Kamis, September 30, 2010

Gerakan 30 September 2010/Kombor

PERINGATAN! Kiriman ini banyak gambarnya.


Hari ini 45 tahun yang lalu terjadi peristiwa yang oleh Orde Baru diberi nama Gerakan 30 September/PKI atau G30S/PKI. Pada peristiwa itu, terjadi penculikan beberapa perwira tinggi Angkatan Darat di Jakarta. Di Yogyakarta juga ada gerakan serupa. Pemerintah Orde Baru membebankan dosa atas percobaan kudeta tersebut kepada Partai Komunis Indonesia atau PKI yang waktu itu diketuai oleh DN Aidit.


Kang Kombor tidak akan membahas masalah peristiwa sejarah tersebut. Buku soal itu sudah banyak. Ada buku hitam, buku abu-abu, buku putih sampai buku nggak jelas. Dus, kalau Kang Kombor membahas peristiwa itu lagi nanti malah jadi nggak jelas. Mending Kang Kombor membahas Gerakan 30 September 2010/Kombor, yaitu gerakan Kang Kombor berangkat ke kantor hari ini tadi.


Kang Kombor berangkat dari rumah pukul 12:45 WIB. Siang amat sih! Di bawah ini adalah hal-hal yang Kang Kombor temui.


Jalan yang rusak parah di Bundaran 5 Citra Raya Tangerang sudah ditambal.


IMG00028-20100930-1247.jpg


Eh, ternyata cuma di tikungan saja yang sudah ditambal. Selanjutnya masih penuh lubang.


IMG00030-20100930-1247.jpg


Baru juga sampai SPBU Cikupa hujan turun.


IMG00031-20100930-1304.jpg


Saking lebatnya hujan, genangan air terjadi di mana-mana. Di dekat RSB Permatah Hati, sebuah angkot Roda Niaga jurusan Cimone - Tigaraksa mogok.


IMG00032-20100930-1309.jpg


Nggak percaya itu di dekat RSB Permata Hati? Lihat saja gambar di bawah.


IMG00033-20100930-1310.jpg


Di depan Pabrik Kopi Torabika ada genangan air lagi.


IMG00034-20100930-1311.jpg


Begitu pula di depan PT Respati Turbine Engineering atau yang biasa disebut Galian.


IMG00035-20100930-1314.jpg


Hujan sangat deras di tol Jakarta - Merak sekitar Bitung.


IMG00036-20100930-1320.jpg


Memasuki wilayah Karawaci, tidak ada hujan.


IMG00037-20100930-1326.jpg


Tidak ada hujan sampai di WTC Matahari Serpong. Yang ada adalah sekelompok anak sekolah yang menyeberang tidak di Jembatan Penyeberang Orang yang sudah dibuat oleh Pemkot Tangerang Selatan di depan WTC Matahari Serpong. Selain anak-anak berseragam itu paling kanan sebenarnya ada seorang karyawati Matahari Departmen Store yang seragamnya rok abu-abu dan blus putih. Untung dia tidak tertangkap kamera.


IMG00038-20100930-1343.jpg


Di depan Ghra Telkom BSD kembali hujan. Udah begitu, jalan macet.


IMG00039-20100930-1347.jpg


Ternyata kemacetan di depan Ghra Serpong itu disebabkan oleh pengendara sepeda motor yang berteduh di bawah JPO BSD Plaza. Mereka berteduh sampai makan separuh badan jalan. Mestinya mereka paham bahwa JPO bukan tempat berteduh.


IMG00044-20100930-1353.jpg


Masuk Tol Serpong - JORR hujan deras lagi. Jarak pandang hanya sekitar 50 meter saat lebat-lebatnya. Foto di bawah bukan saat paling lebat.


IMG00045-20100930-1401.jpg


Di Gerbang tol Pondok Ranji, gerimis pun tiada.


IMG00050-20100930-1404.jpg


Saat mau melewati kantor Om Caplang, Kang Kombor kembali memasuki wilayah hujan. Di area hujan yang ini pun hujan turun dengan sangat lebatnya.


IMG00058-20100930-1411.jpg


Di Perempatan Fatmawati atau Lebak Bulus pun hujan masih lebat.


IMG00060-20100930-1416.jpg


Alhamdulillah sampai di kantor sedang tidak hujan sehingga Gerakan 30 September 2010/Kombor bisa sukses tanpa harus berbasah-basah dari tempat parkir menuju tempat kerja.


Bagaimana dengan Gerakan 30 September 2010 Kawan-Kawan sendiri? Apakah ada yang khusus?

Selasa, September 28, 2010

Spesifikasi BlackBerry PlayBook Tablet dari RIM


BlackBerry PlayBook memiliki ketebalan 9,7 mm dengan layar 7-inci, mendukung sepenuhnya Adobe Flash dan Java.

Pengguna BlackBerry dapat menghubungkan BlackBerry dan PlayBook menggunakan koneksi bluetooth.

BlackBerry PlayBook mendukung video 1080p HD dan juga mendukung HDMI dan USB.
Selain itu, perangkat ini mendukung Flash Player 10.1, HTML5, Adobe AIR (Adobe Integrated Runtime) serta Java.

Aplikasi BlackBerry 6 bisa digunakan pada PlayBook juga. PlayBook memiliki prosesor dual core 1GHz dan RAM 1GB serta Wi-Fi 802.11 dan bluetooth.

Tablet ini memakai sistem operasi (OS) buatan QNX Neutrino microkernel yang biasa digunakan pada sistem pesawat, kereta, mobil dan perlengkapan medis.




PlayBook Si Tablet dari Blackberry


PlayBook, tablet dari BlackBerry yang diproduksi untuk melawan iPad. Sebentar lagi pasar tablet akan semakin ramai karena Samsung dan Dell ditambah Microsoft juga sudah siap bermain.

Kang Kombor mau nunggu tabletnya Nexian saja. Apabila ada, dijamin harganya super murah :)

Senin, September 27, 2010

Gupak Pulut Ora Melu Mangan Nangkane

Gupak pulut ora melu mangan nangkane artinya belepotan getah tetapi tidak ikut makan nangkanya. Itu mungkin perasaan Sri Sumartini yang merasa didholimi oleh beberapa penyidik Polri dalam kasus Mafia Pajak Gayus Tambunan.

curhat sri sumartini

Jumat, September 24, 2010

Mari Bicara Pembatasan Subsidi BBM untuk Mobil Pribadi

Pembatasan BBM Bersubsidi


Akhir-akhir ini, yah paling tidak sampai minggu lalu, kita disuguhi wacana pembatasan subsidi BBM untuk kedaraan bermotor. Isu yang sudah mengemuka adalah mobil pribadi yang diproduksi mulai 2005 ke atas diwajibkan menggunakan BBM non-subsidi.


Kang Kombor sejak dulu punya pemikiran mengenai subsidi BBM ini, yaitu bahan bakar bersubsidi hanya diberikan kepada kendaraan umum, angkutan sembako dan sepeda motor. Kendaraan umum jelas agar supaya ongkos angkot, bus kota, dan bus antarkota tidak mahal. Angkutan sembako untuk menjaga agar harga sembako tidak dengan semena-mena menjadi mahal gara-gara ongkos angkut mahal. Sepeda motor ya karena sebanyak-banyaknya bensin bisa dibeli oleh sepeda motor (yang umum ya) tidak akan lebih dari 20 liter. Bajaj Pulsar 180cc isi tangki bensinnya 18 liter dari posisi kosong blong. Rasio penggunaan bahan bakarnya yang umum 1 liter untuk 36 km. Jadi apabila ada yang ngisi penuh 18 liter, ia baru akan kembali ke pom bensin setelah mondar-mandir sejauh 648 km.


Bagaimana dengan wacana mobil 2005 ke atas wajib pertamax?


spbu pertamina.jpg


Kang Kombor kira kita harus melihat lebih jauh lagi. Mobil bertahun 2005 ke atas penggunaan bahan bakarnya lebih irit daripada mobil bertahun 2005 ke bawah. Selain itu, mobil produksi 2005 ke atas tentu sudah lebih ramah lingkungan daripada mobil produksi 2005 ke bawah. Jadi, sebenarnya, tujuan pembatasan BBM bersubsidi untuk mobil produksi 2005 ke atas itu apa? Apakah karena harga mobil 2005 ke atas lebih mahal daripada harga mobil 2005 ke bawah? Soal harga mobil kan relatif. Harga mobil 2010 Rp150juta bisa saja secara riil sama dengan harga mobil 2008 Rp135juta. Atau, bisa saja secara riil sama dengan harga mobil 1995 Rp85juta.


