Breaking News
Loading...
Wednesday, March 28, 2012

Tiga Benda Langit di Ufuk Barat Kala Senja Datang

7:16:00 PM

Senja kali ini ada tiga benda langit bersinar terang di langit barat. Benda paling besar adalah Bulan. Benda langit yang lainnya, Kang Kombor tidak tahu apakah itu bintang atau planet. Maklum, Kang Kombor tidak belajar astronomi sehingga tidak mengenali benda-benda langit itu.

tiga benda di langit barat saat senja compressed

Planet Mars tampak di langit Timur setelah Matahari terbenam. Jelas dua benda langit yang lain itu bukan Planet Mars. Ada pun, benda langit yang terlihat di langit Barat setelah Matahari terbenam ada empat yaitu: Planet Merkurius, Venus, Jupiter dan Saturnus.

Merkurius tampak di ufuk barat sesaat setelah Matahari tenggelam. Begitu juga Venus dan Jupiter yang bisa disaksikan hingga sekitar pukul 21.00 WIB. Ketika Venus dan Jupiter tenggelam, Saturnus terbit.

Karena Kang Kombor melihatnya sesaat setelah Matahari terbenam maka Saturnus yang terbit setelah Venus dan Jupiter terbenam tidak termasuk ke dalam kemungkinan dua benda langit selain Bulan yang Kang Kombor lihat itu. Oleh karenanya, kemungkinan untuk dua benda langit yang lain itu adalah dua dari tiga ini: Merkurius, Venus dan Jupiter.

Silakan untuk yang mengetahui kedua benda langit selain Bulan itu apa saja bisa menginformasikan lewat kolom komentar blog ini. Kang Kombor mau ke Medari dulu sebentar.

Oh ya, pada foto di atas yang Kang Kombor ambil dengan kamera ponsel Motorola Q9h mungkin benda langit ketiga tidak terlihat jelas. Di bawah ini gambar yang sudah Kang Kombor tandai ketiga benda langit itu. Seharusnya Kang Kombor tadi kontak NASA untuk memotretkan tetapi Kang Kombor tidak punya pin BB Direktur NASA sehingga Kang Kombor foto sendiri pake kamera ponsel yang ada, hahaha…

tiga benda di langit barat saat senja marked compressed

21 comments:

  1. saya juga heran kang, di jakarta juga terlihat sama, sudah 4 hari ini tiap sore saya perhatikan, mereka masih bercokol disitu, apakah mereka itu ya ?? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan-jangan mereka itu satelit asing yang sedang memantau unjukrasa anti kenaikan harga BBM...

      Delete
    2. wah, bisa jadi tuh kang, buat bahan cerita di planet kali ya ...

      Delete
  2. Kalau di Makassar malah saya gak pernah liat kang, disini kalau malam langit gelap... gak ada deng yg berkilau2 macam ntu

    ReplyDelete
  3. Iya nih kang, kemarin langit cerah tampak indah sekali. :D
    Kayaknya sih Jupiter itu yang terang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sepertinya yang terang setelah bulan itu jupiter

      Delete
  4. heuheu..
    kalimat menariknya itu, 'kang kombor gak punya pin BB direktur NASA'..
    LOL kang..

    heuheu

    ReplyDelete
  5. Beberapa hari terakhir ini, langit terlihat cerah ceria kalau malam dan taburan bintangya banyak banget. Apalagi jika lihat pas di pantai, sambil mendengarkan deburan ombak dan sapuan angin laut yg semilir bergantian...ah..alangkah indahnya

    ReplyDelete
  6. Bisa jadi itu UFO kang wkwk ..
    lagi jalan2 pagi ,manasin mesin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ufo sedang nyari downliner kan? wakakakak

      Delete
  7. Replies
    1. saya hanya suka memandang langit, mas... siapa tahu ada bidadari jatuh...

      Delete
  8. Kemarin malam di langit Surabaya ada bintang...
    Tapi kok agak besar ya, beda dengan bintang yg biasanya hanya sepercik cahaya
    kalo bintang kan biasanya kelap kelip ya
    itu cahaya nya tetap
    apakah planet?

    ReplyDelete
  9. Saya jarang sekali mengamati langit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya justru senang sekali memandangi langit... membuat saya selalu merasa kecil di hadapan sang pencipta... dan juga berjaga-jaga siapa tahu ada bidadari jatuh, hehehe...

      Delete

 
Toggle Footer