Jumat, Agustus 28, 2009

Valid Pagerank Checker Itu Yang Mana?

Pagerank Checker kadang-kadang membingungkan. Hasil pengecekan PR antara pagerank checker yang satu dengan yang lain bisa berbeda. Manakah yang merupakan valid pagerank checker?

Contoh untuk domain blog ini saja. Hasil dari beberapa pagerank checker berbeda-beda.

Pagerank Checker Pagerank
SmartPagerank.com 0
SerpRank.com 0
PRChecker.info 2
checkpagerank.net 2
seochat.com 2

Di bawah ini hasil pengecekan dari pagerankmu.com. Di sana hasil dari beberapa server juga bervariasi.

hasil pengecekan pagerank di pagerankmu

 
Hm… memang lebih banyak yang PR2. Akan tetapi, hasil check pagerank yang berbeda-beda itu membuat Kang Kombor jadi bertanya-tanya, yang manakah yang valid.

Nah, yang manakah yang valid? Bagaimana cara ngeceknya?

Menurut agencities.com, ada situs yang menawarkan layanan checkpagerank dengan hasil berupa fake pagerank sehingga kita harus waspada. Laporan mengenai fake pagerank ini terdapat dalam tiga artikel, yaitu:
  1. TagsPage.com and it’s fake PR button
  2. Beware of fake PageRank at Codezwiz.com
  3. Beware of fake PageRank at domain auction of Keywordwidget.com

Cara mengecek validitas pagerank

 Masih menurut agentcities.com, ada empat langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek validitas pagerank, yaitu:

Langkah #1, cek Google Toolbar. Karena banyak situs yang menampilkan fake pagerank. Dengan Google Toolbar yang aktif, perbedaan itu akan kelihatan.

Langkah #2, Cek apakah pagerank yang ditampilkan oleh google toolbar hanya merupakan tangkapan sekilas atau bukan. Gunakan pagerank checker yang terkenal, yaitu iWebtool pagerank checker tool atau http://livepr.raketforskning.com untuk meyakinkan google data center menunjukkan pagerank yang sama untuk suatu domain atau website tertentu.

Langkah #3, Cek apakah pagerank yang ditampilkan oleh website itu mencurigakan atau valid dengan menggunakan fake PageRank detection SEO tool and PR checker dari SEOlogs.
Halaman SEOlogs itu mengatakan bahwa ada tiga cara yang dapat digunakan untuk melihat apakah pagerank suatu domain itu valid atau fake, yaitu:
  • gunakan google toolbar
  • cek backlinks yang dimiliki (gunakan operator link: pada google)
  • cek site info (gunakan operator info:domain pada google)
Langkah #4, cek beberapa backlink secara manual. Gunakan operator link:domainsitusweb.com di Google. Langkah ini vital untuk dilakukan untuk mengetahui apakah ada backlinks palsu yang dibuat dengan menggunakan url redirection. Setelah google menampilkan semua backlinks pada halaman hasil pencarian (SERP), klik pada label Cached. Itu akan menunjukkan cache google (tembolok) atas halaman tersebut.

Periksa halaman yang ada di tembolok google.

Setelah mebuka salah satu halaman yang terdapat dalam tembolok google, maka lihatlah sumber halaman (show page source) dari halaman tersebut. Pada sumber halaman itu, carilah domain dari website yang akan kita cek pageranknya. Apabila tidak ada domain yang dicari, bukalah halaman yang ada di tembolok google yang lain. Periksa lagi satu-satu sumber halamannya. Apabila tetap tidak ada domain yang dicari maka kita bisa sampai pada kesimpulan bahwa domain tersebut menggunakan url redirection untuk mendapatkan fake pagerank atau pagerank palsu.

Praktek!


Kang Kombor akan praktek langkah dua dan tiga saja.

Langkah #2

Hasil pengecekan di iwebtools:


hasil validasi pagerank di iwebtools


Payah! Banyak server yang down.

Bagaimana dengan http://livepr.raketforskning.com/?

-----
ERROR
The requested URL could not be retrieved
While trying to retrieve the URL: http://livepr.raketforskning.com/
The following error was encountered:
    * Connection to 82.99.46.31 Failed
The system returned:
    (110) Connection timed out
The remote host or network may be down. Please try the request again.
Your cache administrator is administrator@----.com.
Generated Fri, 28 Aug 2009 06:54:18 GMT by proxy.---.m(squid/2.6.STABLE6)
-----

Weleh-weleh… Kacau bener! OK deh, mari ke langkah #3.

Google toolbar, Kang Kombor sebenarnya malas pake. Nyempit-nyempitin layar browser aja. Tapi karena banyak manfaatnya ya nggak apa-apa dipasang.

image

Backlinks berdasarkan link: operator ada 191 backlinks ke kombor.com. Hihihi… dikit amir!

image

Site Info hasil info: operator pada kombor.com:

image

Backlinks ada, info tersedia. Tapi yang bikin jengkel, lihat hasil di bawah ini:

Dari smartpagerank.net:

image

Dari xenyo.com/seotools/verifypagerank.php, lihat yang disorot kuning.

image

Biar tambah bingung, di bawah ini hasil dari checkpageranking.com.

image

Tools yang disarankan oleh Cosa Aranda adalah digpagerank.com. Saat dicoba dicek di sana ternyata memang banyak server yang off. Gambarnya panjang. Silakan lihat saja di checkpagerank result on digpagerank (buka jendela baru).

Kesimpulan


Untuk menentukan pagerank checker yang valid, ternyata agak susah. Akan tetapi, ternyata kita punya gambarang mengenai cara mengecek apakah pagerank suatu domain/situs web itu valid atau fake. Mungkin yang akan memberi job review melalui reviewmu perlu memperhatikan itu.
Dengan Google Toolbar, backlinks dan site info, Kang kombor kira kita bisa mempercayai bahwa pagerank suatu domain/situs web adalah valid.

IndonesiaMatters Tidak Pernah Update Lagi

IndonesiaMatters tidak pernah update lagi? Sebenarnya kalimat pada judul di atas harus diakhiri tanda tanya. Akan tetapi konon nggak bagus kalau judul dikasih tanda tanya, tanda seru, titik dua, koma atau tanda baca lain. Bagusnya apabila judul itu diberi uang. Tapi, siapa yang bisa menempatkan uang di sana?

Oke, kali ini kita bicara mengenai IndonesiaMatters. Mudah-mudahan sudah pada tahu. Situs itu menyediakan perankingan blog Indonesia. Ada yang terkenal dengan Top 100 Blog. Maksudnya, blog Indonesia. Ada yang khusus Bahasa Inggris, ada yang khusus Bahasa Indonesia dan ada yang campur (all blogs).

Kombor.com pernah nangkring pada daftar 100 blog itu. Pada urutan 56. Tentu saja dari blog yang daftar ke sana. Kalau nggak pernah daftar ya nggak bakalan diranking di sana.

image

Kang Kombor curiga adalah secara sekilas Kang Kombor melihat ada yang tidak updated. Contohnya, alexa rank Kombor.com di sana masih 79,972. Padahal, saat ini 106,345. Lalu, Blog Dian Sastro punya PR5 padahal saat ini PR4. Hmm… apa Dian Sastro mikirin pagerank juga ya?
Eh… kok ngono? Ra manteb to? Lha piye to?

Ya sudah, Kang Kombor pencet saja tulisan (Kombor widget & history) untuk mengetahui apa yang terjadi. Ternyata…

ranking history for kombor


Daftar Top 100 Blog itu sudah tidak updated. Terakhir kali pada 23 Mei 2009. Setelah itu belum ada update lagi.

Apa yang terjadi dengan IndonesiaMatters? Hehehe, jujur Kang Kombor tidak tahu. Akan tetapi, Kang Kombor berharap agar IndonesiaMatters segera update kembali.

Kamis, Agustus 27, 2009

Bisnis Online dan Pagerank

image
Bisnis Online dan pagerank. Apakah ada hubungannya? Apabila bisnis online dan pagerank ada hubungannya, apakah hubungannya? Apabila bisnis online dan pagerank tidak ada hubungannya, lalu mengapa banyak pelaku bisnis online begitu memperhatikan pagerank itu? Bahkan mereka berusaha agar website/blog yang dipergunakan untuk menjalankan bisnis online memiliki pagerank tinggi.

Eitss… jangan salah dulu. Tidak semua pegiat bisnis online begitu mendewa-dewakan pagerank. Setidaknya, ada pegiat bisnis online yang menyebut dirinya sebagai internet marketer tidak mempedulikan pagerank. Yang penting, situs untuk jualan ebook melalui affiliate program banyak didaftari orang. Mereka tidak menggantungkan traffik ke website afiliasi mereka melalui hasil pencarian organik search engine melainkan banyak memasang iklan, baik iklan teks maupun banner. Beda dengan Kang Kombor yang melakukan bisnis online sambilan, nggak pernah deh pasang iklan.
Tidak semua pegiat bisnis online mengejar pagerank. Akan tetapi, mereka tetap menerapkan jurus-jurus SEO yang ampuh untuk mendapatkan keywords yang dibidik menempati halaman pertama SERP.

Pegiat bisnis online yang memperhatikan pagerank biasanya (walaupun tidak mutlak) terdiri dari pegiat bisnis online yang menjadi penerbit iklan dan penulis tinjauan berbayar. Untuk penerbit iklan, diharapkan pagerank yang tinggi akan mengarahkan pada tampilnya iklan-iklan bernilai tinggi. Bagi penulis tinjauan berbayar, pagerank kadang dibutuhkan pada saat mereka akan mendaftar dan berburu job review. Ada advertiser yang menyaratkan agar website/blog yang akan menawar pekerjaannya memiliki pagerank tertentu. Makin tinggi syarat pagerank, biasanya makin tinggi pula bayarannya.
Nah, dengan demikian, bisnis online dan pagerank memiliki hubungan walaupun tidak mesti hubungan langsung. Apakah Sampeyan setuju?

Rabu, Agustus 26, 2009

Bisnis Online Untuk Apa?

Bisnis Online Untuk Apa?


Bisnis online untuk apa? Ya, untuk apa bisnis online? Ada enggak sih orang yang iseng mengajukan pertanyaan seperti itu?

Kalau nggak ada, biarlah Kang Kombor yang bertanya sendiri. Bisnis online untuk apa sih? Hehehe… aneh. Kok Kang Kombor bertanya sendiri?

Begini Saudara-saudara. Sebelum pertanyaan itu dijawab, Kang Kombor juga punya pertanyaan, yaitu: bisnis untuk apa sih?

Apabila pertanyaan yang berbunyi bisnis untuk apa sih itu dapat dijawab, tentu pertanyaan tentang bisnis online untuk apa, juga bisa dijawab. Namanya bisnis, ya terserah yang menjalankan. Akan tetapi, tentu antara satu dan lainnya tujuannya sama, yaitu mendapatkan penghasilan atau keuntungan dari bisnis yang dijalankan itu. Mau bisnis offline atau pun bisnis online, yang dicari adalah penghasilan atau keuntungan. Hanya, motif untuk berbisnis online tiu yang mungkin berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Bisnis online, dalam bahasa Indonesia saat ini dapat dikatakan sebagai bisnis daring. Online sudah memiliki padanan dalam Bahasa Indonesia, yaitu daring. Jadi, bisnis online disebut juga bisnis daring. Sedangkan, offline padanannya luring. Bisnis offline disebut juga bisnis luring. Akan tetapi, menulis artikel dengan judul bisnis daring untuk apa tentu akan beda tariknya daripada apabila judul itu dibuat bisnis online untuk apa. Kata online lebih terkenal daripada daring sehingga bisnis online akan lebih terkenal juga daripada bisnis daring.

Terus terang Kang Kombor sedang mencoba agar blog Kang Kombor ini bisa tampil di halaman pertama SERP. Untuk keyword bisnis online, domain kombor.com belum muncul di halaman pertama SERP. Hanya bisnis online sambilan dan bisnis sambilan yang sudah berhasil bertengger di halaman pertama SERP. Mudah-mudahan posisi bisnis online sambilan dan bisnis sambilan tidak berubah, tetap di first page of SERP.

Wah, Kang Kombor jahat sekali, nulis kiriman berjudul bisnis online untuk apa tetapi tujuannya hanyalah untuk mencari posisi di halaman pertama SERP untuk keywords bisnis online!

Eh, maaf Saudara-saudara, walaupun Kang Kombor tidak suka ikutan kontes SEO, akan tetapi, boleh dong apabila Kang Kombor membidik keywords yang Kang Kombor sukai. Siapa tahu, keywords itu banyak dicari orang di search engine daripada keywords yang dikonteskan. Lagipula, Kang Kombor tidak suka ikut kontes SEO karena Kang Kombor tidak jago SEO. Rasa-rasanya Kang Kombor lambat banget memahami SEO sehingga daripada pusing belajar, Kang Kombor nggak mikirin lagi SEO.

Hahaha… bohong banget!

Jadi, bisnis online untuk apa?

Kalau Kang Kombor sendiri, bisnis online untuk sambilan saja. Kang Kombor ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan ngeblog atau berinternet. Daripada kegiatan berinternet digunakan untuk sesuatu yang tidak produktif seperti mencari gambar bugil Vanessa Hudgens, lebih baik untuk mendukung bisnis online kan? Hehehe… nggak pada tahu saja kalau vanessa hudgens leaked photos itu juga oleh banyak orang digunakan untuk berbisnis online. Banyak sekali blogs yang menulis soal itu ketika hal itu menjadi trend di Google.

Nah, karena bisnis online bagi Kang Kombor adalah kegiatan sambilan, Kang Kombor melakukannya ya sambil nyambi. Berbeda dengan mereka yang sudah menjadi full time blogger. Bagi mereka, bisnis online merupakan kegiatan utama. Walaupun, untuk sebagian besar bloggers, melakukan bisnis online bagi mereka itu tidak seperti kerja. Mereka kelihatannya jalan-jalan atau berpesiar. Padahal, sebenarnya mereka itu kerja juga. Misalnya, di mall mereka buka laptop. Atau di hutan mereka buka laptop. Asal masih ada akses internet, mereka bisa bekerja. Nggak butuh kantor khusus atau lokasi tertentu seperti mereka yang bisnis luring. Bahkan, makelar pun kadang perlu kantor. Nggak percaya? Lihat itu makelar property macam RayWhite. Mereka butuh kantor agensi. Padahal, mereka nggak ada bedanya dengan makelar kambing atau makelar sepeda motor yang tidak punya kantor kecuali rumah mereka sendiri.

Nah, terserah apakan Sampeyan mau berbisnis online atau tidak dan terserah Sampeyan melakukan bisnis online untuk apa. Bagi Kang Kombor bisnis online adalah bisnis online sambilan. Kalau bagi Sampeyan?

Tips Jitu Menaikkan Pagerank

 

Kang Kombor penah menulis mengenai tips mendapatkan pagerank tinggi. Ternyata, salah satu tips di sana merupakan tips jitu menaikkan pagerank. Kang Kombor baru saja mencek salah satu domain Kang Kombor yang masih relatif baru. Umur domain itu belum ada enam bulan seingat Kang Kombor.

Di saat kombor.com dihajar dari PR2 ke PR0, ternyata domain itu justru naik dari PR0 ke PR3. Padahal, Kang Kombor merasa tidak ada inbound links atau back links ke domain itu. Domain itu pun tidak Kang Kombor pergunakan untuk melakukan bisnis online sambilan. Domain itu hanya digunakan untuk blog semata. Blog yang tidak mengupas soal-soal bisnis sambilan apalagi bisnis sambilan di internet. Blog yang hanya untuk menuliskan uneg-uneg pikiran.

Eh, ternyata yang itu malah dikasih PR3 oleh Google. Alexa ranknya sih masih 1,9jutaan karena memang nggak banyak traffic ke blog itu.

Nah, dari hal itu saja kelihatan bahwa pagerank tidak ada hubungannya dengan traffik. Pagerank hanya melihat bagaimana suatu halaman ditaut atau menaut halaman lainnya. Semakin banyak taut yang didapat daripada yang diberikan maka pageranknya akan semakin banyak.

Khusus untuk blog dengan PR3 itu, Kang Kombor tidak tahu dari mana saja ia dapat incoming links dan back links. Mungkin dari komentar yang Kang Kombor tulis di blog yang lain. Kang Kombor tidak terlalu memperhatikan PR dan AR untuk blog yang itu. Untuk yang ini, Kang Kombor masih mencoba menaikkan kembali AR-nya. Dulu Alexa Rank blog ini pernah sampai 70ribuan. Lama-lama kok kembali lagi ke 100ribuan. Traffiknya ternyata kurang… Atau, sudah waktunya ganti mainan yang lain?

Nampaknya bisnis online sambilan sebagai affiliate dari ebook sampah oke juga. GUBRAK!
[-] Maaf, Kang Kombor ingat status Mas Cosa Aranda di twitter bahwa ia ditantangin oleh orang yang mengaku jagoan internet marketing bla-bla-bla…
Tips jitu menaikkan pagerank

Oh ya… sampai lupa. Tips jitu menaikkan pagerank itu, yang terbukti telah menaikkan pagerank domain baru Kang Kombor adalah:

mentraining domain di wordpress.com


Nggak percaya?

Domain kombor.com ini dulu ditraining di wordpress.com sampai punya PR5. Suaraku.Com dulu ditraining di wordpress.com sampai punya PR5. Kini, domain yang baru itu, kombor.org juga ditraining di wordpress.com dan dalam waktu singkat sudah mendapatkan PR3.

Entahlah bagaimana caranya membuat Sampeyan percaya kalau Sampeyan masih tidak percaya pada Kang Kombor yang pernah membuktikan sampai dengan 3 buah domain itu.

Ingat Kata Google:
  • jangan jualan links
  • jangan nulis kiriman berbayar

Lalu kami suruh ngapain, Tuan Gugel?

Selasa, Agustus 25, 2009

Tools Praktis Untuk Checking SERP Rank di 6 Search Engine

SERP sangat penting. Itulah yang menjadi tujuan utama para ahli SEO, yaitu agar keywords yang diseokan bisa tampil di ranking pertama SERP. Berbagai teknik SEO dan trik SEO baik yang white hat SEO maupun yang black hat SEO sampai black magic SEO diterapkan. Tujuannya adalah supaya tampil pada urutan teratas halaman 1 SERP.

Checking SERP ranking

Untuk mencek ranking keywords di SEO, kita bisa bolak-balik buka search engine kemudian menuliskan keywords yang kita bidik. Setelah klik search atau enter dan result page muncul, maka kita bisa mencari apakah halaman dari situs web/blog kita muncul. Halaman 1 dicek. Tidak ada, halaman 2 dicek. Tidak ada lagi, halaman 3 dicek. Begitu seterusnya sampai capai sendiri, hehehe… Padahal, apabila halaman kita muncul di ranking pertama pada halaman pertama SERP, tentu kita akan melonjak-lonjak kegirangan walaupun keywords tersebut bukan termasuk keywords yang banyak dicari.

Nggak percaya? Mau bikin Kang Kombor melonjak-lonjak kegirangan? Silakan cari kombor di Google. Insya’ Allah ranking 1 di halaman 1 SERP masih blog ini. Akan tetapi, apakah keyword kombor penting dan sering dicari orang? Kang Kombor percaya bahwa hanya orang-orang kurang kerjaan saja yang mencari kombor di Google.

Cara praktis checking SERP ranking

Nah, daripada capai setiap kali bolak-balik ngetik keywords di Google lalu ngintipin setiap halaman SERP untuk mencari kutu apakah halaman kita sudah terindeks dan apakah nangkring di halaman-halaman SERP atau tidak maka sebaiknya kita menggunakan tools yang praktis dan memudahkan kita. Dengan tools ini, kita bisa melihat ranking SERP domain dan keywords kita di enam search engine utama yaitu Google, Yahoo, MSN, ASK.com, Altavista dan Alexa. Sayangnya, untuk search engine lokal, Google.co.id belum masuk di tools ini.

image

Selain itu, kita dapat mengatur untuk melihat sampai halaman ke-50 pertama SERP. Ada empat pilihan sebenarnya:

  • lima halaman pertama SERP
  • sepuluh halaman pertama SERP
  • duapuluh lima halaman pertama SERP
  • limapuluh halaman pertama SEP

Hehehe… Kang Kombor sih ngecek sampai lima halaman pertama SERP saja. Kalau muncul di halaman 50, buat apa kita nembak keywords? Mending nggak usah membidik kayak sniper, dar der dor aja seperti pemakai senapan otomatis. Masa sih dari seratus tembakan tidak ada yang kena?

Oh ya, tools itu ada di http://www.serprank.com/serp-check.php. Silakan pakai. Selain untuk checking SERP rank, di sana juga tersedia tools untuk checking pagerank dan checking link popularity. Selain itu, ada SEO articles, SEO Tools dan Privacy Policy Generator untuk membuat halaman privacy policy bagi website/blog kita.

Kang Kombor sejak dua mingguan lalu (kalau tidak salah ingat) mengganti judul blog ini menjadi bisnis online sambilan. Karenanya, Kang Kombor mencek apakah blog ini muncul di lima halaman pertama Google dan Yahoo untuk keywords bisnis online sambilan dan bisnis sambilan. Dan… hasilnya adalah…

image image

Nah, silakan ditafsirkan sendiri hasil dari penggantian judul blog ini ke bisnis online sambilan.

Sekarang adalah waktunya Sampeyan ngecek SERP rank keywords dari domain Sampeyan. Nggak usah bolak-balik buka setiap search engine yang ingin kita cek.

Good Bye PageRank

Good By PageRank!

image

Kalimat itu semestinya yang Kang Kombor sampaikan sambil dadah ke PageRank. Bukan karena PageRank nggak perlu buat blog atau website. Bukan, bukan karena itu.

[+] Lalu karena apa, Kang?

Bukan karena itu. Pagerank jelas masih menjadi salah satu ukuran mengenai nilai penting sebuah blog/website/halaman web atas suatu topik, terutama di mata Google. Semakin tinggi pagerank suatu halaman web/situs web, semakin dipercaya halaman web/situs web tersebut oleh Google. Jadi bukan karena pagerank nggak perlu.

[+] Iya. Iya. Lalu karena apa?

Kang Kombor pernah mengejar-ngejar pagerank sehingga domain kombor.com dulu pernah punya PR5. Setelah itu, turun lagi menjadi PR4, lalu PR3, lalu lama dengan PR2. Dengan PR4 waktu itu blog ini diterima oleh TextLinkAds. Diterima oleh SponsoredReviews walaupun tidak pernah ngebid kerjaan. Diterima oleh Blogsvertise walaupun ketika diberi 3 kerjaan malah tidak mau mengerjakan. Oleh karena itu, pagerank Kang Kombor pandang masih perlu untuk sebuah blog. Dus, bukan karena pagerank nggak perlu maka Kang Kombor mengatakan “Good bye PageRank!”. Bukan karena itu.

[+] Ah… sudahlah Kang. Aku nggak nanya lagi sebabnya.

Nah. Kang Kombor mengatakan good bye pagerank karena blog ini pada pagerank update terakhir telah diberi hadiah oleh Google menjadi PR0.

So, pantas kan apabila Kang Kombor mengatakan “Good bye PageRank!”?

PageRank memang aneh saat ini. Ada satu domain yang diparkir dan tidak diberi inbound links tetapi tetap bertengger di PR3. Akhirnya, domain itu dikeluarkan dari parkiran dan dipakai untuk autoblogging. Entah pada pagerank yang akan datang, apakah akan dihajar jadi PR0 juga oleh Google. Ada satu blog di blogspot yang tidak pernah update karena isinya hanya agregator dari feedjumbler masih dikasih PR2.

Jangan-jangan, selama ini Kang Kombor nggak peduli pada SEO. Hihihi…

Memang sih, akhir-akhir ini blog ini lebih banyak memberikan outgoing links daripada incoming links. Kang Kombor tidak mencoba untuk mengurangi outgoing links karena memang ada links yang otomatis akan disisipkan oleh WindowsLiveWriter yang Kang Kombor pakai. Hehehe, masa ngasih outgoing links saja pelit.

Nah, itulah bedanya Allah SWT dengan Google. Apabila banyak sedekah, maka Allah akan membalas kita dengan rejeki yang makin banyak. Sedangkan, apabila kita dermawan dalam memberikan outgoing links, Google justru akan menurunkan pagerank kita.

Oleh karena itu, mumpung bulan Ramadhan, perbanyaklah sedekah. Banyak sedekah tidak membuat kita miskin karena Allah SWT akan membalas harta yang kita sedekahkan dengan nilai yang lebih besar. Orang yang banyak memberi akan diberi banyak rejeki oleh Allah. Sebaliknya, orang yang kikir, akan dijauhkan rejekinya. Atau, minimal ia tidak bahagia dengan hartanya itu.
Lohhh… kok malah ngomongin sedekah. Ya sudahlah, good bye pagerank!

Payung Hukum IPTV di Indonesia

image

IPTV (Internet Protocol Television) atau televisis berbasis protokol internet telah memiliki payung hukum di Indonesia. Pada 19 Agustus 2009, Menkominfo Muhammad Nuh telah menandatangani Peraturan Menteri Kominfo No. 30/PER/M.KOMINFO/8/2009 tentang Penyelenggaraan Layanan Televisi Protokol Internet (Internet Ptotocol Television/IPTV).

Menurut Peraturan Menteri Kominfo tersebut, layanan IPTV memiliki tujuan:

  • mendorong investasi untuk memacu penggelaran infrastruktur jaringan telekomunikasi pita lebar secara luas;
  • meningkatkan efisiensi pemanfaatan jaringan tetap lokal kabel eksisting;
  • memacu pertumbuhan industri konten, perangkat keras, dan perangkat lunak dalam negeri;
  • meningkatkan kontrol sosial dan partisipasi masyarakat melalui layanan interaktif yang disediakan;
  • mempercepat pertumbuhan layanan transaksi elektronik;
  • memberikan sarana pembelajaran teknologi informasi;
  • dan mengembalikan fungsi kebersamaan keluarga dalam memperoleh informasi dan hiburan.

Dalam penyelenggaraan layanan IPTV, penyelenggara wajib:

  • melindungi kepentingan dan keamanan negara;
  • menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai-nilai agama serta jati diri bangsa;
  • memajukan kebudayaan nasional;
  • mendorong peningkatan kemampuan perekonomian rakyat, mewujudkan pemerataan, dan memperkuat daya saing bangsa;
  • mengantisipasi perkembangan teknologi dan tuntutan global;
  • mencegah monopoli kepemilikan dan mendukung persaingan yang sehat;
  • melakukan secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan; dan menjaga keseimbangan antara perkembangan teknologi dengan kepekaan sosial.

Penyelenggara IPTV adalah konsorsium yang anggotanya terdiri dari sekurang-kurangnya 2 badan hukum Indonesia dan telah memiliki izin-izin yang diperlukan untuk penyelenggaraan layanan IPTV, yaitu Izin Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal, Izin Penyelenggaraan Jasa Multimedia Jasa Akses Internet dan Izin Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Berlangganan.

Semoga IPTV segera dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara luas. Syaratnya, Pak Menteri, jangan takut untuk membuat harga bandwidth di Indonesia murah.

Negara Pemenang Miss Universe Terbanyak

Kontes kecantikan atau beauty pageant yang bernama Miss Universe dilaksanakan pertama kali pada tahun 1952. Kontes ini didirikan oleh sebuah perusahaan pakaian yang bernama Pacific Mills. Kontes ini kemudian menjadi bagian dari Kayser-Roth dan selanjutnya Gulf and Western Industries. Pada 1996, Donald Trump mengakuisisi kontes kecantikan ini. Saat ini, Miss Universe dikelola oleh Miss Universe Organization.

Pada tahun pertama, 1952, yang menjadi pemenang adalah kontestan dari Finlandia, Armi Kuusela.

image

Sejak itu, pemenang kontes Miss Universe berpindah dari negara ke negara. Miss Universe 1953, Cristiane Martel dari Perancis. Miss Universe 1954, Miriam Stevenson, Amerika Serikat. Miss Universe 1955 Hillevi Rombin dari Swedia, dan seterusnya.

Negara Pemenang Miss Universe Terbanyak

Selama sejarah penyelenggaraan kontes Miss Universe, Amerika Serikat merupakan negara asal kontestan Miss Universe yang paling banyak memenangi kontes tersebut dengan tujuh kali. Venezuela di tempat kedua dengan enam kali. Puertorico di tempat ketiga dengan lima kali dan Swedia di tempat keempat dengan 3 kali kemenangan. Ada sembilan negara yang memenangi kontes ini dua kali, yaitu Jepang, Kanada, Australia, India, Trinidad & Tobago, Thailand, Finlandia, Philipina dan Brasil.

image

Tabel di atas dapat memberikan visualisasi mengenai hal tersebut. (sumber: wikipedia).

Ternyata, ada empat negara di Asia yang pernah memenangi kontes Miss Universe tersebut, yaitu Jepang, India, Thailand dan Philipina. Dua negara Asean pernah memenangi kontes tersebut masing-masing dua kali, yaitu Thailand dan Philipina.

Kontes Miss Universe menilai 3 hal, yaitu swimsuit (bikini), gaun malam (evening gown) dan wawancara (interview). Rujukan keterangan pers Miss Universe 2009. Kostum nasional (national costume) tidak menjadi bahan penilaian. Yayasan Putri Indonesia seharusnya mempertimbangkan hal tersebut. Bagi sebagian kalangan, swimsuit merupakan kendala. Alasan bahwa swimsuit atau bikini dapat diterima asal tidak dipakai di depan umum adalah tidak dapat diterima. Dalam ajang kontes Miss Universe, setiap kontestan Miss Universe melenggak lenggok dengan swimsuit di muka umum. Bahkan, disiarkan secara langsung di televisi. Itu bukan umum lagi, melainkan super umum.

Senin, Agustus 24, 2009

Tutorial Panduan Berlangganan RSS Feed Dengan MS Outlook 2007

Microsoft Outlook 2007 memiliki fitur untuk berlangganan RSS Feeds. Saya sudah menggunakannya sejak lama. Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengetahuan mengenai cara berlangganan RSS Feeds menggunakan MS Outlook 2007.

Langkah-Langkah Berlangganan RSS Feeds dengan MS Outlook 2007

#1 Luncurkan Program Microsoft Outlook 2007

#2 Klik Tools > Account Settings

clip_image002

Selanjutnya, silakan download Panduan Berlangganan RSS Feed Dengan MS Outlook 2007.

Sabtu, Agustus 22, 2009

Blackberry Authorized Repair Center Indonesia

Blackberry Authorized Repair Center Indonesia

Research In Motion (RIM), produsen Blackberry akhirnya mengoperasikan Blackberry Authorized Repair Center di Sunter pada Jumat, 21 Agustus 2009, sesuai dengan tenggat yang diberikan oleh pemerintah.

BlackBerry Authorized Repair Center akan melakukan perbaikan untuk semua jenis smartphone BlackBerry yang bergaransi dan yang dijual melalui jalur-jalur resmi RIM di Indonesia, yakni lewat mitra operator.

Selain itu, RIM juga menunjuk BlackBerry Authorized Customer Care Centers di Indonesia yang akan berhubungan langsung dengan para pelanggan dan akan menambah beberapa pusat layanan pelanggan dalam waktu dekat.

RIM memang sudah membuka Blackberry Authorized Repair Centernya. Akan tetapi, pemrintah tidak langsung mencairkan pembekuan sertifikasi produk baru Blackbery yang dilakukan bulan lalu. Minggu depan (Senin, Selasa atau Rabu), Ditjen Postel dan BRTI baru akan meninjau BARC itu.

Apabila menurut pemerintah BARC itu sudah memadai, mudah-mudahan RIM dapat lebih menunjukkan kepeduliannya kepada para pelanggannya. Jangan hanya mau menjual tanpa memberikan layanan purna jual seperti yang berlaku selama ini.

Kamis, Agustus 20, 2009

Hasil Sidang Itsbat Penentuan Awal Puasa 1 Ramadhan 1430 H

Hasil Sidang Itsbat Penentuan Awal Puasa 1 Ramadhan 1430 H

Sidang itsbat penentuan awal puasa 1 Ramadhan 1430 H digelar di Departemen Agama mulai pukul 19:00 WIB. Sidang itsbat ini dilaksanakan untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1430 H di Indonesia. Dalam sidang tersebut hadir perwakilan dari ormas-ormas Islam dan perwakilan dari negara-negara sahabat yang membuka kedutaannya di Indonesia.

Sekitar pukul 20:00 WIB, Menteri Agama RI Maftuh Basuni telah menetapkan hasil sidang itsbat penentuan 1 Ramadhan 1430 H. Dari sidang itsbat tersebut, berdasarkan laporan hasil pemantauan hilal yang disebar di seantero nusantara, para pengamat hilal tidak dapat melihat hilal. Oleh karena itu, Menteri Agama RI Maftuh Basuni menetapkan 1 Ramadhan 1430 H akan jatuh pada Hari Sabtu, 22 Agustus 2009.

Sebelumnya, Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab telah jauh-jauh hari menetapkan 1 Ramadhan 1430 H akan jatuh pada 22 Agustus 2009. Persis pun mentapkan hal yang sama.

Kang Kombor mengucapkan selamat menunaikan ibadah shiyam Ramadhan 1430 H. Mohon maaf lahir batin. Semoga Allah mengampuni dosa kita dan mengijinkan kita untuk menunaikan ibadah shiyam dengan sempurna sampai datangnya Hari Kemenangan nanti.
1 Ramadhan 1430 H Hasil Sidang Itsbat Departemen Agama 20 Agustus 2009

1 Ramadhan 1430 H Hasil Sidang Itsbat Departemen Agama 20 Agustus 2009

1 Ramadhan 1430 H seperti juga 1 Ramadhan 1429 H dan tahun-tahun sebelumnya ditentukan melalui sidang itsbat di Departemen Agama setiap tanggal 29 Sya’ban di setiap tahunnya. 29 Sya’ban atau disebut juga 29 Ruwah menurut orang Jawa, menjadi demikian penting untuk menentukan awal puasa 1 Ramadhan. Pada 29 Ruwah, apabila anak bulan atau hilal terlihat/maujud, maka dengan demikian esok harinya seluruh umat Islam akan mulai puasa. Esok harinya (21 Agustus 2009) sudah masuk 1 Ramadhan.

Sebaliknya, apabila pada 29 Ruwah sore hingga petang anak bulan atau hilal tidak nampak atau tidak maujud, maka bulan Sya’ban atau bulan Ruwah akan digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian, 1 Ramadhan akan jatuh lusa atau mulai 22 Agustus 2009.

Sidang itsbat penentuan awal Ramadhan 1430 H baru akan dimulai di Departemen Agama. Selepas Maghrib nanti, sidang itu akan dilaksanakan. Setelah mendengarkan keterangan saksi-saksi yang melakukan pemantauan anak bulan di tempat-tempat yang telah ditentukan, sidang itsbat akan menentukan awal puasa Ramadhan 1430H apakah akan jatuh pada hari Jumat 21 Agustus 2009 atau Sabtu 22 Agustus 2009.

Sebelumnya, Muhammadiyah dan Persis melalui perhitungan hisab telah menentukan bahwa 1 Ramadhan 1430 H akan jatuh pada hari Sabtu, 22 Agustus 2009. Kang Kombor memohon maaf lahir batin atas segala kesalahan Kang Kombor selama ngeblog di sini. Semoga kita memasuki bulan Ramadhan dengan hati yang bersih sehingga dengan demikian insya’ Allah puasa kita akan lebih sempurna.

Hasil sidang itsbat akan Kang Kombor update lagi nanti.

Update 19:11 WIB:

Sidang itsbat belum memutuskan akan tetapi dari pengamatan 8 kota yakni Merauke (Papua) Ternate (Ambon), Kupang (NTT), Makassar (Sulsel), Semarang (Jateng), Tanjung Kodok-Lamongan (Jatim), Condro Dipo-Gresik (Jatim), dan Bandung (Jabar), hilal masih negatif.

Update 20:00 WIB:

Menteri Agama RI telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1430 H akan jatuh pada Hari Sabtu, 22 Agustus 2009.

Kang Kombor mengucapkan selamat menunaikan ibadah siyam Ramadhan 1430 H. Semoga kita dapat menunaikan ibadah siyam Ramadhan dengan sempurna. Amin.