Kang Kombor melihat dengan cara berbeda. OK, ada orang punya uang Rp35juta dan ingin punya mobil. Nah, orang itu beli sedan BMW bekas tahun 1990. Dapatlah ia sedan BMW bekas itu. Harga lebih murah daripada harga Toyota Avanza bekas tahun 2006. Akan tetapi, konsumsi bahan bakar sedan BMW dan Avanza itu kan berbeda jauh. Avanza jauh lebih irit daripada sedan BMW. Lagipula, harga BMW bekas itu lebih murah karena biaya perawatan dan harga suku cadangnya mahal, bukan karena harganya memang murah. Coba saja bandingkan harga sedan BMW baru dengan Toyota Avanza atau Kijang. Lantas, apa tujuannya membatasi BBM bersubsidi untuk mobil 2005 ke atas apabila mobil 2005 ke bawah ternyata lebih boros penggunaan bahan bakarnya?


Kang Kombor punya alternatif lain. Kendaraan berkapasitas mesin 1500 CC ke atas wajib memakai BBM non-subsidi. Atau, nggak usah pakai pembatasan-pembatasan berupa kebijakan tetapi SPBU PERTAMINA menyediakan dispenser premium untuk mobil cukup 1 pompa saja, yang lain Pertamax dan Pertamax Plus. Untuk sepeda motor tetap lebih banyak dispenser premium daripada pertamax. Nah, pembatasan itu tidak mengutak-atik kebijakan negara. Apabila ada orang protes, PERTAMINA cukup menjawab, "Apabila Saudara mau beli bensin premium ya silakan antri. Apabila tidak mau antri, silakan beli saja Pertamax atau Pertamax Plus!"


Gitu aja kok repot!

KBBC Merajut Silaturahmi Melalui Halal Bil Halal

halal bil halal kbbc


Alhamdulillaah pada 18 September 2010 yang lalu, di hari Sabtu yang cerah, KBBC (Komunitas Bloger Benteng Cisadane) atau Komunitas Bloger Tangerang melaksanakan halal bil halal di rumah Mbak Triyani. Halal bil halal itu selain untuk mempererat ikatan silaturahmi anggota KBBC juga dipergunakan untuk ajang rapat. Ada beberapa agenda yang dihasilkan dalam acara halal bil halal (plus rapat itu) yaitu:



  1. Penetapan Struktur Organisasi baru KBBC. Alhamdulillah Payjo tetap menempati posisi Koordinator.

  2. Peluncuran logo baru KBBC

  3. Pemilihan mode partisipasi KBBC di Pesta Blogger 2010 sekaligus memilih PIC untuk membuat konsep partisipasi yang akan dikirim ke Panitia Pesta Blogger 2010


Acara halal bil halal tidak lengkap apabila hanya disisi dengan diskusi. Makan-makan adalah acara inti yang ditunggu-tunggu semua hadirin. Alhamdulillaah Mbak Tri telah menyediakan kudapan serta menu makan siang yang sangat lezat sehingga seluruh hadirin merasa puas.


Untuk daftar hadir dan laporan yang lebih lengkap dapat dilihat di Kopdar 3 in 1.

Selasa, September 07, 2010

Download Kartu Lebaran

Idul Fitri atau Lebaran adalah Hari Raya Agama Islam yang jatuh pada setiap tanggal 1 Syawal. Hari besar ini dirayakan setelah umat Islam dan orang-orang beriman melaksanakan puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Pada hari lebaran orang saling bermaaf-maafan. Yang bisa bertemu saling mengunjungi. Yang tidak sempat bertemu bisanya saling berkirim kartu lebaran atau sms lebaran.


Nah, Kang Kombor ada dua contoh kartu lebaran yang bisa dipakai. Kartu lebaran ini berformat JPG. Untuk mendownloadnya silakan klik kanan kemudian Save as.


selamat-idul-fitri-1431h-01.jpg


Seiring terbitnya surya, samudera hati perlu kita luaskan, untuk meminta dan menerima maaf


selamat-idul-fitri-1431h-02.jpg


di sela kumandang takbir, dan beduk yang bersahutan, ijinkan aku mengetuk pintu maafmu, atas segala salah dan khilaf


Selamat Idul Fitri 1431 H, Mohon Maaf Lahir Batin.




Technorati : ,

Del.icio.us : ,

Zooomr : ,

Flickr : ,