Breaking News
Loading...
Wednesday, June 10, 2009

Suramadu Titian Baja dan Beton Terpanjang di Asia Tenggara

3:52:00 PM

suramadu13

Pukul 10 pagi tadi Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura di Provinsi Jawa Timur akhirnya diresmikan oleh Presiden SBY. Jembatan sepanjang lebih dari 5 km ini dibangun dengan biaya lebih kurang Rp4 Trilyun dengan waktu pengerjaan kira-kira enam tahun.

Berikut penggalan pidato peresmian Jembatan Suramadu oleh Presiden SBY yang sempat Kang Kombor rekam menggunakan HP. Maaf pada akhir video agak ada gangguan :

Sebuah proyek mercusuar yang bukan sekedar mercusuar. Proyek ini memang dapat dikatakan sebagai proyek mercusuar karena selain menjadi proyek jembatan terpanjang di Asia Tenggara, proyek ini juga menelan biaya Rp4 Trilyun. Akan tetapi, proyek ini bukan sekedar mercusuar karena dengan berhasil dibangunnya Jembatan Suramadu maka transportasi antara kedua pulau, yaitu Jawa dan Madura akan menjadi lebih lancar dan singkat. Sebelumnya, kendaraan bermotor harus diseberangkan menggunakan ferri. Saat ini, hanya kendaraan bertonase melebihi kapasitas jembatan saja yang harus lewat ferri.

Warga Jawa Timur tentu bergembira dengan akan segera difungsikannya jembatan ini. Jembatan yang tidak hanya menghubungkan dua pulau secara fisik melainkan juga akan menjadi jembatan ekonomi bagi kedua pulau. Dengan adanya Jembatan Suramadu, diharapkan kegiatan ekonomi antara Pulau Jawa dan Madura akan semakin meningkat. Namun, pesan Presiden SBY, masyarakat Madura jangan sampai kehilangan kereligiusannya.

Kang Kombor pun turut bergembira dengan diresmikannya Jembatan Suramadu pagi tadi. Kang Kombor masih ingat ketika pada tahun 2003 tiang pancang Jembatan Suramadu yang baru ditanam sempat runtuh. Ya, Jembatan Suramadu memang dimulai pembangunannya pada saat pemerintahan Presiden Megawati Soekarnopoetri. Saat itu, Kang Kombor sempat pesimis dengan kelanjutan proyek prestisius tersebut. Hehehe… sama pesimisnya dengan rencana pembangunan subway di Jakarta yang akan menghubungkan Blok M – Kota. Ternyata subway di Jakarta nggak pernah jadi. Justru yang jadi malahan busway. Hanya menukar huruf s dengan huruf b.

Pada awal 2008 Kang Kombor pernah ke Surabaya. Saat itu, seingat Kang Kombor, Jembatan Suramadu baru ada tiang-tiang pancangnya. Mudah-mudahan nanti Kang Kombor sempat ke Surabaya lagi dan mencoba meyeberani jembatan yang tentunya membanggakan kita semua itu.

Namun, Kang Kombor masih menunggu satu jembatan lagi yang sedianya dapat menghubungkan dua pulau. Ialah Jembatan Selat Sunda. Jembatan yang akan menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra. Semoga Jembatan Selat Sunda segera direalisasikan.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer