Rabu, Maret 28, 2012

Tiga Benda Langit di Ufuk Barat Kala Senja Datang

Senja kali ini ada tiga benda langit bersinar terang di langit barat. Benda paling besar adalah Bulan. Benda langit yang lainnya, Kang Kombor tidak tahu apakah itu bintang atau planet. Maklum, Kang Kombor tidak belajar astronomi sehingga tidak mengenali benda-benda langit itu.

tiga benda di langit barat saat senja compressed

Planet Mars tampak di langit Timur setelah Matahari terbenam. Jelas dua benda langit yang lain itu bukan Planet Mars. Ada pun, benda langit yang terlihat di langit Barat setelah Matahari terbenam ada empat yaitu: Planet Merkurius, Venus, Jupiter dan Saturnus.

Merkurius tampak di ufuk barat sesaat setelah Matahari tenggelam. Begitu juga Venus dan Jupiter yang bisa disaksikan hingga sekitar pukul 21.00 WIB. Ketika Venus dan Jupiter tenggelam, Saturnus terbit.

Karena Kang Kombor melihatnya sesaat setelah Matahari terbenam maka Saturnus yang terbit setelah Venus dan Jupiter terbenam tidak termasuk ke dalam kemungkinan dua benda langit selain Bulan yang Kang Kombor lihat itu. Oleh karenanya, kemungkinan untuk dua benda langit yang lain itu adalah dua dari tiga ini: Merkurius, Venus dan Jupiter.

Silakan untuk yang mengetahui kedua benda langit selain Bulan itu apa saja bisa menginformasikan lewat kolom komentar blog ini. Kang Kombor mau ke Medari dulu sebentar.

Oh ya, pada foto di atas yang Kang Kombor ambil dengan kamera ponsel Motorola Q9h mungkin benda langit ketiga tidak terlihat jelas. Di bawah ini gambar yang sudah Kang Kombor tandai ketiga benda langit itu. Seharusnya Kang Kombor tadi kontak NASA untuk memotretkan tetapi Kang Kombor tidak punya pin BB Direktur NASA sehingga Kang Kombor foto sendiri pake kamera ponsel yang ada, hahaha…

tiga benda di langit barat saat senja marked compressed

Related Posts

Tiga Benda Langit di Ufuk Barat Kala Senja Datang
4/ 5
Oleh

22 comments

Rabu, Maret 28, 2012 7:45:00 PM delete

saya juga heran kang, di jakarta juga terlihat sama, sudah 4 hari ini tiap sore saya perhatikan, mereka masih bercokol disitu, apakah mereka itu ya ?? ^^

Reply
avatar
Rabu, Maret 28, 2012 7:49:00 PM delete

jangan-jangan mereka itu satelit asing yang sedang memantau unjukrasa anti kenaikan harga BBM...

Reply
avatar
Rabu, Maret 28, 2012 8:34:00 PM delete

wah, bisa jadi tuh kang, buat bahan cerita di planet kali ya ...

Reply
avatar
Kamis, Maret 29, 2012 5:44:00 AM delete

Kalau di Makassar malah saya gak pernah liat kang, disini kalau malam langit gelap... gak ada deng yg berkilau2 macam ntu

Reply
avatar
Kamis, Maret 29, 2012 8:47:00 AM delete

Iya nih kang, kemarin langit cerah tampak indah sekali. :D
Kayaknya sih Jupiter itu yang terang banget.

Reply
avatar
Jumat, Maret 30, 2012 12:02:00 AM delete

itu belum malam kok, masih senja :D

Reply
avatar
Jumat, Maret 30, 2012 12:03:00 AM delete

ya, sepertinya yang terang setelah bulan itu jupiter

Reply
avatar
Jumat, Maret 30, 2012 10:40:00 AM delete

heuheu..
kalimat menariknya itu, 'kang kombor gak punya pin BB direktur NASA'..
LOL kang..

heuheu

Reply
avatar
Jumat, Maret 30, 2012 12:27:00 PM delete

Beberapa hari terakhir ini, langit terlihat cerah ceria kalau malam dan taburan bintangya banyak banget. Apalagi jika lihat pas di pantai, sambil mendengarkan deburan ombak dan sapuan angin laut yg semilir bergantian...ah..alangkah indahnya

Reply
avatar
Sabtu, Maret 31, 2012 6:34:00 AM delete

Bisa jadi itu UFO kang wkwk ..
lagi jalan2 pagi ,manasin mesin :D

Reply
avatar
Minggu, April 01, 2012 6:36:00 PM delete

bukan ufo sedang nyari downliner kan? wakakakak

Reply
avatar
Rafly
Senin, Mei 07, 2012 2:43:00 PM delete

Kemarin malam di langit Surabaya ada bintang...
Tapi kok agak besar ya, beda dengan bintang yg biasanya hanya sepercik cahaya
kalo bintang kan biasanya kelap kelip ya
itu cahaya nya tetap
apakah planet?

Reply
avatar
Selasa, Oktober 23, 2012 6:03:00 PM delete

Saya jarang sekali mengamati langit..

Reply
avatar
Rabu, Oktober 24, 2012 7:24:00 AM delete

saya hanya suka memandang langit, mas... siapa tahu ada bidadari jatuh...

Reply
avatar
Rabu, Oktober 24, 2012 7:25:00 AM delete

di sebelah mana? timur atau barat?

Reply
avatar
Rabu, Oktober 24, 2012 7:26:00 AM delete

kalau saya justru senang sekali memandangi langit... membuat saya selalu merasa kecil di hadapan sang pencipta... dan juga berjaga-jaga siapa tahu ada bidadari jatuh, hehehe...

Reply
avatar