Implementing Google AdSense Section Targeting

Selain menggunakan cara yang sudah Kang Kombor sampaikan pada tulisan sebelumnya, yaitu Bring Google AdSense Back, Kang Kombor juga mencoba mengimplementasikan section targeting.

Section targeting memungkinkan kita untuk menyarankan kepada AdSense bagian-bagian dari halaman HTML kita yang akan kita utamakan atau abaikan. Dengan saran-saran tersebut diharapkan kita dapat membantu AdSense meningkatkan penentuan sasaran iklan kita.

Google AdSense menyarankan hanya yang paham HTML saja yang mengimplementasikan section targeting ini. Akan tetapi, Kang Kombor yang nggak paham HTML tetap tertarik untuk mencoba mengimplementasikannya.


Cara melakukan Section Targeting


Untuk membuat mengimplementasikan section targeting, kita harus menyisipkan HTML tag tertentu di dalam kode HTML halaman website/blog kita.
Untuk section yang disarankan untuk ditekankan/diutamakan oleh adsense, perlu disisipkan tag berikut:

<!-- google_ad_section_start –>
<!-- google_ad_section_end –>

Untuk section yang disarankan untuk diabaikan oleh adsense, perlu disisipkan tag berikut:

<!-- google_ad_section_start(weight=ignore) –>
<!-- google_ad_section_end –>

Ada pun, konten yang akan kita sarankan untuk diutamakan/diabaikan diletakkan di antara kedua tag tersebut. Sehingga, contoh penggunaanya akan sebagai berikut:

<!-- google_ad_section_start(weight=ignore) –>
Konten yang akan diutamakan/diabaikan berada di sini.
<!-- google_ad_section_end –>

Google bilang kita dapat menyarankan section sebanyak kita mau. Akan tetapi, Google tidak menjamin hasilnya dan diperlukan waktu sampai dengan 2 minggu sebelum Google crawler memberlakukan perubahan yang sudah kita buat pada website/blog kita.

Agar fitur ini dapat diimplementasikan dengan baik, harus ada cukup konten yang berada di antara kedua tag section targeting. Menyediakan konten yang kurang akan menghasilkan iklan yang tidak relevan atau bahkan PSA. Sebagai tambahan, Google memperingatkan agar fitur ini hanya digunakan untuk memberi penekanan pada konten situs kita yang relevan. Maka dari itu, mohon dimaafkan apabila Kang Kombor terpaksa menyisipkan teks berbahasa Inggris di dalam halaman single.php. Letak teks Bahasa Inggris itu di antara artikel dan komentar. Ini adalah sebuah percobaan untuk mengimplementasikan section targeting. Apabila berhasil, tidak ada salahnya Sampeyan melakukannya juga.

Komentar

  1. nice info kang! saya baru tau google ada fitur semacam ini :D

    BalasHapus
  2. Tips adsense ini akan saya coba, semoga bisa berhasil.

    BalasHapus
  3. Yang perlu diingat, Kang Kombor juga masih dalam rangka percobaan. AdSense sendiri berkata akan makan waktu sampai dua minggu sampai crawler take into account perubahan website kita. Saat ini baru hari kedua.

    BalasHapus
  4. Wow, ternyata maksud dari tulisan antara posting dan form komentar untuk menampilkan iklan dari google, manteb tipsnya, Kang.
    Semoga sukses dengan percobaannya!!!

    BalasHapus
  5. Sama-sama Om Jimmy. Silakan ke AdSense Help dan cari soal section targeting supaya lebih mantap informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar