Cara Membuat Website Company Profile Menggunakan Blogspot

create company profile website using blogger blogpot blog 01
Bagi perusahaan besar, membuat sebuah website company profile atau website profil perusahaan untuk dipublikasikan di internet bukanlah merupakan hal yang berat. Dengan kekuatan sumberdaya keuangan yang ada, perusahaan besar akan mampu membuat sebuah website profil perusahaan yang sangat canggih. Akan tetapi, untuk bisnis sekala mikro dan kecil, belum tentu mereka mampu membuat website profil perusahaan yang mengharuskan mereka membayar biaya domain dan sewa hosting serta biaya perawatan. Biaya domain mungkin tidak terlalu menjadi masalah tetapi biaya web hosting serta biaya perawatan dapat menjadi masalah. Untuk menjembatani hal tersebut, Kang Kombor berbagi sebuah tips tentang cara membuat website company profile perusahaan menggunakan blogspot.

Apa itu Website Company Profile?

Website company profile atau website profil perusahaan adalah sebuah webite yang berisi informasi mengenai profil perusahaan. Dalam website profil perusahaan, hal yang wajib ada adalah informasi tentang perusahaan, produk atau layanan yang disediakan, dan alamat/kontak. Selain itu, perusahaan dapat pula mengisi website dengan berita-berita seputar produk/layanan perusahaan atau rilis pres.

Prinsip Cara Membuat Website Company Profile Menggunakan Blogspot

Prinsip cara membuat website company profile menggunakan blogspot adalah memperlakukan blogspot sebagai sebuah Content Management System (CMS) dan menyembunyikan kiriman blog dari halaman awal (homepage).
Saat ini, Blogger/blogspot sudah memiliki alat untuk membuat halaman statis (static page). Hal itu semakin memudahkan kita untuk membuat website profil perusahaan karena kita dapat langsung membuat halaman statis tanpa menjadikan kiriman blog seolah-olah sebagai halaman statis seperti yang biasa dilakukan dulu sebelum Blogger mendukung halaman statis.
Segala hal yang sifatnya statis atau tidak setiap saat diperbarui kita buat di halaman statis. Contoh yang kita buat di halaman statis adalah:
  • Tentang Kami (About Us)
  • Produk (Products)
  • Layanan (Services)
  • Kontak (Contacts)
Untuk membuat website profil selalu berisi konten segar – karena mesin pencari menyukai konten segar (fresh contents) – maka sesekali perlu mempublikasikan tulisan baru melalui kiriman blog (blog post).

Cara Membuat Website Company Profile Menggunakan Blogspot

#1 Buat sebuah blog di Blogger
#2 Modifikasi template untuk menyembunyikan kiriman blog di homepage
#3 Membuat halaman-halaman statis
#4 Membuat konten untuk disajikan di halaman awal (homepage) menggunakan widget teks, widget gambar, widget slide show atau widget lain yang dianggap perlu
#4 Membuat Menu Navigasi di sidebar menggunakan widget Daftar Link
#5 Membuat satu atau beberapa kiriman blog (blog posts) agar tida muncul notifikasi “No Posts” di halaman awal.

Contoh Website Company Profile Yang Dibuat dengan Blogspot

Untuk melihat contoh website company profile yang dibuat dengan blogspot silakan lihat dua website berikut (akan dibuka di tab baru):

Merasa Kesulitan?

Silakan download Template Company Profile Website untuk Anda pergunakan. Anda bebas melakukan modifikasi atas template tersebut.

Download Template Company Profile Website - Blogspot

Komentar

Posting Komentar