Rabu, Agustus 19, 2009

Tak Ada Tenggat Tambahan Untuk Blackberry

Tak Ada Tenggat Tambahan Untuk Blackberry

Menkominfo M. Nuh menyatakan bahwa tidak akan ada tenggat tambahan untuk Blackberry. Pada 26 Agustus 2009 nanti, Blackberry harus sudah membuka service center-nya di Indonesia. Selain membuka service center, Blackberry juga harus menyediakan buku panduan dalam Bahasa Indonesia.

Sebelumnya, Blackberry pernah diberi kelonggaran waktu untuk membuka layanan purna jualnya di Indonesia. Akan tetapi, kali ini pemerintah tidak akan memberi tambahan tenggat. Apabila sampai 26 Agustus 2009 Blackberry belum melaksanakan komitmennya maka seluruh sertifikasi Blackberry di Indonesia akan dibekukan.

Kang Kombor berharap pembekuan sertifikasi sebagai konsekuensi apabila Blackberry tidak melaksanakan komitmennya, dibarengi pula dengan pelarangan pemberian layanan Blackberry kepada operator seluler di Indonesia. Kita harus berani menegakkan kedaulatan frekuensi gelombang radio di atas wilayah udara kita. Pembekuan sertifikasi Blackberry yang tidak dibarengi dengan pelarangan pemberian layanan Blackberry kepada operator seluler di Indonesia hanya akan menunjukkan kerja yang setengah-setengah.

Mengapa setengah-setengah?

Karena dengan tetap diperbolehkannya operator seluler memberikan layanan Blackberry sedangkan seluruh sertifikat Blackberry sudah dibekukan maka dapat dipastikan bahwa seluruh perangkat Blackberry yang kemudian akan beredar di Indonesia adalah produk tidak resmi semua. Produk ilegal dan selundupan.

Nah, tentunya kita berharap agar Pemerintah Indonesia tidak bekerja setengah-setengah. Apabila Blackberry tidak melaksanakan komitmennya pada 26 Agustus 2009 nanti, seluruh operator Blackberry pun harus diperintah untuk membekukan layanan Blackberry-nya.

Hidup Indonesia!

Jumat, Agustus 14, 2009

Bisnis Online Sambilan Cara Dapat Uang Dari Blog

Bisnis Online Sambilan Cara Dapat Uang Dari Blog

Bisnis Online Sambilan. Ya, bisnis online sambilan. Judul blog ini di title bar peramban Sampeyan saat ini berbunyi Bisnis Online Sambilan. Bukan apa-apa, saat ini Kang Kombor memang sedang menjalankan bisnis online sambilan. Maksudnya, sambil ngeblog sambil bisnis online.

Bisnis Online Sambilan Kang Kombor maksudkan sebagai bisnis sambilan yang dilakukan secara online di internet. Jenis bisnisnya sendiri sama dengan macam-macam bisnis online atau bisnis internet yang lain. Bisa melalui blog monetization, bikin online store, menjadi ads publiser, menulis job review, dan lain-lain. Bedanya adalah bisnis ini dilakukan secara sambilan, bukan menjadi main business yang menjadi main income source atau tulang punggung pendapatan kita.

Bisnis Online Sambilan ini Kang Kombor lakukan sambil ngeblog. Yang Kang Kombor pakai ada dua macam yaitu menjad ads publisher dan jualan text links. Makelar iklan yang Kang Kombor pakai ada dua yaitu adsense dan kliksaya. Sedangkan, makelar text links adalah TLA.

Jujur saja, adsense memang Kang Kombor paksakan pasang di blog ini karena Kang Kombor sulit cari web traffic untuk blog Boso Inggris kelinggis. Ini memang sedikit melanggar ketentuan layanannya tetapi Kang Kombor lihat masih banyak juga yang lain yang juga memasang di blog berbahasa kebanggan bangsa kita ini. Untuk PPC lokal, Kang Kombor menggunakan KlikSaya. PPC lokal yang sedang saya coba di blog lain adalah AdsenseCamp. Namun, karena blog lain itu web traffic-nya masih rendah, belum kelihatan ada hasilnya.

Untuk makelar text links Kang Kombor pakai TLA karena pialang yang satu ini sudah berhasil Kang Kombor daftari. Ada infolinks yang sampai saat ini belum berhasil Kang Kombor daftari. Ada blog Boso Inggris yang pernah didaftarkan tetapi ditolak. Alasannya, isinya tidak sesuai dengan kebijakan makelar text links itu. Entah yang mana yang tidak sesuai, Kang Kombor tidak tahu. Rasa-rasanya sih isinya sama saja dengan blogs yang lain. Dus, oleh karenanya, Kang Kombor masih setia pada TLA. Kang Kombor belum akan mendaftar ke infolinks menggunakan blog ini. Kang Kombor belum meneliti ketentuan layanan TLA apakah boleh atau tidak untuk mengawinkan dua pialang text links di satu blog. Namun, Kang Kombor hanya tidak ingin memadu TLA. Poligami hanya akan bikin pusing saja, menurut Kang Kombor walaupun Kang Kombor tidak anti poligami yang diijinkan Tuhan itu.

Cara Melakukan Bisnis Online Sambilan

Bisnis online sambilan dapat dilakukan di sela-sela waktu yang kita punya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis online sambilan. Akan tetapi, Kang Kombor hanya akan menunjukkan cara menjalankan bisnis online sambilan dengan media blog. Sambil ngeblog sambil bisnis online. Adapun cara-cara bisnis online sambilan menggunakan blog itu adalah:

Jadi Penerbit Iklan

Gunakan blog untuk menerbitkan iklan. Ada iklan yang dibayar berdasarkan klik yang dipanen, biasanya disebut PPC. Ada yang dihitung berdasarkan kelipatan 1000 kali tayang, biasa disebut CPM. Ada yang dihitung berdasarkan lama waktu tayang berdasarkan kontrak yang disepakati. Yang terakhir ini Kang Kombor sebut saja direct ads.

Makelar PPC

Makelar CPM

Catatan:

Khusus AdBrite ini dia saat ini menawarkan text ads, inline ads, banner ads, BritePic dan full page ads. Program terbaru adalah CPC, silakan pelajari di websitenya.

Makelar Direct Ads

  • Nggak usah pakai makelar. Yang ada adalah penjual ads space, yaitu Sampeyan sendiri

Jualan Text Links

Jualan text links artinya menyediakan teks yang ada di dalam blog kita untuk dibeli oleh pemasang iklan. Cara ini dapat dilakukan menggunakan makelar text links atau secara langsung tanpa perantara. Masing-masing cara ada keunggulan dan kekurangannya. Menurut Kang Kombor, memakai makelar lebih mudah supaya kita tidak pusing untuk memantau kapan kontrak iklan akan berakhir.

Makelar Text Links

  • Infolinks

Jadi Makelar Melalui Affiliate Program

Siapa bilang kita tidak bisa jadi makelar. Bisa! Bisa banget. Kita bisa menjadi makelar untuk menjualkan produk orang lain melalui blog kita. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan produk itu di sidebar atau menuliskan rayuan maut di blog posts ataupun membuat rayuan pemikat melalui landing pages. Untuk jadi makelar ini, kita melakukannya melalui dua cara, bergabung dengan super makelar atau langsung bergabung dengan affiliate program yang disediakan oleh pemilik produk. Tugas kita adalah membantu pemilik produk menjual produknya, baik itu barang maupun jasa. Apabila tidak mau disebut makelar, ya katakanlah diri sendiri sebagai freelance marketer.

Super Makelar

Direct Affiliate

Hanya contoh saja:

Menulis Paid Review

Menulis paid review artinya kita menulis kiriman/blog posts berdasarkan pesanan. Dalam menulis paid review, apabila kita mendapat pesanan job review maka kita harus menulis seperti apa yang diminta oleh pemesan. Yang paling sering diminta oleh pemesan review adalah memberikan text links sebanyak tiga buah dalam satu tulisan. Text links tersebut anchor text dan target URL-nya telah ditentukan. Selebihnya, kita bisa menulis apa-apa yang diminta baik itu menulis tentang hal positif mengenai produk/website atau memberikan full criticism. Pokoknya kita menulis sesuai dengan yang diminta oleh pemesan review atau pemberi job review.

Apabila Sampeyan memiliki kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris yang tinggi, Sampeyan bisa menulis paid review melalui paid review broker internasional. Namun, apabila Sampeyan seperti Kang Kombor, hanya mau menulis dengan Bahasa Indonesia, ada pialang review lokal yang bisa kita pakai.

Untuk bisa mendapatkan job review, kita bisa bergabung kep pialang review atau mengiklankan sendiri secara langsung melalui blog kita. Kita jualan review sendiri. Yang umum sih bergabung ke beberapa pialang review.

Pialang Review Internasional

Pialang Review Lokal

Rekomendasi

Tentunya masih ada cara lain lagi untuk menjalankan bisnis online sambilan. Akan tetapi, empat cara di atas Kang Kombor kira sudah mewakili. Kang Kombor merekomendasikan Sampeyan untuk mencoba keempat cara berbisnis online di atas kecuali apabila Sampeyan ingin bebas menulis seperti Kang Kombor, jadi penerbit iklan atau makelar text links juga sudah cukup. Kang Kombor pernah menyampaikan portfolio pendapatan blog ini yang masih berupa recehan. Akan tetapi, karena namanya sambilan, itu juga sudah cukup. Untuk mendapatkan lebih banyak lagi, Sampeyan harus benar-benar fokus pada bisnis online yang Sampeyan jalani. Sudah banyak kok yang berhasil. Kalau yang lain bisa, Sampeyan pun PASTI BISA!

Rekomendasi bacaan (Ebook Gratis):

Nah, selamat berbisnis sambilan di internet!

Pfff… I am tired enough to write post that long. LOL.

Kamis, Agustus 13, 2009

WordPress 2.8.4 Installation

wordpress update notification alert

WordPress 2.8.4 is available! Please update now.

WP 2.8.4 has come. What a super fast update. I myself still have WP 2.7.1 installed on my webhosting server. Fantastico auto installer provided by my webhosting provider has not offered to update to the latest WP update. Of course I want to come up with WP 2.8.4. I think that WordPres 2.8.4 was released to cover some weakness or vulnerability found on older version.

I have no sufficient technical knowledge to manually install wordpress on my hosting server. So, I always wait for fantastico update offer.

I know that you will suggest me to instal wp autoupgrade plugin. Of course I know that plugin. But, I rather choose to wait for fantastico updater because I have been satisfied with it so far.

Many friends of mine tell me that manually install or update wordpress is so easy. They always update every wordpress update manually and their works always success. OK, every one has their chosen convenient level. I am convenient with fantastico updater. It does not cost me much except doing one click or to to update wordpress like what wordpress autoupdater does. But, convenience still is dominant and I am happy with that.

But, I have one big question, when will fantastico provide wordpress 2.8.4 update? When 2.8.1 came, no update offered by fantastico. No at 2.8.2 and 2.8.3. Now wordpress has had its WP 2.8.4 version. Fantastico was left behind too much.

Film Merah Putih Di Bioskop Mulai 13 Agustus 2009 Mari Kita Tonton

image Film Merah Putih, sebuah film yang bertema semangat kebangsaan (nasionalisme) sudah benar-benar selesai diproduksi. Film Merah Putih, yang informasinya akan menjadi film pertama dari sebuah trilogi kemerdekaan itu sudah mulai tayang di bioskop mulai 13 Agustus 2009.

Film Merah Putih adalah sebuah film bertema kebangsaan yang juga relevan dengan tema kemerdekaan sehingga pas dengam momen peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kang Kombor mengapresiasi film ini sama dengan apresiasi Kang Kombor kepada film Garuda di Dadaku dan King. Garuda di Dadaku dan King juga menggambarkan semangat pantang menyerah, semangat yang perlu ditanamkan kepada jiwa-jiwa muda calon penerus bangsa ini. Selain itu, Garuda di Dadaku dan King merupakan juga film anak-anak yang dilepas bertepatan dengan momen liburan sekolah.

Kini, tidak hanya sinetron saja yang memanfaatkan momen. Yang paling sering dimanfaatkan oleh sinetron adalah momen bulan Ramadhan yang sebentar lagi juga akan kita masuki. Sejak dulu, momen bulan Ramadhan selalu dimanfaatkan rumah produksi untuk menayangkan sinetron-sinetron religi. Berbesar hatilah karena para produser film pun kini telah bangkit untuk memproduksi film-film bertema membangun semangat dengan memanfaatkan momentum yang ada.

Sebelumnya diinformasikan bahwa film Merah Putih akan dirilis pada 17 Agustus 2009 bertepatan dengan peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tetapi ternyata film Merah Putih sudah ditayangkan per 13 Agustus 2009.

Trailer film Merah Putih

Hidup Indonesia! Merdeka!

Bikini Zivanna Letisha Tidak Usah Diributkan

Zivanna Letisha akan tampil berbikini di ajang kontes ratu sejagad Miss Universe 2009. Situs berita sudah mewartakan mengenai hal itu sejak beberapa hari yang lalu. Begitu pula blog. Sudah banyak blog yang menuliskan tentang akan berbikininya Zivanna Letisha, Putri Indonesia 2008.

Seperti tahun lalu ketika mengajak untuk tidak meributkan bikini Putri Raemawasti, kali ini Kang Kombor mengajak kita semua untuk tidak usah meributkan bikini Zivanna Letisha. Biarkan saja. Bahkan, menurut Kang Kombor, mau pakai bikini, atau mau telanjang bulat sekalian, apabila itu sudah disyaratkan oleh kontes itu, ya semua delegasi harus menjalani.

Tentu saja, kontes ratu sejagad itu tidak sama dengan casting sabun mandi yang sudah berhasil menjebak beberapa artis untuk menanggalkan bajunya. Kontes Miss Universe tentu tidak akan menampilkan para delegasi untuk tampil telanjang bulat di atas panggung. So, bikini Zivanna Letisha itu tidak usah diributkan. Untuk yang penasaran, dilihat saja gambarnya. Nggak usah ribut macem-macem.

Nggak usah ribut, lihat saja gambarnya. Di bawah ini gambar bikini Zivana Letisha yang sudah beredar itu.

image 

Maaf, waktu penayangan bikini Zivanna Letisha sudah habis. Untuk mengembalikan jati diri bangsa, bikini Zivanna Letisha tidak akan mampu berbuat apa-apa. Justru lestarinya kebudayaan Indonesia yang akan mampu mengembalikan jatidiri Bangsa Indonesia. Untuk itu, Zivanna Letisha dalam kostum Srikandi itulah yang sebaiknya kita cermati baik-baik. Hmm… seorang Siregar memakai kostum Srikandi. Tidak apa-apa, karena Siregar juga orang Indonesia sedangkan wayang orang pun sudah menjadi bagian dari kebudayaan nasional Indoneia.

Selasa, Agustus 11, 2009

Rumah Mohzahri di Temanggung Siapa Yang Akan Mengganti?

Rumah Mohzahri

Drama penggrebegan gerombolan teroris Noordin M Top di Desa Beji, Kelurahan Kedu, Kecamatan Kedu,Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah sudah berakhir pada Sabtu, 8 Agustus 2009, siang.
Rumah Mohzahri yang dikepung selama 18 jam itu ternyata hanya berisi satu orang saja, tidak seperti yang dilaporkan oleh reporter Breaking News MetroTV bahwa di dalam rumah tersebut diduga terdapat empat orang, tiga dewasa dan satu anak.

Rumah Mohzahri, seorang guru yang sudah tua, diledakkan dengan low explossive bomb beberapa kali. Di bagian atapnya, di pintu utama dan di dalam rumah. Selain itu, rumah itu juga diberondong dengan peluru polisi dari Densus 88 yang mengepung. Akibatnya, rumah kecil di bawah bukit itu menjadi rusak parah.

Siapakah yang akan memperbaiki rumah tersebut?


Warga Beji sudah siap untuk bergotong royong memperbaiki rumah Mohzahri. Kebersamaan mereka masih tinggi. Mereka sepertinya yakin bahwa Mohzahri tidak terlibat dengan jaringan teroris Noordin M Top sehingga mereka merasa wajib untuk membantu memperbaiki rumah Mohzahri.

Dalam sebuah wawancara di TVOne, istri Mohzahri menangis mengungkapkan kerusakan yang terjadi pada rumahnya yang itu. Atap bolong, pintu hancur, jendela hancur dan dinding yang berlubang-lubang diberondong peluru polisi. Istri Mohzahri tidak dapat membayangkan bagaimana ia akan memperbaiki rumah tersebut.

Walau bagaimana pun, Kepolisian Republik Indonesia harus membantu memperbaiki rumah tersebut. Bahwa di dalam rumah tersebut bersembunyi teroris, itu adalah satu hal. Fakta lainnya sudah jelas bahwa rumah tersebut rusak parah akibat penggerebekan yang dilakukan oleh polisi. Dengan hanya ada satu orang saja di dalam rumah tersebut, semestinya kerusakan rumah Mohzahri dapat diminimalisir. Masa iya, menggrebek satu orang saja sampai merusakkan rumah tersebut sampai sedemikian parah.

Memang terdapat dugaan bahwa di dalam rumah, ada Noordin M Top yang melilit badannya dengan bom. Akan tetapi, apakah dugaan tersebut sudah dipastikan? Karena saya tidak berada di tempat itu, saya tidak tahu apakah polisi sudah menawarkan kepada teroris yang bersembunyi di dalam rumah untuk menyerah saja. Namun, mengikuti Breaking News MetroTV sejak Sabtu subuh, tidak dilaporkan adanya peringatan dari polisi untuk menyerah. Peringatan yang disampaikan dengan menggunakan megaphone baik portable maupun yang terdapat pada mobil polisi.

Saat menyaksikan polisi dari atas bukit memberondong dinding (mungkin dinding kamar mandi) rumah Mohzahri, saya melihat sebuah kegiatan menghambur-hamburkan peluru sedangkan dari dalam rumah tidak nampak ada tembakan balasan.

Kini, yang tertinggal dari usaha penggrebekan Noordin M Top itu adalah rumah Mohzahri yang rusak. Siapakah yang akan bertanggung jawab untuk memperbaiki rumah tersebut? Apakah polisi, ataukah Noordin M Top?

Senin, Agustus 10, 2009

Manohara Mengalahkan Hasil Quick Count Pilpres 2009


Tidak menyangka sama sekali bahwa Manohara dapat mengalahkan hasil quick count pilpres 2009. Manohara memang lebih cantik daripada hasil quick count pilpres 2009. Bahkan, Manohara lebih menggairahkan daripada hasil quick count pilpres 2009. Nggak percaya? Coba kalau ditawarkan, siapa yang akan memilih hasil quick count 2009 daripada Manohara? Yang memilih hasil quick count pilpres 2009 paling banyak hanya sembilan kelompok, yaitu 3 pasangan capres – cawapres, 3 timses capres – cawapres dan 3 kumpulan pendukung capres – cawapres. Sedangkan, yang memilih Manohara akan sangat banyak mulai dari remaja baru akil baligh sampai kakek-kakek tua renta.
Hmm… Kang Kombor tidak akan membahas mengenai Manohara yang terkenal itu. Kang Kombor membahas mengenai top articles di blog ini yang pada sidebar blog ini diberi judul Artikel Populer. Sebelumnya Kang Kombor pernah menginformasikan bahwa masih ada yang mencari hasil quick count pilpres 2009 sehingga kiriman itu menduduki top articles list di blog ini. Mulai akhir pekan yang lalu, pole position sudah digeser oleh Manohara dan Manuhara. Bahkan, kiriman tentang Manohara dan Ki Manuhara itu memiliki percepatan yang lebih tinggi dari kiriman-kiriman yang lain. Entah di tikungan mana Manohara dan Manuhara menggeser hasil quick count pilpres 2009, yang jelas, Manohara dan Manuhara meninggalkan jauh hasil quick count pilpres 2009 setelah berhasil melewatinya. Hehehe… macam Valentino Rossi kalau sedang melewati Dani Pedrosa.
image
Ternyata onani sampai hari ini belum berhasil menggeser hasil quick count pilpres 2009. Justru yang mendahului adalah misteri agama Sang Mega Bintang Michael Jackson.
Entahlah, Kang Kombor sendiri sebagai tokoh intelektual dibalik blog ini jadi ragu apakah onani akan dapat menjadi pemuncak daftar artikel populer itu. Nampaknya, Manohara lebih menarik bagi para lelaki daripada onani. Hihihi…
Terus terang Kang Kombor tidak menembak keyword saat menulis tentang Manohara itu. Ide untuk menulis itu muncul begitu saja saat Kang Kombor membaca kitab Api di Bukit Menoreh yang sedang memunculkan tokoh Ki Manuhara. Nah, sebaliknya, keyword onani memang Kang Kombor tembak. Paling tidak, kiriman tentang onani yang isinya jauh dari aktivitas main sabun itu terus memberikan search engine traffic untuk blog ini.
Lumayanlah.
Hasil Tes DNA Teroris Temanggung

Hasil Tes DNA Teroris Temanggung

Media Indonesia memberitakan bahwa hasil tes DNA teroris Temanggung tidak cocok dengan DNA anak Noordin M Top. Dengan demikian, berdasarkan hasil tes DNA tersebut, jasad teroris yang tewas diberondong tembakan di Temanggung bukanlah Noordin M Top. Jasad tersebut justru mirip Ibrohim atau Boim.

Hasil tes DNA tersebut membantah kiriman di Kombor.com sebelumnya yang menginformasikan bahwa gembong teroris Noordin M Top tewas di Temanggung.

Minggu, Agustus 09, 2009

Detik Sudah Membuang Menu Pemilu

Menu Pemilu sudah menghilang dari Detik. Di halaman utama portal berita tersebut sudah tidak ada lagi menu pemilu yang dilarikan ke pemilu.detiknews.com. Di Detiknews sendiri, menu pemilu juga sudah tidak ada. Hal ini berbeda dengan inilah.com dan vivanews yang masih memiliki menu pemilu.

Detik

image

Inilah

image

Vivanews

image

Mungkin Detik menganggap pemilu sudah usai. Padahal, MK belum memberikan putusan atas gugatan pasangan Mega Prabowo dan JK Wiranto atas hasil pilpres 2009. Apakah Detik berafiliasi?

Tidak Ada Tembakan Dari Dalam Rumah Teroris di Temanggung

Dalam Breaking News MetroTV saat perburuan teroris di Beji, Kedu, Temanggung, reporter MetroTV mengatakan bahwa dari dalam rumah terdengar tembakan membalas berondongan peluru polisi. Karena pemirsa televisi tidak mendengar secara langsung suara-suara tembakan tersebut, pemirsa televisi mempercayai saja apa yang disampaikan oleh reporter MetroTV.

IMG00055

Akan tetapi, dalam Kabar Petang TVOne lepas maghrib tadi, orang desa Beji yang menyatakan pendapat bertentangan dari apa yang disampaikan oleh reporter MetroTV. Orang tersebut bernama Sudarsono. Dia diwawancarai oleh TVOne pada acara Kabar Petang Minggu 9 Agustus 2009. Sudarsono mengatakan bahwa mulai dari pukul empat sore hari Jumat 7 Agustus 2009 tidak ada tembakan dari dalam rumah yang dikepung.

Sudarsono menceritakan bahwa pada hari Jumat itu sekitar pukul empat sore ada dua orang yang ditembak di sawah yang ditanami jagung di Desa Beji. Pada Jumat sore! Kemudian, Sudarsono diminta oleh aparat untuk menjemput Pak Muhzahri untuk datang. Kepada Pak Muhzahri, Sudarsono diminta untuk merahasiakan siapa tamu yang ingin bertemu dengan Pak Muhzahri. Kemudian setelah menjemput Pak Muhzahri, Sudarsono diminta mengantarkan lampu soakley ke bukit yang terdapat di belakang rumah yang dikepung. Memang, dalam Breaking News MetroTV Sabtu shubuh, ada lampu soakley yang menyorot bolak balik ke rumah yang dikepung.

Ada sesuatu yang bertentangan dan butuh penjelasan dari kesaksian Sudarsono, yaitu mengenai tembakan dari dalam rumah. Reporter MetroTV menyampaikan ada tembakan dari dalam rumah. Sedangkan, Sudarsono yang dari Jumat sore sampai selesainya pengepungan menyatakan tidak ada tembakan sama sekali dari dalam rumah. Hal lain yang membutuhkan penjelasan adalah dua orang yang ditembak di antara tanaman jagung. Siapakah kedua orang tersebut? Sudarsono mengaku tidak mengenal kedua orang tersebut karena keduanya bukan orang desa Beji. Sudarsono tidak tahu ke mana kedua orang yang ditembak tersebut dibawa. Sudarsono hanya tahu bahwa setelah ditembak, kedua orang tersebut dimasukkan ke dalam mobil aparat.

Misteri perburuan teroris. Akankah kita mendapatkan penjelasan yang lugas mengenai hal tersebut? Benarkah yang mati di dalam itu Noordin M Top?

Keputusan MK Gugatan Pilpres 2009

Keputusan MK Gugatan Pilpres 2009

Keputusan MK atas gugatan pilpres yang diajukan oleh pasangan Capres – Cawapres No.1 dan No.3 masih ditunggu oleh masyarakat luas. MK yang menerima gugatan terhadap proses pilpres 2009 mulai menyidangkan kasus ini sejak 4 Agustus 2009. Karena materi gugatan pasangan Mega Prabowo dan JK Wiranto memiliki substansi yang sama maka sidang gugatan tersebut disatukan.

Keputusan MK gugatan pilpres 2009 rencananya baru akan diputuskan oleh MK pada 12 Agustus 2009, Rabu yang akan datang. Keputusan MK tentang gugatan pilpres 2009 itu akan menjadi penentu apakah pilpres 2009 berlangsung satu putaran, pilpres diulang atau pilpres 2 putaran. Namun, apa pun keputusan MK pada gugatan proses pilpres 2009 itu akan menjadi keputusan final. Artinya, apa pun yang diputuskan oleh MK, semua pihak harus menerima.

Saat ini semua pihak masih menunggu keputusan MK atas gugatan pilpres 2009 tersebut. Semua pasangan capres – cawapres menunggu. Semua tim sukses pasangan capres – cawapres menunggu. Seluruh masyarakat pun menunggu.

Sebagai warga negara biasa, Kang Kombor hanya dapat menunggu. Jangankan Kang Kombor, menurut Ketua MK, MK adalah lembaga independen sehingga Jaksa Pengacara Negara pun tidak akan membuat MK terpengaruh dalam mengadili dan memberikan putusan.

Sabtu, Agustus 08, 2009

Gembong Teroris Noordin M Top Tewas Di Temanggung

image

Gembong teroris Noordin M Top tewas di Temanggung. Demikian berita yang disampaikan dalam Breaking News MetroTV : Perburuan Teroris Noordin M Top siang hari ini.

Sejak Jumat 7 Agustus 2009 sore, sebuah rumah di Desa Beji, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung dikepung oleh aparat Densus 88 dibantu oleh personel Polres Temanggung dan Polwil DIY. Rumah yang terletak di antara areal persawahan dan di bawah sebuah bukit tersebut dipercaya sebagai tempat persembunyian Noordin M top. Di dalam rumah tersebut terdapat 4 orang dewasa yang diantaranya adalah Noordin M Top dan seorang anak.

Pada pukul 5:30 WIB tadi pagi, Densus 88 meledakkan low explossive bomb untuk di atap rumah Mohzahri (70 tahun) itu. Tembak-menembak terdengar dari dalam rumah dan dari sisi kepungan polisi.

