Minggu, September 25, 2011

Gotong Royong

Apakah ada yang masih ingat arti kata gotong royong? Kang Kombor sendiri sudah lupa apa artinya sejak pelajaran PMP hilang dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah kita. Dulu sih waktu masih sekolah, sering sekali Kang Kombor membaca perihal gotong royong itu.

Akan tetapi, walaupun lupa artinya, Kang Kombor selalu mengusahakan untuk hadir dalam setiap kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh warga sekitar tempat Kang Kombor tinggal. Di desa-desa kegiatan gotong royong lebih sering dilakukan daripada di daerah perkotaan. Bahkan, mungkin di kota kegiatan gotong royong malah sudah tidak ada.

Gotong royong membuat saluran air di Pedukuhan Jetis, Desa Caturharjo

Di desa, hampir seluruh kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk kepentingan bersama dilakukan secara bergotong-royong pengerjaannya. Pembuatan talud selokan, penguatan tebing sungai, pembuatan saluran air, pembuatan atau pengerasan jalan, dan lain-lain. Bahkan, dulu pun pembuatan rumah dilakukan secara bergotong royong. Waktu Kang Kombor kecil sampai usia SMA masih sering mendapat undangan "sambatan". Sambatan ini biasanya berupa gotong-royong untuk mengganti rangka atap yang sudah tua. Pekerjaan dimulai dengan menurunkan genting, membongkar rangka atap yang tua kemudian mengganti dengan rangka atap yang baru dan diakhiri dengan memasang genting kembali. Sambatan sendiri berasal dari kata "sambat" (Bahasa Jawa) yang bisa diartikan dengan "minta tolong". Entah apa kata yang pas dalam Bahasa Indonesia. Apabila ada yang tahu, silakan disampaikan kepada Kang Kombor.

Minggu, September 18, 2011

Foto Paddock Girls MotoGP Aragon 2011 (1)

Foto Paddock Girls MotoGP Aragon 2011 (1)

Juara motogp Aragon 2011 yang dilaksanakan di Aragon 17 September 2011 kemarin tentu sudah ramai diketahui. Yang belum diketahui kemungkinan adalah gadis-gadis cantik dan seksi yang menjadi paddock girls motogp Aragon 2011.

Berikut foto paddock girls motogp Aragon 2011 bagian 1.

Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (1)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (2)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (3)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (4)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (5)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (6)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (7)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (8)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (9)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (10)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (11)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (12)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (13)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (14)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (15)Paddock Girls Gran Premio de Aragón 18 September 2011 MotorLand Aragon Aragon (16)

Sumber: motogp.com

Selasa, September 13, 2011

2011 ini Rambutan Berbuah

Tahun lalu sebagian besar pohon rambutan di wilayah Pulau Jawa tidak berbuah. Kang Kombor yang saat itu masih di Tangerang melihat banyak pohon rambutan di kampung-kampung sekitar tempat tinggal Kang Kombor tidak berbuah pada musimnya. Apabila kita mau mengamati, pohon rambutan mulai berbunga pada akhir musim kemarau. Buah rambutan matang pada musim penghujan. Biasanya bulan November sudah mulai ada rambutan yang matang. Bulan Desember, Januari dan Februari juga masih ada rambutan yang baru matang.

Pohon Rambutan Berbunga
Nah, apabila Kawan-Kawan semua ingat, pada 2010 yang lalu tidak ada musim kemarau di Pulau Jawa dan mungkin juga di seluruh Indonesia. Akibatnya, pohon rambutan tidak berbunga. Pohon-pohon rambutan hanya memproduksi daun saja sepanjang tahun dan tidak menghasilkan bunga yang merupakan bakalan buah rambutan.

Kita wajib bergembira karena mulai pertengahan Agustus 2011 yang lalu pohon-pohon rambutan sudah mulai berbunga. Pohon rambutan di pekarangan rumah Kang Kombor pun demikian. Pohon rambutan di pekarangan rumah Kang Kombor selalu berbunga lebih lambat daripada pohon-pohon rambutan yang lain. Apabila bulan Januari atau Februari sudah banyak pohon rambutan yang habis buahnya karena dipanen, pohon rambutan di pekarangan rumah Kang Kombor sampai bulan Maret setiap tahunnya masih ada buah yang belum dipetik.

Apakah pohon rambutan di pekarangan Kawan-Kawan sudah berbunga saat ini?

Minggu, September 04, 2011

Lampu Lalu Lintas Bertenaga Surya

Pengalaman Kang Kombor berlalu-lintas di Jakarta, banyak lampu pengatur lalu lintas yang tidak bekerja pada saat listrik padam. Akibatnya, lalu lintas jadi semrawut.

Dinas Perhubungan DKI mungkin perlu mencari alternatif tenaga listrik selain dari PLN agar pada saat listrik dari PLN padam, lampu pengatur lalu lintas dapat tetap bekerja. Karena sinar matahari di Indonesia sangat banyak, penggunaan sel solar untuk menghidupkan lampu pengatur lalu lintas merupakan pilihan yang dapat diambil. Dengan membuat lampu lalu lintas bertenaga surya, lampu pengatur lalu lintas itu akan tetap bekerja walaupun seantero Jakarta listriknya padam.

Bisa jadi sudah banyak lampu pengatur lalu lintas bertenaga surya di Jakarta walaupun Kang Kombor belum tahu. Untuk Daerah Istimewa Yogakarta, Kang Kombor sudah menemukan juga seperti lampu pengatur lalu lintas di Tempel dan di Ring Road Utara.

Kang Kombor yakin lampu penerangan jalan pun bisa mengaplikasikan teknologi yang sama, seperti yang Kang Kombor lihat di perempatan Jalur Lingkar Selatan dan Jl. Parangtritis di Yogyakarta. Setiap siang solar sel menangkap cahaya matahari yang kemudian diubah menjadi tenaga listrik dan dipergunakan untuk menghidupkan lampu pada malam harinya. Apabila seperti itu, listrik PLN yang setiap malam dipergunakan untuk menerangi jalan dapat dihemat. Pelanggan PLN yang tidak pernah lewat jalan yang diterangi lampu pun tidak perlu dipaksa untuk membayar Pajak Penerangan Jalan Umum.

Ada juga sebuah perumahan yang mengaplikasikan sel surya untuk menghidupkan lampu kedip kuning di depan gerbangnya. Penghematan listrik yang bersumber dari satu-satunya penyedia listrik di Indonesia yaitu PLN tentu dapat dihemat.