Hubungan Antara Pagerank dan AdSense

Pada tulisan Kang Kombor tentang Tips Mendapatkan Pagerank Tinggi ada yang menanyakan dua hal:

  • Berita Internet Marketing on 28.07.2008 at 03:44 : "Apa hubungan antara page rank dengan adsense ?"

  • Mari kita bahas mengenai hal ini.



    Hubungan antara pagerank dan AdSense

    Kang Kombor tidak bisa memberikan penjelasan yang lebih baik lagi mengenai hubungan antara kedua makhluk itu kecuali satu hal bahwa kedua makhluk itu, pagerank dan AdSense, sama-sama milik Google.

    Pagerank, yang selalu ditunggu-tunggu para penggiat SEO updatenya setiap 3 bulan adalah sistem perankingan halaman di internet yang dikeluarkan oleh Google. Secara bodoh Kang Kombor mengatakan bahwa semakin tingggi pagerank sebuah halaman, semakin penting halaman itu di mata Google. Apabila ada dua halaman yang membahas hal yang sama maka yang memiliki pagerank lebih tinggi diangap lebih bisa dipercaya. Logikanya sebenarnya sederhana, semakin banyak orang memberi taut ke halaman itu bisa berarti bahwa halaman itu ditandai sebagai halaman penting oleh semua yang memberi taut. Makanya, dalam dunia pagerank ini, orang berlomba-lomba untuk mendapatkan backlink ke blognya atau halamannya.

    Google AdSense, di sisi yang lain, adalah salah satu produk Google. Google AdSense ini adalah program bagi para webmaster atau blogger untuk mempublikasikan iklan yang dipasang oleh advertiser (pemasang iklan) melalui Google AdWords.

    Jadi, secara bodoh kita katakan saja bahwa pagerank dan AdSense itu merupakan saudara, hahaha...

    Apa nggak ada hubungan lain?

    Nah, ini nih... Kang Kombor mulai masuk ke gaya menduga-duga, mengenai hubungan lain antara pagerank dengan AdSense. Bisa jadi mereka memiliki hubungan gelap. Atau, jangan-jangan mereka itu pasangan sesama jenis yang dilarang agama dan dinistakan masyarakat?

    Eh, jangan menduga-duga seperti itu. Tidak baik untuk kesehatan kita. Marilah kita menduga dengan sesuatu yang memberi manfaat.

    Terus-terang Kang Kombor tidak bisa menjelaskan apakah dengan semakin tingginya PR suatu halaman maka bisa dijamin bahwa iklan AdSense yang keluar di halaman tersebut memiliki nilai bayaran yang lebih tinggi. Mbuh! Kang Kombor tidak bisa menjelaskan. Untuk hal seperti ini harus dibuat risetnya dan Kang Kombor tidak memiliki waktu dan sumberdaya untuk melakukan risetnya. Kang Kombor tidak memiliki artikel berbahasa Inggris yang memiliki pagerank di atas 2. Kalau ada, tinggal pasang AdSense di halaman itu lalu bikin posting baru (yang pasti PR-nya akan NOL) dan dipasangi AdSense juga. Bedakan AdSense kedua halaman itu dengan channel. Nah, dari sono barulah dianalisis hasil kliknya apakah bayarannya lebih tinggi dari artikel yang ber-PR atau sama saja.

    Yang pasti, iklan yang muncul pada saat halaman dibuka dengan IP Indonesia dan IP luar negeri itu akan berbeda. Nilai klik dari Indonesia terkenal sangat kecil. Biasanya $0,01. Untuk mendapatkan $1 harus ada 100 klik pada iklan itu. Masya' Allah, kalau punya blog Boso Londo dan dapat 100 klik sehari dari IP Eropa atau Amerika, rejekinya lumayan tuh.

    Jadi, monggo diriset mengenai hal tersebut ya. Kita nggosip hal lain saja yang umum diketahui, yaitu hubungan antara pagerank dan PTR.

    Hubungan pagerank dan PTR

    Eh, PTR itu = Paid to Review. Sering juga ada yang mengatakan get paid for blogging, yaitu pekerjaan untuk menulis review tentang website/produk dari pemberi  pekerjaan.

    Kalau yang ini jelas, semakin tinggi PR blog kita (halaman indeks) maka bayaran untuk mereview di blog kita juga akan semakin tinggi. Selain itu, job untuk mereview juga semakin banyak. Nggak percaya? Silakan daftarkan blog Sampeyan yang ber-PR tinggi ke pialang PTR. Nggak bakalan pake lama setelah disetujui, job akan mulai masuk.

    Untuk AdSense sendiri, besar kecilnya pendapatan (secara umum) berbanding lurus dengan trafik blog kita. Semakin tinggi angka hit blog kita, semakin tinggi potensi pendapatan blog kita. Maka dari itu, silakan konsentrasi untuk menaikkan trafik apabila Sampeyan bikin duit dengan AdSense!

    Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

    Tentang Kang Kombor

    Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

    28 komentar

    Click here for komentar
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Selasa, Juli 29, 2008 4:24:00 PM

    Pertamax kah aku....
    baca dulu....

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Selasa, Juli 29, 2008 4:30:00 PM

    Kang kok sekarang adsense sampean tidak muncul?
    beberapa hari ini yang muncul bitvertize?

    Apa udah gak pasang Pupuk "EN" istilahnya pakde Tani.

    Atau ada apa dengan Adsense, kalau ada masalah saya mau buang juga adsense saya.

    Mohon pencerahan.

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    edy
    Selasa, Juli 29, 2008 4:44:00 PM

    kalo ngasih backlink ke blog sendiri apa pengaruhnya juga sama, kang?
    trus gimana biar PR bisa lebih dari 4?

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    kombor
    Selasa, Juli 29, 2008 6:02:00 PM

    @sumintar:
    Iya, Pakdhe. Pertadex! Selamat deh...

    @Wahsip:
    Kang Kombor sudah jawab pada pertanyaan Sampeyan yang pertama. Bukan pupuk EN yang dicopot melainkan semua kode dicopot. Kang Kombor hanya sedang mencoba Bidvertise. Kalau hasilnya bagus dan ada yang pasang iklan, akan terus dipakai. Kalau tidak, kembali AdSense akan dipasang.

    Hehehe... di blog lain pupuk EN masih dipakai kok.

    @edy:
    Ngasih backlink ke blog sendiri justru itu yang dilakukan oleh para master dengan dummy blog. Tapi, internal linking konon juga berpengaruh. Tentu pengaruhnya pada halaman-halaman yang ditaut, bukan ke halaman indeksnya.

    Agar pagerank lebih dari PR4, ya gunakan jurus-jurus SEO yang sudah diajarkan para guru SEO. Semakin banyak dapat backlink, akan semakin tinggi PR-nya. Perbanyak posting yang berkualitas salah satu tipsnya. Dengan posting berkualitas, insya' Allah banyak yang memberi backlink. Blog Indonesia saat ini yang punya PR5: http://rovicky.wordpress.com, http://priyadi.net, http://antobilang.com, http://blogombal.org, http://ndorokakung.com, http://www.indonesiamatters.com/, http://fatihsyuhud.com/, dll. Yang PR6: http://rahard.wordpress.com/.

    Silakan dicek lagi.

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Selasa, Juli 29, 2008 6:16:00 PM

    Wah bisa di cobak kang , saya juga mikir adsense di klik di indo "mungkin" 100 klik baru dapet $1..khan emang2 ,nggak tahu lagi ka;alau bidvertise..bisa dicobak nich..makasih kang tipsnya

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Selasa, Juli 29, 2008 7:30:00 PM

    saya lebih ndak mudheng lagi, mas arif. tahu seo, pr, ptr, adsense, dan makhluk2 sejenisnya mlulu dari blog kombor.com, sesekali juga info2 lain dari blog temen.

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Rabu, Juli 30, 2008 2:00:00 AM

    andiewicaksono.com mulai beranjak naik dari PR 0 ke PR 2, ini keliatannya gara-gara blog sampeyan juga kang, maksudnya, gara2 Sayah sering kasih komen ke blog sampeyan, hehe.....
    Lho, berarti, seperti PR dan adsens, Kombor dan aaw.com ternyata bersaudara juga ya?
    Iya, emang......
    Aje Gileee.... :D

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Rabu, Juli 30, 2008 8:04:00 AM

    sama2 Guru...pokoknya..selalu ditunggu panduannya..

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Rabu, Juli 30, 2008 12:58:00 PM

    wah tambah pusing mas, dijabarin pelan-pelan mas, urut dari atas, terus turun, turun, turun getu mas, kayak apa aja

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    aha
    Rabu, Juli 30, 2008 2:19:00 PM

    hubunganya baik2 aj kayaknya..he2
    numpang baca ya mas

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Kamis, Juli 31, 2008 4:46:00 PM

    saya udah selesai nulis artikel balasan buat postingan ini, lagi mikir mau di publish ngga ya.. publish.. ngga.. publish.. ngga.. pub.. ng.. pub.. ng.. pu.. ng.. pu... ye.. ng...

    :D

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Kamis, Juli 31, 2008 4:49:00 PM

    [...] Pagerank dan Adsense. Sebenarnya bukan tiba-tiba sih, tapi gara-garanya habis baca tulisannya si akang, terus pengin komen tapi kok pasti bakalan jadi panjang banget, jadi mendingan nyampah di blog [...]

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    kombor
    Kamis, Juli 31, 2008 4:50:00 PM

    Publish saja, Jack. Bagus buat pembelajaran kita semua.

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    kombor
    Kamis, Juli 31, 2008 5:05:00 PM

    Wah, ternyata Jacky jadi bloger tamu di CosaAranda.com.

    Makasih backlinknya. Mau komentar di CosaAranda.com nampaknya tidak cukup ramah sama Blackberry.

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Kamis, Juli 31, 2008 5:45:00 PM

    Mantap mas analisanya

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Kamis, Juli 31, 2008 10:11:00 PM

    benar kok kang analisa sampeyan, memang pagerank berpengaruh juga terhadap nilai klik adsense.

    bukankah pengiklan adword itu juga cari backlink dan trafik. buktinya saya alami sendiri, ketika blogspot saya mempunyai pagerank 4 ,nilai kliknya terbilang lumayan dengan rata2 minimal $0,69-0,97 selanjutnya blog tersebut saya custom domain.

    ladalah kok earning adsensenya langsung turun
    tajam ya, rata2 sekarang cuma mendapat $0,5-0,6
    per klik jauh sekali sebelum blog saya custom.

    ini cuma pengalaman saya pribadi,tapi entahlah
    ini memang benar atau cuma kebetulan saja.
    ada yg punya pengalaman ,pagerank berpengaruh
    terhadap nilai klik adsense mohon dishare.

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Jumat, Agustus 01, 2008 9:14:00 AM

    wah gak ikutan deh maen adsense, trafik ancur gini :D . mending PTR mantab hasilnya gk perlu trafik, hanya PR dan alexa aja :)

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Jumat, Agustus 01, 2008 5:37:00 PM

    GREAT TIPS!!!!

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Jumat, Agustus 01, 2008 8:10:00 PM

    [...] Pagerank dan Adsense. Sebenarnya bukan tiba-tiba sih, tapi gara-garanya habis baca tulisannya si akang, terus pengin komen tapi kok pasti bakalan jadi panjang banget, jadi mendingan nyampah di blog [...]

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Sabtu, Agustus 02, 2008 1:10:00 AM

    [...] Hubungan Antara Pagerank dan AdSense [...]

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Sabtu, Agustus 02, 2008 3:14:00 AM

    [...] Pagerank dan Adsense. Sebenarnya bukan tiba-tiba sih, tapi gara-garanya habis baca tulisannya si akang, terus pengin komen tapi kok pasti bakalan jadi panjang banget, jadi mendingan nyampah di blog [...]

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Minggu, Agustus 03, 2008 1:48:00 AM

    Hehehehe... Asik ulasannya kang kombor. Salam kenal dari salah satu pengagummu yakz. Selama ini saya belajar banyak juga dari kang kombor, walaupun ga pernah ninggalin jejak :D

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Minggu, Agustus 03, 2008 12:01:00 PM

    [...] Pagerank dan Adsense. Sebenarnya bukan tiba-tiba sih, tapi gara-garanya habis baca tulisannya si akang, terus pengin komen tapi kok pasti bakalan jadi panjang banget, jadi mendingan nyampah di blog [...]

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Senin, Agustus 04, 2008 6:28:00 AM

    Hoo.. berarti kerugian besar buangets yah blog Videoku drop PR nya dr 4 ke 0. Ihix ihix. Mana yg lain ga ada peningkatan (Jalan di tempat)
    Ternyata begitu. pantas dl dr blog yang Uang lbh besar dr cosplay skrg cosplay lbh besar dr uang. Ternyata krn PR nya beda. oh... Makasih infonya yaaah

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Senin, Agustus 04, 2008 11:02:00 AM

    kalo hubungannya sodara, berarti erat dong hubungannya , hehe

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Selasa, Agustus 12, 2008 5:08:00 PM

    Menurut ku gak ada hub Adsense dgn PR. Adsense itu berhubung sah dgn keyword. Kalo keyword nya HPK, maka earning per click adsense akan tinggi. Makanya orang berlomba-lomba bikin posting yang mengandung HPK (High Paying Keyword). 'Tul, gak...?

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Senin, November 10, 2014 6:44:00 PM

    Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas... www.okartikel.com

    Balas
    Terima Kasih Sudah Berkomentar
    Sabtu, Oktober 24, 2015 9:57:00 PM

    Nice info. Thanks for sharing.

    Balas

    Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

    Silakan berkomentar dengan sopan