:44:00 PM

Memang dunia maya hutan yang masih luas. dan merupakan tambang emas :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juni 07, 2008 12:10:00 AM

sapa nih top artist of the monthnya? eheehhe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juni 07, 2008 7:03:00 AM

Salam kenal Pak Kombor,

Trims atas publikasi obrolannya dg mas Agus a.k.a O-om.com. Jadi tambah semangat mainan blogspot :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juni 07, 2008 2:56:00 PM

weew, ada lagi ya. Blogger.com kenapa ya, rada ribet dikit. saya jd perlu belajar lg nih ttg platform satu ini. liat blog o om keren banget. thanks Mas atas referensinya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juni 08, 2008 12:31:00 PM

blogger dan wp punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, peace... :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juni 08, 2008 6:23:00 PM

oya kang kombor (heheh udah ngga pak lagi sekarang : )

blog ini dihosting dimana mas? terus suka ada masalah ga? down? thanks

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juni 08, 2008 8:52:00 PM

emang sih o-om tuh orangnya baik banget, ramah tamah. Suhu Blogger yang suka berbagi ilmu..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Minggu, Juni 08, 2008 9:48:00 PM

Hosting di Qwords.com. Masalah pernah ada tetapi tidak semengecewakan nicspace yang koneksi databasenya error melulu.

So far saya cukup puas dengan Qwords. Selama saya hosting di qwords, uptime mencapai 99 persen (dalam perhitungan kasar saya).

Apa ada hosting yang bisa kasih 100 persen uptime? Pakai hot-mirrorring? Bayarnya pasti gedhe yang seperti itu mah ya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Minggu, Juni 08, 2008 9:53:00 PM

Qwords.com.

Tadi sudah dijawab tapi nyelonong, salah pencet. Ada di bawahnya tanggapan Fachia.

Pakai hp kadang mleset pencetnya, :))

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juni 09, 2008 4:06:00 PM

Kalo soal blogger, aku awam. Aku daftar cuma buat redirect doank. Soalnya pengaturannya ribet :(

wah kang kombor banyak juga nih yang diwawancarai. Wawancarai aku juga donk :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juni 10, 2008 6:22:00 AM

wah, Kang kombor, kalo boleh usul, kapan2 sepertinya Bung Jacky Supit juga harus dapat jatah wawancara tuh...Master Blogger juga diakan? biar makin banyak hal-hal terungkap toh.

btw sukses selalu buat semuanya, betul kata O-Om, gak usah ribut soal platform, Blogger apa WP, jika dua2nya bisa dijadikan tambang dollar kan juga celah yang harus dioptimasi jugakan kang...

saya malah pernah bilang ke teman2 yg ragu bahwa kalo mau pelihara lele di jakarta, kita butuh lahan. dan itu pasti mahal. nah kalo mau tanam blog, yakinlah pasti gk ada tekornya...he he he...masak blog disamakan dengan kolam lele yah....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juni 12, 2008 1:25:00 PM

bisa jadi inspirator nih, semoga kelak saya bisa jadi kayak o-om

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juni 17, 2008 2:08:00 AM

ternyata kang kombor ini cocok menjadi pembawa acra aja soalnya seri wawancaranya sangat menarik dan selalu mengundang rasa penasaran ingin baca terus...sukses buat kang kombor

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juni 17, 2008 1:06:00 PM

wah salah tuh, yang bilang yg pake blogger tuh buka professional. Di Blogger khan kita bisa edit html / css, gratis. Kalo di WordPress, Maaf saja. Harus Bayar !!!!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juni 20, 2008 3:01:00 PM

Luar biasa wawancara diatas>>> Kapan2x boleh nih wawancara kang kombor sendiri...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Juni 25, 2008 11:48:00 AM

Kang Kombor, wawancaranya bagus sekali. Bukan karena isinya, tapi kalimat yang digunakan wawancara itu lho yang ndeso tapi logikanya kuto.
Ok dech ditunggu postingan2 selanjutnya. Dan kalau udah sugih jangan lupa ganti celana kombornya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, September 04, 2008 12:20:00 PM

Btul sekali kang, tipsnya si om ini mm ok, specialis blogspot, hehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 08, 2008 12:51:00 AM

"jangan mengekor, jadilah diri sendiri..jangan terus bicarakan kesuksesan blogger lain dengan teman dan sodara anda tapi ceritakan bagaimana ada juga sukses di bisnis ini.
Pesan untuk yang sudah sukses, Berbagilah ilmu anda dan jangan setengah setengah, tidak perlu ditampilkan income anda yang ratusan juta itu, buktikan caranya step-by-step jangan cuma hasilnya."

Saya setuju dengan kata-kata itu karena saya sering melihat screenshot sebuah postingan yang menampilkan penghasilan-nya tapi tips and triknya enggak di kasih tau cuma di kasih tau ini dapetnya di adsen....(tapi caranya di posting selanjutnya ya...!)

Ya sebenarnya sih bagus itu menarik perhatian para pengunjung untuk selalu setia mengunjunginya tapi alangkah setianya pengunjung kalau di kasih tau step-by-step nya
mendapatkan itu semua khan sama2 untung.
Untungnya pengunjung dapet ilmu dan pemilik blog juga dapet pengunjung yang SEJATI ( bener-bener pengunjung yang ingin mencari ilmu bukan pengunjung yang asal-asalan nongol dan ninggalin jejak terus di tutup dan mencari blog lain alias jelajah blog)

Udah ah cuma itu aja ndak nambah bingung kata-katane amboradol je,
tapi yang jelas aku setuju kata-kata Om Agus itu

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Desember 05, 2008 3:15:00 PM

wah dialog yg mantap dan berbobot..
ada ilmu baru ygs aya serap nih..

makasih nggeh ..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Januari 25, 2009 1:56:00 AM

kirain o-om orang bandung slah deh gue :D
but artikel ini sekali datang cuma bisa bilang seadanya aja, jujur artikel tanya jawab ini "MUANTABFZ ABIZZZZZZ!!!!! :D
lam kenal ya Mas

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Maret 18, 2009 2:12:00 PM

oh begitu yah

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, April 14, 2009 5:37:00 PM

terima kasih banyak atas petunjuknya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, April 24, 2009 2:34:00 AM

Mantaf kang.... mudah2an nular nih.... wawancara kaya gini seharusnya sering diadakan sebagai motivasi... setuju ga kang? bravo Kombor.com

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 8:58:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan