Adakah Pahlawan Yang Hidup?

Setiap kalender kita menunjukkan tanggal 10 November, bangsa kita memperingati Hari Pahlawan. Hari untuk mengenang jiwa dan semangat kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Arek-Arek Suroboyo yang di tengah keterbatasan dengan gagah berani melawan Tentara Sekutu yang datang ke Surabaya untuk melucuti senjata tentara Jepang. Apa mau dikata, tentara Jepang sudah tidak bersenjata karena terlebih dulu dilucuti oleh para pejuang Surabaya. Sekutu yang diboncengi NICA pun meminta agar warga Surabaya menyerahkan persenjataan yang dimiliki dengan tanpa syarat sama sekali. Arek-Arek Suroboyo tidak mau. Alih-alih menyerahkan senjata, mereka malah menggranat mobil Jenderal Mallaby sehingga jenderal Sekutu yang ampuh itu pun tewas di Surabaya. Akibatnya, Sekutu menyerang Arek-Arek Suroboyo dari darat, laut dan udara.

Apa Arek-Arek Suroboyo menang? Tentu saja tidak. Arek-Arek Suroboyo kalah dengan korban yang tidak sedikit. Akan tetapi, keberanian mereka untuk mempertahankan kemerdekaan dan setiap jengkal tanah Republik lah yang patut kita teladani.



Pahlawan bagi bangsa kita adalah mereka yang telah gugur atau menghadap Tuhan mendahului kita. Setidaknya, itulah yang yang tercermin dari pemberian gelar pahlawan yang diberikan oleh negara kepada putra-putri bangsa yang dinilai telah berjasa kepada bangsa dan negara. Apakah harus selalu begitu? Apakah pahlawan itu harus mereka yang sudah berpulang kepada Yang Maha Kuasa?

Benarkah Pahlawan Itu Selalu Mereka Yang Telah Meninggal?

Kang Kombor tidak setuju. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan diartikan sebagai "orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran" atau "pejuang yang gagah berani". Dari pengertian itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pahlawan tidak harus selalu berarti mereka yang telah menghadap Tuhan. Orang-orang yang memiliki keberanian dan rela berkorban dalam membela kebenaran yang masih hidup di antara kita pun pantas untuk disebut pahlawan. Kang Kombor yakin, orang-orang seperti itu sebenarnya banyak yang hidup di antara kita. Hanya saja, karena selama ini kita pahamnya bahwa pahlawan itu adalah orang yang telah berpulang, kita tidak menyadari keberadaan mereka.

Ketidaksadaran kita akan para pahlawan yang hidup di antara kita juga didasari oleh sifat tulus ikhlas yang ditunjukkan oleh para pahlawan sejati itu. Mereka berbuat bukan untuk mengejar gelar pahlawan melainkan memang berbuat semata-mata untuk membela kebenaran.

Pahlawan yang selanjutnya adalah pejuang yang gagah berani. Zaman dulu, pejuang adalah mereka yang berjuang melawan penjajah atau angkara murka. Itu pejuang zaman dulu. Pejuang zaman sekarang tidak selalu melawan penjajah. Ada orang yang berjuang menghapus kebodohan. Ada orang yang berjuang memberdayakan mereka yang terpinggirkan. Ada yang berjuang melestarikan kebudayaan. Ada yang berjuang menyelamatkan lingkungan. Mereka itu juga pejuang-pejuang yang gagah berani dan layak kita sebut pahlawan.

Marilah kita identifikasi orang-orang di sekitar kita yang memiliki jiwa kepahlawanan, yaitu (1) orang yang berani dan rela berkorban membela kebenaran dan (2) pejuang yang gagah berani. Setelah teridentifikasi, marilah kita tiru mereka. Insya' Allah, kita akan dapat hidup dengan lebih baik apabila setiap jiwa manusia di dunia ini memiliki jiwa kepahlawanan.

Selamat Hari Pahlawan, Kawan, siapakah pahlawanmu? Pahlawanku adalah orang-orang baik di sekitarku, termasuk Kamu.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

11 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 10, 2011 8:33:00 PM

Selamat berjoeang boengg...!!!!

Menuju esuk hari kesebelas bulan sebe;as dan tahun sebelas selebihnya dari duaribu ini....
:)

nuwun...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 10, 2011 9:31:00 PM

mapir juga ke blog ane gan....thunps up ;)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 10, 2011 11:12:00 PM

@Maztrie:
11-11-11 itu hari yang istimewa untukku

@imam hadi kusuma:
oke-oke

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 10, 2011 11:55:00 PM

Bangsa yang besar adalah yang bisa menghargai jasa Pahlawannya. Terimakasih Pahlawan. Lanjutkan Perjuangan kita. Indonesia Bisa !!!

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, November 11, 2011 4:07:00 AM

Berbuat baik setiap hari dari lingkungan terkecilpun akan bermanfaat bagi setiap orang.... Pahlawan ada dimanapun dimana dia bisa berbuat kebaikan dalam banyak konteks

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, November 11, 2011 5:30:00 AM

menurut saya, pahlawan itu setiap orang yang memberikan jasa atau kontribusi yang bermanfaat bagi negara.

sehingga, setiap orang pun sebenarnya bisa menjadi pahlawan asalkan dia mampu memberikan kontribusi penting bagi kemajuan sebuah negara.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, November 11, 2011 10:15:00 AM

Kini waktunya KBBC yg jadi "pahlawan",memberikan sesuatu yg terbaik untuk negeri,meskipun hanya lewat tulisan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, November 13, 2011 8:55:00 AM

@Razasa Komunika:
Mari kita terus berkarya yang terbaik untuk mengisi kemerdekaan.

@Suryaden:
Setuju. Pahlawan bukan harus yang mengangkat senjata melawan penjajah.

@panduan belajar blog:
Bukan hanya bagi negara, Mas, tetapi juga bagi masyarakat, lingkungan atau kemanusiaan.

@Mbahe Ariel:
Ayo kita wujudkan bersama.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 15, 2011 9:20:00 AM

menurut saya pahlawan itu masih hidup , karna pahlawan bukan jaman dulu aja semua manusia di sini juga pahlawan, karna bagi yang melakukan pengorbanan yang terbaik itu pahlawan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, November 16, 2011 12:35:00 AM

Obat Penyakit Nyeri Sendi: Ada pahlawan yang hidup walaupun belum diberi gelar pahlawan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:05:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan