Pagerank VS Alexa Rank, Mana Yang Lebih Aneh?

Pagerank VS Alexa Rank, mana yang lebih aneh?

Dua tahun yang lalu, mencari pagerank sampai dengan PR4 bukanlah hal sulit. Dua domain Kang Kombor bahkan pernah mencapai PR5 tanpa melaksanakan jurus seo ribet maupun seo nggak ribet. Waktu itu hanya ngeblog dan blogwalking saja kuncinya. Alexa rank dua tahun lalu itu belumlah Kang Kombor pikirin. Boro-boro mikirin, kenal saja belum!

Banyak orang mengira bahwa semakin tinggi PR maka berarti blog semakin terkenal. Semakin terkenal berarti bahwa traffic semakin tinggi. Padahal, bukan itu sejatinya makna PR. Yang Kang Kombor pernah baca sih, pagerank itu menunjukkan seberapa penting domain kita atau halaman web/posting kita di mata Google. Makanya, Google menghitung penting/tidaknya domain/halaman web kita itu dari banyaknya link yang kita dapat. Semakin banyak link yang didapat dari blog/halaman yang sejenis, semakin dianggap penting lah domain/halaman web kita oleh Google. Untuk menghargai hal itu, diberikanlah pagerank. Semakin penting domain/halaman web kita, semakin tinggi pagerank yang diberikan.

Akhir-akhir ini, pagerank menjadi lebih misterius. Dikejar-kejar susah didapat. Nggak diharap malah diberi.

Kang Kombor terbuka saja. Kombor.com dulu pernah punya PR5. Lama juga bertahannya. Lalu turun ke PR4. Turun lagi ke PR3, lalu ke PR2 sekian lama lalu terakhir kali habislah jadi tidak punya PR alias PR0.

pr3

Blog ini yang sekarang dilepas dari Kombor.com dan kembali menggunakan subdomain blogspot yaitu kangkombor.blogspot.com. Tahu nggak, ketika pertamakali dikembalikan ke subdomain blogspot, Kang Kombor langsung melihat ke Google Toolbar. Eh…, ternyata ada ijo-ijonya. Digeretlah tetikus di atasnya dan keluar salam Google berupa PR3.

[+] Asyik dong, Kang?

[=] Kata siapa asyik?

[+] Nah itu, punya PR3!

[=] Jangan gembira dulu. Lihat itu alexa ranknya!

Sungguh aneh juga. Apa banyak yang memberi link ke kangkombor.blogspot.com? Sepertinya Kang Kombor sendiri belum pernah menyosialisasikan subdomain blogspot itu. Aneh…

Kang Kombor pun pernah menyatakan bahwa apabila ingin mencari PR secara cepat, training saja domain itu di wordpress.com, pasti mudah untuk mendapatkan PR3. Kang Kombor sendiri sudah membuktikan. Kombor.org Kang Kombor map ke blog di wordpress.com. Nggak pake lama ketika domain kombor.com semakin melorot PRnya, kombor.org sudah punya PR3.

pr3

Terserah sih kalau nggak percaya soal training di wordpress.com itu, hehehe…

Ranking traffic

Nah, kalau mau melihat traffic ranks, lihatlah Alexa rank. Walaupun banyak juga yang mengatakan alexa rank tidak valid, masih bolehlah kita melihatnya sebagai peranking traffic yang lumayan.

Bicara soal alexarank, kangkombor.blogspot.com ketika diaktifkan kembali diberi alexarank 12jutaan. Domain kombor.com sendiri saat itu punya alexarank 129ribuan dan terus memburuk karena banyak broken links di indeks mesin pencari karena bolak-balik ganti platform.

Sekarang, alexarank kangkombor.blogspot.com di 8jutaan. Ini baru hari ketiga/keempat seingat Kang Kombor. entahlan apa bisa 150ribuan nanti. Nggak muluk-muluk ngarep 20ribuan seperti o-om.com, hehehe…

image

Nyari PR dan AR doang to?

Ya dan tidak. Ya, pr dan ar dicari. Tidak apabila nyari pr dan ar doang.

[+] Kalau bukan nyari PR dan AR doang lalu nyari apa, Kang?

[=] Ya nyari dolar/rupiah toooo…..

Di mana anehnya Alexa Rank?

Ah. Maaf, soal yang satu itu. Kang Kombor hanya menuliskannya di judul saja supaya pada penasaran. Sebenarnya nggak ada yang aneh dengan alexa rank. Maaf ya!

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Desember 14, 2009 10:25:00 PM

ada kang yang aneh.
di judulnya he he.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Desember 16, 2009 1:27:00 PM

kang... saya mah malah belum ngerti sama sekali alias momeet...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 1:07:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan