Breaking News
Loading...
Sunday, June 07, 2009

Cintailah Pengguna OperaMini atau Mobile Browser Lainnya

7:32:00 AM

Zaman ini blog atau internet sudah bukan barang aneh bagi orang Indonesia sebagaimana sepuluhan tahun yang lalu. Melalui televisi, Telkom pernah menayangkan iklan menarik tentang internet. "Besok internet akan datang!" Demikian percakapan tutur tinular dalam iklan itu. Anak-anak, guru sampai Pak Lurah mengabarkan internet yang akan datang.

Karena internet sudah tidak lagi merupakan barang aneh, apa-apa yang dapat dilakukan dengan internet pun udah mulai membumi. Email dan chatting sudah dikenal. Begitu pun blog dan bahkan facebook, sudah banyak dimainkan oleh banyak orang.

Internet dan banyak hal di dalamnya pun sudah dapat diakses menggunakan perangkat genggam. Lihatlah iklan-iklan yang menawarkan chatting, blogging dan facebooking menggunakan handphone sering menyapa kita di televisi maupun tabloid perangkat genggam. Hampir semua handphone kelas menengah ke atas sudah dilengkapi dengan peramban baik yang berformat wap, html maupun xhtml. Opera yang merupakan perusahaan yang mengeluarkan peramban Opera sudah lama mengeluarkan Opera Mobile yang merupakan peramban berbayar yang harus dibeli. Versi gratis peramban untuk handphone dari Opera adalah OperaMini yang disediakan untuk handphone symbian maupun java.

Dengan semakin terbukanya akses internet melalui telepon genggam, sebagai blogger pun kita seharusnya membuka diri untuk kemungkinan diaksesnya blog kita oleh para peselancar internet yang menggunakan peramban di telepon genggam. Kita pun sebaiknya menyadari bahwa peramban di handpone tidak sama dengan peramban sebuah komputer. Ada keterbatasan yang terdapat pada peramban handphone. Di antaranya adalah keterbatasan tampilan, keterbatasan memori dan keterbatasan dukungan javascript. Oleh karenanya, sebisa mungkin kita memberikan kemudahan bagi para peselancar mobile itu untuk mengakses blog kita. Mari kita berkaca pada beberapa layanan blog dan jejaring sosial yang menyediakan versi mobile layanan mereka. Wordpress.com, twitter, plurk, multiply dan facebook menyediakan versi mobile. Bagaimana dengan blog kita?

Khusus pengguna wordpress dengan hosting sendiri, kita dapat menginstal plugin untuk menyediakan versi mobile dari blog kita. Untuk multiply, begitu kita mengakses multiply dengan peramban mobile maka multiply akan langsung menampilkan versi mobile. Bagaimana untuk yang lain? Kang Kombor menyarankan beberapa hal di bawah.

Pilih Tampilan yang Mobile Friendly

Keterbatasan mobile browser dalam menampilkan halaman blog kita dapat kita atasi dengan memilih theme/template dengan sidebar di sebelah kanan. Mobile browser akan menampikan header kemudian sisi kiri halaman baru sisi kanan halaman dan kemudian footer. Oleh karenanya, sangat bijak apabila kita dapat menggunakan tampilan dengan blok konten utama di sisi kiri dan sidebar di sisi kanan.


Sediakan Formulir Komentar yang User Friendly

Karena keterbatasan mobile user terhadap javascript maka sebaiknya kita sebisa mungkin membatasi penggunaan javascript pada formulir komentar kita. Pengguna wordpress.com dan multiply sudah memiliki formulir komentar yang user friendly. Pemakai wordpress di hosting sendiri kadang-kadang menambahkan sesuatu pada formulir komentarnya. Sesuatu ini yang kadang-kadang menggunakan javascript. Akibat keterbatasan memori handphone maka kebanyakan mobile browsr tidak dilengkapi fitur javascript. Apabila ada pun, handphone kebanyakan gagal mengeksekusi javascript. Kasihan pengunjung yang udah menulis komentar akhirnya gagal mengirim komentar itu.

Khusu pengguna blogger/blogspot, inline comment form (form yang disemat di bawah kiriman) tidak dapat ditampilkan pada mobile browser. Ketika dibuka dengan operamini pun, paling tidak ada tiga kali operasi yang semuanya melakukan download konten. Setelah mengisi teks pada formulir komentar, opera mini akan mendownload konten pada saat kita memilih salah satu dari Google Account, Open ID, atau Nama/URL. Setelah kita memasukkan Googl Account, open ID atau pun nama dan URL kita, operamini akan mendownload konten lagi dan sekali lagi pada saat pengunjung menekan tombol kirim komentar. Bayangkan berapa banyak ongkos per KB yang harus dibayar pengunjung blog kita hanya untuk berkomentar di blog kita. Kasihan para pengunjung blog yang menggunakan browser mobile apabila mereka tidak berlangganan paket internet unlimited.

Solusinya, sebaiknya kita menyediakan link ke formulir komentar blogger yang lama. Mas Anang menyediakan caranya di http://anangku.blogspot.com/2008/06/blogger-inline-commenting-form.html. Silakan tambahkan link itu untuk memudahkan para mobile visitors blog kita.

Semua Pengunjung Wajib Kita Cintai

Semua pengunjung blog kita wajib kita cintai. Pengunjung dengan PC browser dapat mengakses blog kita dengan hampir semua hal yang kita sediakan mulai dari tampilan blog yang ciamik dan formulir komentar canggih berjavascript. Akan tetapi pengunjung dengan mobile brower atau opera mini tidak. Karena semuanya adalah pengunjung blog kita maka kita perlu mencintai mereka semua. Menjadi wajib bagi kita untuk memperlakukan mereka dengan kasih sayang yang sama.

Menyediakan tampilan dan formulir komentar yang mobile friendly adalah salah satu cara yang dapat kita pakai untuk memberikan cinta kita kepada para mobile visitors.

Selamat berhari Minggu, Saudara-Saudara. Semoga Sampeyan memiliki kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan.

-------------

Sent from my KomborBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer