Google Chrome Kalah Oleh Firefox

Sudah nyobain Chrome? Bagaimana pengalaman Sampeyan? Kang Kombor punya pengalaman yang perlu Kang Kombor bagi di sini.

Konon Chrome merupakan aplikasi masa depan. Ada yang mengatakan saat ini bukan Chrome yang banyak kekurangan melainkan web yang belum siap menerima Chrome karena Chrome adalah peramban masa depan sedangkan web masih berada di masa kini. Ke depan, konon lagi, semua aplikasi akan berbasiskan web, tidak melulu harus diinstal di komputer seperti saat ini. Contoh yang dikemukakan, masih kata sang konon, adalah aplikasi pengolah kata, aplikasi spreadsheet, aplikasi pengolah paparan, dll berbasis web seperti Google Docs. Bukan hanya aplikasi seperti itu saja yang akan berbasis web. Aplikasi-aplikasi rumit seperti aplikasi pengolah citra (gambar) pun akan berbasis web juga. Nah, konon juga, Chrome sudah siap untuk itu.

Apa iya?

Kang Kombor cukup sering menggunakan Chrome baik untuk menjelajahi internet maupun mengedit tampilan blog di Blogger. Ada dua operasi yang tidak mampu dilakukan oleh Chrome dan mampu dikerjakan Firefox (dan mungkin peramban lain).

Operasi pertama yang tidak mampu dilakukan oleh Google Chrome adalah menemukan teks di dalam area teks. Chrome hanya mampu mencari teks yang ada di halaman web, bukan yang ada di area teks.

Ceritanya begini. Kang Kombor melakukan penyuntingan tata letak blog berbasis Blogger dalam mode HTML (edit HTML). Untuk mempercepat pencarian teks yang akan disunting, Kang Kombor melakukan pencarian menggunakan alat pencarian yang disediakan oleh Chrome. Kang Kombor klik Ctrl + F lalu mencari teks yang dimaksud. Pada operasi ini, Chrome tidak mampu mencari teks yang berada di dalam area teks di mana kode HTML tata letak blog berada. Yang bisa dicari oleh Chrome hanya yang berada di halaman webnya, bukan dalam area teks. Operasi pencarian seperti ini dengan sempurna dieksekusi oleh Firefox.

Operasi kedua yang gagal dilakukan oleh Chrome adalah Chrome gagal mengeksekusi penggantian font dan warna tata letak blog di Blogger secara real time.

Pada saat menyunting font dan warna tata letak blog di Blogger, tampilan blog yang akan disunting warnanya muncul di bawah pilihan unsur yang bisa diganti warna dan font-nya plus pilihan warna. Tampilan itu diperlihatkan melalui sebuah bingkai (frame). Dengan firefox, apabila kita klik salah satu unsur, misalnya warna latar belakang halaman lalu klik warna yang dikehendaki, tampilan blog dalam bingkai akan langsung berubah warnanya. Sedangkan, menggunakan Google Chrome tidak. Bahkan setelah perubahan disimpan, Chrome masih belum menampilkan perubahan warna yang dilakukan. Perubahan baru nampak setelah blog dibuka dalam sebuah tab/jendela baru. Tentu saja hal ini tidak efektif bagi Kang Kombor yang ingin melihat penggantian warna untuk bisa kelihatan seketika (real time).

Menghadapi hal di atas Kang Kombor hanya dapat berpikir bahwa Blogger adalah aplikasi blog masa kini. Agar operasi-operasi seperti itu dapat dieksekusi Chrome, bukan Chrome yang harus diperbaiki melainkan Blogger yang harus dijadikan aplikasi masa depan.

Jalan keluar terhadap masalah di atas sangat gampang, yaitu menggunakan peramban masa kini untuk menjalankan aplikasi blog masa kini. Nggak usah ngoyoworo memakai peramban masa depan. Saking hebatnya, peramban masa depan malah tidak mampu mengeksekusi operasi dari aplikasi masa kini.

Kang Kombor ucapkan selamat hari Selasa. Pagi ini Kang Kombor sambil ngopi di kantin Depkes mengetik karangan ini. Apa Sampeyan punya pengalaman lain dengan Chrome?
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

19 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 16, 2008 9:43:00 AM

salah satu yang saya senang dari chrome adalah masing-masing tab mempunyai proses sendiri-sendiri, jadi jika salah satu tab ngehang yang lain tetap berjalan. Sementara di firefox jika salah satu tab ngehang yang lain juga ikutan ngehang

Dan satu lagi chrome lebih cepat dalam penanganan javascript walaupuan kadang ada aplikasi AJAX yang tidak bisa berjalan normal

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
det
Selasa, Desember 16, 2008 1:00:00 PM

masih setia dengan firefox meski sudah pake chrome juga

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 16, 2008 1:42:00 PM

belum nih, maklum belum sempat download Google Chrome.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 16, 2008 2:13:00 PM

Masih firefox juga nih saya....
Tapi kadang-kadang pake Chrome...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 16, 2008 5:29:00 PM

pernah pake chrome. tapi gak tau ya, nggak nyaman. mungkin karena belum terbiasa.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 16, 2008 6:06:00 PM

haha.. masi konsentrasi pake browser masa kini :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 16, 2008 10:06:00 PM

pernah pake tapi kok kurang cocok ma saya.. jadi ya kembali lai ke Netscape

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 17, 2008 2:22:00 AM

blum tertarik pake chrome, karena blon jalan di Linux, mungkin kalo mereka udah porting ke linux, baru saya mau noleh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 17, 2008 3:14:00 AM

sejak ada chrome, saya ga pernah pake yg laen lagi. sejauh ini ga ada masalah, kang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 17, 2008 10:36:00 AM

Chrome kalau buat masa depan kenapa diluncurkan sekarang yah ??

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 17, 2008 12:33:00 PM

Belum pernah nyoba kang, tapi boleh dicoba nich :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Rabu, Desember 17, 2008 1:20:00 PM

Di atas Kang Kombor cerita tentang Chrome dan Firefox. Nanti Kang Kombor akan cerita tentang Opera. Ada pengalaman juga dengan Opera.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 17, 2008 5:33:00 PM

Yang kusuka dari Chrome, ya speed nya. Dan simplicity-nya. Tapi,sayangnya,belum banyak punya addons kayak FF. Apalagi gak ada Google Toolbar. Jadi gak bisa ngecek PR. Eh...barusan ku cek, PR ku habis dibabat Google dari 3 jadi Nol. Ampun dah..Gara-gara TNX.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 30, 2008 10:58:00 AM

iya memang lebih enak pakai firefox, selain tampilannya lebih ciamik, lebih aman pula. cuma kadang kadang kalo firefox nya lagi eror banget, pindah ke chrome.
chrome tampilannya lebih simple, so lebih ringan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Januari 13, 2009 8:06:00 AM

so far so good kang. cuman ya itu ngga ada google toolbarnya. padahal ini kan buatan google. aneh kang..hehe :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Januari 14, 2009 11:09:00 AM

firefox is the best...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Januari 25, 2009 2:08:00 PM

masih mantab firefox

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Februari 05, 2009 4:16:00 AM

pernah make sekali, tapi gak jatuh cinta...
jadi gak pake lagi..
masih tetap cinta firefox )

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 8:51:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan