Breaking News
Loading...
Friday, December 09, 2011

Potensi dan Peluang Tak Terbatas Dari Internet

9:24:00 PM

Internet adalah keajaiban dunia yang dipersembahkan oleh Abad 20. Teknologi ini -- yang dimulai perkembangannya sejak Uni Sovyet meluncurkan satelit bumi buatan pertama di dunia yang diberi nama Sputnik pada 1957 yang kemudian direspon oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan mendirikan ARPA -- telah memberikan hal-hal tanpa batas bagi penggunanya seperti potensi pasar dan peluang. Hal-hal yang membatasi pengguna internet justru datang dari pengguna internet itu sendiri, yaitu kemampuan dan kemauannya.

Internet telah memungkinkan milyaran penduduk bumi ini untuk saling berinteraksi melalui keajaiban dunia lainnya yang menyertai internet, yaitu WWW atau world wide web. Kita patut berterimakasih kepada Sir Tim Berners-Lee yang telah menemukan WWW dan tidak membebankan biaya kepada kita untuk menggunakannya. WWW adalah sebuah sistem yang berisi dokumen hiperteks yang saling terhubung yang dapat diakses melalui internet. Dengan menggunakan peramban web orang dapat melihat halaman web yang berisi teks, gambar, video atau multimedia lain dan bernavigasi ke halaman-halaman web lainnya melalui hiperlink. Itulah yang memungkinkan milyaran penduduk dunia dapat saling berinteraksi, melalui halaman web. Tentu saja, email yang pertamakali ditemukan pada 1974 juga tidak dapat kita lupakan.

Internet menawarkan potensi dan peluang yang tidak terbatas bagi penggunanya. Batas justru terdapat pada diri penggunanya sendiri.



Potensi Tidak Terbatas dari Internet

Internet menawarkan potensi tidak terbatas bagi penggunanya. Potensi tidak terbatas yang ditawarkan oleh internet di antaranya adalah potensi pasar, potensi pemasok, potensi sumberdaya manusia, potensi mitra bisnis, potensi bahan ajar, potensi hiburan, dan lain-lain.

Internet menawarkan potensi pasar yang tidak terbatas bagi penggunanya yang ingin memasarkan produk atau layanannya. Internet telah membuat dunia ini tidak berbatas. Internet telah memungkinkan manusia yang berada pada jarak ribuan mil dengan perbedaan waktu yang lama dapat berhubungan secara real time. Internet juga memungkinkan penggunanya menjangkau seluruh permukaan bumi yang memiliki akses internet, menjangkau milyaran pengguna internet yang dapat dijadikan target pasar bagi produk atau layanannya. Syarat untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas itu hanya satu, yaitu menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh mereka semua.

Bagi para pembelajar, internet menawarkan potensi bahan ajar yang tidak terbatas jumlahnya. Istilah 'tidak terbatas' di sini tentu mengacu kepada jumlah bahan ajar yang tersedia di internet yang sangat banyak jumlahnya. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Apabila pandai mencarinya, bahan ajar yang tersedia gratis pun banyak yang memiliki kualitas luar biasa bagus.

Bagi pencari hiburan, internet menawarkan potensi hiburan yang tidak terbatas. Pengguna internet dapat mengakses jutaan video hiburan dari situs-situs video online. Pengguna internet dapat pula menonton film secara daring, melihat cuplikan-cuplikan pertandingan olah raga kesayangannya, menikmati klip video penyanyi kesayangannya, dan lain-lain. Bahkan, yang membutuhkan siraman rohani pun dapat mencari siraman rohani yang dibutuhkannya dari internet.

Potensi-potensi tidak terbatas dari internet yang lain dapat Kawan-Kawan renungkan sendiri penjelasannya. Tulisan ini juga berfungsi untuk merangsang Kawan-Kawan untuk mencari potensi-potensi tidak terbatas yang lain yang tersedia di internet. Potensi untuk mencari jodoh misalnya... Hahaha!

Peluang Tidak Terbatas dari Internet

Setelah mengenal potensi tidak terbatas dari internet, mari kita melihat peluang tidak terbatas yang dapat kita temukan di internet. Peluang-peluang itu dapat saja kita tarik dari potensi-potensi tidak terbatas yang bisa kita dapatkan dari internet. Potensi pasar tidak terbatas memberikan kita peluang untuk memasarkan produk atau layanan kita ke pasar yang tidak terbatas itu. Pasar adalah tempat pedagang dan pembeli melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu, selain pembeli, kita pun memiliki peluang untuk mendapatkan pemasok untuk usaha kita.

