Portfolio Recehan Blog Ini


Saat mulai ngeblog dengan domain kombor.com, tidak pernah terbersit niat Kang Kombor untuk menggunakannya sebagai sumber penghasilan, baik utama maupun sampingan. Kang Kombor hanya ingin ngeblog. Ingin menuliskan uneg-uneg atau membagi sedikit pengetahuan yang Kang Kombor miliki melalui pembuatan panduan atau tutorial sederhana.

Saat internet marketing begitu gencarnya dengan naik daunnya Anne Ahira, Kang Kombor juga belum memutuskan untuk ikut mencari uang dari internet melalui internet marketing sebagai internet marketer. Apalagi Kang Kombor harus beli produk-produk ebook atau menjadi affiliate marketer untuk produk-produk ebook dari website seperti milik Anne Ahira. Atau, Kang Kombor harus jualan ebook seperti yang dijual itu. Kang Kombor belum tertarik waktu itu.

Awal mula Kang Kombor terpikir untuk melakukan blog monetization adalah ketika Kang Kombor ingin coba-coba ikut mendapatkan dolar dari Google AdSense.

Makanya Kang Kombor kemudian ikut menjadi publisher AdSense. Karena Kang Kombor nggak telaten nulis konten English, Kang Kombor pasang adsense itu dalam Blog Bahasa Indonesia. Satu di blog ini, satu di blog kawan Kang Kombor yang Kang Kombor setting. Dari dua blog Bahasa Indonesia itu, sebelum krisis Kang Kombor mendapatkan rata-rata $80 sebulan. Lumayan kan? Bahasa Indonesia… Sayangnya, setelah krisis pendapatan Kang Kombor turun menjadi sekitar $50 per bulan. Ketika blog kawan Kang Kombor itu offline, pendapatan turun menjadi sekitar $30 per bulan

Selain AdSense, blog ini memiliki revenue source yang lain. Ada tiga sumber pendapatan dari blog ini. Kang Kombor tidak ragu untuk menampilkan ketiga sumber pendapatan itu beserta angka rata-rata pendapatan per bulannya. Bukan untuk riya’ karena hasilnya memang tidak besar. Akan tetapi, Kang Kombor ingin menunjukkan bahwa blog Bahasa Indonesia juga bisa memberikan sumbangan untuk membayar sewa webhosting. Dengan demikian, website hosting untuk blog kita tidak perlu mengganggu pendapatan bulanan kita yang untuk beli beras setiap bulannya.
Nah, di bawah ini ketiga sumber pendapatan blog ini:

  1. AdSense, rata-rata $30 per bulan
  2. TLA, rata-rata $28 per bulan
  3. KlikSaya, rata-rata Rp80000 per bulan

Kecil kan? Makanya jangan dipoyoki. Kang Kombor tidak melakukan blog monetizing untuk menjadikannya main income source. Kang Kombor melakukan monetasi blog ini untuk pengganti bayar bloghosting dan domain saja. Kang Kombor kira, apa yang disumbangkan oleh blog ini sudah cukup untuk membayar sewa webhosting dan bayar domain. Bahkan, apabila lebih, Kang Kombor manfaatkan untuk bantu-bantu nyicil KPR atau mengajak anak piknik.

[+] Ah… Kang Kombor curang, masang adsense di Bahasa Indonesia!

Memang curang dikit sih, Dul. Akan tetapi, jagoan bikin duit di internet juga pada curang memakai autoblogging. Sama saja toh?

Komentar

Posting Komentar