Punishment for Dofollow Links

Salam dari Sleman.

Pukul 1:30 dini hari tadi Kang Kombor bersama keluarga tiba di rumah di Sleman dengan selamat. Alhamdulillah, setelah menemui kemacetan begitu keluar dari gerbang tol Cikampek, titik macet di Indramayu, kemacetan di Palimanan menjelang gerbang tol Plumbon lalu kemacetan sepanjang tol Plumbon - Kanci, di Jawa Tengah tidak ada lagi kemacetan. Luar biasa! Inilah seninya mudik. Tanpa kemacetan, mudik tidak akan berarti.

Loh, kok Kang Kombor malah membahas soal mudik?


Nggak apa-apa. Mudik memmang perlu dibahas. Hajat terbesar tahunan bangsa Indonesia setelah 17-an yang dirasakan seluruh WNI adalah Idul Fitri yang dirayakan lebih kurang 80 persen penduduk Indonesia (kalau prosentasenya belum turun lagi). Setiap tahun, dalam kegiatan berlebaran pasti ada mudik. Drama kembalinya para "boro" alias perantau ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar mereka. Tahun ini diperkirakan sekitar 15 juta orang di seluruh Indonesia melakukan kegiatan mudik. Dari 15 juta orang itu, 2,5 juta akan melewati jalur pantura Pulau Jawa! Mudik sangat penting. Karena pentingnya, seluruh stasiun televisi nasional pasti meliput kegiatan itu.

Karena mudik, Kang Kombor sudah berada di rumah Kang Kombor di Sleman saat ngetik posting ini menggunakan Blackberry tua kesayangan Kang Kombor. Eh, Kang Kombor katakan rumah Kang Kombor ya, karena tahun 2002 yang lalu, setelah mendapat pesangon dari perusahaan, Kang Kombor membangun rumah di Sleman. Rumah yang nggak jadi-jadi karena dananya nanggung dan hasil ngadsense digunakan untuk nutupi cicilan KPR rumah di Tangerang.

Pagi ini Kang Kombor mendapati tanggapan Danu pada artikel ini bahwa pagerank sudah update lagi. Dari Pandu Kang Kombor mendapatkan informasi bahwa pagerank Kombor.com ditampar jadi PR2. Terus-terang Kang Kombor belum ngecek tetapi Kang Kombor percaya kabar itu.

Kang Kombor kira, ada dua hal yang kemungkinan dapat menyebabkan pagerank blog ini turun dua angka dari PR4 ke PR2 dalam dua kali update terakhir. Yang pertama pemakaian dofollow pada komentar dan yang kedua karena text link ads (TLA).

Dofollow

Sudah banyak informasi bahwa Google tidak menyukai hal ini. Menurut Kang Kombor, alasan utama dari ketidaksukaan Google pada relasi dofollow ini adalah karena Google mendapat protes dari para bot spyder yang ditugasi untuk meng-crawl internet. SPK atau surat perintah kerja para laba-laba itu adalah mengindeks halaman kita, bukan mengikuti semua taut (link) yang ada di halaman kita. Apalagi kalau taut itu ternyata sama sekali tidak berkaitan. Laba-laba itu marah besar pada Google.

Logikanya begini. Ada seekor bot spyder yang sedang meng-crawl halaman ini. Di dalamnya ada tiga taut. Ke tempat Danu, Pandu dan sebuah posting blog ini. Eh, tapi... Ternyata masih di halaman yang sama ada belasan komentar dengan taut dofollow ke blog/halaman masing-masing pemberi komentar. Otomatis bot spyder ngambek karena umumnya, taut di komentar tidak berhubungan dengan isi artikel. Apalagi kalau taut pemberi komentar bukan ke halaman indeks blognya melainkan ke postingnya di mana di dalam posting itu ada taut lagi. Lalu ada taut dofollow pemberi komentar. Para bot spyder makin ngambek aja. Bayangkan apabila di antara taut dofollow yang diikuti bot spyder ada lagi dofollow dan dofollow yang lain. Nggak akan kelar kerjaan si laba-laba malang itu.

Jadi begitu teman-teman, mengapa Google tidak suka dofollow. Laba-laba mereka pada protes!

Text Link Ads

Kalau yang ini alasannya sih jelas banget. Google tidak suka karena taut yang diikuti bot spydernya ternyata taut berbayar. Taut pesanan sponsor yang pasti tidak alami adanya.