Bagi penulis internet memberikan peluang untuk berkomunitas dengan para penulis yang lain, mendapatkan penerbit bagi buku-buku yang ditulisnya, membuka sekolah atau kursus menulis daring (online), mencari co-writer, dan peluang-peluang lain yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Ingat, internet saat ini memiliki penerbit yang dapat mencetak buku berdasarkan permintaan (print on demand) sehingga penulis buku dapat menerbitkan sendiri bukunya.

Penyanyi, grup musik, penggubah lagu, pembuat film, bintang film dan lain-lain dapat memanfaatkan potensi para pencari hiburan yang tidak terbatas untuk menjual musik atau film mereka. Membuat website untuk para penggemar mereka, membuat toko daring bagi barang-barang mereka, dan lain sebagainya.

Para pembuat perangkat lunak memiliki peluang untuk menjual perangkat lunak mereka ke pasar yang tidak terbatas, peluang untuk mendapatkan pemodal atau mitra bagi software house mereka, peluang untuk mendapatkan programmer yang terbaik, dan lain-lain.

Petani pun memiliki peluang untuk mengetahui pasar mana yang cocok untuk menjual hasil pertanian mereka atau menawarkan hasil pertanian mereka sehingga mereka mendapatkan pembeli dengan harga tertinggi, memiliki peluang untuk mendapatkan alat pertanian yang cocok untuk dipergunakan bercocok tanam di lahan mereka, mendapatkan bahan ajar untuk mengolah hasil pertanian mereka, dan lain-lain.

Internet, pada bagian paling akhir, memberikan peluang bagi penggunanya untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas. Banyak bisnis yang dapat dilakukan melalui internet. Bahkan bisnis yang memerlukan seseorang memiliki produk atau layanan pun dapat dilakukan di internet. Orang menyebut bisnis semacam itu dengan bisnis internet atau bisnis online. Walaupun banyak yang sinis atau skeptis, bisnis online itu memberikan potensi pendapatan yang tidak terbatas. Sekali lagi, batasnya adalah kemampuan dan kemauan pengguna internet itu sendiri.

Epilog

Internet menawarkan potensi dan peluang tidak terbatas bagi penggunanya. Oleh karena itu, mari kita kenalkan internet kepada orang-orang di sekitar kita yang belum mengenalnya. Ajarkan kepada mereka hal-hal positif dan produktif yang dapat dikerjakan di atau didapatkan dari internet.

11 comments:

  1. jika melihat pada pernannya yang begitu besar, sudah saatnya internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita di zaman sekarang ini.

    ReplyDelete
  2. Wew, nice artikel kang... internet buat saya pribadi adalah candu. banyak hal yg saya bisa dapatkan dan bagikan lewat jaringan www ini kang, tanpa batas dan tak melewati batas2 yang semestinya.

    Saya sepakat, sekarang saatnyaa kita mengenalkan internet sehat kepada seluruh lapisan masyarakat. karena bagaimanapun hanya lewat internet kita mendapatkan informasi mengenai suatu hal dg pandangan yg lebih luas dan beragam.

    Salam hangat kang Kombor :)

    ReplyDelete
  3. Jadi kesimpulane piye kang...?
    siap ngajari aku ttg peluang tanopa batas kuwii..?

    Kapan ku oleh jadwal private belajar www-nee...?
    #ngareuppp

    ~awas nek mbengok "mbayarrr...!" utawa "wani piraa..?" :)

    ReplyDelete
  4. wuh apik tenan mas artikel e, internet sudah menjadi kebutuhan... Sedino ra OL wae wis gelisah..

    ReplyDelete
  5. Lepas dari sisi negatipnya, Internet memang meliki banyak manfaat bagi manusia. Dengan internet, dunia terasa kecil dan informasi pun di dapat dengan cepat tanpa ada batasan waktu dan jarak

    ReplyDelete
  6. jaman sekarang gak pakai internet
    bakal ketinggalan informasi perkembangan dunia

    ReplyDelete
  7. panduan belajar blog, betul mas. bagi saya sendiri internet saat ini memang sudah tidak terpisahkan dari keseharian saya.

    syam matahari, kalau saya kebalik, mbak, internet yang kecanduan saya, hahaha...

    maztrie, mari kita kulik-kulik bersama potensi dan peluang tidak terbatas itu, maz.

    ndledex86, betul. sehari saja internet tidak saya datangi, dia sudah bengok-bengok manggil saya.

    jagat komputer, hampir semua hal punya sisi negatif dan positif, mas. tinggal kita mau ambil yang mana.

    peluang bisnis, betul sekali.

    gawe-gue, terimakasih.

    pulsa gratis, terimakasih.

    bisnis terdahsyat saat ini, terimakasih.

    dich vu seo, you are welcome.

    ReplyDelete

 
Toggle Footer