Fasilitas Deteksi Spam Otomatis dari Blogger


Spam memang menjengkelkan. Tidak hanya menyerang email, spam juga sering menyerang blog melalui komentar spam. Banyak cara dilakukan narablog untuk menjaga blognya bersih dari komentar spam mulai dari mengaktifkan penyaring spam seperti akismet pada wordpress sampai memasang pengaman seperti kode captcha atau menyediakan kotak centang anti spam.

Itu untuk wordpress. Bagaimana dengan Blogger atau blogspot?


Cara Pengguna Blogger Memerangi Spam

Untuk mengurangi spam umumnya pengguna Blogger melakukan hal-hal berikut:
  • membatasi komentator hanya bagi pemilik akun tanpa anonim
  • melakukan moderasi komentar
  • mengaktifkan kode keamanan gambar captcha
Membatasi komentator hanya pada pemilik akun tanpa  mengijinkan komentator anonim sebenarnya membatasi jumlah pengunjung yang dapat meninggalkan komentar karena pengunjung blog kita belum tentu pengguna Blogger atau akun lain yang dapat dipergunakan untuk meninggalkan komentar.

Melakukan moderasi komentar merupakan cara kedua untuk menjaga blog dari komentar sampah atau spam. Cara ini tentu ampuh untuk dipergunakan apabila narablog punya banyak waktu untuk melakukan moderasi komentar. Apabila narablog tidak setiap hari memeriksa blognya, tentu bisa banyak tanggapan yang masuk ke antrian moderasi dan apabila tidak segera disetujui atau ditolak, pengunjung juga bisa kapok meninggalkan komentar.

Cara ketiga yang dapat digunakan pengguna Blogger adalah mengaktifkan kode pengaman gambar captcha. Dengan cara ini, setiap pengunjung harus mengetikkan kode keamanan gambar captcha sebelum komentarnya dipublikasikan. Kelemahan kode keamanan gambar captcha pada Blogger adalah kode keamanan baru muncul setelah komentator menekan tombol kirim komentar. Apabila belum terbiasa dengan Blogger, bisa saja komentator mengira komentar sudah terkirim pada saat tombol kirim komentar ditekan. Padahal, dengan cara ketiga ini proses pemberian komentar baru selesai setelah komentator mengetikkan kode keamanan captcha.

Dari ketiga cara di atas, Kang kombor melakukan cara yang ketiga. Cara pertama dan kedua tidak Kang Kombor sukai. Pernah Kang Kombor tidak aktifkan kode keamanan captcha. Akibatnya banyak komentar sampah dan spam yang menyerang blog Kang Kombor.

Fasilitas Deteksi Spam Otomatis dari Blogger

Syukurlah Blogger sudah memberi fasilitas deteksi spam otomatis bagi pemilik blog Blogger. dengan fasilitas ini, narablog dapat menonaktifkan kode keamanan captcha dan membebaskan siapa pun untuk berkomentar di blognya tanpa perlu takut banyak komentar sampah dan spam yang muncul di blognya. Fasilitas deteksi spam otomatis akan menyaring komentar yang dicurigai sebagai spam agar tidak langsung terpublikasikan di kiriman yang dikomentari.



Kang Kombor sudah lebih dari dua minggu melepas kode keamanan captcha pada formulir komentar blog ini setelah mengetahui adanya fasilitas deteksi spam otomatis yang disediakan oleh Blogger. Selama dua minggu ini ternyata tidak ada komentar spam yang tertayang. Ada sebuah komentar spam yang dijaring oleh fasilitas deteksi spam otomatis itu.

Dengan aktivasi fasilitas deteksi spam otomatis oleh Blogger ini, narablog sesekali perlu memeriksa tab komentar dari dasbor blognya. Komentar yang dideteksi sebagai spam akan dimasukkan ke halaman Spam. Nah, narablog dapat memeriksa di sana dan apabila ada komentar bukan spam yang terjaring, narablog dapat menandai komentar tersebut sebagai bukan spam.


Nah, bagi para pengguna Blogger, silakan manfaatkan fasilitas deteksi spam otomatis yang disediakan oleh Blogger. Jujur saja, sebenarnya Kang Kombor sendiri juga kurang nyaman dengan kode keamanan captcha yang munculnya setelah Kang Kombor klik tombol Kirim Komentar. Dengan menonaktifkan kode keamanan captcha, Kang Kombor yakin pemberi komentar akan lebih dimudahkan. Kalau bisa dibuat mudah, kenapa harus dibuat sulit?

Oh ya, mengenai fasilitas deteksi spam otomatis itu dapat dipelajari di sini.

Komentar

  1. ahhh..
    akhire share disini juga, nuuwn kanggg...

    BalasHapus
  2. Maztrie iya Maz, agar para pengguna blogspot pada tahu fasilitas itu.

    Suryaden banget!

    BalasHapus
  3. Wah, sekarang saya pake disqus Kang.. alhamdulillah ampir gak pernah ada spam.. padahal moderasi saya bebasin :D

    btw, apa kabarnya, Kang? moga baik-baik selalu. :)

    BalasHapus
  4. muxlimo, kabar baik, Mas Mux. Saya di salah satu blog pakai intensedebate. untuk blog ini biarlah pakai milik blogger. saya yakin ke depan pasti blogger akan menyediakan fasilitas threaded comment.

    Wah, sudah beberapa minggu saya tidak mampir ke muxlimo ya. BTW, tidak ikut KBJ to?

    BalasHapus
  5. wah iki guno tenan mas, maturnuwun sudah share...tak jajal e..hihihi..

    BalasHapus
  6. Santo, sama-sama. Saya juga sudah njajal kok...

    BalasHapus
  7. kabar bagus kang sangat bermanfaat buat ane

    BalasHapus
  8. bgus ni tpi sya tdk pke ktak kmtr blggr :)
    jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  9. asaz, terimakasih, Mas, silakan dicoba.

    BalasHapus
  10. makasih inponya mas .. malah baru tahu kalo di blogcepot ada ginian juga

    BalasHapus
  11. Saya pernah mensetting komentar dengan mengaktifkan moderasi tapi ini membuat beberapa posting blog jadi kurang mendapatkan komentar dan kunjungan jadi berkurang.
    terima kasih atas info ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik berikan kepercayaan pada penyaring spam blogger saja. pengalaman saya, dia mampu bekerja dengan baik kok.

      saya ada blog lain yang saya moderasi, yang di wp.com.

      Hapus
  12. makasih bnget infonya gan..saya coba terapkan dulu..

    BalasHapus
  13. wah keren nih kak caranya.... makasih infonya ^^

    BalasHapus

Posting Komentar