Breaking News
Loading...
Thursday, January 20, 2011

Paspor John Jerome Agen CIA Calo Paspor Gayus Tambunan

1:22:00 PM

Gayus Tambunan mengatakan bahwa calo paspor palsunya bernama John Jerome adalah agen CIA yang juga diketahui oleh Satgas Anti Mafia Hukum. Gayus bercerita bahwa ia pergi ke Singapura untuk bertemu dengan Satgas Anti Mafia Hukum di negeri bikinan Thomas Stanford Raffless itu.
Foto John Jerome dan paspornya dari Kompas.com

Kini, petugas imigrasi sudah ada yang dihukum karena adanya paspor Sonny Laksono. Mereka pegawai kecil yang mungkin saja tidak bersalah melainkan hanya lalai karena meloloskan Sonny Laksono dengan paspor palsunya. Yang perlu kita jadikan perhatian adalah bahwa fisik paspor Sony Laksono itu sampai saat ini tidak ditemukan. Paspor Sonny Laksono yang disebarkan melalui kicauan Denny Indrayana di twitter bisa jadi merupakan gambar dari layar komputer Border Management Control (BCM) imigrasi.


Dalam melakukan pemindaian paspor, BCM memiliki lampu indikator seperti lampu lalu lintas, yaitu merah, kuning dan hijau. Merah identik dengan cekal di mana si pemilik paspor tidak akan dapat keluar dari wilayah imigrasi Indonesia. Hijau artinya bersih. Si pemilik paspor boleh lewat. Nah, untuk yang kuning berarti ada sesuatu yang janggal. Untuk sinyal berwarna kuning ini eksekusinya diserahkan kepada pihak pendaratan alias pelabuhan tujuan. Ini yang membingungkan karena sinyal kuning berarti si pemilik paspor boleh lewat. Nah, nanti pada saat pemilik paspor masuk ke Indonesia lagi, sinyalnya akan menjadi hijau karena paspornya pernah dipindai oleh Imigrasi Bandara.

Aneh kan? Nah, mari kita teruskan skenariio Gayus masuk Singapura.
Kita asumsikan imigrasi Singapura adalah imigrasi yang memiliki peralatan canggih sehingga akan lebih dapat menangkap paspor palsu. Foto yang dipakai pada paspor Sony Laksono jelas foto aneh dan tentu Imigrasi Singapura tidak akan meloloskannya. Dengan demikian, kemungkinan besar Gayus memang masuk ke Singapura menggunakan paspor lain, bukan paspor Sony Laksono. Mungkin  paspor Guyana yang dibuat melalui John Jerome itu yang dipergunakan oleh Gayus untuk masuk ke Singapura.

Bagaimana Gayus bisa lolos dari Imigrasi Indonesia? Kang Kombor menduga ini tentu ada operasi pihak kepolisian. Artinya, tangan polisi ikut bermain di sini. Apabila tangan polisi tidak main, tentu petugas imigrasi kita juga akan dapat dengan mudah mengidentifikasi sangat janggalnya foto Gayus pada paspor Sony Laksono. Kang Kombor menduga lebih liar, jangan-jangan Devina justru adalah salah satu petugas kepolisian yang ikut mengantarkan Gayus ke Singapura karena ia bisa kebetulan berangkat dan pulang bersama-sama. Ah… tetapi yang ini imajinasi liar Kang Kombor saja.

Petugas Imigrasi sudah ada yang dihukum. Lalu, bagaimana dengan para petugas Mako Brimob Kelapa Dua? Bukankah Gayus dipenjara di Rumah Tahanan Mako Brimob Kepala Dua? Artinya, keluar dan masuknya Gayus dari Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua menjadi tanggung jawab sepenuhnya pihak Mako Brimob dan Kepolisian. Masa sih tidak ada pimpinan Mako Brimob atau Kepolisian yang terlibat? Kalau ada yang terlibat, sudah dihukum atau belum? Apa bentuk hukumannya? Kita tentu tidak boleh melupakan peran Mako Brimob Kelapa Dua dalam kasus keluar masuknya Gayus dari penjara itu. Tidak adil apabila hanya Imigrasi yang dihukum sedangkan yang mengeluarkan Gayus dari penjara tidak dihukum.

Oh iya, Kang Kombor sebenarnya hanya ingin menunjukkan hasil pindaian paspor John Jerome yang menjadi calo paspor Gayus. Hasil pindaian yang agak lebih jelas. Mungkin ini hanya mengulang apa yang sudah disebar di internet. Ya tidak apa-apa. Narablog memang ada yang melakukan penyebaran ulang.

Hasil pindaian paspor John Jerome


Itu dia. John Jerome, seorang Warga Negara Amerika Serikat yang disebut oleh Gayus sebagai agen CIA yang juga sudah diketahui oleh Satgas Anti Mafia Hukum.

Apakah John Jerome benar agen CIA? Entahlah. Apakah Gayus memang ke Singapura untuk ketemu Satgas Anti Mafia Hukum? Entahlah. Menurut para tokoh lintas agama, Presiden saja berbohong. Apalagi John Jerome, Gayus atau Satgas Anti Mafia Hukum.

Yang pasti, paspor John Jerome itu tidak bohong bahwa dia warga negara Amerika Serikat.

3 comments:

  1. Pegawai kecil yang meloloskan itu mungkin juga karena takut sama atasannya Mas...
    Repot juga!
    Meloloskan dipecat, nggak meloloskan juga kayaknya dipecat juga.
    Orang kecil kegencet

    ReplyDelete
  2. Salam Takzim
    Izin menyimak dan menikmati ruang
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  3. @marsudiyanto:
    Susah jadi orang kecil ya, Pak Dhe...

    @batavusqu:
    Tabik, Om.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer