Konten Tidak Unik Dilibas Google

blog dihapus google

Konten Tidak Unik Dilibas Google

Beberapa hari lalu kita dikejutkan oleh berita terselubung dihapus oleh Google. Sebenarnya, banyak sekali blog di blogspot yang dihapus Google. Bukan hanya terselubung. Tapi karena terselubung demikian terkenalnya, maka berita dihapusnya terselubung oleh Google pun sempat menghebohkan dunia online Indonesia.

Apa yang menyebabkan suatu blog dihapus oleh Google?

Kang Kombor kira, ada satu alasan terbesar yang dijadikan oleh Google sehingga menghapus suatu blog. Apa itu? SPAM!

Spam? Ya, spam.

Apabila log masuk ke dasbor Blogger, kita pasti pernah membaca notifikasi bahwa Blogger telah mengembangkan dan mererapkan deteksi spam otomatis. Mungkin kita menganggap itu hanya berlaku untuk menangkal komentar spam saja. Ternyata, setelah Kang Kombor pelajari, deteksi spam otomatis itu juga diberlakukan untuk posting blogspot. Sebagai contoh, apabila kita mengisi blog kita dengan aplikasi pembuat konten otomatis – terutama untuk keperluan jualan program afiliasi – maka tidak pakai lama Google akan menghapus blog itu.

Ada dua hal yang kemungkinan dideteksi oleh Google. Pertama, format konten yang seragam untuk semua konten. Kedua, konten duplikasi.

Format Konten Yang Seragam

Aplikasi pembuat konten yang mengambil produk dari (misalnya) amazon pasti memiliki format posting baku. Format itu akan diberlakukan untuk semua konten yang diambil dari amazon dan akan dipublikasikan di blog. Meskipun template untuk mengirim artikel dapat diubah-ubah, tetap saja formatnya akan seragam. Nah, robot pendeteksi spam tentu dirancang untuk mampu menangkap format kiriman yang sama dan berulang-ulang itu.

Konten Duplikasi

Sepertinya, alat pendeteksi spam otomatis yang dipasang oleh Google juga dirancang untuk mampu mendeteksi adanya duplikasi konten. Di luar sana banyak alat untuk memeriksa apakan suatu konten itu unik atau tidak unik. Kalau orang di luar mampu membuat itu, tentu Google juga mampu. Karena Google mengatakan kepada kita agar kita membuat konten yang unik, tentu Google akan memastikan bahwa konten yang dipublikasikan melalui produk-produknya juga unik. Begitu google mendeteksi bahwa kita sering menerbitkan konten yang tidak unik, tinggal tunggu waktu saja bagi kita untuk mendapatkan hukuman dari Google berupa dihapusnya blog kita.

Tidak percaya? Silakan buat sebuah blog lalu isi blog itu dengan PLR tanpa ditulis ulang sama sekali. Kemungkinan baru dua posting blog itu sudah akan dihapus oleh Google secara otomatis.

Laporan

Ada hal ketiga yang dapat menyebabkan blog kita dihapus oleh Google. Hal itu adalah laporan. Apabila blog kita sering mendapatkan laporan DMCA, tidak menutup kemungkinan blog kita juga akan dihapus oleh Google.

Agar Aman

Agar blog kita aman dari penghapusan oleh Google, sebaiknya kita patuhi petunjuk Google untuk membuat konten unik. Cara untuk membuat konten unik tentu dengan menulis sendiri dengan gaya penulisan kita sendiri. Bisa juga menggunakan jasa penulis konten tetapi kita tetap harus memeriksa keunikan konten tersebut.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 3:08:00 PM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan