Form Komentar Inline Blogger Tidak Ramah Pada Mobile Browser

Kang Kombor sudah mengupas masalah ini dua kali di blog sok Boso Inggris itu. Akan tetapi, agar para Sedulur di tanah air juga bisa mengikuti diskusi itu dengan saksama dan dalam tempo yang agak terlambat dikit, Kang Kombor bawa saja masalah ini ke sini supaya para Sedulur mafhum dengan adanya kejadian ini..

Wahahaha... Kalimatnya acak adul bener!

Begini Saudara-saudara. Kang Kombor lebih banyak melakukan aktivitas blogwalking menggunakan telepon genggam yang bukan handphone (karena mereknya Blackberry) daripada menggunakan PC. Nah, browser pada perangkat Blackberry Kang Kombor ada dua, yaitu push browser bawaan Blackberry (baru akan muncul kalau kita langganan Blackberry Internet Service dari operator) dan OperaMini. Kedua perangkat tersebut secara default tidak mendukung java script. Silakan koreksi Kang Kombor apabila salah.

Blackberry push browser memang ada opsi untuk enable java script. Akan tetapi, apabila java script di enable, jam pasir (ikon yang menandakan operasi sedang dilakukan, di PC juga ada) tidak akan pernah berhenti melayang-layang di layar Blackberry. Operasi eksekusi script tidak akan pernah selesai. Pernah Kang Kombor browsing menggunakan Blacberry push browser dalam keadaan java script di-enable. Ditunggui sampai setengah jam, jam pasir tidak berhenti. Akibatnya, Blacberry-nya haris di-restartI dengan memencet tombol ALT + CAP + DEL (kalau PC pencet CTRL + ALT + DEL).

Ngomong pendeknya, form komentar inline yang masih didraf oleh Blogger itu tidak mendukung browser perangkat bergerak. Selain Blackberry push browser, Kang Kombor juga mencoba OperaMini. Ternyata tetap saja formulir komentar tidak muncul. Di bawah ini adalah buktinya:



Kang Kombor pernah tanya sama O-om waktu dia menulis tentang fitur baru Blogger dan O-om menjawab tidak tahu karena belum pernah browsing pakai Blackberry :) Padahal, O-om kan bisa browsing pakai OperaMini :p

Di bawah ini screen shot layar Blackberry Kang Kombor. Yang atas menampilkan layar Blacberry push browser, yang bawah OperaMini.







Kedua screen shot di atas diambil dari blog O-om.

Bandingkan dengan yang dibuka dengan PC browser di bawah (blog milik Bocahiseng):



Jadi, maaf Saudara-saudara pemakai Blogger. Bukan Kang Kombor sombong nggak berkomentar di blog Sampeyan sekalian. Akan tetapi, karena form komentar Sampeyan nggak muncul itulah maka Kang Kombor nggak bisa komentar.


Tambahan. Selain form komentar inline Blogger, di semua form komentar yang ada javascriptnya, Kang Kombor juga jadi impoten.

Komentar

  1. itu dia kang masalahnya om juga belum pernah pake operamini hehehe

    BalasHapus
  2. ya udah komen di jackbook aja kang, pasti muncul deh di henpon yang bukan henpon punya akang *halah akang* :D

    BalasHapus
  3. @o-om:
    Waduh... makenya IE terus ya, di Window Mobile 6?

    @jacky:
    Nah, masalahnya, jackbook.com pakai javascript juga saat tombol submit diklik. Hahaha... harus pakai PC juga kalau mau komentar.

    BalasHapus
  4. ohhh ternyata gitu?? baru tau saya??

    BalasHapus
  5. mungkin masih dalam tahap uji coba kang kombor, atau memang pihak blogger belum mikir sampe ke situ

    BalasHapus

Posting Komentar