Selasa, September 30, 2008

Blogger and Blackberry

Kang Kombor mendapatkan pertanyaan dari Mbak Dita Nadia pada posting ini. Pertanyaan yang OOT sehingga Kang Kombor bukakan posting baru untuk menjawabnya.

Kang kombor, mau tanya donk soal Blackberry...

Ga nyambung sih, tp krn ngepost pk blackberry pengen nanya:
1. Blogging pk blackberry enak ga?
2. Klo browsing, kenanya pk pulsa tambahan ato udah termasuk biaya berlangganan blakberry itu?
3. Kelebihan lain blackberry terutama bwt blogger apa ya?

Makasih kang kombor, kalau bisa dibalas yaaa.. makasih,.. :)



Blogging pakai Blackberry enak ga?

Kang Kombor kira soal ini relatif. Pengalaman para pemakai Blackberry tentu berbeda-beda. Akan tetapi, kalau Kang Kombor sendiri merasa blogging pakai Blackberry itu praktis. Bukan enak tapi praktis.

Praktis karena Kang Kombor bisa blogging atau blogwalking di mana saja. Sambil menunggu bus. Sambil duduk di dalam bus. Sambil baringan di kasur. Bahkan, sambil duduk di kloset pun bisa melakukan aktivitas blogging atau blogwalking.

Yang perlu diperhatikan, formulir posting pada Blackberry push browser hanya tampil text only sehingga harus manual apabila mau membuat link, membuat huruf tebal/miring/coret tengah. Mau nyisipin gambar juga harus manual. Mungkin jadi menyusahkan buat yang tidak mengerti HTML tags.

Yang Kang Kombor sukai adalah untuk blog di Blogger, Kang Kombor bisa posting by email dengan mudah. Blog di WP, entah mengapa waktu pakai WP2.3.2 dulu posting by email bisa diset untuk langsung tayang walaupun email diubah oleh WP ke text only. Akan tetapi, sejak updgrade ke WP2.5 lalu 2.6, email yang dikirim tidak langsung dipublikasikan melainkan masuk ke draft dulu. Sungguh tidak praktis. Dengan Blogger, posting by email selalu lancar dan Kang Kombor mengelola blog di Blogger dengan cara posting by email karena Blackberry adalah rajanya push email.

Browsing tidak kena tambahan pulsa

Dengan Blackberry, sebaiknya kita berlangganan Blackberry Internet Service yang untuk Indosat dan XL, penggunaan bandwidthnya unlimited. Telkomsel setahu Kang Kombor masih paket. Akses email, browsing dengan push browser, langganan RSS dengan viigo, chatting dengan YM, GTalk, MSN Messenger, Blackberry Messenger (BBM), akses Yahoo!Go, semuanya tidak nambah pulsa. Bahkan, konon browsing dengan OperaMini yang diinstal di Blackberry juga tidak makan pulsa.

Semua hal di atas bisa terjadi karena aplikasi berjalan di APN Blackberry. Yang kena pulsa adalah untuk aplikasi yang jalan di APN GPRS.


Kelebihan lain Blackberry terutama buat Blogger

Soal kelebihan Blackberry dibanding ponsel lain adalah kemampuannya mengkompresi email sehingga hanya dengan memori 64MB kita dapat menyimpan ribuan email di perangkat Blackberry. Blackberry bisa menghemat biaya komunikasi dengan sesama pemakai Blackberry karena bisa kirim instant message atau voice message melalui BBM. Apabila kita punya teman yang selalu online di YM, GTalk atau MSN Messenger, kita pun bisa IM mereka dengan gratis (karena biayanya sudah masuk ke langganan BIS).

Kelebihan utama buat blogger? Pengalaman Kang Kombor sendiri sih Kang Kombor selalu dapat memantau blog dari mana pun dan kapan pun. Komentar di blog diset untuk mengirim notifikasi ke email apabila ada komentar baru sehingga Kang Kombor selalu tahu apabila ada komentar baru yang masuk. Selain itu, seorang blogger akan bisa melakukan aktivitas blogging atau pun blogwalking di mana pun dan kapan pun. Untuk yang tidak kuat beli laptop dan langganan akses internet mobile, Blackberry sangat membantu. Kang Kombor sendiri dulu beli Blackberry second. Dengan uang Rp2.500.000,- dapat seri 8707g bekas. Sangat-sangat membantu bagi Kang Kombor.

Related Posts

Blogger and Blackberry
4/ 5
Oleh

14 comments

Selasa, September 30, 2008 1:34:00 PM delete

Wah enaknya ngenet gratis.. Mau mau mau

Reply
avatar
Selasa, September 30, 2008 2:29:00 PM delete

Kalo Aq bang posting di wp make hp gprs..susahnya postingannya dibatasi 2000 kata lebih dikit wkwkwk...

Reply
avatar
Nadia
Selasa, September 30, 2008 2:47:00 PM delete

Wah makasih sekali Kang Kombor buat jawabannya, sampai dibuatin postingan baru ini, pastinya posting pake blackberry kan, hehehe :)

Setahu saya telkomsel jg ngeluarin Blackberrry prepaid sebulan 150rb, dan itu unlimited, saya tertarik pakai itu soalnya klo pasca bayar, bs jebol ntar tagihan saia.. Oh ya selain opera mini ada browser bawaan blackberry juga kan? Kalau opera mini ga kena pulsa juga baguslah,soalnya stau saya opera kena apn operator..

Hum, jadi makin tergoda beli blackberry nih, lumayan buat ngebantu tugas blogging ya (dan ngarepnya sih earning naik) Thanks banget atas postingan ini ya, benar2 membantu :)

Reply
avatar
Selasa, September 30, 2008 2:47:00 PM delete

Taqobalallahu minna wa minkum
Minal Aidin wal Faizin
Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Selamat Hari Raya Idul Fitri
1 Syawal 1428 H

Reply
avatar
Selasa, September 30, 2008 7:02:00 PM delete

mohon maaf lahir batin mas... lebur semua salah dan silap di hari nan fitri...

Reply
avatar
Selasa, September 30, 2008 7:21:00 PM delete

masih kurang ngeh sama blackberry.. btw per bulannya bayar berapa kang?

Reply
avatar
Rabu, Oktober 01, 2008 8:59:00 AM delete

Harga Blackberrynya lumayan berat...

Reply
avatar
Rabu, Oktober 01, 2008 8:07:00 PM delete

menurut saya, blogging pakai blackberry tidak enak kalau tidak terbiasa, maklum tombolnya kan kecil.

Reply
avatar
Senin, Maret 09, 2009 3:22:00 PM delete

Mas kombor saya mau tanya:
bisa gak mas kalau saya pakai blackberry 8707 tetapi tidak berlangganan internet baik indosat maupun XL, tapi saya hanya memakai kartu IM3. Dan jika saya menggunakan opera mini pulsa yang tersedot hanya pulsa IM3 saja. Bisa tidak mas?

Reply
avatar
Kamis, Januari 16, 2014 5:09:00 PM delete

Cuma sekarang semenjak BBM bisa di Android, blackberryku sdh gak aktif lagi

Reply
avatar