Caturharjo Ya Sleman

Caturharjo adalah nama desa tempat di mana Kang Kombor tinggal saat ini. Caturharjo Sleman. Ya, Kang Kombor perlu menambahkan kata Sleman di belakang Caturharjo karena sebagaimana umumnya nama di Indonesia, Caturharjo pun juga dipakai untuk menamai desa di tempat lain. Sebagai contoh, saat Kang Kombor buat kiriman ini, apabila kata caturharjo dicari di Google maka selain Caturharjo Sleman juga akan muncul Caturharjo yang di Bantul.


Sebelum menulis kiriman ini, Kang Kombor pernah menulis tentang Desa Caturharjo Desaku Yang Kucinta. Kalau kali ini Kang Kombor menulis lagi tentang Caturharjo, itu sebagai tambahan bukti bahwa Kang Kombor memang cinta pada desa yang menjadi tempat tumbuh Kang Kombor dari usia empat tahun sampai lulus SMP dulu, dan kini menjadi desa yang Kang Kombor tinggali untuk -- insya' Allah -- sampai akhir hayat nanti.


Kang Kombor menulis tentang Caturharjo ini, Caturharjo Sleman, agar ketika orang mencari mengenai caturharjo di Google, Caturharjo yang Kang Kombor tinggali ini yang muncul di halaman pertama pencarian. Kalau bisa semua indeks di halaman pertama hasil pencarian Google adalah mengenai Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

Tadi siang Kang Kombor 'bermain' ke Kantor Kelurahan Caturharjo. Kang Kombor menemui Pak Makmur Caturharjo yang merupakan kawan sekelas Kang Kombor waktu di SMP1 Sleman dulu. Beberapa bulan yang lewat Kang Kombor pernah mengutarakan keinginan Kang Kombor untuk membantu mengelola website Desa Caturharjo yang berdomain di Caturharjo.com yang dibuat oleh mahasiswa yang sedang KKN di Desa Caturharjo. Website itu lama tidak terurus dan tidak berisi tambahan konten. Kang Kombor prihatin dengan hal tersebut. Sayang, waktu Kang Kombor buka caturharjo.com minggu lalu justru domain sudah kadaluwarsa. Nah, Kang Kombor cerita pada Pak Makmur bahwa Kang Kombor sudah mengakuisisi domain caturharjo.web.id yang Kang Kombor arahkan ke blogspot dan Kang Kombor juga mengatakan akan mengakuisisi domain caturharjo.com apabila belum ada pihak lain yang membeli.

Kang Kombor bercerita pada Pak Makmur mengenai keinginan Kang Kombor untuk menyebarluaskan informasi tentang Caturharjo Sleman kepada dunia luar, baik itu di sekitar Sleman, sekitar DIY, sekitar Pulau Jawa, seluruh Indonesia dan bahkan dunia. Kang Kombor ingin profil para wirausahawan, pedagang, pengrajin, petani dan lain-lain ditulis di website Desa Caturharjo. Profil semua pedukuhan juga ditulis di website Desa Caturharjo. Bahkan, Kang Kombor juga menceritakan keinginan Kang Kombor agar website Desa Caturhajo juga menyediakan sarana promosi gratis bagi para penduduk Desa Caturharjo. Website Desa Caturharjo harus menjadi etalase, pintu gerbang dan sekaligus pustaka bagi orang yang ingin mencari apa pun di Desa Caturharjo.

Alhamdulillah, Pak Makmur Caturharjo ini merupakan seorang pamong muda yang juga berpikiran luas dan jauh ke depan. Pak Makmur pernah pula bercerita mengenai rencana-rencananya untuk membuat sebuah etalase produk Caturharjo di Kantor Kelurahan. Pak Makmur menggambarkan bahwa Kantor Kelurahan sebaiknya bukan hanya menjadi tempat orang mencari surat-surat atau menjadi tempat melakukan rapat para Pamong Desa, BPD dan para Dukuh serta untuk melakukan kegiatan-kegiatan penyuluhan saja melainkan Kantor Kelurahan juga harus mampu menjadi etalase bagi semua produk yang diproduksi di wilayah Desa Caturharjo. Kantor Kelurahan Caturharjo harus memiliki sebuah ruang pamer akan produk-produk Desa Caturharjo sekaligus menyediakan sarana untuk melakukan pemesanan produk. WOW! Gayung bersambut. Kang Kombor pun setuju dengan pemikiran Pak Makmur itu. Pemikiran yang maju bagi orang desa. Hahaha... Sesama orang desa harus mengakui bahwa pemikiran Pak Makmur itu adalah pemikiran orang desa yang maju. Ya to?

Kang Kombor sudah menggenggam domain Caturharjo.web.id tetapi Kang Kombor tetap menginginkan dapat memiliki domain caturharjo.com. Kepada Pak Makmur Kang Kombor bilang akan membeli domain caturharjo.com apabila belum dibeli orang. Lalu, domain itu akan diarahkan ke blogspot. Nggak apa-apa blogspot. Yang penting kan informasi yang disampaikan melalui suatu webiste/blog yang diprioritaskan, bukan platform dari website/blog tersebut. Yah, semoga domain caturharjo.com belum dikuasai oleh orang lain.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

8 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 08, 2011 2:53:00 PM

Dari desa menuju dunia... :)
Jadi pengen segera tahu, caturharjo sleman itu produknya apa aja...
Lanjutkan kang...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Ami
Kamis, Desember 08, 2011 9:26:00 PM

kapan-kapan KBJ jalan-jalan kesana doong...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 08, 2011 10:19:00 PM

Siap supporting Kangg......

Kub yaqin smapean bakal meluangkan banyak waktu didepan leppi nek ampok mburi n gandho plus pawone kae dadi taa...?
hihii, nuduhhhh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 08, 2011 10:31:00 PM

sebuah ide yang bagus, mas arif, sebuah terobosan virtual utk mengangkat caturharjo sleman lebih go-public. semoga sukses dan makin eksis.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Desember 09, 2011 12:10:00 AM

i2harmony, tunggu saja tanggal mainnya, mas. hehehe...

ami, boleh saja. saya juga sudah cerita sekilas mengenai kbj kok.

maztrie, ndukung kudu mbayar. #eh. hahaha... saya jadi ketularan dikit-dikit teriak mbayar... btw, nuduh kok pas!

sawali tuhusetya, terimakasih, pak sawali. hanya ide kecil itu yang saya punya untuk desa tercinta ini. mudah-mudahan saya punya cukup waktu dan energi untuk mengelola caturharjo.com itu nantinya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Desember 26, 2011 2:35:00 AM

lha kok mrene?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Desember 26, 2011 8:06:00 PM

Suryaden, karang sing diklik dudu gambare...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 9:49:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan