Membuat Toko Online Semi Otomatis Dengan Blogspot dan Google Docs

Kang Kombor melihat banyak penjual yang membuat toko online atau katalog produk online dengan blogspot. Kebanyakan toko online atau katalog produk online dengan blogspot itu menggunakan sistem pemesanan melalui telepon, sms atau email, belum dibuat semi otomatis sehingga pemesan bisa langsung mengisi formulir secara daring (online). Nah, berangkat dari hal tersebut, Kang Kombor memberikan saran untuk membuat toko online semi otomatis menggunakan layanan blog gratis dari blogspot dan formulir online gratis dari Google Docs.



Kang Kombor menyebutkan toko online semi otomatis karena yang otomatis adalah sistem pemesanannya saja. Selanjutnya, penjual tetap harus melakukan tindak lanjut (follow up) baik melalui email atau pun telepon.

Yang dibutuhkan untuk membuat Toko Online Semi Otomatis ini adalah:
  1. Akun Google untuk mengakses Blogger dan Google Docs
  2. Blog di Blogspot
  3. Formulir online dari Google Docs
Blog di Blogspot

Kang Kombor berasumsi bahwa sebagian besar sudah dapat membuat blog di blogspot. Apabila ada yang belum, insya' Allah nanti Kang Kombor siapkan panduan praktisnya.

Formulir online dari Google Docs

Google Docs adalah layanan pemroses dokumen daring yang disediakan oleh Google. Di sana kita dapat membuat berkas dokumen (seperti MS Word), spread sheet (seperti MS Excel), presentasi (seperti MS PowerPoint, formulir, dan gambar (seperti MS Paint). Untuk keperluan membuat sistem pemesanan online ini, yang perlu kita lakukan adalah membuat formulir pemesanan produk yang tautnya disediakan di setiap kiriman (posting) produk yang kita publikasikan ke blog kita. Formulir online itu dapat diatur untuk mengirim email kepada kita setiap kali ada yang mengisi formulir atau sehari sekali. Dengan demikian, yang perlu kita lakukan adalah memeriksa email secara berkala setiap hari untuk melihat apakah ada pesanan yang masuk atau tidak.

Contoh Toko Online Semi Otomatis dengan Blogspot dan Formulir Online Google Docs

Pada saat menulis kiriman ini, Kang Kombor sudah melakukan uji coba terlebih dahulu sehingga siapa pun dapat membuat toko online semi otomatis seperti yang Kang Kombor utarakan di sini. Silakan lihat contoh hidupnya di taut di bawah ini:

Untuk contoh di atas, Kang Kombor membuat sebuah formulir untuk setiap produk. Pada prakteknya, bisa dibuat hanya satu formulir dengan syarat setiap produk dibuatkan kodenya sehingga apabila ada pesanan, penjual tidak bingung mengenai produk yang dipesan. Untuk memudahkan pembeli, sebaiknya formulir diatur untuk terbuka di sebuah jendela peramban yang baru, bukan di jendela peramban yang sama. Apabila formulir terbuka di jendela peramban yang sama, halaman produk akan tenggelam bersama dimuatnya formulir pemesanan.

Kira-kira itu yang dapat Kang Kombor sampaikan saat ini. Insya' Allah nanti Kang Kombor akan buatkan panduannya. Gratis.

Eh, itu juga apabila ada yang tertarik...

Komentar

  1. buatin dong kang panduannya, gratis kan ??? hehe "ngarep" ;)

    BalasHapus
  2. kalau sudah jadi panduannya langsung di posting ya kang, hehe ;)

    BalasHapus
  3. Yg sdh pny toko online, ingin mengenalkan produk2 jualannya...
    silahkan promosi disini..
    "...Pasang Iklan Gratis Langsung Tayang..."

    >> http://webiklangratis01.blogspot.com

    slm knl buat yg pny blog dan semua sobat2 blogger !!

    BalasHapus

Posting Komentar