Ikan Nila Kolam Terpal

Selama ini budidaya ikan dengan media kolam terpal yang dikenal luas oleh masyarakat adalah budidaya lele kolam terpal. Di Kulon Progo, dikembangkan budidaya gurame kolam terpal. Ternyata, ikan nila pun bisa dibudidayakan dengan kolam terpal.

ikan nila
Apabila ingin memelihara ikan nila tetapi lokasi tanah kita jauh atau sama sekali tidak ada sumber air mengalir seperti sungai atau mata air yang mengalir terus, kita bisa memelihara ikan nila dengan kolam terpal. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar air kolam selalu kaya akan oksigen agar ikan nila tidak mati kekurangan oksigen. Caranya adalah dengan memutar air kolam atau mengganti air secara berkala.

Di depan rumah, Kang Kombor punya kolam terpal ukuran 3m x 4 m dengan kedalaman sekitar 40cm yang di dalamnya diisi ikan braskap, nila, ikan mas dan lele. Ternyata ikan-ikan sisik itu dapat hidup baik di kolam air tidak mengalir asal air diputarsaring atau diganti secara berkala.

Nah, yang ingin punya hiburan alami, silakan dicoba memelihara ikan nila atau ikan mas dengan kolam terpal.

Kang Kombor selalu senang dengan momen memberi makan ikan nila di kolam terpal Kang Kombor. Lihat saja video di bawah ini untuk contohnya.


Komentar

  1. pasti rame banget kolamnya kalo lagi ngasih makan pak ! hehe

    BalasHapus
  2. kira2 kalau memakai saringan yang kita bwat sendiri sebagai media penyaring air yang ada di kolam tersebut bisa gak yah pak...???
    di bantu dengan pompa air pak, sebagai alat pemutar baliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya air kotor dimasukkan ke dalam bak yang diberi batu zeolit

      Hapus
  3. soalnya saya ingin mencoba budidaya ikan nila ....

    BalasHapus
  4. nyari2 artikel tentang cara memelihara ikan nila malah mampir di blog ini, heheheh.... mantap suhu! ajarin caranya bang, saya pengen belajar, baru mo buat kolam mengelilingi rumah, tapi lebarnya cuman 50cm, panjang mencapai 12m. gimana tips dan triknya? makasih bang! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sirkulasi air perlu dijaga agar air tetap kaya oksigen. kepadatan ikan juga perlu diperhatikan.

      Hapus
  5. Pesen 5 ekor gan mau di bakar,he.. he..

    BalasHapus
  6. Pak kenapa bibit ikan nila saya setiap pagi2 pasti ada yg mati 2 smpw 4 pdhal ada filternya, kolam nya luasnya 90cm lbar,pjng 1,5m saya taro sekitar 40 ekor ikan ukuran 5cm tapi tiap hari mati pdhal waktu sorenya masih seger ga ada yg celeng itu kenapa y ,trima ksh d tunggu jawaban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya airnya sudah didiamkan berapa lama? sebaiknya sih air sudah didiamkan selama 2 minggu baru ditebar benih.

      Hapus
  7. kang bisa minta nomor hape nya kang saya sangat berminat bikin kolam terpal saya perlu sharing sama akan bisa kirim email ke iki11january@gmail.com kang nomor hp nya.. trimakasih dlu kang

    BalasHapus
  8. I am definitely enjoying your website. You definitely have some great insight and great stories.

    BalasHapus

Posting Komentar