Mutiara Selatan dan Lodaya Malam

Mutiara Selatan dan Lodaya Malam adalah nama dua buah kereta api menuju dan dari Bandung. Mutiara Selatan melayani penumpang dari Surabaya menuju Bandung dan sebaliknya. Kereta ini memiliki kelas eksekutif dan bisnis. Sedangkan, Lodaya Malam adalah kereta api yang melayani penumpang dari Solo Balapan menuju Bandung dan sebaliknya. Seperti halnya Mutiara Selatan, Lodaya Malam memiliki kelas eksekutif dan bisnis.

Rabu (27 Juli 2011) yang lalu Kang Kombor bertolak menuju Parijs van Java menggunakan kereta api Mutiara Selatan. Sedianya Kang Kombor akan menggunakan kereta api Lodaya Malam tetapi saat pesan karcis sehari sebelumnya karcis Lodaya Malam sudah habis dipesan. Karena banyak kereta api menuju Bandung, Kang Kombor pun kemudian memesan karcis kereta api Mutiara Selatan.

Kereta api Mutiara Selatan berangkat dari Surabaya. Kereta api ini dijadwalkan tiba di Stasiun Tugu, Yogyakarta, pada pukul 21:50 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pada 05:41 WIB. Hari Rabu lalu itu, melalui pengeras suara diinformasikan bahwa kereta api Mutiara Selatan akan memasuki Stasiun Tugu pada 22:10 WIB, terlambat 20 menit dari jadwal yang tertera pada karcis. Pada saat kereta api Mutiara Selatan tiba di Stasiun Tugu pada 27 Juli 2011 itu, jam dinding di Stasiun Tugu menunjukkan waktu 22:15 WIB.

Perjalanan malam selalu tidak menyenangkan karena Kang Kombor hanya dapat tidur saja selama kereta besi itu melintasi rel melewati wilayah-wilayah di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sesungguhnya, pada siang hari, pemandangan sepanjang jalur kereta api selalu sedap dipandang. Kita pun akan takjub kepada Sang Maha Pencipta yang dapat melukis pemandangan yang seindah itu.

Singkat cerita, kereta Mutiara Selatan yang Kang Kombor tumpangi tiba di Stasiun Bandung pada pukul 06:20 WIB. Kang Kombor dijemput seorang kawan dan segera meluncur mencari sarapan dan dilanjutkan menuju kantornya.

Kang Kombor ada keperluan selama dua hari di Bandung. Pada Jumat (29 Juli 2011) malam, Kang Kombor langsung pulang ke Yogyakarta menggunakan kereta api Lodaya Malam. Kereta ini dijadwalkan untuk berangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 20:00 WIB dan tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pada 04:04 WIB dan selanjutnya menuju Stasiun Solo Balapan. Karena berangkat dari Stasiun Bandung, kereta api Lodaya Malam yang Kang Kombor tumpangi pada hari Jumat kemarin berangkat tepat waktu dan tiba di Stasiun Tugu pada Sabtu menjelang shubuh pukul 04:06 WIB.



Saat berangkat ke Bandung, karcis Lodaya Malam sudah habis dipesan pada saat Kang Kombor akan pesan karcis. Mutiara Selatan karcisnya masih tersedia. Selama perjalanan ke Bandung, kereta Mutiara Selatan tidak penuh. Mungkin karena sudah ada sebagian penumpang yang turun di stasiun-stasiun sebelumnya. Sebaliknya, Lodaya Malam saat berangkat dari Stasiun Bandung pun sudah penuh. Kereta Bisnis 3 yang tepat berada di belakang lokomotif di mana Kang Kombor duduk malam Sabtu itu pun sudah dipenuhi banyak penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk dan tiduran di lorong antara tempat duduk. Mereka menggelar koran sebagai alas tidur. Pemandangan yang biasa pada saat lebaran...
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Agustus 03, 2011 8:19:00 AM

Salam kenal mas, kalo saya malah kalo naik kereta selalu ekonomi mas..hehe pernah nih perjalanan ke jogja sampe stasiun balapan KA macet beberapa jam..wuih-wuih..jadi ikan kering dah..he

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:40:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan