Minggu, Agustus 31, 2008

Puasa Datang Cari Duit Jalan Terus

Puasa Datang Cari Duit Jalan Terus

Insya' Allah, 1 Ramadhan 1429H akan jatuh pada 1 September 2008. Muhammadiyah sudah menentukannya jauh-jauh hari. Badan Ru'yat dan Hisab Provinsi Sulawesi Selatan, pada saat Kang Kombor menulis posting ini, telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1429H akan jatuh pada esok hari 1 September 2008. Sementara, Departemen Agama masih akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1429H seusai sholat maghrib.

Kang Kombor berharap semua umat Islam di Indonesia dapat memulai dan mengakhiri puasa bersama-sama.

Puasa adalah menahan makan dan minum, bukan berhenti cari duit, baik itu mencari duit secara offline maupun online.

Kang Kombor dan keluarga mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1429H. Semoga ibadah puasa kita sempurna dan diterima oleh Allah SWT.

Untuk menyempurnakan puasa, Kang Kombor mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan baik yang terjadi secara offline maupun online.

Rabu, Agustus 27, 2008

Bisnis Online Yang Tidak Perlu Pagerank dan Alexa Rank

Bisnis Online Yang Tidak Perlu Pagerank dan Alexa Rank

Sebelum ini Kang Kombor sudah membagi pengetahuan bahwa bikin duit di internet tidak perlu pagerank dan alexa rank. Itu bukan isapan jempol melainkan fakta yang diungkapkan berdasarkan pengalaman Jacky Supit. Kali ini, Kang Kombor akan tunjukkan bisnis online yang tidak membutuhkan pagerank atau pun alexa rank.

Apakah ada?

Jelas ada. Kalau nggak ada, bagaimana mungkin akan Kang Kombor informasikan? Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh cara bikin duit online yang tidak butuh pagerank maupun alexa rank.

Google AdSense

Yang ini jelas banget. Google AdSense tidak memberikan syarat bahwa website/blog Sampeyan harus memiliki pagerank atau alexa rank tertentu untuk bisa menerbitkan iklannya.

Pada saat mendaftar, asalkan website/blog Sampeyan menggunakan bahasa yang didukung oleh Google AdSense, maka kemungkinan untuk diterima oleh Google AdSense sangatlah besar. Website/blog Sampeyan tidak akan dilihat pagerank atau alexa rank-nya. Yang akan dilihat adalah apakah website/blog Sampeyan itu ramah mesin pencari sehingga memudahkan AdSense untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan konten website/blog Sampeyan.

Tidak percaya bahwa Google AdSense tidak menyaratkan pagerank atau pun alexa rank? Wah, silakan pelajari cara-cara mendaftar Google AdSense. Bahkan blog yang isinya baru lima posting saja bisa diterima oleh Google AdSense. Yakin deh, blog degan isi lima posting itu belum punya pagerank dan alexa ranknya bisa jadi masih di atas duapuluhan juta.

Google AdSense adalah merupakan cara bikin duit paling mudah. Eit, jangan senang dulu karena ada yang bilang bahwa AdSense itu receh. Iya, memang benar kalau website/blog Sampeyan kemudian ternyata tidak memiliki trafik sehingga dalam sehari hanya ada 1 - 3 klik saja maka pendapatan Sampeyan jelas receh. Bukan cuma receh melainkan sen-senan.

Makanya, website/blog yang digunakan untuk menerbitkan AdSense juga harus diberi pupuk kasih sayang supaya panen trafik. Terapkan nglemu-ngelmu memancing trafik dan ngelmu SEO. Rejeki AdSense itu datangnya dari mesin pencari, bukan pengunjung tetap. Hehehe, itu dia yang membuat JackBook.com sekarang isinya bukan artikel pemanja penggemar melainkan artikel-artikel yang dapat memanen trafik dari mesin pencari.

File sharing

Hah, file sharing? Besar dong modalnya?

Hehehe, jangan optimis dulu. File sharing yang Kang Kombor maksud adalah file sharing via Ziddu.Com.

Sampeyan pastinya sudah tahu bahwa berbagi file melalui Ziddu.com memberikan potensi pendapatan kepada Sampeyan. Setiap kali file didownload, Sampeyan akan diberi dolar. Besarnya berapa? Nampaknya USD 0,001 per download alias USD1 per 1000 download (CMIIW).

Wah, pasti susah kalau begitu Kang?

Ya, susah kalau Sampeyan menawarkan file nggak menarik untuk diunduh. Kang Kombor yakin Sampeyan tahu file-file apa yang menarik untuk diunduh oleh penggila internet.

File sharing melalui Ziddu.com tidak menyaratkan Sampeyan untuk punya pagerank atau alexa rank.

Jual Ebook

Kalau Sampeyan pandai menulis sesuatu yang menarik dan dapat menarik minat orang untuk membeli, tulislah ebook dan dijual melalui internet. Buku apa saja, yang penting mampu menarik orang untuk membeli.

Jualan ebook di internet nggak butuh pagerank atau pun alexa rank. Eh, siapa tahu Sampeyan punya fakta-fakta mengenai siapa nyonya yang berada di belakang Mama Ayin dan Sampeyan tulis menjadi ebook. Kemungkinan besar banyak yang tertarik dengan buku itu. Siapa tahu kan, ternyata ada hubungannya dengan foto yang beredar di internet. Foto ketika Mama Ayin mantu.


Amazon Associates

Bergabung dalam program afiliasi Amazon Tidak butuh pagerank atau pun alexa rank. Yang dibutuhkan adalah kemampuan Sampeyan membuat landing page yang ramah mesin pencari dan mampu membujuk pengunjung untuk membeli sesuatu yang Sampeyan tawarkan.

Kang Roffi, seorang dosen dari Bandung, adalah salah satu Amazon Associate yang telah berhasil menjual beberapa produk Amazon melalui blognya. Kapan-kapan saya akan memohon agar Kang Roffi mau berbagi kiat atau pun rahasia keberhasilannya.

--*--

Tentunya masih banyak contoh bisnis online lain yang tidak menyaratkan pagerank atau alexa rank. Buat pengunjung yang mengetahui contoh-contoh lainnya, Kang Kombor harapkan dapat berbagi melalui komentar atas posting ini. Terimakasih.

Senin, Agustus 25, 2008

Bikin Duit Dengan RSS Feeds

Bikin Duit Dengan RSS Feeds


Kang Kombor yakin bloger yang menggunakan layanan manajemen pengumpan (feed) dari FeedBurner sudah tahu bahwa RSS feed dapat dimonetasi alias digunakan untuk menghasilkan uang. Sebagaimana ruang pada halaman wesbite atau blog kita, RSS feed pun bisa disisipi iklan.

FeedBurner menawarkan opsi untuk melakukan monetasi pengumpan blog kita melalui FeedBurner Ad Network dan/atau Google AdSense.


FeedBurner pada tulisan di blognya tertanggal 30 Mei 2008 sudah menulis mengenai AdSense for feeds. Pada saat itu, iklan untuk pengumpan itu hanya diberikan pada kelompok kecil penerbit (small group of publisher). Untuk mengaktifkan monetasi umpan itu dilakukan melalui panel kontrol Feedburner. Akan tetapi, pada 15 Agustus 2008 yang lalu blog AdSense sudah mengumumkan bahwa pada tab AdSense Setup kita sudah akan muncul opsi AdSense for feeds. Layanan ini sudah dibuka untuk umum. Tentu saja, saat ini Adsense for feeds diintegrasikan dengan Feedburner, yang seperti kita tahu, telah diakuisisi oleh Google sejak lama.

Cara Mengaktifkan AdSense for feeds


Pada AdSense setup, klik AdSense for Feeds. Berikutnya akan muncul halaman untuk mengatur iklan yang akan diterbitkan melalui RSS feeds. Apabila belum ada feeds yang ditambahkan ke dalam akun AdSense, kita akan diminta untuk menambahkannya.


Pada gambar di atas kita bisa memindahkan pengumpan-pengumpan kita di feedburner ke Google atau menambahkan feed baru (burn a new feed). Apabila Sampeyan sudah punya pengumpan yang menggunakan layanan Feedburner, sebaiknya dilakukan migrasi saja. Apabila belum, silakan bakar (burn) pengumpan baru. Petunjuk untuk melakukan migrasi pengumpan ke Google dapat dilihat di sini. Sayangnya, saat ini proses migrasi manual sedang dihentikan sementara oleh Google karena banyaknya antrian. Begitu seluruh permintaan migrasi pada gelombang pertama selesai dilayani, Google akan membuka kembali layanan migrasi tersebut.

Tipe Iklan Yang Didukung

AdSense for feeds mendukung tiga jenis iklan standard, yaitu: text/image, text ads only dan image ads only. Sedangkan, posisi penempatan iklan dapat dipilih apakah akan diletakkan di atas item umpan atau di bawah item umpan.

--*--

Blog Sampeyan memiliki penggemar yang banyak yang berlangganan pengumpan Sampeyan? Tidak ada salahnya kalau Sampeyan coba AdSense for feeds. Lumayan buat nambah-nambah sumber pendapatan.

Minggu, Agustus 24, 2008

Bikin Duit di Internet Nggak Perlu Pagerank atau Alexa

Bikin Duit di Internet Nggak Perlu Pagerank atau Alexa

Kalau ada yang berani mengatakan bahwa bikin duit di internet tidak perlu pagerank atau alexa rank, pastilah orang itu nggak ngerti apa-apa soal cari duit di internet. Nggak ngerti soal bisnis di internet.

Eits! Jangan asal ngomong! Ini yang bicara adalah seorang master dan dia ngomong pakai dasar, bukan ngomong sembarang ngomong.

Yang bicara seperti itu adalah Jacky Supit, man behind JackBook.com. Dia bilang ngga perlu pagerank buat cari duit online.

Jacky bilang bahkan untuk bikin duit online nggak perlu alexa rank atau pemeringkatan yang lain. Yang diperlukan bukang ranking-rankingan melainkan trafik. Soal trafik ini, Kang Kombor setuja-setuju saja. Eh, bahkan sangat setuju. Rejeki bisnis online memang sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya trafik. Sudah banyak guru yang mengatakan seperti itu.

Sekarang tinggal bagaimana cara Sampeyan mancing trafik saja. Kang Kombor yakin sudah banyak materi yang membahas mengenai teori dan teknik memancing atau mendatangkan trafik. Pesan Kang Kombor, teori dan teknik itu jangan hanya dibaca saja. Yang penting itu justru prakteknya.

Sekarang, kembali kepada Sampeyan. Silakan.

Jumat, Agustus 22, 2008

Blog Yang Masuk Top 100 Alexa Indonesia

Blog Yang Masuk Top 100 Alexa Indonesia

Kali ini, nampaknya pagerank sedang kalah top sama Alexa. Kalau dulu pagerank merupakan perwujudan pencapaian prestasi yang dikejar-kejar maka saat ini yang dikejar-kejar para bloger adalah alexa rank. Ya habis mau bagaimana lagi, alexa rank jelas memberikan informasi kepada kita mengenai tingkat keterbacaan blog kita. Semakin rendah ranking alexanya, semakin tinggi traffic ke blog kita. Hal ini berbeda dar pagerank yang membuat pemeringkatan berdasarkan tetaut yang dibuat atau diterima oleh blog kita.

Ngomong-ngomong soal alexa rank, sistem pemeringkatan ini kelihatan lebih dinamis daripada pagerank. Apa pasal? Yang jelas bukan pasal 318 KUHP,... Eh, karena pembaruan alexa rank lebih cepat daripada pagerank. Pembaruan alexa rank bisa terjadi secara mingguan. Terlepas dari pengalaman Kang Kombor yang selama dua mingguan tidak mengalami perubahan alexa rank, Kang Kombor bisa buktikan bahwa alexa rank bisa diperbarui secara mingguan. Kang Kombor tulis mengenai kenaikan alexa rank pada 17 Agustus 2008 yang lalu ke 190253. Hari ini, alexa rank sudah bergerak ke 189,167. Ini artinya alexa rank sudah diperbarui dalam seminggu. Coba bandingkan dengan pagerank yang pembaruannya setiap 3 bulan sekali.

Ngomong-ngomong soal alexa rank lagi, ada nggak sih, blog yang masuk ke ranking Top 100 Alexa Indonesia? Maksudnya Top 100 yang khusus untuk Indonesia...


Kang Kombor sudah membuka daftar Top 100 Alexa Indonesia. Kang Kombor menemukan dua buah situs yang secara ngawur Kang Kombor klasifikasikan sebagai blog. Kang Kombor klasifikasikan secara ngawur supaya ada blog yang masuk ke ranking seratus teratas itu. Hehehe, bercanda, silakan dilihat, mereka itu memang (pantas disebut) blog. Keduanya masuk ke ranking 60 dan 94.


Gudanglagu.com memiliki alexa rank 5500 sedangkan Misshacker.com memiliki alexa rank 7276. Kesamaan dari kedua blog itu adalah, sama-sama menyediakan lagu untuk didownload. Alexa rank yang benar-benar menggemaskan. Di bawah 10000 mereka itu pada. Yang bikin Kang Kombor heran adalah bahwa ternyata duit atau bisnis kalah populer sama lagu. Lihat saja blog bertopik bisnis di internet atau cari duit di internet yang diasuh pada suhu bikin duit di internet masih kalah sama mereka yang nyediain lagu bajakan untuk didonwload. Mari kita tengok Bayu Mukti yang memiliki alexa rank 44130, Cosa Aranda dengan alexa rank 70285 dan Jacky Supit dengan alexa rank 84454.
Bagaimana menurut Sampeyan, apakah lagu lebih menarik daripada duit?

Minggu, Agustus 17, 2008

Alexa Rank Naik Di Hari Kemerdekaan Indonesia

Alexa Rank Naik Di Hari Kemerdekaan Indonesia

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-63, Dirgahayu Republik Indonesia!

Sebagaimana warga bangsa yang lain, Kang Kombor hari ini juga bergembira dan bersuka cita merayakan peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Warga mana yang tidak bergembira pada saat ulang tahun kemerdekaan negaranya? Tentu tidak ada. Di hari ini, semua orang bergembira. Di hari ini, semua orang bersuka cita.

Di samping bergembira dan bersuka cita karena perayaan kemerdekaan, Kang Kombor juga berbahagia karena kabar dari Om Jimmy Kurnia Indradjaya dan Pakde Sumintar yang mantep bahwa alexa rank Kombor.com naik menjadi 190,253.



Alhamdulillah. Walaupun Kang Kombor sendiri belum ngecek (karena internetan pakai mobile browser terus), Kang Kombor percaya apa yang diinformasikan kedua guru tersebut benar. Sungguh merupakan tambahan amunisi semangat yang dipasok pada hari kemerdekaan ini.

Kang Kombor sempat bertanya-tanya karena sudah dua mingguan alexa rank tidak bergerak dari angka 219xxx. "Apa mungkin Alexa ngambeg sama Kombor.com?" Pikir Kang Kombor. Siapa tahu ya, alexa sudah ikut-ikutan Google yang suka menghukum dengan pageranknya. Eh,... Ternyata tidak. Di hari kemerdekaan ini Kang Kombor mendapat kabar bahwa alexa rank Kombor.com sudah naik ke jajaran rada elit, yaitu di bawah 200ribu.

Tipsnya bagaimana?

Kang Kombor selalu berguru pada guru alexa SEO ini. Guru dan murid sama-sama hebat. Bergurulah pada mereka, merdeka!

