Penyebab Utama Anjloknya Turis Anyer Carita

Provinsi Banten memiliki banyak obyek wisata pantai yang menarik. Turis lokal dari Jakarta banyak yang berkunjung ke Anyer, Carita, dan lain-lain. Pengembang besar pun ada yang membuat resor di Carita. Sayangnya, infrastruktur jalan menuju Anyer - Carita akhir-akhir ini kurang mendukung. Banyak ruas jalan yang rusak. Akibatnya, jumlah turis yang berkunjung ke sana pun berkurang hingga 50%.
Kang Kombor percaya dengan berita di Republika yang menyebutkan bahwa kerusakan jalan menjadi alasan utama turunnya jumlah turis yang berkunjung ke Anyer - Carita. Kang kombor sendiri selama tinggal di Tangerang belum pernah menemukan jalur Tangerang - Anyer itu mulus. Selalu saja ada bagian jalan yang rusak. Kang Kombor terakhir ke Anyer pada awal Juni 2011 dan mendapati ruas jalan rusak sejak melewati Krakatau Steel. Kang Kombor pun terjebak kemacetan yang parah dan lumayan lama.
Selain ruas jalan dari Cilegon menuju Anyer, ruas tol Tangerang - Merak pun belum pernah lepas dari perbaikan. Setiap saat ada saja perbaikan jalan tol yang membuat kenyamanan pengguna tol terganggu. Kang Kombor sendiri sempat heran kok jalan tol yang tidak nyaman untuk dilewati itu mendapat kenaikan biaya tol yang sangat tinggi. Ternyata eh ternyata, sepertinya kenaikan biaya tol itu untuk modal memperbaiki jalan tol itu.
Kerusakan jalan di Provinsi Banten bukan hanya di ruas menuju Anyer. Hampir semua ruas jalan di Provinsi Banten rusak. Kang Kombor pada 2009 hampir setiap hari berkeliling wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Banyak ruas jalan yang rusak. Yang paling parah, awal pada 2011 lalu Kang Kombor pergi ke Rangkas melewati Cikande. Ruas jalan dari Cikande menuju Rangkas sangat tidak layak untuk disebut jalan. Benar-benar luar biasa kerusakannya. Wajar saja apabila ada suara-suara dari penduduk Kabupaten Lebak yang mengatakan bahwa jalanan di Kabupaten Lebak sangat lebih bagus saat dulu masih tergabung dengan Provinsi Jawa Barat dibanding dengan setelah menjadi Provinsi Banten. Padahal, tujuan membentuk Provinsi Banten adalah agar wilayah di ujung barat Pulau Jawa itu menjadi lebih baik.
Kang Kombor kira Pemerintah Provinsi Banten harus memperbaiki infrastruktur jalan yang pada rusak itu. Selain untuk memberikan kenyamanan bagi turis yang akan ke Anyer, jalanan yang baik dan mulus akan memperlancar arus pergerakan barang dan manusia sehingga perekonomian dapat bergerak lebih cepat.
Berita yang ditangkap layarnya: http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/08/m260jw-inilah-penyebab-utama-anjloknya-kunjungan-wisatawan-ke-anyercarita

Komentar

  1. wah memang tuh jalur parah banget kang, bete kalau ke arah situ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lama-lama semua orang malas ke sana dengan jalan yang seperti itu

      Hapus
  2. memang jaln itu alternatif pertama yang harus di perhatikan oleh pemerintahan

    BalasHapus
  3. ia saya juga pernah berkunjung ke carita enak tempat nya tapi sayang jalan nya itu banyak yang boling bolong jadi males untuk berkunjung nya juga

    BalasHapus
  4. semoga pemerintah segera memperbaiki jalan menuju carita karena jalan adalah alternatif pertama

    BalasHapus
  5. ia memang jalan ke pantai carita ini sangat memprihatinkan sekali

    BalasHapus
  6. pantai carita .. saya sering denger tapi belum pernah kesana .. ya kalau jalan nya rusak mah saya juga malsa untuk berkunjung

    BalasHapus
  7. untuk akses ke pantai carita masih banyak kok jalur alternatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. turis mana tahu jalur alternatif? kalau orang serang sendiri okelah paham.

      Hapus

Posting Komentar