Manajemen Waktu: Kerja Bakti, Ninggal Tukang dan Kopdar KBJ

Manusia diberi waktu yang sama oleh Yang Maha Kuasa, yaitu 24 jam sehari. Mengenai waktu sebanyak itu bisa untuk apa saja, manusia sendirilah yang mengaturnya. Waktu 24 jam sehari bisa dihabiskan untuk bermalas-malasan di rumah seharian, melakukan penjualan dari pintu ke pintu, jalan santai pagi lalu mengolah sawah lalu bercengkerama dengan keluarga pada malam harinya, atau kerja di kantor seharian kemudian cari hiburan malam harinya seperti orang kota, atau apa pun, yang kesemuanya diatur oleh manusia sendiri.

Hari Minggu ini, Kang Kombor mencoba nggaya melakukan manajemen waktu. Pagi hari selepas shubuh Kang Kombor menyiapkan materi cara daftar program afiliasi amazon, kerja bakti memperbaiki jalan ke makam, kopdar Komunitas Blogger Jogja, ngobrol dengan istri selepas maghrib dan tetangga pada malam harinya.


Ceritanya, kopi darat KBJ di JogloAbang diisi sharing mengenai cara bikin duit dari internet dengan Google AdSense dan Amazon. Mas Lutfi di grup facebook menembak Kang Kombor untuk sharing mengenai kedua hal itu. Di grup facebook Kang Kombor sampaikan bahwa Kang Kombor siap untuk sharing cara daftar pada kedua subyek tersebut. Sedangkan, mengenai pemilihan ceruk pasar, SEO dan cara mendulang trafik, Kang Kombor serahkan pada Mas Lutfi karena Kang Kombor tidak menguasai hal-hal tersebut.

Hari Sabtu Kang Kombor seharian berada di Solo bersama Suryaden, Aji, HeruLS, Sutradara Cinta, Mbak Mubarika, dll pada kegiatan persiapan ASEAN Para Games 2011 yang akan diselenggarakan di Solo pada 12 - 22 Desember 2011 yang akan datang. Karena penat, Kang Kombor tidak sempat menyiapkan materi pada malam 1 Suro. Materi baru Kang Kombor siapkan pada pagi hari mulai pukul setengah enam. Sedang asyik-asyiknya membuat berkas paparan, pada pukul setengah tujuh Pak Dukuh mengumumkan adanya kegiatan kerja bakti memperbaiki jalan ke makam baru Pedukuhan Jetis mulai pukul tujuh pagi. Waduh... Nggak asyik kalau nggak ikut kerja bakti. Kang Kombor pun meluncur ke lokasi kerja bakti pada pukul tujuh.



Karena sudah ada komitmen untuk hadir kopdar KBJ pukul sepuluh pagi, Kang Kombor bolos dari kerja bakti pada pukul sembilan pagi. Kang Kombor harus bagi-bagi waktu dong...

Nah, hari ini Kang Kombor juga sudah menyuruh tukang batu untuk memasang jendela di rumah Kang Kombor. Ada pekerjaan membobok tembok di dua lokasi untuk dipasangi jendela. Sampai di rumah Kang Kombor mengarahkan tukang batu dan keneknya mengenai pekerjaan yang harus dilaksanakan. "Pasang dua jendela itu harus kelar sehari!" Kang Kombor memberi instruksi. Hehehe, sebenarnya jendelanya bukan dua buah melainkan dua pasang. Kang Kombor pesan kusen jendela dengan ukuran tinggi 2 m dan lebar 120 cm dengan dua lembar daun jendela setiap kusennya. Daun jendelanya sendiri tingginya 165 cm dan lebarnya 55 cm.

Selesai memberi instruksi, Kang Kombor mandi dan berangkat menuju JogloAbang tempat kopdar KBJ dilaksanakan. Kang Kombor tiba di sana pukul sepuluh lewat tiga menit. Kirain Kang Kombor sudah terlambat. Ternyata baru ada tiga orang blogger jogja yang sudah tiba di JogloAbang. Kang Kombor lupa siapa saja mereka. Payah!

Setelah molor satu jam, kopdar pun dimulai dengan pembukaan oleh Mas Tony dan ditambah oleh Tomi Purba. Lalu waktu dan tempat diserahkan kepada Kang Kombor. Jujur saja, Kang Kombor sebenarnya malu untuk berbagi mengenai Google AdSense dan Amazon karena Kang Kombor hanya sekedar tahu dan sekedar pernah terima pendapatan dari AdSense dan komisi dari Amazon. Oleh karena itu, Kang Kombor membatasi materi hanya pada cara mendaftar ke Google AdSense dan program afiliasi amazon. Selesai paparan Kang Kombor, giliran Mas Lutfi berbagi tips untuk mendapatkan komisi dari program afiliasi Amazon. Karena Mas Lutfi hanya main Amazon, Mas Lutfi tidak memberikan tips mengenai Google AdSense.

