Topi Bambu Raksasa

Rizki sedang mengukur diameter ilaban
Waktu masih tinggal di Kabupaten Tangerang dulu, Kang Kombor bersama beberapa kawan blogger mendirikan Komunitas TopiBambu. Ini adalah sebuah komunitas online yang bertujuan untuk menjadi agen pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan ekonomi. Komunitas TopiBambu berencana untuk menulis profil para pengusaha mikro dan kecil dan mempublikasikannya di website TopiBambu. Nama topi bambu sendiri Kang Kombor yang mengusulkan setelah Kang Kombor melakukan pencarian di internet dan mendapati bahwa topi bambu pernah menjadi produk unggulan Tangerang di masa penjajahan Belanda dulu. Topi bambu pun dipergunakan dalam lambang Kabupaten Tangerang sebagai simbol hasil kerajinan dan industri Kabupaten Tangerang.

Berbagai kegiatan sudah dilakukan Komunitas TopiBambu untuk mengenalkan kembali topi bambu Tangerang. Menulis di website TopiBambu, memamerkan topi bambu dan menjual topi bambu sudah pernah dilakukan oleh Komunitas TopiBambu. Yang terakhir, Komunitas TopiBambu bekerjasama dengan Trans7 untuk mengenalkan topi bambu melalui acara Laptop Si Unyil.

Nah, untuk membuat topi bambu Tangerang semakin dikenal kembali, Komunitas TopiBambu memutuskan untuk membuat topi bambu raksasa bergaris tengah 2 meter. Pembuatan topi bambu raksasa itu diusulkan oleh Kang Agus Cikupa dan disepakati oleh semua pengurus topi bambu. Sebelum Kang Kombor pindah ke Sleman, sekretariat Komunitas TopiBambu adalah rumah Kang Kombor sehingga pertemuan-pertemuan TopiBambu sering diadakan di rumah Kang Kombor.


Kini, setelah Kang Kombor berada di Sleman, topi bambu raksasa itu sudah hampir selesai dikerjakan. Jujur saja, sulit untuk membujuk penganyam ilaban (anyaman topi bambu setengah jadi) untuk menganyam ilaban topi bambu raksasa. Oleh karena itu, mendapat kabar bahwa ilaban bergaris tengah 2 meter sudah selesai satu, Kang Kombor pun sangat gembira. Mudah-mudahan penganyam ilaban mau menganyam ilaban satu lagi karena untuk sebuah topi bambu diperlukan dua buah ilaban.

Topi bambu raksasa setengah jadi
Topi bambu raksasa itu nanti akan menjadi properti tambahan bagi Komunitas TopiBambu yang sebelumnya sudah memiliki topi bambu besar yang sudah dibawa pameran beberapa kali.

Mari kita doakan agar topi bambu raksasa itu segera selesai dibuat dan bisa segera dipamerkan.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juli 26, 2011 9:12:00 AM

wow topi nya gede amat kang,
jadi penasaran sama komunitas nya.hehe,,,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Agustus 01, 2011 5:52:00 AM

@Naughtyric: Kalau penasaran silakan ke http://topibambu.com untuk melihat langsung aktivitas Komunitas TopiBambu

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:41:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan