Pentingnya Membackup Berkas Penting Secara Daring (Online Backup)

berkasBaru-baru ini kawan saya Ari Juliano mendapat musibah. Laptop, iPad dan BlackBerry miliknya dibawa kabur pembantu yang baru sehari diterima bekerja di rumahnya. Laptop, iPad dan Blackberry tentu saja merupakan barang-barang berharga. Akan tetapi, yang lebih berharga adalah berkas-berkas penting yang terdapat di dalam ketiga perangkat tersebut.


Tiga tahun lalu, kawan saya yang lain dicuri laptopnya. External hard disk yang dipergunakan sebagai back up ikut digondol maling karena disimpan di dalam tas laptop.


Dua kejadian di atas mengingatkan Kang Kombor mengenai pentingnya melakukan backup berkas-berkas digital secara online agar apabila perangkat keras yang kita miliki hilang kita masih dapat mengakses berkas-berkas digital yang kita miliki.



Kang Kombor sendiri selain menyimpan berkas digital penting di laptop dan external hard disk yang terpisah penyimpanannya dari laptop juga menyimpan berkas digital penting secara daring untuk mengantisipasi kejadian-kejadian seperti di atas. Selain berguna sebagai back up, menyimpan berkas digital penting secara daring juga memberikan manfaat lain yaitu tidak perlunya kita membawa-bawa perangkat keras apabila kita harus melakukan perjalanan kerja ke luar kota atau ke luar negeri sekalipun. Perjalanan ke luar kota atau ke luar negeri kadang-kadang memungkinkan kita untuk kehilangan perangkat keras seperti laptop, iPad, kamera digital, telepon genggam dan lain-lain. Nah, dengan menyimpan berkas digital penting secara online, kita tidak perlu membawa-bawa berkas digital penting di dalam perangkat keras kita agar apabila perangkat keras kita hilang, berkas digital penting yang kemungkinan juga rahasia tidak ikut tercuri.


Tempat Penyimpanan Daring


Tempat penyimpanan daring (online storage) yang Kang Kombor pakai adalah tempat penyimpanan yang gratis. Ia adalah SkyDrive yang dimiliki oleh Microsoft. Kapasitas penyimpanannya 25 Giga Byte, tentu sangat cukup untuk menjadi alternatif penyimpanan berkas-berkas digital penting yang kita miliki.


Nah, tunggu apa lagi? Apabila kita sering bekerja menggunakan berkas digital, berkawan dengan online storage tidak ada ruginya.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Juli 14, 2011 6:16:00 PM

Mulai mikir2 untuk penyimpanan online, soalnya kompi sering buat riset dan ngga jarang harus bolak balik format. Tapi, perlu jaringan kuat ngga seperti jaringan lemot milik saya :(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Juli 15, 2011 12:43:00 PM

@Kaget: Apabila yang mau disimpan file berkapasitas besar, akses internet yang baik memang diperlukan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:45:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan