Jam Berapa Tengah Malam Saat Zona Waktu Indonesia Disatukan?

Saat ini semua wilayah di Indonesia tentu setuju bahwa tengah malam itu tepat pukul 24:00. Kalau pun ada selisih nggak sampai satu jam lah.

Sudah menjadi kebiasaan turun temurun di Indonesia dan tanpa disanggah bahwa yang namanya tengah malam itu ya jam 12 malam. Tengah hari ya jam 12 siang. Yang menyanggah itu justru malah kelihatan aneh.

Sebentar lagi, apabila pemerintah menetapkan penyatuan zona waktu di Indonesia menjadi GMT +8, apakah untuk bekas WIB dan WIT masih bisa mengatakan bahwa tengah malam itu jam 12 malam dan tengah hari itu jam 12 siang? Kang Kombor kok nggak yakin. Hanya bekas WITA saja yang masih bisa memakai.

Solusi Gampang Tanpa Menyatukan Zona Waktu

Solusi pemerintah itu solusi mahal. Okelah Singapura pakai GMT +8. Malaysia pakai GMT +8. Kedua negara itu relatif lebih pendek dari Indonesia bentang bujurnya. Apalagi Singapura? Hanya sebuah pulau kecil. Wajar mereka memakai satu zona waktu.

Apabila alasannya ekonomi, niscaya Amerika Serikat pun memakai satu zona waktu. Nyatanya, negara itu memakai, banyak zona waktu. Kalau tidak salah ada 8 zona waktu. Tolong koreksi kalau salah. Nggak sempat seluncuran nyari referensi nih...

Apabila mau menyesuaikan waktu kerja dengan Hongkong, Tiongkok, Singapura dan Malaysia, menurut Kang Kombor cukup sesederhana memajukan jam masuk kantor sejam lebih cepat untuk WIB dan memundurkan sejam lebih lambat untuk WIT. Mengapa harus memakai solusi menyatukan zona waktu?

Jangan-jangan ini cuma proyek... Capai deh...
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

13 comments

Click here for comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Tuesday, April 17, 2012 3:09:00 AM

Ahahaha, jangan-jangan wacana yang gak visibel, semacam bbm kemarin itu? au ah...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Tuesday, April 17, 2012 7:04:00 AM

Ngak ngerti......
Setiap wilayah memang berbeda Zona waktunya, jadi kenapa harus disatukan???

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Tuesday, April 17, 2012 1:31:00 PM

Pertama kali memuat ide ini sempat terpikirkan seperti itu sahabat, tetapi sekarang ndak lagi.Pusing juga kali nanti.
Tinggal menunggu ealisasinya saja nanti

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Tuesday, April 17, 2012 10:08:00 PM

bingungi wae...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Thursday, April 19, 2012 12:27:00 PM

Keywordnya ada di bagian akhir. :)

"Jangan-jangan ini cuma proyek... Capai deh... "

Lebih baik pemerintah ngurusin redenominasi dulu, itu nol udah bejibun, boros kertas, boros pulpen. Hehehehe.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Saturday, April 21, 2012 3:06:00 PM

kayaknya susah kalau zona waktu disatukan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Monday, April 23, 2012 11:06:00 AM

sepertinya tinggal nunggu waktu saja untuk dipaksakan jadi satu zona waktu

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Monday, April 23, 2012 11:07:00 AM

konon supaya ekonomi bergerak lebih cepat karena jam kerja tidak lagi berbeda dengan hongkong dan singapura

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Monday, April 23, 2012 11:08:00 AM

sebenarnya justru sangat sederhana dan tidak makan biaya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Monday, April 23, 2012 11:09:00 AM

ancene

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Monday, April 23, 2012 11:10:00 AM

ita tuh. jangan-jangan dah lupa mau redenominasi.

duit kita diejek mulu. orang indonesia kaya, duitnya banyak. gaji saja jutaan per bulan.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Monday, April 23, 2012 11:10:00 AM

mudah sih bang, hanya perlu keputusan politik saja

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Wednesday, May 02, 2012 12:37:00 PM

gimana ceritanaya tuh menyatukan zona waktu?

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan