Breaking News
Loading...
Thursday, March 15, 2012

Alasan KBBC Hanya Menggunakan Satu Huruf G pada Kata Bloger

4:23:00 AM

Banyak yang masih menanyakan alasan penggunaan satu huruf G pada nama Komunitas Bloger Benteng Cisadane. Komunitas lain menggunakan dua huruf G membentuk kata "blogger" tetapi KBBC kok menggunakan kata "bloger".

KBBC adalah komunitas narablog lokal Tangerang yang merupakan bagian dari Indonesia. Sejauh mungkin, nama komunitas pun menggunakan Bahasa Indonesia, termasuk menggunakan padanan dalam Bahasa Indonesia atau serapannya apabila ada istilah asing yang dipergunakan dalam nama komunitas.

Pada 2008 dulu, Kang Kombor pernah membaca di Tempo dan Kompas, penggunaan istilah "bloger" untuk menggantikan istilah "blogger" yang merupakan istilah asing (Bahasa Inggris). Oleh karena itu, Kang Kombor mengusulkan pada waktu pembentukan komunitas narablog di Tangerang itu untuk menggunakan istilah "bloger" bukan "blogger". Kawan-kawan waktu itu sepakat dengan hal itu. "Komunitas Bloger Benteng Cisadane" pun kemudian disepakati menjadi nama komunitas narablog di Tangerang itu dan nama domain blogerbenteng.com pun diakuisisi, masih tetap menggunakan satu huruf G untuk kata "bloger".

Kang Kombor kesulitan untuk mencari contoh penggunaan istilah "bloger" dan bukan "blogger" saat ada yang menanyakan contohnya karena waktu itu Kang Kombor bacanya sekitar 2008. Nah, baru saja Kang Kombor berselancar di web via ponsel dan menemukan penggunaan istilah "bloger" di Kompas.com. Karenanya, Kang Kombor segera "tangkap" citra layarnya sekedar untuk bukti bahwa Kompas pun memakai istilah "bloger".

Berita asli yang Kang Kombor tangkap citra layarnya itu ada di http://m.kompas.com/news/read/2012/03/15/02304333/Penyair..quot.Gila.quot..dan.Bloger.Tertua. Silakan dibaca di sana penggunaan istilah "bloger" sebagai pengganti "blogger".

Mudah-mudahan kiriman ini bisa menjadi jawaban sekaligus penjelasan atas penggunaan satu huruf G pada nama Komunitas Bloger Benteng Cisadane. Penggunaan satu huruf G pada nama komunitas dan nama domain blogerbenteng.com itu bukan karena salah ketik atau nama domain waktu itu sudah ada yang mengambil. Di atas itulah latar belakangnya.

Istilah narablog sudah banyak yang memakai tetapi Kompas tetap menggunakan istilah bloger. Mungkin kita perlu meminta Pusat Bahasa untuk menentukan istilah yang mana yang akan dipakai untuk menggantikan istilah "blogger" yang memiliki arti "pemilik blog, pembuat blog atau penulis blog".

Kokok ayam jantan sudah bersahut-sahutan saat Kang Kombor menulis ini. Bahkan yang adzan pun sudah ada. Pukul 04:22 WIB. Apa sudah masuk waktu Shubuh di Yogya?

4 comments:

  1. Oooh gitu toh, kenapa pakainya satu huruf G..
    berarti saya masih kurang tau bahasa baku dalam bahasa indonesia... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang baku itu bloger, narablog atau malah blogger, kita mesti tunggu nanti yang keluar di KBBI yang mana.

      Delete
  2. Mau komentar ttg Abah arsyad itu aja ya kang.....

    Akhirnyaaaa, orang yang sempet ku ajak ngobrol waktu lesehan di GOR Sidoarjo itu diulas di Kompas juga yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap nih, nanti aku hubungi kawanku yang di kompas agar mengulas maztrie yang ngobrol dengan abah arsyad. mau nggak? hehehe...

      Delete

 
Toggle Footer