Per 16 Juli 2009 Blackberry Jadi Produk Ilegal

Per 16 Juli 2009 Blackberry akan menjadi produk ilegal di Indonesia. Departemen perdagangan akan merazia dan menarik semua produk blackberry yang beredar. Belum jelas apakan Departemen Perdagangan juga akan mencomot blackberry dari tangan pengguna.

Blackberry akan menjadi produk ilegal di Indonesia apabila sampai 15 Juli 2009 Research In Motion (RIM) belum melaksanakan komitmennya untuk memberikan layanan purna jual di Indonesia. Depkominfo tidak akan memberikan sertifikat kepada Blackberry sehubungan dengan hal tersebut. Batas waktu yang diberikan oleh Depkominfo kepada RIM adalah sampai dengan 15 Juli 2009.

Keputusan untuk tidak memberikan sertifikat kepada produk Blackberry sehubungan dengan belum tersedianya layanan purna jual produk tersebut memang tepat. Pengguna Blackberry di Indonesia terus meningkat. Produk smartphone dengan kemampuan push email tersebut memang memiliki pertumbuhan pengguna yang sangat tinggi. Apabila sebelumnya Blackberry hanya dipakai oleh para eksekutif yang harus selalu berhubungan dengan email di mana saja dan kapan saja, maka saat ini Blackberry bahkan sudah dipegang oleh remaja-remaja ABG.

Kita perlu mendukung langkah yang diambil oleh Depkominfo karena langkah tersebut merupakan langkah untuk melindungi pengguna Blackberry, bukan untuk mempersulit pengguna. Sampai saat ini, di Indonesia belum ada service center resmi Blackberry yang dibuka oleh RIM. Padahal, produsen lain seperti Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Samsung, LG dan lain-lain sudah memiliki service center. Sehingga, apabila mengalami kerusakan, pengguna Blackberry akan mengalami kesulitan untuk memperbaiki atau pun melakukan klaim garansi.

Kasus kloning pin Blackberry pun perlu mendapat perhatian dari RIM. Sebagai produsen, RIM harus berupaya melakukan pencegahan agar pin blackberry tidak dapat dikloning. Sebab, kloning blackberry tidak memandang apakan pin tersebut berasal dari produk resmi atau pun produk pasar gelap.

Mari kita tunggu apakah RIM akan melaksanakan komitmennya membuka layanan purna jual produk blackberry di Indonesia sampai dengan 15 Juli 2009 nanti.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 8:09:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan