Rabu, Desember 10, 2008

Flickr atau Picasa Web Album Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak kenal flickr? Situs layanan penyimpanan gambar (image hosting) yang juga dapat berfungsi sebagai situs jejaring sosial itu tentu sangat dikenal. Kang Kombor yakin Sampeyan semua tahu dengan flickr. Kang Kombor pernah menggunakan flickr untuk menyimpan foto secara online. Sayangnya, situs layanan penyimpanan gambar online yang kemudian diambil alih oleh Yahoo! itu hanya menampilkan 200 foto terakhir bagi pengguna percuma, eh... maksud Kang kombor pengguna Gratis. Oleh karenanya, Kang Kombor mencari situs layanan serupa yang tidak membatasi jumlah gambar yang bisa ditampilkan.

Dalam usaha pencarian, Kang Kombor pernah menggunakan Photobucket. Situs ini lumayan juga. Daripada menyimpan gambar di folder hosting kita dan akan membuat kapasitas hosting semakin cepat penuh, Photobucket menjadi solusi yang handal untuk menyimpan foto atau gambar. Bahkan, layanan Photobucket bukan hanya itu saja. Photobucket juga memberikan fasilitas untuk membuat slide show yang bisa ditempelkan di blog kita. Lumayan ciamik layanannya.


Akan tetapi, sudah setengah tahun terakhir Kang Kombor sangat mengandalkan Picasa Web Album. Layanan ini diberikan oleh Google. Kapasitas penyimpanan gambar yang ditawarkan oleh Picasa Web Album sebesar 1GB. Lumayan banyak untuk menampung foto atau gambar kita. Selain kapasitas penyimpanan yang lumayan besar itu, layanan ini juga memiliki perangkat lunak yang dapat membantu kita untuk mengunggah foto ke Picasa Web Album secara mudah. Perangkat ini namanya Picasa, bisa diunduh dari website Picasa.

Saat ini Picasa sudah sampai ke versi 3. Selain sebagai perangkat lunak untuk mengunggah foto ke Picasa Web Album, Picasa juga dilengkapi dengan sarana penyuntingan gambar. kita dapat melakukan cropping, meluruskan gambar yang menceng (straighten), melakukan penyuntingan warna, kontras, mengoreksi mata merah, dll. Sarana yang lain adalah alat untuk mengirim foto via email, membuat movie/slide show, dll.


Kang Kombor sangat menikmati Picasa Web Album. Setiap kali memindahkan foto dari kamera atau HP berkamera, Kang Kombor akan langsung mengunggahnya ke Picasa Web Album menggunakan Picasa. Antara Picasa dan Picasa Web Album dapat dilakukan sinkronisasi, itu yang membuat nilai lebih Picasa dan Picasa Web Album di mata Kang kombor.

Picasa Web Album cukup mooy di mata Kang kombor. Bagaimana kalau menurut Sampeyan?

Related Posts

Flickr atau Picasa Web Album Yang Lebih Baik?
4/ 5
Oleh

13 comments

Rabu, Desember 10, 2008 1:23:00 PM delete

kalau saya biasanya pakai photobucket, belum pernah pakai picasa. Tapi setelah membaca review picasa di kombor.com, jadi pengen pindah ke lain hati.

Reply
avatar
Rabu, Desember 10, 2008 1:58:00 PM delete

nanti kalo udah bosen di tempat lama, saya pindah ke picasa, kang ;)

Reply
avatar
Rabu, Desember 10, 2008 2:37:00 PM delete

Picasa..boleh jg kang..cman sayang nggak blom punya photo yg bisa di muat :(

Reply
avatar
OOM
Rabu, Desember 10, 2008 3:04:00 PM delete

karena om pengguna blogger ya mau gak mau tetap pake picasa kang :)

Reply
avatar
Rabu, Desember 10, 2008 3:21:00 PM delete

sejauh ini saya masih jatuh cinta sama flickr, sampe2 ku sisihkan dana buat beli pro nya :)

Reply
avatar
Rabu, Desember 10, 2008 10:00:00 PM delete

karena saya punya account pro di flickr, jadinya saya pilih flickr dong :D

tapi karena di flickr cuma boleh upload foto2 jepretan sendiri aja, saya pake juga photobucket buat nyimpen foto2 yang didapet dari internet untuk ditampilkan di blog

nah sekarang karena baca reviewnya kang kombor, saya mau coba picasa juga ah :D

Reply
avatar
Rabu, Desember 10, 2008 10:43:00 PM delete

Saya masih simpan di server. Biar gampang backupnya

Reply
avatar
Kamis, Desember 11, 2008 8:27:00 AM delete

Wah aq msh pake yang photobucket..ntar dicoba deh.

Reply
avatar