Breaking News
Loading...
Tuesday, March 20, 2012

Pilkada DKI Jakarta 2012 Yang Bakal Seru

2:48:00 PM

Tidak seperti DIY yang tidak memiliki pilgub atau pemilihan gubernur, provinsi lain di Indonesia memiliki pilkada atau pemilihan kepala daerah tingkat provinsi. Demikian pula DKI Jakarta. Pada Juli 2012 nanti, DKI Jakarta akan melaksanakan pilkada untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012 – 2017.

jokowi - ahok

Pilkada DKI 2012 ini Kang Kombor lihat bakalan seru. Sampai hari terakhir pendaftaran ada enam pasangan cagub – cawagub yang mendaftar ke KPU DKI Jakarta.

Pasangan Cagub – Cawagub Pilkada DKI Jakarta 2012:

  • Faisal Basri dan Biem Triani Benyamin, independen
  • Hendardji Supandji dan A. Riza Patria, independen
  • Alex Noerdin – Nono Sampono, Golkar, PPP, PDS
  • Joko Widodo – Basuki Tjahaya Purnama, PDI-P, Gerindra
  • Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli, Demokrat, PAN, PKB
  • Hidayat Nurwahid – Didik J Rachbini, PKS

Pilkada DKI Jakarta 2012 Diramaikan oleh Calon dari Daerah

Pilkada DKI Jakarta 2012 diramaikan oleh calon dari daerah. Catat saja Alex Noerdin yang merupakan Gubernur Sumatera Selatan, Jokowi yang Walikota Solo dan Ahok yang mantan Bupati Belitung.

Alex Noerdin masih aktif sebagai Gubernur Sumatera Selatan. SEA Games XXVI 2011 yang lalu, yang menyisakan perkara hukum terkait korupsi Wisma Atlet terjadi pada saat kepemimpinan Alex Noerdin. Entah Alex Noerdin akan diseret-seret ke dalam isu itu atau tidak selama proses pilkada DKI Jakarta 2012 ini.

Joko Widodo atau lebih dikenal sebagai Jokowi adalah Walikota Surakarta (Solo) yang sukses. Saat ini Jokowi sedang aktif menjalani periode kedua masa pemerintahannya. Naiknya Jokowi untuk periode kedua sangat fantastis karena ia memenangkan pilkada Solo dengan angka mutlak 90%. Jokowi terkenal sebagai walikota yang mampu memajukan Kota Solo, menata ekonomi dan lingkungan dengan baik, menertibkan PKL tanpa kekerasan dan sangat bersahaja. Mengenai kebersahajaan Jokowi itu sudah terkenal sejak lama. Jokowi juga seorang walikota yang dapat ditemui oleh warganya dengan mudah, pintu rumahnya selalu terbuka untuk warga yang ingin menemuinya.

Ahok atau Basuki Tjahaya Purnama adalah mantan Bupati Belitung Timur. Ahok menjabat bupati pada periode 2005 – 2010. Ia terkenal sebagai bupati yang ramah. Ahok selalu membuka jendela mobil dinasnya setiap melintasi wilayahnya dan menyapa semua orang yang ditemuinya di perjalanan. Awal menjabat Bupati Belitung Timur, Ahok menggratiskan biaya sekolah mulai SD sampai SMA. Ia juga mengirim dan memberi beasiswa belasan siswa berprestasi untuk meneruskan kuliah di Universitas Tri Sakti dan Universitas Bangka Belitung. Selain itu, Ahok memangkas biaya perjalanan dinasnya dari Rp 1M setahun menjadi hanya seperlimanya saja. Saat ini, Ahok sedang menjadi Anggota DPR RI dari Partai Golkar. Pada 2006, Masyarakat Transparansi Indonesia mendaulat Ahok sebagai salah satu Tokoh Antikorupsi.

Doktor dan Pasangan Doktor

Selain calon dari daerah, Pilkada DKI Jakarta 2012 ini juga diwarnai dengan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur bergelar doktor. Mereka adalah:

  • Dr. Ing Fauzi Bowo, inkamben, Cagub Partai Demokrat, PAN, PKB
  • Dr. Faisal Basri, Cagub independen
  • Dr. Hidayat Nurwahid, Cagub PKS
  • Dr. Didik J. Rachbini, Cawagub PKS

Gelar S3 adalah gelar tertinggi dalam bidang akademik. Tentunya, kita semua berharap semakin tinggi gelar akademik seseorang, semakin mumpuni ilmu pengetahuannya dan semakin bijak pekertinya. Demikian pula untuk para cagub dan cawagub DKI Jakarta 2012 – 2017 itu pun kita semua pantas berharap.

Pilihan Kang Kombor

Kang Kombor memang bukan penduduk DKI Jakarta. Walaupun demikian, dari 2003 sampai pertengahan 2011 Kang Kombor bekerja di sana sehingga apabila ada pilkada DKI Jakarta, Kang Kombor juga selalu mengikuti perkembangannya. Apalagi, DKI Jakarta adalah ibu kota RI sehingga siapa pun yang memimpin DKI Jakarta, akan membawa imbas kepada kita semua penduduk Indonesia. Gubernur yang tidak mampu mengatasi banjir dan kemacetan jalanan hanya membuat penduduk Indonesia yang berkepentingan mengurus sesuatu di ibu kota menjadi terhambat. Jakarta yang bebas banjir dan kemacetan adalah impian seluruh penduduk Indonesia, bukan melulu impian penduduk Jakarta semata.

Untuk Pilkada DKI Jakarta 2012 ini Kang Kombor menyarankan penduduk Jakarta untuk memilih pasangan Jokowi – Ahok. Jangan memilih Foke karena sampai saat ini dia belum menemukan ahli untuk mengurus Jakarta. Lima tahun ini dipimpin Foke tentu penduduk DKI semuanya sudah tahu apa-apa yang sudah dicapainya. Macet masih ditemui setiap hari. Banjir masih ditemui setiap musim hujan. PKL digusur dengan kekerasan.

Kita membutuhkan pemerintahan DKI yang manusiawi. Jokowi dan Ahok adalah dua contoh Kepala Daerah yang manusiawi dalam memimpin daerahnya. Kita berharap sentuhan a la daerah namun tegas-manusiawi dapat membuat DKI Jakarta lebih baik daripada saat ini.

13 comments:

  1. Mari kita lihattt.....
    (wong ra dwe hak pilih DKI je) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emoh nek dijak ndelok. aku mengikuti dari berita saja :D

      Delete
  2. cuma bisa nonton..lah katepe jogja jee..

    ReplyDelete
  3. hehe iya nih kayaknya bakal seru ya kang

    ReplyDelete
  4. kita lihat kang, bingung mau pilih yg mana, bisa bikin jakarta gak banjir juga udah bagus, hehe :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangki milih ya? pilih sesuai saranku di atas saja, hehehe...

      Delete
    2. Hehee, wuiiihhhhhh.... *bagoooos*

      Delete
  5. Sepertinya Pilkadi jakarta ini bakal seru yaaa
    Jokowi? Hmm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau disuruh milih, rusa mau pilih yang mana?

      Delete
  6. alex noerdin mantabs kang... kami rela kok, sangat rela kalo om alex pindah ke DKI.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata orang dki, "tukeran sama fauzi bowo mau nggak?" hahaha

      Delete

 
Toggle Footer