Pelatihan Blog KBBC di SMA 1 Kabupaten Tangerang

Setelah melakukan Pelatihan Blog di SMK Al-Amanah, Setu, Tangerang Selatan, akhirnya pada 8 Agustus 2010 yang lalu Komunitas Bloger Benteng Cisadane kembali melakukan pelatihan blog untuk yang ketiga kalinya. Pelatihan Blog III KBBC tersebut dilakukan di SMA 1 Kabupaten Tangerang di Balaraja.


Pelatihan blog dijadwalkan berlangsung mulai pukul 10:00 WIB. Em Zanu, Payjo, Riri, Andi Sakab, Rizki dan Iwan suda tiba di sana sejak sekitar pukul sepuluh. Kang Cacah datang tidak lama kemudian. Kang Kombor sendiri yang minta untuk dijadwalkan di sesi 2 baru tiba di SMA 1 Kabupaten Tangerang sekitar pukul duabelas. Kang Kombor harus kerja bakti dulu di komplek sehingga kudu bagi-bagi waktu.


Em Zanu sudah melaporkan kegiatan di sesi pertama pelatihan blog di Balaraja tersebut di blognya sehingga Kang Kombor cukup melaporkan kegiatan pada sesi 2.


Oh ya, seperti yang dilaporkan di blognya Em Zanu dengan bukti adanya penampakan Kang Kombor di sana maka Kang Kombor memang sempat mengikuti jalannya pelatihan di sesi 1 yang dibawakan oleh Payjo sebagai instruktur. Kang Kombor juga sempat mengambil gambar saat kepada peserta pelatihan dibagikan souvenir berupa kaos dari DagDigDug dan pin KBBC.


pembagian-souvenir-pelatihan.jpg


pembagian-souvenir-pelatihan-1.jpg


Beberapa gambar yang lain dapat dilihat di Album Pelatihan Blog KBBC di SMA 1 Kabupaten Tangerang.


Sesi 2 pelatihan dimulai sekitar pukul 13:30 setelah para instruktur yang datang sejak pagi selesai makan siang. Kasihan, perut mereka ternyata keroncongan. Lihat saja aksi mereka saat makan siang di bawah ini.


instruktur-makan-siang.jpg


Di Sesi 2 Kang Kombor membawakan materi cara membuat blog. Pelatihan blog ini memang pelatihan mulai dari dasar. Akibatnya, apabila ada peserta yang belum punya email, kami akan dengan sabar menunggui mereka untuk membuat email dulu. Email itu penting karena saat mendaftar ke penyedia layanan blog baik itu DagDigDug maupun wordpress.com, perintah aktivasi akan dikirim ke akun surel pendaftar.


Layanan blog yang dipakai di sesi 2 adalah wordpress.com. Seharusnya DagDigDug yang dipakai tetapi karena pada sesi 1 terjadi kegagalan DagDigDug untuk mengirim surel aktivasi maka diputuskan untuk berganti ke wordpress.com. Mohon maaf ya, DagDigDug, hal tersebut di luar keinginan kami.


Alhamdulillah, di tengah kurang memadainya akses internet yang ada di Laboratorium Komputer SMA 1 Kabupaten Tangerang, Kang Kombor berhasil membimbing peserta untuk mendaftar blog dan membuat kiriman (posting). Selain itu, Kang Kombor juga berhasil mengajak peserta untuk praktek blogwalking (mengunjungi blog lain) dan commenting (memberi komentar pada kiriman blogger lain). Dus, aktivitas utama blogger yaitu posting, blogwalking dan commenting sudah dipraktekkan oleh peserta.


Pelatihan blogdi sesi 2 ini berakhir sekitar pukul 15 WIB karena Panitia dari MSN (Majalah Siswa Nekat) memang ijin ke sekolah untuk menggunakan fasilitas Lab Komputer sampai pukul 15:00 WIB saja.


Berkaca dari pelatihan blog sebelumnya, belum tentu pelatihan blog yang dilakukan berhasil menelurkan blogger baru. Akan tetapi, KBBC tidak akan pernah jera untuk melakukan pelatihan blog dengan harapan dari beberapa kegiatan pelatihan blog yang dilakukan oleh KBBC tetap akan lahir bloggers baru.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 27, 2010 10:16:00 PM

OK lah Boz....semoga Blogger menjadi makanan sehari-hari

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 12:02:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan