NeoCities Layanan Pengganti GeoCities

Yang mengenal internet sejak 1990-an tentu pernah tahu tentang Geocities. Ya! Itu adalah penyedia layanan webhosting gratis yang juga menyediakan alat pembuat website bagi pemakainya sehingga para pemakaianya dapat membuat website mereka dengan mudah.

Banyak pemilik website yang pada mulanya membuat website pertama mereka di Gecities. Kang kombor pun tidak ketinggalan. Sayang, Geocities kemudian dibeli oleh Yahoo! dan kemudian dikubur oleh Yahoo! Para pembuat website kehilangan sejarah mereka. Sejarah akan website pertama mereka. Padahal, dari Geocities kebanyakan dari mereka belajar HTML dari nol. Sebagai info, Marc Zuckerberg pun ternyata dulu punya homepage pertama di AngelFire, saingan GeoCities!



Nah, untuk generasi 2013 yang ingin belajar HTML dari nol dan membuat website pertama seperti dulu generasi 1990-an, telah hadir yang namanya NeoCities. Namanya hampir-hampir sama dengan GeoCities. Kemungkinan hal itu memang disengaja karena NeoCities memberikan layanan serupa dengan yang dulu diberikan olehGeoCities. NeoCities memberikan webhosting gratis dengan kapasitas 10MB. Cukuplah untuk membuat sebuah website perdana.

Selain memberikan kapasitas 10MB, NeoCities memberikan kebebasan pada pemakainya untuk membuat halaman berbasis HTML, membuat CSS dan bahkan memakai javascript. Hebat bukan? Hal yang tidak akan kita dapatkan dari wordpress.com tanpa upgrade ke layanan berbayar.

NeoCities ini masih baru. Untuk mendaftarnya pun sangat sederhana. Hanya ada satu formulir sederhana. Yang harus diisi hanya nama pengguna (akan jadi alamat website/subdomain neocities.org), password, email, tags (misalnya video, game, news) lalu captcha image. Hanya itu saja, lalu tekan tombol Submit maka pendaftar akan segera memiliki space hosting di NeoCities.


Nah, untuk yang ingin belajar HTML, CSS dan JavaScript gratis tidak ada salahnya memanfaatkan layanan NeoCities itu. Untuk yang ingin bernostalgia dengan GeoCities juga tidak ada salahnya. Silakan langsung saja ke NeoCities.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

3 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 13, 2013 12:39:00 PM

wah saya gak kenal geocities... tapi kayaknya neocities layak dicoba :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juli 16, 2013 4:21:00 AM

silakan coba neocities untuk bisa merasakan bagaimana dulu netter memakai geocities untuk belajar bikin hompepage.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 3:09:00 PM

Nice article! Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan