Vivanews Siap Melahap Detik

Siapa pernah sangka bahwa portal berita daring (online) Indonesia akan mencapai perkembangan yang pesat sehingga mampu mengalahkan media cetak seperti halnya yang terjadi di negara-negara maju yang penetrasi internet di kalangan penduduknya sudah sedemikian dalam?

Publik Indonesia tentu kenal dengan Detik.com. Detik.com adalah salah satu pelopor situs berita daring di Indonesia yang masih dapat bertahan sampai hari ini dan menjadi pemimpin di antara portal-portal berita daring yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, dulu ada Astaga.com, Kopitime.com dan LippoStar.com yang sudah tumbang. Dapat dikatakan, Detik.com yang mampu memberikan kecepatan dalam penyampaian berita telah mampu bertahan dari kerasnya persaingan dalam industri portal berita daring. Detik.com mampu mengalahkan Kompas.com yang merupakan portal berita daring milik Harian Kompas -- Sang Raja Koran Indonesia.

Persaingan yang sangat keras dalam industri portal berita daring nyatanya tidak mampu menghentikan pemilik modal lain untuk terjun ke industri ini. Sedikit yang saya tahu, ada beberapa pemain yang relatif baru dalam industri portal berita daring ini, yaitu: Inilah.com, Kapanlagi.com, Okezone.com dan Seputar-Indonesia.com. Di antara portal-portal berita daring baru tersebut, nampaknya hanya Vivanews yang menjadi pesaing terberat Detik.com dan siap melahap Detik.com.


Perbandingan Peringkat Web Situs Portal Berita Online Indonesia

Vivanews baru diluncurkan pada 2008. Artinya, usianya baru menginjak 3 tahun. Akan tetapi, tingkat kunjungan Vivanews dalam kurun waktu hanya tiga tahun ini sudah mampu mendekati Detik.com.

Saya mengambil data dari Alexa.com, sebuah situs perangkingan web yang satu grup dengan Amazon.com. Terlepas dari polemik mengenai akurasi Alexa dalam melakukan perankingan web, saya pikir data dari Alexa.com tetap layak untuk saya pergunakan dalam melakukan perbandingan ini.

Berikut urutan 500 Situs Top Indonesia yang saya ambil dari Alexa Top Sites Indonesia hari ini. Saya hanya mengambil Detik.com (dan kelompoknya), Vivanews.com, Kompas.com, Okezone.com, Inilah.com, dan Kapanlagi.com.
  • 10. Detik.com
  • 13. Vivanews.com
  • 14. Kompas.com
  • 17. DetikNews.com
  • 18. DetikSport.com
  • 25. OkeZone.com
  • 29. KapanLagi.com
  • 41. Inilah.com
Untuk Alexa Rank secara individual, alexa rank Vivanews kalah dari Kompas.com. Berikut alexa rank dari masing-masing situs portal berita itu adalah sebagai berikut:
  • Detik.com: 535
  • Kompas.com: 746
  • Vivanews.com: 881
  • DetikNews.com: 1.222
  • DetikSport.com: 1.443
  • Okezone.com: 1.939
  • Kapanlagi.com: 2.721
  • Inilah.com: 4.064
Alexa Rank Vivanews.com kalah dari Kompas.com tetapi dalam daftar 500 Situs Top Indonesia, posisi Vivanews.com di atas Kompas.com. Saya tidak paham mengapa hal itu bisa terjadi. Akan tetapi, kita tinggalkan saja ketidakselarasan itu dan mari kita bahas Vivanews.com yang merupakan pemain baru situs portal berita daring yang mampu melompat ke atas mengalahkan situs portal berita lain yang lebih tua.

perbandingan alexa rank detik, kompas, vivanews, kapanlagi, inilah

Vivanews siap melahap Detik

Dalam waktu hanya 3 tahun saja Vivanews sudah mampu mendapatkan Alexa Rank sebesar 881 dan berada pada posisi 13 dalam daftar 500 situs top Indonesia versi Alexa.com. Saya berpendapat bahwa hal itu merupakan pencapaian luar biasa. Bandingkan dengan Detik.com dan Kompas.com yang usianya sudah belasan tahun itu. Detik.com diluncurkan pada 11 November 1998 sedangkan Kompas.com telah hadir lebih dahulu, yaitu pada 8 November 1996. Usia Detik.com saat ini sudah 13 tahun sedangkan Kompas.com 15 tahun.

Saya kira, apabila Vivanews.com mampu mempertahankan laju pencapaiannya sampai hari ini, Vivanews.com akan mampu melampaui peringkat Detik.com.

Vivanews Perlu Memperbaiki Versi Mobilenya

Agar mampu mempercepat usahanya dalam mengejar dan melampaui peringkat Detik.com, menurut saya, Vivanews.com harus memperbaiki versi web untuk perangkat bergeraknya. Sebagai pengguna perangkat bergerak (Blackberry) saya sendiri lebih sering mengakses Detik.com versi mobile daripada Kompas.com atau Vivanews.com. Semua itu hanya karena versi perangkat bergerak dari Detik.com lebih ramah pengguna (user friendly) dibandingkan dengan Kompas.com dan Vivanews.com, bukan karena kualitas beritanya.

Dengan memperbaiki web versi perangkat bergeraknya agar lebih ramah pengguna, saya yakin peringkat Vivanews.com akan memiliki percepatan peningkatan yang signifikan. Tidak ada salahnya Vivanews melakukan survey untuk mengetahui dari mana penggunanya mengakses Vivanews.com dan harapan-harapan pengguna terhadap Vivanews.com.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

9 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, November 19, 2011 8:21:00 AM

mungkin vivanews lebih cepat meroket akibat trik pemasarannya yang bagus. baru2 ini ada vlog yang membuat blogger dapat berpartisipasi dengan vivanews. selain itu, saya juga sering melihat vivanews menjalin kerja sama sebagai sponsor dalam beberapa kegiatan yang diselenggarakan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, November 20, 2011 2:28:00 AM

gokil emang di Indonesia.... Internetnya udah maju, makanya situs berita onlen skarang iklannya gak ketulungan...

tapi bgenkblog ranking 15 lho om di alexa....
hahahahahahaha, 15 juta maksudnya.. XD

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, November 20, 2011 2:58:00 PM

gaya beritanya lebih berat, tap nek detik ya ke entengen

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, November 20, 2011 5:47:00 PM

Panduan Belajar Blog, saya kira situs berita daring pun memang harus memiliki pemasaran yang bagus baik secara daring maupun luring. Mengenai vlog, saya pun sudah beberapa kali ikut memanfaatkannya.

Bgenk, iklan adalah salah satu sumber pendapatan bagi situs berita daring. Mengenai blognya, coba deh sering-sering masukkan kiriman ke vlog, lumayan membantu untuk mengangkat tingkat kunjungan.

Suryaden, vivanews memang gaya beritanya lebih berat dari detik. Itu juga mungkin salah satu yang membuat vivanews cepat meroket. Berita selalu mutakhir dan isi lumayan bagus.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, November 21, 2011 9:27:00 AM

Viva, ehmmm.. aku masih lum begitu ngecheck...

Detikk..? huftt, saking nafsu ngejar kecepatan maka tak jarang ngawurr... Hanya judul pun acapkali diunggah :(
Dan juga mengenai aktualitanya, masih kudu hati2 kita mencernanya...

Btw, kok ide mobile sampean sama dengan yang ada dibenakku ya kang, hihii.. #tirutiruyaa :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 22, 2011 2:41:00 PM

Apalagi sekarang viva sudah masuk lantai bursa, duitnya bakal kencang untuk menjegal saingan2nya. Di samping itu, VivaNews sangat loyal bagi-bagi hadiah melalui berbagi programnya di vlog....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 22, 2011 7:58:00 PM

Yang saya suka (dan mungkin semua blogger) dari vivanews adalah Vblog-nya. :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, November 22, 2011 8:00:00 PM

Maztrie sekali-sekali baca berita di vivanews deh. Yang disampaikan Suryaden itu benar.

Kirman hehehe... blogger senang dong banyak govlog di vivanews.

Tongkonanku iya untuk meningkatkan traffik oke juga.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 10:02:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan