Rabu, Oktober 03, 2012

Ikan Nila Kolam Terpal

Selama ini budidaya ikan dengan media kolam terpal yang dikenal luas oleh masyarakat adalah budidaya lele kolam terpal. Di Kulon Progo, dikembangkan budidaya gurame kolam terpal. Ternyata, ikan nila pun bisa dibudidayakan dengan kolam terpal.

ikan nila
Apabila ingin memelihara ikan nila tetapi lokasi tanah kita jauh atau sama sekali tidak ada sumber air mengalir seperti sungai atau mata air yang mengalir terus, kita bisa memelihara ikan nila dengan kolam terpal. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar air kolam selalu kaya akan oksigen agar ikan nila tidak mati kekurangan oksigen. Caranya adalah dengan memutar air kolam atau mengganti air secara berkala.

Di depan rumah, Kang Kombor punya kolam terpal ukuran 3m x 4 m dengan kedalaman sekitar 40cm yang di dalamnya diisi ikan braskap, nila, ikan mas dan lele. Ternyata ikan-ikan sisik itu dapat hidup baik di kolam air tidak mengalir asal air diputarsaring atau diganti secara berkala.

Nah, yang ingin punya hiburan alami, silakan dicoba memelihara ikan nila atau ikan mas dengan kolam terpal.

Kang Kombor selalu senang dengan momen memberi makan ikan nila di kolam terpal Kang Kombor. Lihat saja video di bawah ini untuk contohnya.


Related Posts

Ikan Nila Kolam Terpal
4/ 5
Oleh

17 comments

Kamis, Oktober 04, 2012 9:39:00 AM delete

pasti rame banget kolamnya kalo lagi ngasih makan pak ! hehe

Reply
avatar
Selasa, Januari 08, 2013 5:19:00 PM delete

kira2 kalau memakai saringan yang kita bwat sendiri sebagai media penyaring air yang ada di kolam tersebut bisa gak yah pak...???
di bantu dengan pompa air pak, sebagai alat pemutar baliknya.

Reply
avatar
Selasa, Januari 08, 2013 5:20:00 PM delete

soalnya saya ingin mencoba budidaya ikan nila ....

Reply
avatar
Minggu, Januari 13, 2013 11:15:00 PM delete

nyari2 artikel tentang cara memelihara ikan nila malah mampir di blog ini, heheheh.... mantap suhu! ajarin caranya bang, saya pengen belajar, baru mo buat kolam mengelilingi rumah, tapi lebarnya cuman 50cm, panjang mencapai 12m. gimana tips dan triknya? makasih bang! :)

Reply
avatar
Selasa, Februari 05, 2013 11:35:00 PM delete

Pesen 5 ekor gan mau di bakar,he.. he..

Reply
avatar
Wawan
Sabtu, Februari 09, 2013 5:05:00 PM delete

Pak kenapa bibit ikan nila saya setiap pagi2 pasti ada yg mati 2 smpw 4 pdhal ada filternya, kolam nya luasnya 90cm lbar,pjng 1,5m saya taro sekitar 40 ekor ikan ukuran 5cm tapi tiap hari mati pdhal waktu sorenya masih seger ga ada yg celeng itu kenapa y ,trima ksh d tunggu jawaban.

Reply
avatar
Rabu, Juni 19, 2013 3:57:00 PM delete

biasanya air kotor dimasukkan ke dalam bak yang diberi batu zeolit

Reply
avatar
Rabu, Juni 19, 2013 3:58:00 PM delete

sirkulasi air perlu dijaga agar air tetap kaya oksigen. kepadatan ikan juga perlu diperhatikan.

Reply
avatar
Rabu, Juni 19, 2013 4:01:00 PM delete

sebelumnya airnya sudah didiamkan berapa lama? sebaiknya sih air sudah didiamkan selama 2 minggu baru ditebar benih.

Reply
avatar
Selasa, Agustus 27, 2013 2:08:00 PM delete

kang bisa minta nomor hape nya kang saya sangat berminat bikin kolam terpal saya perlu sharing sama akan bisa kirim email ke iki11january@gmail.com kang nomor hp nya.. trimakasih dlu kang

Reply
avatar
Senin, Desember 02, 2013 11:23:00 PM delete

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
Ready Stock ! BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-

Reply
avatar
Kamis, Januari 07, 2016 12:37:00 AM delete

I am definitely enjoying your website. You definitely have some great insight and great stories.

Reply
avatar