Kamis, Agustus 14, 2008

Cek AdSense Mengobarkan Semangat Juang 45 Menjelang HUT Kemerdekaan RI

Cek AdSense Mengobarkan Semangat Juang 45 Menjelang HUT Kemerdekaan RI

Kang Kombor sedang nguplek-uplek AD/ART sebuah organisasi pemuda dan ngobrol di YM dengan TogaAC ketika seorang Staf GA (maksudnya OB) masuk ke ruangan dan mengangsurkan sebuah amplop yang sudah Kang Kombor kenal bentuknya. Ya, nggak salah lagi, itu adalah gaji penutupan bulan Juni 2008 yang Kang Kombor tunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan Cek AdSense. Ya, Cek AdSense. Cek AdSense dari Google AdSense? Iya, Cek AdSense yang itu!

Cek AdSense merupakan puncak pencapaian hasil perjuangan para penerbit Google AdSense. Setelah berjuang menentukan ceruk pasar, membuat blog (atau situs DKA alias Digawe Kanggo AdSense), menerapkan SEO, melakukan otimasi SEO, kopipas kanan-kiri, daftar ke search engine atau direktori, pasang iklan di iklan baris, ikut forum, tebar komentar di blog lain, dan berdoa kepada YME, pada akhirnya cek adsense juga yang ditunggu-tunggu.

Siapa penerbit AdSense yang nggak nunggu-nungu cek?


Pada zaman perang kemerdekaan dulu, para pejuang kemerdekaan sangat menunggu-nunggu tercapainya kemerdekaan. Tentu menunggu-nunggu di sini tidak dapat diartiken sebagai duduk leyeh-leyeh di kursi malas sambil nunggu kemerdekaan dimasukkan besek terus diberikan, melainkan melakukan perjuangan yang keras dan penuh pengorbanan. Proklamasi kemerdekaan adalah puncak perjuangan mereka. Walaupun dari kaca mata yang lain kita dapat melihat bahwa proklamasi kemerdekaan sebenarnya hanya merupakan sebuah pintu gerbang. Pintu gerbang yang menghubungkan alam penjajahan ke dalam alam kebebasan. Setelah proklamasi kemerdekaan masih ada pekerjaan berat yang menunggu, yaitu pekerjaan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang dirumuskan dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945.

Dalam dunia penerbitan iklan AdSense, hampir sama juga peristiwanya. Penerbit AdSense mesti berjuang keras. Yang tidak mengerti SEO mau nggak mau belajar SEO. Yang tidak suka menembak mau nggak mau harus belajar menembak. Yang nggak bisa nulis harus mencari cara agar punya tulisan. Yang nggak bisa boso londo harus mencari cara bagaimana caranya agar bisa nulis dalam boso londo. Semua perjuangan itu hanya dimuarakan pada satu hal saja sebenarnya. Yaitu datangnya selembar cek dari Google AdSense.

Nggak percaya?

Silakan tanya Pakde Petani Internet yang rajin menyebarkan ilmu alexa SEO dan cara bertani di ladang internet. Atau master AdSense yang lain. Pasti cek adsense juga yang pada akhirnya ditunggu-tunggu.

Kang Kombor perlu mengucap syukur alhamdulillah karena gajian setiap dua bulan. Kok nggak bisa tiap bulan Kang? Wah... ya mangap saja. Gimana mau tiap bulan kalau mainnya masih di wilayah lokal? Masih untung kan bisa gajian tiap dua bulan? Eh, tapi... setelah membaca pitutur Pakde Tani, walaupun main di kompetisi lokal, sebenarnya kita bisa gajian tiap bulan.

Datangnya cek adsense bagi penerbit adsense selalu mengobarkan semangat juang layaknya para pejuang 45 dulu. Bedanya, kali ini penerbit adsense terus berjuang agar nilai cek adsense yang diterimanya semakin besar dan bisa rutin datang setiap bulan.

Oh ya, cek adsense yang baru Kang Kombor terima besarnya $149. Ada angka di belakang koma tetapi Kang Kombor lupa. Biaya pencairan di Bank Niaga 1/8% dari nilai cek, minimum $10. Jadi, kalau cek adsense-nya $149 berarti yang bisa diterima bersih adalah $139 kali nilai kurs. Kalau kurs $1 = Rp9130,- gajinya akan sebesar Rp1.269.070,-. Alhamdulillah, menjelang puasa dapat gaji segitu.

Rabu, Agustus 13, 2008

Tips Bisnis Internet

Tips Bisnis Internet

Bisnis internet. Sebenarnya yang Kang Kombor maksud adalah bisnis di internet, bukan bisnis internet. Kalau bisnis internet, mungkin yang bisa dilakukan adalah menjadi NAP, ISP atau bikin warnet. Sedangkan, bisnis di internet bisa macem-macem bentuknya.

Bisnis di internet ada kalanya dikatakan internet marketing. Padahal, internet marketing hanyalah merupakan bagian dari bisnis di internet. Sama halnya dengan kegiatan bisnis online, pemasaran hanya bagian dari bisnis kita. Yang perlu dicamkan, istilah marketer di darat juga bisa dibawa ke internet sehingga menjadi internet marketer. Sayangnya, yang ngaku-aku internet marketer kerjanya hanya jualan ebook. Kalau yang demikian itu sih sebaiknya menyebut diri sebagai internet salesman daripada internet marketer.

Ah, sudahlah ngomongin internet marketingnya, nanti banyak yang tersinggung kalau dikatakan bahwa bukan internet marketer sebenarnya kalau kerjanya hanya bikin website MFA atau bikin website satu halaman yang panjangnya lebih dari stagen Mbah Putri yang isinya jualan ebook, hahaha...

Mana nih, Kang, tips bisnis di internetnya?

Walah, Kang Kombor sampai lupa. Kalau begitu, di bawah ini tips bisnis di internet a la Kang Kombor:

#1 Pertimbangkan dengan matang apakah benar-benar akan melakukan bisnis di internet

#2 Tentukan bentuk bisnis di internet yang akan digeluti, apakah akan membuat toko online, bikin website/forum/blog, buka jasa content writer, konsultasi online, atau yang lainnya

#3 Pelajari seluruh seluk beluk bentuk bisnis yang akan digeluti.

Misalnya, kalau mau bikin toko online, sistem apa saja yang bisa dipakai, mau pakai shopping cart berbayar apa gratis, mau bangun website sendiri atau beli paket situs toko online siap pakai. Mau menerima pembayaran via kartu kredit, paypal, atau hanya transfer. Komoditas apa yang cocok untuk dijual melalui toko online. Dll.

#4 Buat perencanaan yang matang terutama apabila bisnis di internet yang akan dijalankan membutuhkan modal finansial yang cukup besar

#5 Cari tahu apakah ada pasar untuk bisnis yang akan dieksekusi itu

#6 Cari tahu pebisnis yang sudah eksis di pasar itu dan bagaimana histori pendapatannya. Mereka itu bisa menjadi partner atau pun pesaing nantinya

#7 Setelah semuanya matang dan yakin bisa dieksekusi, maka eksekusilah rencana yang telah dibuat

#8 Jangan pernah menganggap bahwa bisnis di internet itu semudah menyeduh susu instant. Tidak! Bisnis di internet sama gampang atau sama susahnya dengan bisnis di darat. Bisnis di internet juga butuh ketekunan. Bisnis di internet juga bisa gagal seperti bisnis di darat.

#9 Tekuni bisnis baru Sampeyan sampai bisnis itu mampu hidup sendiri dan memberikan arus pendapatan. Jangan terburu-buru meluncurkan bisnis baru sebelum bisnis yang satu benar-benar mandiri

#10 Apabila masih dalam tahap belajar, coba-coba atau cari pengalaman, mulailah dengan bisnis yang tanpa modal seperti bikin blog di blogspot dan buka jasa content writer.

#11 Silakan tambahkan yang lain apabila Sampeyan punya tips lain
Harga Domain di Yahoo! $34,95

Harga Domain di Yahoo! $34,95

Kang Kombor dulu beli domain di Yahoo!SmallBusiness waktu harganya masih $9,95. Pada bulan April 2008, harga domain naik menjadi $12,95. Mulailah domain Kang Kombor pindahkan ke registrar lain yang lebih murah.