Acara berbagi sedikit pengetahuan dan banyak pengalaman berlangsung sampai pukul dua kurang seperempat. Karena Kang Kombor ninggal tukang, Kang Kombor yang harus memeriksa hasil pekerjaan tukang pun minta pamit untuk mendahului pulang pada pukul dua siang. Sebelum pulang Suryaden memperkenalkan Mas Cepot dari Walhi Yogyakarta yang kemudian bercerita tentang website yang sedang dikembangkan oleh Walhi Yogyakarta. Website itu mempublikasikan informasi mengenai lingkungan di sekitar Yogyakarta, baik informasi bagus maupun buruk. Mas Cepot menyampaikan bahwa barangkali ada blogger Jogja yang memiliki artikel atau informasi tentang lingkungan dapat mengirim artikel tersebut ke Walhi Yogyakarta. Eh, kebetulan Kang Kombor punya informasi tentang keadaan Sungai Nyoho yang merana. Kang Kombor akan kirim informasi itu nanti setelah melengkapi dengan foto-foto keadaaan Sungai Nyoho itu.

Setelah Mas Cepot, giliran Maztrie dan Bimosaurus yang diperkenalkan. Maztrie adalah aktivis Republik Multinesia alias Multipliers Indonesia, yaitu komunitas para anggota Multiply di Indonesia. Maztrie menginformasikan buku Relawan Merapi yang dikumpulkan dari kiriman beberapa blog oleh Anazkia dkk. Sedangkan, Bimosaurus hanya sembunyi di belakang Maztrie, hahaha... Pis Men!!!

Acara kopdar KBJ di Jogloabang luar biasa. Lebih dari 40 orang blogger yang hadir. Kontras dengan kopdar KBBC yang paling banyak dihadiri 25 orang walaupun anggota grup facebooknya mencapai lebih dari 190 orang. Maafm itu fakta yang perlu Kang Kombor sampaikan sekaligus contoh berkomunitas bagi para anggota grup facebook KBBC bahwa kopdar juga penting.

Hal lain yang istimewa adalah kesediaan Maztrie dan Bimosaurus untuk singgah ke rumah Kang Kombor di Jetis Medari. Dari dulu Kang Kombor selalu membuka pintu rumah untuk kawan-kawan yang ingin kongkow-kongkow dengan Kang Kombor. Waktu di Tangerang pun, rumah Kang Kombor sering dipergunakan kongkow oleh kawan-kawan baik blogger, anggota partai maupun yang lain.

Maztrie dan Bimosaurus ngobrol di rumah Kang Kombor sampai pukul setengah lima sore. Mereka ada janji lain di Taman Kuliner Condong Catur. Walaupun hanya sekitar dua jam kami ngobrol, ada banyak topik yang kami obrolkan. Tentu saja, Kang Kombor berpesan agar Maztrie dan Bimosaurus jangan bosan untuk cangkrukan di rumah Kang Kombor.

Manusia adalah makhluk sosial. Demikian pula Kang Kombor. Oleh karena itu, walaupun sudah kerja bakti, kopdar dan ngobrol dengan Maztrie dan Binosaurus, Kang Kombor masih perlu nangga (baca: nonggo dengan o seperti pada botol) alias ngobrol dengan tetangga. Selepas ngobrol dengan istri setelah maghrib. Selesai Isya' Kang Kombor keluar rumah untuk ngobrol dengan tetangga sampai pukul sepuluh kurang seperempat.

Ternyata, apabila dibagi-bagi, waktu pun dapat dipergunakan untuk banyak kegiatan. Orang produktif dan orang malas dapat dibedakan dengan melihat bagaimana waktunya dihabiskan. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang produktif.

Oh ya, yang tidak kalah penting, pada kopdar KBJ tadi juga dilakukan pengumpulan dana #KoinSehat untuk membantu pembiayaan kesehatan orang-orang miskin. Pada kesempatan kopdar KBJ tadi terkumpul #KoinSehat sebesar Rp236.400,-.

Berikut foto-foto suasana kopdar KBJ tadi. Foto Kang Kombor sendiri mungkin dapat dilihat di blog anggota KBJ yang lain yang hadir kopdar tadi :)






Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

7 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, November 28, 2011 9:08:00 PM

waaaaahh, ceneng nie saya mendengarnya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, November 28, 2011 10:23:00 PM

makasih ya kang udah mau meluangkan banyak waktu untuk KBJ :D
pokok e ilmu ne luar biasa yang dibagi ke kami smua :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 29, 2011 12:05:00 AM

diponk terimakasih

tomi sama-sama, ketua. jadi malu karena hanya bisa bagi-bagi cara daftar saja :(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 29, 2011 2:39:00 AM

==========blockquote======
Ternyata, apabila dibagi-bagi, waktu pun dapat dipergunakan untuk banyak kegiatan. Orang produktif dan orang malas dapat dibedakan dengan melihat bagaimana waktunya dihabiskan. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang produktif.
==========blockquote======
Yups,
saya setuju sekali dengan hal terquote ini Kanggg... (hhii, trenyata gak terima script quot ya kang)
dan semoga keproduktifan dalam main-main itu bisa bermanfaat bukan saja buat diri sendiri namun buat lingkungan juga..

Thanks untuk tetap berkelanjutannya jalinan silaturahmi ini kangg...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 29, 2011 5:19:00 PM

Trims banget mas kombor sudah berkenan bagi-bagi ilmu semoga menjadi amal ibadah.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 29, 2011 8:10:00 PM

Maztrie Sampeyan melakukan ziarah dan ziarah itu kegiatan produktif menurutku. Mari kita jaga terus apa yang sudah kita rajut.

Cahyo sama-sama, Mas. Amin. Mohon maaf kalau hanya itu yang saya ketahui.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:01:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan