Alexa Rank Subdomain Sama Dengan Root Domain

Kang Kombor amati beberapa minggu ini, bahwa alexa rank suatu subdomain ternyata sama dengan alexa rank root domain-nya. Ini untuk domain dan subdomain yang dipakai oleh para bloger. Kebetulan Kang Kombor ada memakai beberapa domain untuk digunakan subdomainnya. Biasa, untuk membuat kastem url di Blogger. Kang Kombor amati, alexa rank di subdomain selalu sama dengan root domainnya. Kang Kombor pun mengintai doman yang juga dipakai subdomainnya. Di bawah ini ada beberapa contohnya:

Root Domain Subdomain Alexa Rank
Jacbook.com bisnisonline.jackbook.com 6701
imanbrotoseno.com blog.imanbrotoseno.com 139557
widarto.net arif.widarto.net 491879
blogportant.com wimax.blogportant.com 1452629
pokoke.com motogp.pokoke.com 1858190
photobor.com jakarta.photobor.com 5476740

Kang Kombor ikuti beberapa contoh di atas dalam waktu beberapa minggu. Keinginan untuk mengamati perilaku alexa rank itu muncul setelah Kang Kombor melihat alexa rank JackBook dengan BisnisOnline.JackBook.com kok memilki alexa rank sama. Lalu mulailah Kang Kombor membuka-buka blog yang root domain dan subdomainnya dipakai.


Kang Kombor tidak tahu penyebabnya. Ya, nggak tahu. Kang Kombor hanya melakukan pengamatan saja. Ngelmu Kang Kombor nggak cukup kalau harus menjelaskan penyebab terjadinya anomali tersebut. Alexa rank nggak bisa dipercaya? Ah nggak tahu juga. Makanya Sampeyan jangan gembira apabila memiliki blog di blogspot yang memiliki alexa rank 9. Itu adalah alexa rank untuk Blogger yang kadang-kadang, entah karena apa, bisa muncul sebagai alexa rank blog yang hosting di blogspot.

Anomalikah itu? Kang Kombor juga tidak akan mengupas lebih lanjut. Mau anomali kek, mau paradoks kek, Kang Kombor nggak ngerti. Yang Kang Kombor hasilkan dari observasi itu ya seperti yang ada di tabel di atas.

Pikiran lain

Apakah betul alexa rank menggambarkan tingginya tingkat lalu lintas kunjungan ke blog kita? Apa iya kunjungan ke root domain pada tabel di atas sama dengan kunjungan pada subdomainnya? Kang Kombor kok ragu. Lalu, apabila tidak, apa yang bisa membuat kita percaya pada alexa rank?
Kini kita semua sudah paham bahwa Google page rank tidak menunjukkan tingginya trafik ke blog kita. Karenanya, kita menggantungkan kepercayaan kita kepada alexa untuk memberikan informasi tersebut. Akan tetapi, apabila kenyataannya seperti di atas, apa kita juga harus percaya pada alexa?
Pikiran lainnya lagi, apakah jika kita membuat blog dengan subdomain, apakah blog baru itu di mata pengiklan akan sama nilainya? Jika saja pemasang iklan hanya melihat PR atau alexa, dan rangking-rangkingan yang lain, apakah mereka akan memberikan nilai sama antara root domain dan subdomain? Itu yang perlu kita cari tahu. Apabila jawabannya iya, aneh juga ya. Anehnya di mana? Lah, kalau blog dengan subdomain nggak ada pengunjungnya, kita akan dapat duit dari mana? Jika PPC kita nggak dapat revenue karena nggak ada pencetan. Jika CPM kita nggak dapat hasil karena nggak pernah ada page views.

Ah… lalu bagaimana kita bisa memanfaatkan bolong alexa di atas untuk keuntungan kita ya?

Komentar

  1. Bolong itu bisa dimanfaatkan oleh para 'penjual link' kalee ya? Mereka bisa bikin blog yang mirip dengan blog yang kata ALEXA trafficnya tinggi. Lalu mereka promosikan blog baru tersebut, dengan harapan blog lain mau beli link padanya. kaleeeeeeeee................

    BalasHapus
  2. untuk meningkatkan alexa sy cuma rajin posting aja kok. oya mau nanya masang ads 125x125 gmn seh kok tampilannya jd ngacau, ditheme saya ada 4 kotak tp baru dua yg saya isi, tp jd atas bawah gitu. sory malah nanya disini. tq

    BalasHapus
  3. Maksudnya sub Domain itu gimana kang??

    BalasHapus
  4. Di theme yang mana? Di maubisnis.com nggak kelihatan ada 4 kotak 125x125.

    BalasHapus
  5. Subdomain itu maksudnya apa ya? Hehehe... bingung bikin penjelasannya.

    Gampangnya gini, Cak (saya yakin Sampeyan sudah paham), Sampeyan punya domain CakWin.Net, dipakai buat blog bisnis. Lalu, Sampeyan bikin blog lagi. Daripada beli domain, Sampeyan bikin alamatnya jadi (misalny) aku.cakwin.net. Nah, aku.cakwin.net adalah subdomain dari cakwin.net.

    Mungkin ada yang bisa menjelaskan lebih bagus. Cak Win sendiri mungkin...

    BalasHapus
  6. Pengen sih bikin subdomain, tapi nanti malah menghabiskan bandwidth kang ... jadi tetap setia dengan domain.

    BalasHapus
  7. betul sekali kang..cman sayang untuk sementara masih off ..habis kuebasah abiskan resource cpu gara2 traffik :(
    Libur dulu

    Sukses selalu :D

    BalasHapus
  8. Benar kang kalau ada yang mempunyai alexa rank 9 dan bisa mendadak menjadi rank 18 jt.....

    BalasHapus
  9. ranking alexa blogspot jadi 9 karena dia pake tambahan www. pada urlnya

    BalasHapus
  10. Alexa gak pernah habis untuk dibahas ya kang, sayang alexa om drop terus..jadi ragu juga dengan kalkulasi alexa yang gak sesuai dengan trafik blog???

    BalasHapus
  11. yuppy!!! kita wajib memanfaatkan anugerah ALEXA yang ada

    BalasHapus
  12. alexa bagi saya kok nggak bisa jadi acuan ya...
    menurut saya alexa itu seberapa banyak halaman kita terindex oleh mesin pencari.. semakin sering kita nulis walaupun pengunjungnya per hari cuma 1 ya tetep aja alexa naek... itu pengamatan saya je...

    BalasHapus
  13. Untuk blog di wordpress.com kok alexa rank-nya beda2 ya kang?

    BalasHapus
  14. Bro ada Situs bagus.. Ebook Sampah.. kunjungi http://www.ebooksampah.co.cc

    BalasHapus
  15. bingung juga kang kalau mikirin alexa,,, tapi mau gimana lagi tuh broker paid revie malah melihat alexa sebagai tolak ukur *benar ga sih*

    BalasHapus
  16. kang saya juga mulai ragu..

    suka aneh juga sih sebenernya..

    tapi sementara ini dijalani aja dulu.. :D

    BalasHapus
  17. hm.. saat ini saya belum bisa bicara banyak kang, tapi nanti mudah-mudahan beberapa hari kedepan (sebelum tahun berganti), mudah-mudahan saya bisa sedikit memberikan laporan tentang hasil yang bisa saya nikmati dengan memiliki alexa yang agak tinggi. (walaupun sebenarnya bukan karena alexa-nya yang tinggi, tapi karena traffik saya yang memang tinggi)

    tapi nanti deh saya cerita lebih banyak :)

    thanks

    BalasHapus
  18. Punya saya sub domain di blogspot kok rangkingnya sekitar 1,8 juta ya :( Kalau blogspot sendiri tentu kan tinggi. Apa ini adalah pengecualian?

    BalasHapus
  19. Ditunggu laporannya, Om Jacky. Pasti laporan itu akan sangat menarik.

    BalasHapus
  20. Sebenarnya bukan pengecualian. Kang Kombor sendiri tidak tahu apa penyebabnya dan itu sudah Kang Kombor tulis di atas.

    Kang Kombor cek blog Mas Anang pakai www tetap saja muncul alexa ranknya 50594. Berarti pendapat Mas Anang gugur.

    BalasHapus
  21. Kang Kombor sudah buka blog Mas Anang pakai www tetap saja yang muncul alexanya 50594.

    Mau tukeran alexa rank nggak, Mas?

    BalasHapus
  22. Salam kenal Kang Kombor,

    Alexa rank buat domain & subdomain sama berlaku untuk domain co.cc.

    Gratisan domain ku ga punya traffic atau rank, yg dapet co.cc nya =(

    BalasHapus
  23. nah ini yg saya pikirkan, orang2 sibuk mikirin alexa, lah blogku yg saya rasa udah mendingan tapi ndak tau buat apa yg bisa menghasilkan recehan

    BalasHapus
  24. Wah.., mBah google dan mBakAlexa sama2 bikin bingung yach.. ;)

    BalasHapus
  25. kirain alexa menganggap traffic untuk domain itu = total traffic ke root + semua subdomainnya hihihi... salah ya kang?

    BalasHapus
  26. Ya Om Kombor Moy, ga ngerti bener-bener ga ngerti maslah Alexa Rank ini. Perasaan dah mati-matian ngikuti segala cara tuk ningkatin alexa rank, tapi blog Amoy tetap bertahan di 9. Ada yang lebih aneh lagi, yang di wordpress malah masih 2 juta 600an, padahal pembuatannya lebih lama, trus postingnya juga lebih rajin, dan contentnya lebih orisinal. Moy jadi penasaran pengen lebih banyak belajar mengenai Tante Alexa ini, punya saran ga Om, buku apa yang harus Moy baca (yang bahasa Indonesia ya)? Makasih

    BalasHapus
  27. mending suruh nyanyi aja alexa nya kang...he2x

    BalasHapus
  28. Thanks alot informasinya
    Tukeran link dengan livestreaming swaraunib(dimohon konfirmasinya)
    kode livestreaming ada pada web kami

    BalasHapus

Posting Komentar