Sampai pukul 9:30 WIB, polisi masih beberapa kali meledakkan bom berdaya ledak rendah untuk melumpuhkan kawanan teroris yang berada di dalam rumah tersebut.

Akhirnya, pada pukul 10:00 WIB, polisi memastikan bahwa Noordin M Top telah tewas di dalam rumah tersebut. Breaking News MetroTV menyampaikan pernyataan kepolisian tersebut.

Sementara itu, di Jatiasih, Bekasi, polisi pun berhasil menjinakkan semua bom yang terdapat di sebuah rumah di sana.

Mudah-mudahan, yang dipastikan tewas oleh polisi tersebut benar-benar Noordin M Top sehingga aksi terorisme di Indonesia benar-benar dapat dihapuskan.

Kamis, Agustus 06, 2009

Portfolio Recehan Blog Ini

Portfolio Recehan Blog Ini


Saat mulai ngeblog dengan domain kombor.com, tidak pernah terbersit niat Kang Kombor untuk menggunakannya sebagai sumber penghasilan, baik utama maupun sampingan. Kang Kombor hanya ingin ngeblog. Ingin menuliskan uneg-uneg atau membagi sedikit pengetahuan yang Kang Kombor miliki melalui pembuatan panduan atau tutorial sederhana.

Saat internet marketing begitu gencarnya dengan naik daunnya Anne Ahira, Kang Kombor juga belum memutuskan untuk ikut mencari uang dari internet melalui internet marketing sebagai internet marketer. Apalagi Kang Kombor harus beli produk-produk ebook atau menjadi affiliate marketer untuk produk-produk ebook dari website seperti milik Anne Ahira. Atau, Kang Kombor harus jualan ebook seperti yang dijual itu. Kang Kombor belum tertarik waktu itu.

Awal mula Kang Kombor terpikir untuk melakukan blog monetization adalah ketika Kang Kombor ingin coba-coba ikut mendapatkan dolar dari Google AdSense.

Makanya Kang Kombor kemudian ikut menjadi publisher AdSense. Karena Kang Kombor nggak telaten nulis konten English, Kang Kombor pasang adsense itu dalam Blog Bahasa Indonesia. Satu di blog ini, satu di blog kawan Kang Kombor yang Kang Kombor setting. Dari dua blog Bahasa Indonesia itu, sebelum krisis Kang Kombor mendapatkan rata-rata $80 sebulan. Lumayan kan? Bahasa Indonesia… Sayangnya, setelah krisis pendapatan Kang Kombor turun menjadi sekitar $50 per bulan. Ketika blog kawan Kang Kombor itu offline, pendapatan turun menjadi sekitar $30 per bulan

Selain AdSense, blog ini memiliki revenue source yang lain. Ada tiga sumber pendapatan dari blog ini. Kang Kombor tidak ragu untuk menampilkan ketiga sumber pendapatan itu beserta angka rata-rata pendapatan per bulannya. Bukan untuk riya’ karena hasilnya memang tidak besar. Akan tetapi, Kang Kombor ingin menunjukkan bahwa blog Bahasa Indonesia juga bisa memberikan sumbangan untuk membayar sewa webhosting. Dengan demikian, website hosting untuk blog kita tidak perlu mengganggu pendapatan bulanan kita yang untuk beli beras setiap bulannya.
Nah, di bawah ini ketiga sumber pendapatan blog ini:

  1. AdSense, rata-rata $30 per bulan
  2. TLA, rata-rata $28 per bulan
  3. KlikSaya, rata-rata Rp80000 per bulan

Kecil kan? Makanya jangan dipoyoki. Kang Kombor tidak melakukan blog monetizing untuk menjadikannya main income source. Kang Kombor melakukan monetasi blog ini untuk pengganti bayar bloghosting dan domain saja. Kang Kombor kira, apa yang disumbangkan oleh blog ini sudah cukup untuk membayar sewa webhosting dan bayar domain. Bahkan, apabila lebih, Kang Kombor manfaatkan untuk bantu-bantu nyicil KPR atau mengajak anak piknik.

[+] Ah… Kang Kombor curang, masang adsense di Bahasa Indonesia!

Memang curang dikit sih, Dul. Akan tetapi, jagoan bikin duit di internet juga pada curang memakai autoblogging. Sama saja toh?

Masih Ada Yang Mencari Hasil Quick Count Pilpres 2009

Kang Kombor heran bahwa hasil quick count pilpres 2009 masih bertengger sebagai artikel populer tertinggi di blog ini sampai hari ini. Pilpres sudah berlalu hampir sebulan yang lalu. Hasil quick count juga keluar pada hari yang sama. Akan tetapi, nyatanya hasil quick count pilpres 2009 masih tetap perkasa sebagai artikel populer tertinggi di blog ini.

image

Sebenarnya, apabila blog ini tidak migrasi hosting, artikel yang paling tinggi tentulah artikel tentang onani itu. Artikel yang dari judulnya tentu membuat orang mengira itu adalah cerita dewasa, hahaha!

Akan tetapi, nampaknya memang artikel tentang onani itu akan segera menggeser dua artikel di atasnya. Kita tunggu saja dalam waktu sebulan atau dua bulan ke depan.

Recess Rally Website Could Not Be Opened

I was wondering about recess rally, keywords that became the highest trends on Google Trends when I opened it two minutes ago. I live in Indonesia so that I don’t know much about recess rally that held in The United States.

From Doug Ross @ Journal, I found an image linked to recess rally website. I want to know more about recess rally, thing that made a best trends on Google Trends.  You are right, I then followed the link. Hi Doug, I borrow your image to show my visitor what image I found on your journal.

But, what became my disappointment was that recess rally website could be opened. My browser suggested that it might be a broken link. Wow… what a pity. I wanted to know about recess rally from its very website but the link that was recessrally.com was broken.

I then went to Wikipedia to look for some information. Might be Wikipedia has had contents about recess rally. But, again, it came to my disappointment. Wikipedia had no information about recess rally. But, from its tag: We The People Say NO to Socialized Healthcare, I suggest that the rally is aimed to fight against Presiden Obama plan to reduce healthcare cost in The United States so that poor people can afford the better healthcare services.

Selasa, Agustus 04, 2009

Mbah Surip Meninggal Dunia

Mbah Surip Meninggal Dunia

Foto Mbah Surip

Hari Minggu kemarin Kang Kombor melihat sebuah program televisi yang menampilkan sosok Mbah Surip yang sederhana dan tetap dengan kalimat ajaibnya yang terkenal itu “i love you full”. Dalam acara itu, nampak Mbah Surip begitu sehat. Ke mana-mana selalu digendong dibonceng sepeda motor.

Akan tetapi, siapa yang dapat menolak ajal yang datang? Tidak seorang manusia pun termasuk Mbah Surip. Hari ini, kita mendengar berita bahwa Mbah Surip telah meninggal dunia. Menurut informasi dari The Facia yang katanya dari Detik, Mbah Surip meninggal dunia pukul 10:30 WIB hari ini, Selasa 4 Agustus 2009.

Pelantun tembang Tak Gendong yang sangat fenomenal dengan perolehan hasil RBT milyaran rupiah itu selama hidupnya nampak bersahaja. Saat lagu Tak Gendong menjadi RBT favorit pun, Mbah Surip tetap sederhana. Hanya saja, Mbah Surip belum berhasil membeli helikopter, sebuah kendaraan mewah yang ingin dibelinya.

Selamat jalan, Mbah Surip. Semoga Allah mengampuni segala dosamu, melipatgandakan amalmu dan menempatkanmu di tempat yang mulia. Semoga teladanmu untuk tetap sederhana di tengah popularitasmu yang menanjak tinggi itu menjadi contoh bagi selebriti-selebriti muda Indonesia. Amin.

Senin, Agustus 03, 2009

Download Firefox telah Melewati Angka 1 Milyar

Hari Jumat (31/8/2009) yang lalu forefox telah mencapai angka download sebanyak 1.000.000.000 kali. One billion downloads. Sebuah angka yang fantastis yang tentunya akan terus bertambah.
Angka real time di Spread Firefox siang ini menunjukkan angka download sebanyak 1.003.434.693. Sedangkan, angka real time firefox download counter di twitter menunjukkan jumlah download sebanyak 1.003.447.818 dengan kecepatan download sebanyak 12.1 download per detik pada 3 Agustus 2008 pukul 03:51 UTC.

Untuk merayakan 1 Milyar download tersebut Mozilla telah meluncurkan sebuah website dengan domain onebillionplusyou.com.

spanduk perayaan angka unduhan firefox 1 milyar



Saat ini, hampir semua blogger menggunakan firefox. Rubah Api itu nampaknya menjadi browser wajib yang harus ada di PC para blogger. Kecuali pengguna Mac mungkin, yang memiliki Safari secara default.

Kang Kombor sendiri menyetel firefox sebagai default browser di komputer yang Kang Kombor pakai. Browser lain yang juga Kang Kombor instal seperti IE8, Safari, Chrome dan Flock hanya Kang Kombor pakai sebagai pendamping. Browser yang paling sering dibuka secara bersamaan adalah Firefox dan Chrome.

Mozilla mengucapkan terimakasihnya karena kita telah menggunakan firefox dan mengingatkan agar kita tidak lupa untuk upgrade ke Firefox 3.5.


Sudahkah Sampeyan menjadi bagian dari 1 Milyar pengguna Firefox?