Ada satu domain yang merupakan nama belakang Kang Kombor berekstensi dot net yang harus diperbarui per awal Agustus 2008. Karena awal tahun lalu Kang Kombor rasa masih terlalu lama, Kang Kombor putuskan untuk transfer sekitar awal Juli. Namun, apa yang terjadi Saudara-saudara?
Kang Kombor lupa!

Kang Kombor baru kaget ketika di tagihan kertu utang ada item seharga $34,95. Setelah Kang Kombor lihat, itu adalah tagihan domain. Masya' Allah, duit segitu bisa buat ngisi bensin Si Ngorok sebulan... Mana domain itu bukan domain yang dipakai buat masang AdSense. Lengkap deh...

*Maaf, postingnya pendek saja.

Sabtu, Agustus 09, 2008

KlikSaya Bisa Memberikan Pendapatan Di atas Sejuta Per Bulan

KlikSaya Bisa Memberikan Pendapatan Di atas Sejuta Per Bulan

Kali ini Kang Kombor tidak bicara mengenai AdSense. Kang Kombor mau bicara mengenai PPC lokal saja, yaitu KlikSaya.

Selama ini kita terlalu silau oleh program PPC luar. Walaupun memang selama ini pendapatannya (bagi yang jago) memang lebih besar dari program PPC lokal tetapi bagi banyak penerbit iklan yang kurang jago nulis Inggris dan cari trafik luar seperti Kang Kombor, bau dolar AdSense kadang hanya lewat saja karena cek nggak datang-datang. Nah, buat yang jago mendatangkan trafik lokal, jangan putus asa, KlikSaya juga memberikan potensi pendapatan yang tidak terbatas.

Tutup bulan Juli lalu ada 4 penerbit KlikSaya yang memiliki pendapatan di atas Rp1.000.000,-. Ini bukan kata Kang Kombor melainkan kata KlikSaya sendiri.

Dengan KlikSaya, Sampeyan nggak perlu pupuk EN (istilah Pak Tani). KlikSaya dari dan untuk Indonesia. Di antara beberapa PPC lokal, KlikSaya ini merupakan PPC yang paling banyak diminati. Kang Kombor yakin Sampeyan berminat juga kalau bisa dapat minimal sejuta per bulan. Ya nggak?

Ya iya laaa, masa iya dong? Ronaldo aja main bola, bukan main bodong.

Eh, tapi jangan anggap KlikSaya gampangan ya. Saat ini KlikSaya memberi syarat 10.000 pageviews per bulan untuk bisa menerbitkan iklan KlikSaya.

Bagaimana menurut Sampeyan?
Eka Sekarat Memikirkan Bimo

Eka Sekarat Memikirkan Bimo

Maaf, yang ini bukan tips bikin duit di internet atau pun tips AdSense. Bahkan, isinya out of topic.

Seorang teman saya dari UPH mengirimkan sebuah sms meminta saya menyebarluaskan informasi mengenai Eka, seorang ibu yang saat ini sedang menderita tumor leher dan merana karena anak kandungnya dibawa pergi oleh mantan suaminya.

Mantan suami Eka bernama Indra Gunawan dan anak yang dibawa Indra Gunawan bernama Bimo.

Surat dari Eka kepada Indra, foto Bimo, foto pernikahan Eka-Indra dan permohonan Eka dapat di lihat di halaman web Eka Nasibku Malang.

Demi kemanusiaan Kang Kombor luluskan permintaan teman Kang Kombor itu dengan satu harapan bahwa yang ditulis di halaman web itu merupakan kebenaran, bukan sebaliknya.

Kamis, Agustus 07, 2008

Tips AdSense - Berbagi Ruang Iklan AdSense Bersama-sama Dalam Satu Blog

Tips AdSense - Berbagi Ruang Iklan AdSense Bersama-sama Dalam Satu Blog

Bolehkah dalam satu website/blog ditampilkan iklan AdSense milik 2 atau lebih penerbit? Tentu saja boleh. Ini bukan jawaban asal Kang Kombor. Blog AdSense yang menginformasikan hal tersebut. Silakan baca versi aslinya di sini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbagi ruang iklan adalah:

  • Jumlah maksimum produk AdSense yang dapat ditampilkan tidak berubah (3 AdSense For Content, 3 Link Unit, 2 Search bar)
  • Google AdSense tidak dapat membagi pendapatan secara rata ke setiap account, setiap pendapatan yang dihasilkan akan dikreditkanke account yang diasosiasikan dengan ad unit yang diklik atau dilihat pengunjung.
  • Semua situs gotong-royong yang menampilkan iklan Google harus sesuai dengan program policies AdSense.
  • Pemilik situs bertanggung jawab terhadap konten di setiap halaman di mana kode iklan diletakkan pada situs/blog yang dikelola. Sebelum memasang iklan, Google merekomendasikan untuk meninjau apakah ada pelanggaran kebijakan di situs tersebut.
  • Kalau Sampeyan bukan pemilik situs, minta ijinlah kepada pemilik situs apabila ingin memasang AdSense di situs tersebut.

Hehehe... di atas itu adalah terjemahan bebas dari yang ada di blog AdSense. Di bawah ini barulah Tips Kang Kombor yang aseli.

Tips Membuat Blog Gotong Royong Untuk Berbagi Ruang Iklan AdSense


#1 Tiga orang bikin blog bareng

Model ini paling gampang nih. Ada tiga orang yang sepakat untuk bikin blog bikin duit secara gotong-royong. Blog itu nantinya akan digunakan untuk menerbitkan iklan dari Google AdSense. Nah, ada beberapa hal yang Kang Kombor bisa tawarkan sebagai solusi untuk pembagian ruang iklan.

Yang perlu diperhatikan adalah pada satu halaman boleh ditampilkan 3 Ad Units, 3 Link Units dan 2 Search bar. Nah, oleh karenanya, hal-hal di bawah ini yang bisa dilakukan:

Halaman indeks
  1. Buat 3 ruang untuk ad unit
  2. Buat 3 ruang untuk link unit
  3. Buat 1 ruang untuk search unit
Untuk ruang ad unit dan link unit, masing-masing orang dapat 1 ruang iklan. Nah, sebaiknya dalam jangka waktu tertentu dirotasi ruang iklannya. Sedangkan, untuk search unit, satu orang saja yang yang mendapat giliran memasang kode iklannya pada satu periode. Ini juga digilir jadwalnya. Paling mudah dibagi jangka waktunya per-4 bulan dirotasi. Setahun ada 12 bulan. Peserta kongsi 3 orang. 12 dibagi 3 = 4. Hehehe, gampang kan?

Halaman Single

Sama sajalah dengan halaman indeks. Ngapain pusing-pusing? Bedanya, dalam halaman single ini penempatan Ad Unit yang harus diatur agar pas. Misalnya, 1 di bawah judul (336x250), 1 di bawah artikel sebelum komentar (336x250), 1 di sidebar (120x600).

#2 Satu orang pemilik blog dengan banyak author

Yang kedua ini juga bisa. Misalnya Si Fulan punya domain ilmuotomotif.com. Si Fulan ini nggak ngerti otomotif dan nggak bisa nulis soal otomotif. Dia belum mati. Dia bisa menghubungi para jagoan nulis otomotif untuk bergabung menjadi pengarang (author). Nah, para author itu bisa menyisipkan kode publisger ID dengan bantuan Author AdSense WordPress plugin seperti yang sudah Kang Kombor singgung di 10 plugins terbaik untuk AdSense. Eh, tapi maaf, Kang Kombor sendiri belum mencoba plugin itu. Kang Kombor hanya membantu Sampeyan untuk memanfaatkan plugin tersebut. Siapa tahu Sampeyan tidak punya gambaran plugin itu mau dipake dalam skenario dan situasi yang seperti apa.

--***---

Mohon maaf update blog ini agak tersendat. Kang Kombor sedang sibuk di darat karena ada hajat penting berkaitan dengan urusan berbangsa dan bernegara. halah....