Maksudnya alami adalah taut yang sejak awal kita sertakan dalam artikel sebagai referensi atau karena keterkaitan topik. Nah, TLA kan membeli link dari halaman yang sudah ada. Bisa jadi taut dari teks yang dibeli sponsor melalui TLA di posting kota, tidak sesuai dengan isi artikelnya.

Begitu kira-kira yang membuat Google membenci taut berbayar.

--*#*--

Hehehe, maaf kalau isinya nampak seperti bercanda. Insya' Allah bercandanya nggak jauh-jauh dari substansi. Apabila melenceng terlalu jauh mohon diberi koreksi.

Tambahan dikit. Sejak rel nofollow dibuang blog ini memang mendapatkan tanggapan lebih banyak. Sedangkan, Kang Kombor tidak bisa memberikan kunjungan balik ke semua komentator. Akibatnya, outgoing links blog ini sangat lebih banyak daripada inbound linksnya. Pantas kan apabila pageranknya turun terus...
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

39 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 28, 2008 12:11:00 PM

ouh jadi getu ya mas.. wah masa seh saya harus kembali ke nofollow, padahal saya sudah kampanyekan pemakaina dofollow :D tapi syukurlah PR malah NAek..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 28, 2008 1:04:00 PM

ya bagusan no folow aja..... tapi do folow tetep masih membuat banyak orang tertarik.... ya begitulah resikonya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 28, 2008 1:48:00 PM

xixixi laba-laba google bisa ngambek xixixi bener juga tuhh kang?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Minggu, September 28, 2008 2:17:00 PM

Nggak harus kembali ke nofollow, Mas. Yang penting jangan sampai incoming links < outgoing links. Berarti harus selalu tebar komentar di dofollow blogs untuk mengimbangi outgoing links dari komentar di blog kita.

Kombor.com saat ini situasinya outgoing links > incoming links. Makanya PR turun terus. Namun, Kang Kombor belum akan kembali ke nofollow. Biarin aja.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 28, 2008 3:19:00 PM

Lah, sudah terlanjur dibikin jadi dofollow terus balikin ke nofollow gimana cara nya Bang?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 28, 2008 3:46:00 PM

Duhhh...aku kok gak dong ya. Yang penting pr saya naik dari 1 menjadi 2, lumayan ada peningkatan, trus alexanya juga semakin meningkat saja.

Btw, buat kang kombor, selamat mudik di Sleman, ditunggu kopdarnya. Saya juga ada di Sleman.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 28, 2008 4:54:00 PM

[...] Alhamdulilah, pr saya naik dari 1 menjadi 2. Lumayan. Namun, ditengah kenaikan pr saya, ternyata pr kombor turun dari 4 menjadi 2. Berari pr saya sekarang sama dengan kombor. He2x. [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 12:21:00 AM

pertama, saya mau mengucapkan syukur alhamdulillah karena kang kombor dan keluarga tiba di sleman dengan selamat.
kedua, mau mengucapkan selamat hari raya iduk fitri, mohon maaf lahir dan batin atas semua kesalahan saya selama berinteraksi, baik di dunia masya maupun dunia nyata.
ketiga, saya jadi bertanya-tanya juga nih, sedemikian bencinya google sama blog yang dofollow sehingga pr-nya langsung difonis sedrastis itu. jadi kepikiran juga, padahal blog saya baru saja saya dofollow-kan, tapi mungkin karena baru, blog saya masih bertengger di pr 4.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 2:02:00 AM

bagus bngt situsnya.. btw met idul fitri ya om.. btw lagi, bagi yg terlalu sibuk aktivitasnya sampai2 gak ngikutin lagu2 yg enak, maka solusinya silakan masuk ke situs www.kumpulanlagu.co.cc.
Di situs itu terdapat kumpulan lagu - lagu yg enak.. Jika berkenan silakan berkunjung ya, thx... ^^

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 3:07:00 AM

selamat mudik kang
dan mohon maaf lahir batin

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 10:23:00 AM

Hmm..jadi bingung deh gimana google nentuin prnya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 11:40:00 AM

Jadi seharusnya kita akrab-in aja bot spyder itu, halah... :D
Btw, Saya mengucapkan Selamat Idul Fitri bagi Bang Arif sekeluarga, semoga amal ibadah kita diterima dan dosa2 kita yg telah lampau diampuni oleh Alloh SWT, Amien....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 12:02:00 PM

Ada dofollow blog yang melangkah maju dari PR 0 ke PR 5 tengok blog temen saya.. www.gareng.net saya ampe geleng2 kepala.. Speechless....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Senin, September 29, 2008 12:14:00 PM

Wah, mantap itu. Pasti backlinks-nya banyak.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 3:10:00 PM

wah met lebaran dikampung yah...mav2 nieh..jangan lupa pulang bawa oleh2 yah...hehehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 4:09:00 PM

Met lebaran di kampung Kang, mohon maaf lahir dan batin

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 5:07:00 PM

emank kaciyan si laba2, kok gak untung2 ya en rugi2

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 29, 2008 10:36:00 PM

wah dari Jogja juga ya pak ... tahun ini saya juga nemenin istri ke jogja. Lebaran ke dua. Rumah di Jalan Raya Janti, Karang Jambe.. oh ya pak sekalian sayanya Mampir Silaturahmi untuk mengucapkan ...Minal Aidzin Wal Faidzin..Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 1:45:00 AM

Betul Kang..milikku juga di pukul ma google jadi 3, tapi ada keheranan pada blognya istriku..baru kubuat bulan puasa ini tidak ada isinya...di beri PR 2...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 7:44:00 AM

Semoga semua yg pada mudik lebaran selamat sampai tujuan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
darknight
Selasa, September 30, 2008 11:12:00 AM

Kang kombor, mau tanya donk soal Blackberry..
Ga nyambung sih, tp krn ngepost pk blackberry pengen nanya:
1. Blogging pk blackberry enak ga?
2. Klo browsing, kenanya pk pulsa tambahan ato udah termasuk biaya berlangganan blakberry itu?
3. Kelebihan lain blackberry terutama bwt blogger apa ya?

Makasih kang kombor, kalau bisa dibalas yaaa.. makasih,.. :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 12:34:00 PM

mudik tetep ngeblog ya...kang? salam lebaran

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 1:13:00 PM

[...] Kombor mendapatkan pertanyaan dari Mbak Dita Nadia pada posting ini. Pertanyaan yang OOT sehingga Kang Kombor bukakan posting baru untuk [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 1:36:00 PM

Wah sudah dijawab di posting berikutnya tuh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 1:43:00 PM

Coba tengok http://eddie.web.id itu blog teman saya. Lagi under construction aja dapet PR 3. Google sungguh aneh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 7:22:00 PM

sama kang.. blog saya juga ditampar jadi 0 tapi sekarang udah naek ke 2 lagi, mungkin dofollow ikut berperan di sini ya?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 30, 2008 8:16:00 PM

Kang Kombor, saya ikutan prihatin nih karena banyak dari kawan2 blogger yang downgrade. Memang sih kalau saya dengar bahwa Google tidak terlalu suka dengan do follow. Tapi untuk saya pribadi paling tidak sampai dengan PR update yang akan datang blog saya masih akan tetap do follow. Tentang kondisi dimana kita tidak bisa blogwalking saya rasa sama dengan saya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Selasa, September 30, 2008 9:52:00 PM

Saya juga tetap akan pasang dofollow kok, Pak Jimmy. Entah sampai kapan. Mungkin sampai saat PR jatuh ke titik nadhir, hehehe...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Oktober 01, 2008 8:20:00 PM

'Met lebaran, kang...
aku malah bingung, post ku yg pake dofollow dan paling most commented, malah dapat PR=2. Gimana itu,kang..?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 03, 2008 3:32:00 PM

jadi link komentar blog yang dofollow bakal ketauan ya?? percuma dong.. tp aku lihat ada blog luar yg dofollow pr-nya 7 tuh mas..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 03, 2008 5:21:00 PM

saja juga pake dofollow kang dan sampe sekarang gak pernah naek PRnya tetep PR1, kang met idul fitri ya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 03, 2008 6:28:00 PM

ngasih tautan dan nyebarin link biar pagerank ndak turun gitu ya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Oktober 09, 2008 3:57:00 PM

thanks kang sharingnya
kebetulan saya lagi cari info ttg dofollow and nofollow blog

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 10, 2008 6:49:00 AM

Jadi gitu to.
huhuu..laba-laba google ngambek nih.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 18, 2008 2:31:00 PM

kalo buat web iklan gimana mas, kan banyak link keluar didalemnya, ngaruh ndak ? apa cuman yang do follow aja?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Oktober 21, 2008 12:51:00 PM

wah baru nyadar kalo dofollow bisa bikin laba2 ngambek kecapekan :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Desember 13, 2008 11:36:00 AM

ooo gitu toh mas...tapi saya kok tambah bingung mas yach. bagaimana sih sebenranya cara kerga mbah google? apa banyak komentar itu bagus ..?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Desember 13, 2008 11:38:00 AM

mas bagaimana kalau kita ngasih comment di blog yang gak ada hungannya dengan blog kita?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 9:17:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan